Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masakan Khas Indonesia Yang Terkenal Hingga Ke Mancanegara

 Masakan Khas Indonesia Yang Terkenal Hingga Ke Mancanegara

Apa yang menarik dengan masakan khas Indonesia? Jika pertanyaan ini terlontar dari orang yang belum pernah menikmati salah satu masakan khas Indonesia, itu wajar. Tetapi kalau sudah mencicipi  salah satu dari masakan tersebut pasti mereka kaget, dan akhirnya ketagihan dengan makanan khas Indonesia yang  terkenal memiliki citarasa yang nikmat dan lezat. Apa saja masakan khas Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara? Temukan jawabannya dalam artikel ini, semoga salah satunya adalah favorit anda.

Masakan khas Indonesia adalah makanan yang kaya dengan citarasa yang khas dimana terdapat begitu banyak rempah-rempah dan bumbu yang digunakan dalam proses pembuatannya sehingga menghasilkan makanan dengan ciri khas tersendiri. Proses pembuatannya pun banyak dipengaruhi budaya dari luar seperti India, China, Arab, dan Eropa. Berikut beberapa masakan khas Indonesia yang akan membuat anda sulit melupakannya seperti sang mantan.cieee..nostalgia…

Rendang

Rendang adalah makanan khas yang berasal dari daerah Minangkabau dan merupakan makanan Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan terlezat didunia. Dunia internasional saja mengakui kelezatan daging sapi khas Sumatera Barat tersebut bahkan menduduki peringkat pertama dalam 50 Most Delicous Foods versi CNN.

Rendang
Gambar Rendang

Bahkan pada Juni 2020 yang lalu diadakan acara dokumentasi cara pembuatan rendang yang dilakukan National Geograpic yang melibatkan pakar kuliner Indonesia William Wongso dan Gordon Ramsay seorang chef Internasional yang makin mengangkat nama rendang ke dunia internasional. Dengar-dengar rendang akan akan menjadi andalan ekspor Sumatera Barat. Amin…semoga sukses.

Sate

Hari gini belum pernah makan sate? sangat disayangkan hidup anda. Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mudah kita jumpai diberbagai daerah di Indonesia. Kita dapat menjumpai berbagai varian dari sate seperti Sate kambing, sate lilit, sate padang, sate bandeng, sate taicahan dan masih banyak jenis sate lainnya yang rasanya sangat nikmat.

Gambar Sate
Gambar Sate

Sate terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk pada sebatang bambu kemudian dipanggang diatas arang. Daging sate sendiri bisa berasal dari berbagai jenis hewan seperti ayam, kambing, domba, kelinci, sapi dan babi (bagi non Muslim). Sekedar informasi tambahan sate masuk dalam peringkat ke 14 (50 Hidangan Paling Lezat Sedunia) versi CNN pada 2011 yang lalu. Ingin mengetahui lebih banyak tentang sate klik disini

Coto Makassar

Ini menu wajib saat anda berkunjung ke kota Makassar. Salah satu masakan khas kota Makassar yang banyak diburu para wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke kota Makaassar.  Kuah coklat yang konon kabarnya berasal dari 40 rempah-rempah ditambah empuknya daging sapi akan membuat anda akan ketagihan menikmati menu yang satu ini. Coto Makassar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, untuk dagingnya sendiri bisa dipesan sesuai selera. Coto Makassar dulunya hanya bisa dinikmati oleh bangsawan kerajaan jadi kalau anda menikmatinya anda juga bagian dari keluarga kerajaan. Mau tahu dimana mencari warung coto terenak di Makassar klik disini

Gambar Coto Makassar
Gambar Coto Makassar

Gado-gado

Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terdiri atas berbagai sayuran yang telah direbus lalu dicampur dengan saus kacang yang gurih disertai potongan telur rebus. Bumbu kacang ini biasanya ditaburi dengan bawang goreng dan diberi kerupuk atau emping. Gado-gado bisa dimakan langsung atau disantap bersama dengan nasi putih atau lontong. Menu ini selain sehat juga sangat terjangkau. Sehat dibadan sehat dikantong itulah motto gado-gado versi penulis, setuju?

Gambar Gado-Gado
Gambar Gado-Gado

Pempek Palembang

Anda menyukai rasa asam, asin dan manis dalam satu masakan? jika ya. Ini menu masakan yang paling cocok buat anda. Pempek telah ada sejak abad ke 16 di Palembang. Makanan ini terbuat dari daging ikan yang telah digiling hingga lembut lalu dicampur tepung kanji atau tepung sagu. Dulunya sih menggunakan ikan belida sebelum diganti dengan ikan jenis lain.

Gambar Pempek Palembang
Gambar Pempek Palembang

Ada beberapa jenis pempek Palembang yang dapat anda nikmati seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek pistel dan beberapa varian baru seperti pempek keju, pempek baso sapi dan pempek sosis. Rasanya yang gurih pasti membuatnya anda ingin tambah lagi.

Kerak Telor

Menu yang satu ini pasti tidak asing bagi warga Jakarta, kerak telor.  Kerak telor adalah masakan asli dari daerah Betawi berupa telur ayam atau bebek dan beberapa jenis sayuran yang diberi bumbu lalu ditaburi  bawang merah. Walaupun terbuat dari bahan-bahan sederhana kerak telor tidak boleh dipandang sebelah mata karena rasanya sangat gurih dan menggoda selera. Cara penyajiannya pun masih sangat tradisonal dan tidak menghilangkan ciri khas kerak telor itu sendiri. Walaupun telah banyak jajanan baru yang merajalela di Ibukota tetapi kerak telor tetap mendapat tempat dihati para penggemar setianya.

Gambar Penjual Kerak Telor
Gambar Penjual Kerak Telor

Soto Betawi

Soto Betawi masih satu kampung dengan kerak telor yaitu dijakarta. Soto ini terbuat dari daging sapi dan jeroan. Salah satu yang membuat soto betawi adalah kuahnya yang khas. Kuah soto Betawi terbuat dari campuran santan dan susu . Soto Betawi sendiri sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat Jakarta. Sejak tahun 1977-1978 soto Betawi sudah ada dalam kuliner masakan khas Indonesia bahkan mungkin sebelum tahun tersebut, soto Betawi telah dibuat oleh masyarakat secara tradisional. Istilah dan penggunaaan kata soto Betawi sendiri mulai menjadi istilah umum di masyarakat ketika salah seorang penjual soto di sekitar THR Lokasari yang dikenal dengan istilah soto kaki pak “X” tutup pada tahun 1991.

Gambar Soto Betawi
Gambar Soto Betawi

Bubur Manado

Makanan khas kota Manado ini paling nikmat dinikmati pada pagi hari sebagai sarapan, namun tetap tersedia diberbagai rumah makan dan restauran meskipun diluar breakfast/sarapan pagi. Bubur Manado sering juga disebut Tinutuan di tempat asalnya.

Gambar Bubur Manado
Gambar Bubur Manado

Bubur Manado biasanya dibuat dengan campuran labu, kangkung, jagung dan kemangi sebagai pelengkap disajikan dengan perkedel dan ikan asin.  Memakan bubur Manado dicampur sambal roa pasti akan menggugah selera anda pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Gudeg

Masakan khas dari kota pelajar Yogyakarta terbuat dari nangka muda yang diolah bersama dengan santan. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng. Ada tiga varian gudeg yang bisa kita coba yaitu gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg solo. Ketiganya memiliki ciri khas tersendiri.

Gambar Gudeg
Gambar Gudeg

Ada satu mitos yang beredar dimanyarakat yang tidak perlu anda hiraukan yang mengisukan warna coklat pada gudeg berasal dari darah ayam ayang ditambahkan pada gudeg, itu tidak benar! karena warna coklat berasal dari daun kelor.jadi jangan berprasangka buruk ya.

Ayam Taliwang

Salah satu menu wajib anda coba jika anda berkunjung ke Pulau Lombok adalah ayam taliwang. Ayam ini merupakan menu khas kampung Karang Taliwang, Nusa Tenggara Barat yang sangat terkenal bahkan ke mancanegara. Para turis yang berkunjung ke Pulau Lombok pasti menyempatkan mencicipi ayam taliwang.

Gambar Ayam Taliwang
Gambar Ayam Taliwang

Ayam talliwang dibuat dari ayam kampung muda yang dibakar kemudian diberi bumbu saus yang terdiri dari cabai merah, bawang merah dan bawang putih, tomat, kencur, gula merah dan garam. Ayam talliwang disajikan dengan plecing kangkung yang sangat terkenal dengan teksturnya yang kriuk dan renyah.

Semoga artikel tentang “Masakan khas Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara” dapat memberikan anda informasi yang berguna sehingga makin mengenal kuliner apa saja yang ada di Indonesia yang memiliki reputasi hingga ke mancanegara.