Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Batok Kura-kura Agar Tampil Prima

 Tips Merawat Batok Kura-kura Agar Tampil Prima

Daya tarik utama seekor kura-kura salah satunya terletak pada bentuk batok dan coraknya. Batok kura-kura merupakan rumah yang melindungi kura-kura dari serangan predator. Kura-kura yang sehat pasti memiliki batok yang mengkilap dan terawat. Apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat batok kura-kura kesayangan anda? simak artikel ini dan temukan tips merawat batok kura-kura agar tampil prima.

Kura-kura merupakan hewan unik yang selalu membawa rumahnya kemanapun kakinya melangkah. Ada beberapa jenis kura-kura yang ada didunia tapi umumnya terbagi atas kura-kura darat dan kura-kura air tawar. Agar karapaks kura-kura dapat tampil prima, permukaan batoknya mesti rajin dilap. Selain itu faktor lingkungan dan makanan turut andil dalam menghasilkan batok kura-kura yang sehat. Didalam tubuh yang sehat terdapat batok yang kinclong, mungkin peribahasa itu cocok  buat sang kura-kura.

Perawatan batok kura-kura bukan hanya dilakukan pada bagian luar tetapi juga harus didukung dari dalam yaitu dengan memberikannya makanan yang baik sebagai zat pembangun rumah kura-kura. Berikut beberapa tips merawat batok kura-kura agar tampil prima :

Bersihkan Batok Kura-kura Setiap Hari

Batok kura-kura yang kotor akan membuat tampilan kura-kura menjadi kurang menarik dan terkesan jorok dan kusam. Hal itu juga menjadi penanda bahwa pemilik kurang merawat dengan baik dan jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat merusak tampilan kura-kura. Tidak butuh waktu lama untuk menyiram permukaan batok kura-kura dan menggosoknya mengunakan sikat gigi, jangan lupa untuk menggosok bagian bawah kura-kura dengan cara membaliknya. Setelah selesai menggosok, bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan kain/handuk.

Pemberian Pakan Kaya Fosfor dan Kalsium

Pemberian makanan yang mengandung unsur fosfor (P) dan kalsium (Ca) sangat diperlukan ketika seekor kura-kura sedang dalam masa pertumbuhan. Tulang kura-kura umumnya tumbuh secara pesat ketika masih muda dan berakhir ketika kura-kura mulai memasuki fase reproduksi. Pemberian pakan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kura-kura serta kondisi batok atau tempurung kura-kura.

Ada banyak sumber P dan Ca yang bisa didapatkan dari tanaman atau mineral alami. Tablet siap pakai untuk kura-kura juga tersedia di toko- toko petshop. Pemberian buah dan sayur kerap dijadikan menu pokok harian namun sebenarnya pakan yang berasal dari buah dan sayur miskin unsur P dan Ca sehingga dapat membuat masalah dikemudian hari ketika tumbuh dengan tampilan batok tidak merata atau bahkan cacat.

Ada beberapa tanaman yang mengandung unsur Ca dan P yang baik untuk kura-kura diantaranya Opuntia dan Plantago sp. Opuntia adalah sejenis kaktus yang bisa dimakan bahkan oleh manusia. Kandungan yang dimiliki opuntia memiliki rasio Ca dan P sebesar 78 : 1 sedangkan Plantago sp memiliki rasio Ca dan P sebesar 20 : 1. Beberapa pakan yang juga baik diberikan adalah wortel dan ikan. Hindari memberikan sayur yang banyak mengandung gas seperti kubis karena dapat menghambat penyerapan Ca dan P dalam saluran pencernaan kura-kura.

Gambar Opuntia dan Plantago sp
Gambar Opuntia dan Plantago sp

Pemberian Suplemen Tambahan

Pemberian P dan Ca yang berasal dari makanan harus didukung dengan memberikan suplemen kepada kura-kura agar menghasilkan tempurung kura-kura yang kuat dan cemerlang. Suplemen yang mengandung unsur P sebaiknya di hindari karena telah diperoleh dari pakan sayur dan buah.

Kita dapat memberikan suplemen Ca berbentuk cair atau serbuk yang dapat kita temukan pada petshop dan toko online. Cara penggunaanya pun cukup mudah, cukup diaduk menjadi satu dengan pakan. Untuk dosisnya bisa dilihat pada kemasan suplemen. Suplemen ini dapat diberikan setiap 3 hari sekali atau 1 minggu sekali.

Salah satu sumber Ca yang dapat dengan mudah diperoleh adalah kulit telur. Selain kaya Ca, kulit telur juga mengandung bahan antibiotik. Zat itu berkhasiat menangkis serangan bakteri salmonella yang bisa memicu penyakit mencret pada kura-kura. Pastikan mencuci bersih kulit telur sebelum diberikan kepada kura-kura anda dirumah.  Sumber Ca lain yang bisa diberikan adalah tulang sotong. Pakan ini juga cocok diberikan kepada kura-kura jenis kura-kura air sebab bisa mengambang diatas permukaan air saat disuguhkan. Untuk memperoleh tulang sotong kita dapat membelinya ditoko pakan burung.

Gambar Tulang Sotong
Gambar Tulang Sotong

Menu-menu diatas bisa diberikan secara langsung tetapi juga dapat dicampurkan pada pakan. Pemberian suplemen kalsiun akan membuat kura-kura anda semakin oke. Satu lagi..kita juga memberikan kapsul minyak ikan kepada kura-kura kita cukup seminggu sekali dengan cara mencampurkannya ke pakan.

Jemur Kura-kura Dibawah Sinar Matahari

Dihabitat aslinya kita dapat menemukan hewan unik ini sedang berjemur diatas sebongkah batu atau dahan pohon yang jatuh kesungai.  Vitamin D dapat dihasilkan secara mandiri oleh kura-kura dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium secara sempurna. Sebaiknya kita menjemur kura-kura kesayangan kita pada saat cuaca cerah dipagi hari sekitar 3-4 jam.

Gambar Kura-kura Berjemur
Gambar Kura-kura Berjemur

Jika musim penghujan tiba kita biasanya sulit menemukan sinar matahari sesuai dengan agenda kita. Para penghobi reptil yang tinggal didaerah pegunungan dan sering berkabut tentunya akan sedikit kesulitan untuk menjemur sang kura-kura. Untuk mensiasatinya kita dapat menggunakan sinar buatan dari lampu UV. Lampu tersebut bisa dinyalakan selama 3-4 jam setiap hari. Tetapi jika kondisi memungkinkan usahakan agar menjemur dibawah sinar matahari langsung. Jika anda rutin melakukannya anda akan melihat hasilnya dimana batok kura-kura anda akan tampak semakin mengkilap.

Jaga Kebersihan Air Akuarium / Kolam

Jika anda memelihara jenis kura-kura air sebaiknya selalu menjaga kebersihan air pada akuarium dan kolam dimana anda menaruh kura-kura anda. Air yang kotor selain dapat menyebabkan penyakit pada kura-kura kita juga dapat membuat batok kura-kura kita akan berlumut jika jarang dibersihkan. Gunakan filter air untuk menjaga kebersihan dan kualitas air pada akuarium dan kolam pemeliharaan anda. Kuras air secara berkala.

Jadi bagaimana sudah tahu khan, Cara Merawat Batok Kura-kura Agar Tampil Prima. Kura-kura yang memiliki batok yang sehat akan tampil sangat memikat selain itu kura-kura akan senang, pemiliknya pun ikut senang, melihat semua senang anda pun senang mendengarnya. Hehehe..cukup ya nanti lidah anda terpelintir. Hati senang obat paling mujarab.