Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Losari Ikon Kota Makassar Makin Hari Makin Cantik

 Pantai Losari Ikon Kota Makassar Makin Hari Makin Cantik

Anda setuju dengan judul artikel diatas? Jika anda warga Makassar atau wisatawan yang dulu pernah berkunjung ke tempat ini beberapa puluh tahun yang lalu anda akan melihat begitu banyak perubahan yang terjadi di Pantai Losari beberapa tahun terakhir. Kawasan sekitar pantai Losari disulap menjadi makin cantik dari hari ke hari. Apa saja yang berubah dari pantai Losari dibandingkan dahulu? Simak artikel ini dan anda akan mengetahui perubahan apa saja yang terjadi pada pantai Losari ikon kota Makassar ini.

Seperti layaknya seorang gadis yang bertumbuh, pantai losari kini menjelma menjadi gadis cantik yang menarik bagi para wisatawan lokal dan mancanegara, begitu banyak perubahan yang terjadi sehingga kadang membuat kita pangling jika lama tidak berkunjung ke tempat ini. Mari kita telusuri berbagai hal menarik tentang pantai Losari.

Sejarah Pantai Losari

Masih terekam jelas dalam ingatan penulis waktu kecil bagaimana jika malam hari akan menemukan para penjual pisang epe dan berbagai pedagang makanan mendirikan tenda-tenda sepanjang kurang lebih 1 km. Bahkan disebutkan bahwa pantai Losari dulunya merupakan warung terpanjang di dunia, entahlah kalau dibelahan benua lain ada warung sepanjang pantai Losari. Pinggiran pantai Losari dulu juga menjadi tempat mencari kelomang yang ada pada bebatuan pada pagi hari, ahh.. indahnya masa kecil yang penuh kesederhanaan.

Sejarah Pantai Losari

Pemerintahan Makassar kala itu dipimpin oleh seorang walikota bernama DM Van Switten yang memerintah tahun 1945-1946. Derasnya ombak dari laut membuat pemerintahan yang dipegang oleh Belanda membuat inisiatif untuk membangun sebuah tanggul untuk melindungi berbagai bangunan strategis yang berada di pinggir pantai kala itu serta mencegah abrasi/pengikisan pantai. Pemerintah lalu membuat lantai dasar beton sepanjang 910 m disepanjang bibir pantai yang akhirnya menjadi cikal bakal pantai Losari seperti yang kita lihat sekarang.

Kata Losari sendiri diambil dari kata “Los” yang dapat diartikan sebagai tempat jual beli atau petak-petak berjualan sedangkan ari sendiri dapat diartikan sebagai pembungkus seperti “ari-ari” yang membungkus seorang bayi. Tidak ada data historis sejak kapan penggunaan kata Losari digunakan hingga terkenal sampai sekarang, mungkin ada sejarawan yang bisa menelitinya?

Lokasi Pantai Losari

Pantai Losari terletak di sebelah barat kota Makasssar. Tepatnya dijalan Metro Tanjung Bunga, lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada dekat dengan pusat kota Makassar. Jika kita ingin mengunjungi dari Pelabuhan Soekarno-Hatta hanya diperlukan waktu sekitar kurang lebih 15 menit dan kalau anda turun dari Bandara Hasanuddin, pantai Losari dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit.

Apa saja yang dapat anda temukan di Pantai Losari ?

Pantai Losari sangat terkenal dengan pemandangan matahari tenggelamnya. Jadi kita sebaiknya mengunjunginya pada sore hari sebelum matahari hilang ditelan laut. Ada banyak spot menarik dimana anda dapat menikmati keindahan sunset secara utuh. Kita dapat melihatnya dari anjungan pantai Losari atau disepanjang pinggiran pantai Losari. Siapkan kamera terbaik anda untuk mengabadikan momen dengan latar belakang matahari tenggelam, dijamin hasilnya tidak mengecewakan.

Anda dapat mengunjungi mesjid Amirul Mukminin yang merupakan mesjid apung pertama di Indonesia yang dibangun diatas laut pantai Losari. Mesjid ini diresmikan  pada tahun 2009 oleh wakil presiden kala itu, Bapak Yusuf Kalla.

Gambar Mesjid Terapung
Gambar Mesjid Terapung

Anda dapat melihat dengan jelas kubah 99 yang berada tepat di depan pantai Losari dan cuma dihalangi oleh laut sehingga jika ingin mengunjunginya kita harus sedikit memutar melewati jalan Metro Tanjung Bunga. Kubah 99 ini di desain oleh Ridwan Kamil loh yang sekarang menjadi Gubernur Jawa Barat dan sempat menjadi Walikota Bandung.

Kubah 99 merupakan bangunan cantik dengan desain warna cerah yang sangat memikat yang berada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) yang memiliki luas 72 X 45 meter dan nantinya diperkirakan dapat menampung sekitar 13 ribu orang. Kubah ini menjadi ikon baru di kota Makassar.

Gambar Kubah 99
Gambar Kubah 99

Wahana Air

Jika anda senang naik sepeda  sambil  naik perahu wahana ini paling cocok, perahu bebek. Anda dapat berolahraga sambil keliling menikmati keindahan dan pemandangan sekitar pantai Losari dengan perahu bebek yang dipersewakan ditempat ini. Bisa juga memilih perahu bebek yang menggunakan mesin dan mampu memuat anda sekeluarga.

Gambar Perahu Bebek
Gambar Perahu Bebek

Memancing

Bagi anda yang hobi memancing anda bisa membawa pancing anda mencoba peruntungan anda di tempat ini sambil menikmati pemandangan sekitar pantai Losari. Siapa tahu dewi Fortuna sedang di pihak anda sehingga bisa membawa pulang seekor ikan duyung cantik kerumah, eitss... maksudnya ikan besar dan segar sebagai lauk dirumah.

Jogging dan Bersepada

Anda bisa berolahrga dan bersepeda ditempat ini karena tempatnya sangat luas asal jangan pada saat sedang diadakan acara khusus seperti pameran dan konser musik. Sebaiknya anda  mengunjungi pantai losari pada pagi hari untuk bersepeda dan jogging karena biasanya dipagi hari tidak seramai pada saat menjelang matahari tenggelam dan malam hari.

Mengasah Kemampuan Fotografi Anda

Pantai Losari menawarkan banyak spot menarik yang dapat anda abadikan lewat kamera anda. Anjungan Pantai Losari terbagi menjadi beberapa tempat sesuai suku yang ada di Sulawesi, yaitu anjungan Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar. Keempat anjungan tersebut menampilkan ciri khas daerah masing-masing. Seperti patung becak, tedong bonga, perahu dll yang dapat anda bidik dengan kamera anda. Suasana keramaian kala senja, sunset, pulau-pulau dekat pantai Losari, dan bangunan cantik sekitar pantai Losari. Ada juga patung para pahlawan dalam bentuk wajah yang berada didekat mesjid terapung.

Gambar Patung Pantai Losari
Gambar Patung Pantai Losari

Menikmati Kuliner Khas Kota Makassar

Puas berkeliling disekitar pantai Losari dan menikmati sunset kita dapat langsung menuju para pedagang makanan yang berjejer rapi disepanjang pantai Losari. Ada begitu banyak pedagang dan menu yang dapat anda cicipi ditempat ini. Salah satu ciri makanan khas dari daerah Makassar yaitu pisang epe (pisang bakar dengan saus gula merah) bisa kita jajal ditempat ini. Anda bisa melihat proses pembuatannya langsung .Soal rasa ada beberapa varian baru sesuai selera anda.

Gambar Kuliner Pantai Losari
Gambar Kuliner Pantai Losari

Pantai Losari dan tempat wisata Lain

Jika anda berada dipantai Losari anda bisa memilih beberapa tujuan wisata berikutnya yang jaraknya tidak jauh hanya sekitar kurang lebih 15-30 menit dari pantai Losari. Anda bisa mengunjungi Trans Studio Makassar, Pantai Akkarena serta Benteng Rotterdam dan jika anda menyukai wisata pulau, anda juga bisa mengunjungi pulau Khayangan, pulau Lae-lae, dan pulau Samalona.

Ingin mengetahui Benteng Rotterdam Berbentuk Penyu  Klik disini

Penginapan dan Hotel dekat Pantai Losari Makassar

Bagi anda yang berkunjung dari luar kota Makassar dan ingin mencari penginapan dan hotel yang dekat dengan pantai Losari, tidak usah khawatir. Pantai Losari dikelilingi oleh banyak hotel yang letaknya sangat dekat bahkan anda cukup menyeberang jalan anda sudah berada dalam kawasan pantai Losari. Beberapa hotel letaknya bahkan berada persis di depan pantai Losari. Beberapa hotel yang dapat penulis rekomendasikan diantaranya :

Hotel Ibis

Fave Hotel

Reddoorz Hotel

Swiss Bell Hotel

Hotel Aryaduta

Quality Plaza Hotel

Losari Beach Hotel

Artikel “Pantai Losari Ikon Kota Makassar Makin Hari Makin Cantik “ semoga dapat memberikan anda gambaran mengenai pantai Losari sehingga anda tidak ragu mengunjungi tempat ini dan jangan lupa berburu kuliner favorit Makassar jika berkunjung ke tanah kelahiran Penulis.