Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aturan Merawat Hewan Peliharaan Anda Dirumah

 10 Aturan Merawat Hewan Peliharaan Anda Dirumah

Memelihara hewan dirumah memang hobi yang banyak digemari berbagai kalangan, bahkan sebagian menganggap hewan peliharaan tersebut merupakan bagian dari keluarga. Walaupun demikian ternyata masih banyak yang belum tahu cara merawat hewan peliharaan yang baik dan aturan yang mesti dijalankan sebagai pemilik. Ingin tahu apa saja aturan merawat hewan peliharaan anda dirumah? Baca terus artikel ini agar anda mengetahui apa yang mesti anda lakukan dalam memelihara hewan peliharaan.

Pada saat anda akan memelihara hewan peliharaan artinya anda telah siap mengambil sebuah tanggung jawab, ibaratnya kita seperti mendapatkan bayi yang harus dipelihara dan diberi kasih sayang bukan hanya diperlakukan seadanya tanpa memperhatikan hak dan kebutuhan hewan peliharaan kita. Banyak juga “kaum” yang hanya ikut tren memelihara hewan tertentu yang lagi trending tapi saat mulai bosan hewan tersebut mulai ditelantarkan. Mudah-mudahan anda bukan dari “kaum” itu. Sebagai rambu-rambu berikut 10 aturan merawat hewan peliharaan dirumah yang sebaiknya anda lakukan :

Mempersiapkan Kandang Yang Nyaman dan Aman

Kandang ibarat rumah bagi hewan kita. Kandang yang baik tentunya akan membuat hewan peliharaan akan merasa nyaman. Setiap hewan memiliki bentuk kandang yang berbeda-beda, kita harus menyesuaikan ukurannya dengan hewan yang akan dipelihara. Kandang juga harus membuat hewan merasa aman dari serangan predator, contohnya hamster, burung dan ayam sebaiknya memiliki jeruji/ram kecil untuk menghindarkan dari serangan kucing dan tikus liar.

Mempersiapkan Kandang Yang Nyaman dan Aman

Menjaga Kebersihan Kandang dan Lingkungan Sekitar

Kandang sebaiknya dibersihkan setiap hari apalagi jumlah hewan yang dipelihara berjumlah cukup banyak. Selain untuk menghindari bau tidak sedap dan complain dari tetangga, kandang yang bersih dapat membuat hewan yang anda pelihara terhindari dari berbagai penyakit yang bisa diakibatkan oleh bakteri, virus dan jamur.

Menjaga Kebersihan Kandang dan Lingkungan Sekitar

Kita juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar dimana kita akan menempatkan hewan kita, lingkungan yang kotor dan jorok bisa membuat hewan tertular penyakit yang berasal dari hewan liar seperti tikus, kucing liar, dll.

Pemberian Makan dan Minum Secara Teratur

Setiap hewan peliharaan memiliki pola dan kebutuhan pakan yang berbeda-beda. Namun layaknya semua makhluk hidup perlu makan dan minum terlebih saat kita menaruhnya didalam kandang artinya makan dan minum tergantung kepada sang pemilik. Memberikan makanan dan minum secara teratur bukan hanya akan membuat hewan peliharaan anda tumbuh secara optimal tetapi juga akan membuat daya tahan tubuhnya meningkat.

Pemberian Makan dan Minum Secara Teratur

Hewan yang dirawat secara benar akan terlihat berbeda dibandingkan hewan yang dirawat seadanya. Hewan dengan pola makan seadanya akan membuatnya rentan terkena berbagai penyakit dan akhirnya bisa mengalami kematian.

Vaksinasi Hewan

Banyak pencinta hewan yang mempertanyakan apakah perlu hewan peliharaannya terutama anjing dan kucing untuk divaksin? Perlu !!! Vaksin akan membuat daya tahan tubuh hewan anda semakin meningkat  dan membuatnya tetap sehat. Meskipun begitu tidak semua penyakit pada anjing mesti divaksin sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapat saran yang tepat. Vaksin tidak boleh asal dilakukan perlu mengetaui berbagai hal seperti umur hewan, lingkungan, riwayat medis hewan dll. Beberapa vaksin yang biasa diberikan pada anjing seperti canine parvovirus, hepatitis, dan rabies.

Vaksinasi Hewan

Menjaga Kebersihan Hewan Peliharaan

Anjing dan kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara dimuka bumi. Tentunya kita harus membersihkan hewan peliharaan kita dengan cara memandikannya. Memandikan anjing dan kucing bertujuan untuk membersihkan kotoran dan bau sekaligus mencegah berbagai penyakit kulit. Kelinci, marmot, hamster, kura-kura dan beberapa hewan peliharaan lain juga perlu dibersihkan secara berkala. Beberapa hewan boleh dimandikan saat usianya minimal 3-6 bulan. Hewan yang rutin dibersihkan tentunya juga aman buat anda dan keluarga.

Belajar Cara Merawat Yang Benar

Kita perlu belajar cara merawat hewan dengan benar sebab setiap hewan memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Saat ini telah tersedia begitu banyak fasilitas untuk belajar baik melalui media cetak, Google, dan youtube.  Banyak para pemula yang hanya sekedar ikut-ikutan dalam memelihara hewan akibatnya fatal, kematian! Sungguh sangat disayangkan nyawa hewan tersebut akibat kurangnya pengetahuan kita tentang bagaimana cara merawat hewan tersebut. Kasus yang paling sering kita jumpai adalah saat pemula membeli kelinci dan ikan hias, umumnya hewan tersebut hanya mampu bertahan hidup selama 1-2 minggu bahkan kurang dari itu.

Sosialisasi Dengan Lingkungan Sekitar

Kita tidak boleh egois saat akan memelihara suatu hewan peliharaan tanpa mempertimbangkan lingkungan sekitar. Okelah jika kita hidup terpencil tanpa tetangga. Tapi bagaimana jika kita hidup dilingkungan perumahan? Ambil contoh saat kita akan memelihara seekor anjing dan tiap malam anjing tersebut menggonggong tanpa henti dan mengganggu waktu tidur tetangga. Atau kita ingin memelihara ular berukuran besar tanpa memperhatikan keamanan kandang. Faktor-faktor diatas dapat menimbulkan pertengkaran. Sebaiknya konsultasikan dengan tetangga terdekat anda saat ingin memelihara hewan yang mungkin bisa dianggap mengganggu. Kecuali hewan yang anda beli tidak bersuara/mengganggu seperti ikan, kelinci, kura-kura,dll.

Melatih Hewan Beretika

Setiap hewan peliharaan sebenarnya bisa dilatih. Hewan buas dan liar seperti harimau dan singa saja bisa dilatih apalagi hewan yang lebih kecil seperti anjing dan kucing yang telah lama terbiasa dengan kehidupan manusia. Tentunya mungkin lebih mudah. Anda bisa melatih hewan peliharaan dengan berbagai keahlian seperti duduk, buang kotoran pada tempatnya, dll. Terkadang saat anjing dibawa berlari dan bertemu dengan orang asing, anjing anda dalam posisi siap menyerang dan terus menggongong, tentu saja hal itu akan menimbulkan kekhawatiran bagaimana jika talinya terlepas dari pegangan anda? Anjing yang terlatih tidak akan berlaku demikian.

Melatih Hewan Beretika

Memberikan Vitamin dan Obat

Memberikan makanan dan minuman yang baik dan sehat memang sudah dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan tubuh hewan peliharaan kita tapi tidak menjamin apakah ada unsur yang belum terpenuhi. Sebagai tambahan kita bisa memberikan vitamin sesuai dengan jenis hewan peliharaan kita.

Sebagai contoh marmot membutuhkan vitamin C yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuhnya, jika kita hanya memberikan rumput secara terus menerus maka akan terjadi defisiensi vitamin terutama vitamin C, maka sebaiknya kita sering mengkombinasikan beberapa jenis makanan untuk saling melengkapi kebutuhan hewan anda.

Hewan yang sakit juga memerlukan penanganan yang tepat dan cepat, jika masih tergolong bisa diatasi seperti penyakit kulit pada hewan kita dapat memberinya obat kulit yang bisa kita peroleh ditoko hewan dan apotik tetapi jika penyakitnya tidak kunjung sembuhnya sebaiknya bawa hewan anda ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan.

Menyayangi Hewan Dengan Tulus

Hewan termasuk binatang yang peka dan dapat merasakan kasih sayang dan ketulusan pemiliknya. Kita dapat melihat di banyak video youtube yang memperlihatkan bagaimana hubungan antara hewan dan pemiliknya yang menyentuh hati bahkan setelah hewan tersebut ditinggal bertahun-tahun, hewan tersebut masih mampu mengingat penolong dan pemilik sebelumnya. Ironis kan kalau manusia yang dianggap paling mulia kalah dari hewan ?

Menyayangi Hewan Dengan Tulus

Jika anda mampu membeli berbagai hewan peliharaan dengan kekayaan anda itu wajar tapi tidak semua pemilik hewan mampu memberikan kasih sayang yang tulus kepada hewan yang dia pelihara, jika seandainya suatu hari anda bosan dengan hewan peliharaan anda dan tidak bisa lagi memeliharanya sebaiknya anda menawarkan kepada teman atau kerabat anda yang cinta kepada binatang untuk mengadopsinya agar hewan tersebut tetap memperoleh kasih sayang selayaknya yang bisa diperoleh.

Semoga artikel “10 Aturan Merawat Hewan Peliharaan Anda Dirumah” dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia duniahobiku.com dimanapun anda berada. Jika anda menerapkannya dengan benar bukan hanya hewan peliharaan anda yang sehat dan nyaman tetapi anda juga tentunya akan senang memiliki hewan peliharaan yang dapat dibanggakan.