Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Makanan Dan Minuman Unik Di Dunia, Berani Mencoba?

 14 Makanan Dan Minuman Unik  Di Dunia, Berani Mencoba?

Di setiap negara tentunya memiliki makanan dan minuman unik yang membuat kita penasaran untuk mencobanya. Tapi tidak semua makanan dan minuman tersebut mengundang selera, ada beberapa makanan dan minuman termasuk ekstrim dan nyeleneh tidak seperti makanan dan minuman pada umumnya. Ingin tahu apa saja makanan dan minuman unik di dunia yang mungkin bisa membuat anda mual dan muntah saat pertama kali melihatnya? Simak artikel ini dan mungkin anda termasuk yang punya jiwa petualang sehingga berani mencobanya.

Tentunya kita berharap jika mengunjungi suatu negara kita dapat menemukan makanan dan minuman yang mampu menggugah selera tapi apa jadinya kalau ternyata dibeberapa negara tersebut terdapat makanan yang malah menghilangkan selera makan kita. Berikut makanan dan minuman unik yang hanya cocok bagi penggemar kuliner ekstrim :

Burger Anak Tikus - China

Burger ! jika anda penggemar burger tentunya pasti setuju jika dikatakan makanan praktis yang terbuat dari roti dan diisi daging dan sayur ini sangat lezat. Tapi ternyata ada burger yang mungkin membuat anda berpikir dua kali untuk menyantapnya meskipun anda penggemar berat burger. Lihat saja gambar dibawah ini

Burger Anak Tikus - China

Dari tampilan luarnya saja sudah kelihatan menjijikkan, saya sendiri tidak tega melihat anak tikus kecil yang baru lahir dibuat makanan burger. Lain halnya dengan orang orang di China yang berburu tikus untuk dibuat sate atau burger seperti ini, katanya sih burger tikus sangat enak dan gurih, apalagi jika di goreng. Kita sendiri sebagai orang Indonesia mungkin saat melihatnya saja ingin muntah, apalagi jika memakannya.

Belalang Goreng – Asia Tenggara

Belalang goreng merupakan salah satu menu yang banyak ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara. Belalang  mengandung protein selain itu juga dapat menjadi sumber energi. Belalang memang aman kok untuk di konsumsi. Jadi tidak ada salahnya kita makan makanan unik yang berasal dari belalang ini, karena tidak mengandung unsur yang membahayakan bagi tubuh kita.

Belalang Goreng – Asia Tenggara

Sate Kalajengking – Thailand & China

Hewan ini memiliki racun yang cukup mematikan tapi ditangan warga Thailand dan China ternyata menjadi kuliner unik berupa sate kalajengking. Sate kalajengking ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat-tempat kuliner di negeri Thailand dan China. Anda bahkan dapat memilih apakah ingin rasa pedas maupun original. Harga sate kalajengking dijual sekitar 25 yuan (sekitar 50 ribu rupiah) 

Sate Kalajengking – Thailand & China

Sate Tikus Bakar – Kamboja

Beberapa negara tentu mengganggap hewan pengerat ini sebagai hama tetapi tidak demikian dengan Kamboja. Negara ini mengubah tikus liar menjadi kuliner dalam bentuk sate tikus bakar. Harganya sangat terjangkau sekitar 5 ribu/ tusuk. Tertarik mencobanya?

Sate Tikus Bakar – Kamboja

Casu Marzu - Italia

Cazu Marzu merupakan keju yang terbuat dari susu domba yang telah difermentasikan hingga membusuk lalu menarik lalat Piophila casei datang untuk bertelur , telur-telur yang menetas akan menjadi belatung. Semakin banyak belatung yang terdapat pada keju menandakan keju sudah siap untuk disantap.  Makanan yang berasal dari daratan Sardinia, Italia ini dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual.

Casu Marzu - Italia

Cara menikmati makanan ini adalah dimakan beserta ulatnya tadi. karena jika cacingnya mati, maka makanan ini menjadi tidak aman untuk dikonsumsi. Selain itu yang perlu diperhatikan, cazu marzu dapat menyebabkan reaksi alergi dan infeksi perut akibat larva yang tertelan masih hidup. Muntah, mual dan diare yang mematikan adalah efek samping yang disebabkan oleh cazu marzu, bagi mereka yang belum terbiasa mengonsumsinya. Meski demikian cazu marzu masih banyak penikmat setianya hingga sekarang di Italia.

Balut - Filipina

Balut dari negara Filiphina sebenarnya telur bebek atau telur ayam yang telah dibuahi selama tiga minggu, dengan embrio di dalamnya. Embrio terbentuk dengan semua pelengkap normal yang anda temukan pada bebek atau ayam yang masih benar-benar muda, seperti kaki, sayap sebagian berbulu, lengkap dengan paruhnya juga.

Balut - Filipina

Dari segi tampilanya saja sudah menjijikkan bagi kita untuk di makan, namun lain halnya dengan orang orang di Filiphina, mereka menganggap memakan balut itu sama dengan memakan telur dengan daging ayam atau bebek rebus. Balut ini juga digunakan sebagai obat kuat bagi kaum pria serta penambah vitalitas.

Mata Tuna – Jepang

Jepang memang terkenal dengan beberapa makanan khas berbahan baku utama ikan. Sushi dan Sashimi merupakan masakan khas Jepang yang menggunakan ikan sebagai salah satu bahan pembuatannya terutama ikan tuna. Jepang merupakan tujuan utama ekspor tuna, bayangkan saja setiap tahunnya Jepang membutuhkan sekitar 12-20 ribu ton / tahun ikan tuna untuk memenuhi permintaan di bidang kuliner.

Mata Tuna – Jepang

Mungkin karena produksi yang berlebihan akan ikan tuna sehingga Jepang akhirnya membuat salah satu kuliner unik yang cukup ekstrim yaitu mata tuna. Mata tuna yang telah diolah oleh masyarakat Jepang sering dijadikan sebagai “cemilan” dan dipercaya dapat menambah stamina. Harganya cukup terjangkau sekitar 15-20 ribu rupiah/buah, ada yang bilang rasanya mirip dengan cumi-cumi.

Surstromming (ikan basi) – Swedia

Jika kita mempunyai ikan yang sudah berbau busuk kita cenderung membuangnya ke tong sampah tapi tidak demikian dengan makanan tradisional Swedia berupa ikan hering yang difermentasi. Peneliti dari Jepang bahkan menyebutkan bahwa surstromming merupakan salah satu makanan yang memiliki bau busuk paling kuat di dunia. Walaupun menjadi pro-kontra namun masyarakat Swedia masih mengkomsumsi surstromming sebagai tradisi.

Surstromming

Tarantula Goreng - Kamboja

Jika umumnya orang akan menghindar jika bertemu dengan binatang yang satu ini tetapi tidak demikian dengan warga Kamboja. Hewan ini malah diburu dihutan-hutan untuk dijadikan cemilan sehingga populasinya kian hari kian menyusut. Tarantula dinegeri Kamboja digoreng layaknya kerupuk diIndonesia setelah terlebih dahulu dibersihkan dan diberi garam, gula dan rempah-rempah yang membuatnya lezat dan kriuk. Harga tarantula saat ini telah makin mahal bisa mencapai 15 ribu rupiah / ekor, harganya telah melonjak beberapa kali lipat dibandingkan saat populasi tarantula masih mudah ditemukan.

Tarantula Goreng - Kamboja

Sannakji (gurita hidup) – Korea Selatan

Makanan asal Korea ini cukup ekstrim dan berbahaya, bayangkan anda memakan gurita yang masih hidup yang hanya dibumbui minyak wijen dan saus. Beberapa restoran bahkan menyajikan gurita hidup tersebut hanya diatas piring dalam keadaan terus bergerak dan sebagian menyajikannya diatas sayuran rebus di dalam panci

Sannakji (gurita hidup)

Memakan gurita dalam keadaan hidup sangat tidak direkomendasikan beberapa pihak bahkan menyebutkan memakan gurita dalam keadaaan hidup bahkan dapat menyebabkan kematian, jadi hati-hati saat anda berniat mencobanya.

Boendegi – Korea Selatan

Masih tentang masakan Korea bernama boendegi yang terbuat dari kepompong ulat sutera. Makanan ini bisa disajikan dalam bentuk direbus atau dikukus. Makanan ini juga biasa dijajakan para pedagang kaki lima dengan cara ditusuk seperti sate dan disajikan dalam cangkir kertas. Beberapa negara juga mengkomsumsi pupa ulat sutera walaupun dengan nama yang berbeda.

Boendegi

Shirako – Jepang

Shirako merupakan salah satu hidangan mewah dari Jepang, shirako berasal dari cairan sperma ikan kod, salmon, dan cumi-cumi. Hidangan ini memiliki tektur kenyal dan bisa disajikan secara mentah maupun diolah terlebih dahulu dengan cara digoreng.

Shirako

Baby Mice wine - China dan Korea

Ada-ada saja munuman yang satu ini. Minuman ini berasal dari bayi tikus yang baru lahir dan langsung segera difermentasikan selama setahun. Bayi tikus tersebut difermentasi saat masih hidup. Minuman ini dipercaya dapat mengobati penyakit asma dan penangkal racun meskipun belum ada penjelasan medis yang mendukung peryataan tersebut.  Yang lebih ekstrim lagi karena untuk menambah khasiatnya kita tidak hanya minum air anggur tersebut melainkan memakan tikus yang berada didalamnya. Harganya bahkan mencapai ratusan ribu rupiah / botolnya. Minuman serupa juga dapat ditemukan dinegeri ginseng, Korea.

Baby Mice wine

Otak Monyet - China

Masakan ini dipercaya dapat menyembuhkan impotensi walaupun hanya sebatas mitos namun tetap saja ada yang mengkomsumsinya.  Makanan ini sering dikaitkan dengan masakan China meskipun juga ditemukan dinegara lain. Kuliner eksotis ini dianggap terlalu kejam dan tidak berperikemanusiaan. Terkadang otak yang masih segar dimakan dari tengkorak monyet mati ataupun dimasak terlebih dahulu, namun ada juga yang memakan otak monyet dari tengkorak kepala monyet saat monyet masih dalam keadaan hidup. Jangan ditiru ya guys apapun alasannya.

Otak Monyet

Artikel 14 Makanan dan minuman unik di dunia tentunya akan membuat anda pasti tidak habis berpikir bahwa ternyata masih ada makanan dan minuman unik diluar nalar, dan lebih unik lagi karena ternyata masih ada yang ingin mencobanya.