Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Miracle fruit Buah Ajaib Pengubah Rasa

 Miracle fruit Buah Ajaib Pengubah Rasa

Buah Ajaib? Saya pikir tentunya masih banyak masyarakat yang belum pernah melihat buah yang satu ini bahkan mungkin baru pertama kali mendengarnya. Mendengar namanya saja kita sudah membayangkan kenapa Miracle fruit sampai dinamakan buah ajaib. Agar tidak menambah rasa penasaran anda baca artikel Miracle fruit Buah Ajaib Pengubah Rasa dan anda akan temukan keajaiban buah ini beserta manfaatnya buat anda sekelurga.

Miracle fruit adalah buah yang unik sekaligus ajaib karena kemampuannya mengubah rasa asam, pahit, asin dan pedas menjadi manis. Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan oleh suatu senyawa dalam buah Miracle fruit bernama Miraculin. Miraculin mampu mengikat dan memblokir reseptor pada lidah sehingga membuat makanan terasa manis. Efek dari buah ajaib ini bahkan bertahan sekitar 30 menit, bahkan dalam beberapa kasus bisa bertahan selama 2 jam. Efek ini bisa hilang jika kita meminum sesuatu yang panas seperti kopi atau teh. Ingin mengetahui bagaimana deskripsi dan manfaatnya, baca terus kebawah artikel ini.

Deskripsi Tanaman Miracle fruit

Dalam dunia biologi, tanaman ini memiliki nama Latin Synsepallum dulcificum. Tanaman ini termasuk dalam buah kelurga buah berri. Buah ini juga dikenal dengan buah berri manis dan buah ajaib. Dinegeri asalnya Afrika Barat buah ini dikenal dengan nama agbayun,taami,asaa, dan ledidi. Tentunya anda juga penasaran bagaimana rasa buah ini yang sebenarnya? Buah berri ini sendiri memiliki rasa yang sangat ringan dengan sedikit rasa asam dan sedikit manis. Miracle fruit memiliki kulit tipis dan lapisan daging yang juga tipis dan mengelilingi biji yang terdapat ditengah. Bijinya seukuran kacang pinus.

Deskripsi Tanaman Miracle fruit
Gambar Pohon Miracle Fruit

Pohon Miracle fruit dapat tumbuh setinggi 1,5-4,5 meter serta memiliki daun yang sekilas mirip dengan daun jeruk atau sawo. Daunnya memiliki panjang sekitar 5-10 cm, lebar 2-3,5 cm. Bagian bawah daun terasa licin jika diraba. Bunga berwarna putih dan jika telah cukup umur akan muncul buah berwarna merah sepanjang kurang lebih 2 cm.

Manfaat Miracle fruit Bagi Kesehatan

Sejak abad ke 18 buah ajaib ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat Afrika sebagai pemanis alami. Berikut beberapa manfaat Miracle fruit yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

1.       Menurunkan Resiko Diabetes

Miracle fruit mengandung pemanis alami yang berasal dari buah itu sendiri, sehingga lebih aman dikomsumsi bagi para penderita diabetes selama tidak dikomsumsi secara berlebihan. Ada berbagai penelitian di dunia yang menunjukkan bagaimana seekor tikus laboratorium yang diberi makan Miracle fruit dapat mencegah resistensi insulin yang membuat kadar gula anda naik turun tidak terkendali.

Menurunkan Resiko Diabetes

2.       Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini kabar baik bagi anda yang sedang melakukan program diet. Salah satu makanan yang dihindari oleh orang-orang yang sedang diet adalah makanan yang mengandung kadar gula tinggi yang dikhawatirkan membuat program diet anda menjadi berantakan dan tidak efektif. Jika yang sedang melakukan program diet memang tidak menyukai sesuatu yang manis, itu tidak menjadi masalah tetapi bagi penggemar makanan manis tentunya pasti akan sangat menyiksa. Anda bisa mencoba memakan makanan sehat rendah gula dan mengkombinasikan dengan beberapa buah Miracle fruit. Don’t worry, sebab buah ini tidak mengandung lemak dan sangat rendah kalori

Membantu Menurunkan Berat Badan

3.       Menambah Selera Makan Anak

Makan Sayur! Berapa banyak anak-anak yang doyan sayur? lebih banyak anak-anak yang tidak suka dibandingkan yang suka. Salah satu sebab musababnya adalah rasanya yang pahit. Dibujuk dengan menceritakan manfaat sayur pun tidak mempan. Coba cara yang satu ini. Sebelum memberikan sayur ceritakan bahwa ini buah ajaib yang bisa merubah rasa pahit menjadi manis, Coba buktikan ! Kita dapat melakukan hal yang sama dalam memberikan obat yang pahit kepada anak kesayangan kita.

Menambah Selera Makan Anak

4.       Memulihkan Indera Perasa di Lidah Anda

Tentunya kita semua pernah merasakan sakit atau merasa kurang enak badan, pada saat kondisi ini menerpa kita apapun makanan yang kita komsumsi akan terasa pahit dan hambar dan tentunya kurangnya asupan gizi dari makanan akan memperlambat proses pemulihan tubuh. Kita dapat mencoba mengambil beberapa buah Miracle fruit dan mengunyahnya sebelum makan sesuatu, semoga cara ini bisa membantu anda agar pulih lebih cepat.

Memulihkan Indera Perasa di Lidah Anda

5.       Penyedap Rasa

Kandungan senyawa yang unik pada Miracle fuit juga sering di pergunakan dalam berbagai proses pembuatan makanan dan minuman seperti bir, cocktail, cuka dan acar.

Penyedap Rasa

Budidaya Pohon Miracle fruit

Setelah membaca berbagai manfaat dari Miracle fruit mungkin saja anda tertarik untuk mencoba menanam buah ajaib ini dirumah anda. Sedikit yang perlu digaris bawahi buah ini gampang-gampang susah utuk dibudidayakan dan memerlukan sedikit perawatan ekstra untuk membuatnya berbuah maksimal. Miracle fruit dapat tumbuh dengan baik pada pH 4,5-6 dan memerlukan media yang lembap sebagai media tumbuhnya. Habitat yang paling sesuai untuk tanaman ini adalah didaerah pegunungan yang memiliki kelembapan tinggi dan sinar matahari yang baik. Walaupun begitu tanaman ini juga dapat tumbuh didaerah dataran rendah namun kurang optimal.

Jenis yang berasal dari biji Miracle fruit matang memerlukan waktu sekitar 2-3 minggu agar dapat berkecambah. Jika kita menanamnya langsung ditanah kita dapat memberikan jarak 3-5 meter seperti menanam tanaman buah tapi Miracle fruit juga dapat tumbuh di pot. Tanaman ini akan berbuah setelah berumur sekitar 3-5 tahun. Buahnya berwarna merah sebesar biji kopi.

Budidaya Pohon Miracle fruit

Agar dapat tumbuh secara optimal lakukan penyiraman dan pemupukan secara berkala. Minimal sebulan sekali semprot dengan pupuk daun dan taburkan pupuk NPK disekitar pohon. Lakukan sesuai dosis yang tertera pada kemasan.  Untuk medianya sendiri kita dapat menggunakan tanah, pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1 atau 1:2. Lakukan repotting setiap 1,5 tahun sekali agar nutrisi tanaman dapat terjaga dengan baik.

Saat ini telah banyak disediakan Pohon Miracle fruit yang siap anda tanam dirumah, anda dapat berselancar didunia maya yang mengobok-obok toko online untuk mendapatkan tanaman Miracle fruit yang sesuai dengan keinginan anda atau mengunjungi nursery favorit anda.

Semoga artikel ”Miracle fruit Buah Ajaib Pengubah Rasadapat memberikan informasi yang berharga buat anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com. Menanam sendiri tanaman ini dirumah akan sangat bermanfaat, jika dibutuhkan tinggal comot, dikulum lalu obat yang semula pahit buat sikecil akan terasa manis.