Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

 12 Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

Penyakit jantung dengan segala macam jenisnya dapat menyerang siapa saja baik tua,muda,remaja,ataupun paruh baya. Gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, kurang beraktivitas, jarang olahraga, obesitas, gemar konsumsi makanan berlemak dan kolesterol tinggi disebut-sebut sebagai pemicu penyakit mematikan ini disamping faktor riwayat keluarga yang memiliki sakit yang sama. Bagaimana agar kita terhindar dari penyakit jantung? simak artikel ini dan temukan 12 makanan sehat untuk jantung anda.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan telah merenggut banyak nyawa. Kita bisa menghindari penyakit jantung dengan pola hidup yang sehat. Ada banyak hal yang mesti dilakukan agar memiliki jantung yang sehat. Dimulai dengan membenahi pola makan dan memilih makanan yang sehat untuk jantung yang dapat mencegah gejala awal sakit jantung, Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya sering anda komsumsi dalam menu makanan anda :

Bawang Putih

Wow…ternyata rempah dapur berwarna putih dengan aroma dan rasa yang khas ini mengandung khasiat yang luar biasa untuk kesehatan jantung kita lho ..! Bawang putih berkhasiat mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah adanya

penyumbatan di pembuluh darah kita. Selain dapat ditelan langsung seperti saat kita minum obat kita dapat mendapatkan manfaatnya dengan cara menambahkan bawang putih pada aneka masakan kita. Apabila kita menyukai roti panggang kita dapat mengoleskan bawang putih cincang diatas roti yang kita oles dengan mentega rendah lemak dan sedikit parsley cincang. Selain rasanya berbeda kita juga dapat mendapatkan khasiatnya yang luar biasa. Jadi jangan sampai melewatkan bumbu dapur yang satu ini dalam menu makanan anda sehari-hari.

Jahe

Rempah yang satu ini ternyata juga mampu menghindarkan kita dari penyakit jantung. Kita dapat menikmatinya dalam bentuk wedang jahe asli, asinan jahe muda, ataupun menambahkannya sebagai bumbu dalam masakan sehari-hari. Ada banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan rutin meminum jahe dan menambahkan jahe pada masakan dirumah.

Olive oil

Minyak ini lebih dikenal dengan minyak zaitun di kalangan masyarakat luas. Ganti minyak sayur atau minyak goreng kita dengan minyak zaitun agar masakan kita lebih sehat, rendah lemak, dan jantung kita terlindungi oleh kolestrol jahat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Membiasakan mengurangi garam pada makanan

Mengurangi garam pada aneka masakan kita memberikan efek yang besar untuk kesehatan jantung kita. Seperti yang kita ketahui hipertensi sebagai salah satu pencetus sakit jantung disebabkan oleh adanya kadar natrium yang tinggi dalam tubuh seseorang. Mengurangi garam bukan hanya dalam bentuk garam dapur tetapi juga dalam mengurangi mengonsumsi cemilan seperti keripik, makanan kalengan, lauk pauk yang diawetkan, dsb.

Komsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Manfaat antioksidan adalah untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh dan memperkuat sistem imunitas tubuh. Selain dalam bentuk pil atau kapsul suplemen antioksidan dapat kita dapatkan dari bahan makanan misalnya anggur, ubi ungu, apel, dan sebagainya.

Komsumsi Buah segar terutama buah-buahan organik

Aneka buah segar kaya vitamin, mineral, dan zat-zat pembangun sel-sel yang rusak di dalam tubuh.jadikan irisan buah segar atau jus sebagai camilan pengganti roti atau keripik agar jantung kita lebih sehat. Buah organik sangat baik dikomsumsi karena bebas dari pestisida dan bahan-bahan kimia yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikomsumsi dalam jangka waktu panjang.

Komsumsi Bayam

Bayam kaya asam folat yang baik untuk jantung oleh karena itu tambahkan bayam pada menu sayur sehari-hari kita sebagai lalapan matang, tumisan, ataupun salad.

Pilihlah margarin rendah lemak

Bila keluarga menyukai sarapan di pagi hari dengan roti pilihlah margarin rendah lemak sebagai ganti mentega untuk mengoles roti dan sandwich. Rasanya tidak jauh berbeda namun manfaatnya luar biasa untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

Gemar makan ikan

Ikan kaya Omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Kita dapat mengganti daging atau ayam dengan ikan sebagai pilihan lauk sehari-hari. Sebaiknya ia tidak dimasak dengan cara di goreng, Namun di kukus atau di rebus. Sup ikan, ikan pepes, ikan rempah kukus jamur adalah sedikit contoh olahan ikan yang sehat.

Komsumsi sereal secara Rutin

Sereal seperti havermout kaya serat dan padat gizi. Kita dapat mengganti sarapan kita yang biasanya dengan semangkuk havermout. Hangat bertabur irisan strawberry segar atau pisang. Sarapan sehat lezat ini kaya energi dan baik untuk jantung kita.

Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya protein, vitamin, dan lemak baik untuk tubuh. Tidak hanya sebagai camilan misalnya kacang rebus, sup kacang merah, sup lentil, edamame salad, adalah olahan kacang lain yang dapat dinikmati.

Memilih sumber Makanan rendah lemak.

Agar kualitas hidup kita terjaga mulai dari sekarang sebaiknya kita memilih aneka bahan makanan rendah lemak misalnya pilihlah susu skim daripada fullcream, keju rendah lemak, krim rendah lemak dsb.

Semoga artikel ”12 Makanan sehat untuk jantung anda” dapat membuat jantung anda menjadi lebih sehat dan membuat anda lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan.