Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Sehat Untuk Kelinci di Rumah Anda

 Makanan Yang Sehat Untuk Kelinci di Rumah Anda

Apa saja makanan yang sehat untuk kelinci kesayangan kita dirumah? Makanan kelinci yang baik bukan hanya untuk mengenyangkan kelinci kita tapi juga harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan agar kelinci dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Jika ingin mengetahui apa saja makanan sehat buat kelinci anda dirumah simak terus artikel ini agar anda tidak salah dalam memberi makan kelinci kesayangan anda.

Kelinci yang sehat tentu jadi dambaan bagi anda para penggemar hewan yang menggemaskan ini. Faktor makanan merupakan salah satu hal yang penting dalam memelihara kelinci. Makanan yang sehat tentu akan membuat kelinci anda juga sehat begitupun sebaliknya jika kebutuhan makanan kelinci tidak terpenuhi dengan baik maka akan muncul banyak masalah kesehatan bahkan akibat paling fatal kelinci anda bisa mati. Kesalahan pemberian pakan juga menjadi salah satu sebab mengapa anakan kelinci yang baru kita beli tiba-tiba diare lalu kemudian mati keesokan harinya.

Berikut beberapa makanan yang sehat untuk kelinci kesayangan anda :

Makanan Kelinci Yang berasal dari Hijauan

Tanaman yang memiliki pertumbuhan pesat seperti rumput dan sayuran kaya akan vitamin, mineral dan protein. Kita dapat memberikan sayuran seperti sawi, kangkung, daun turi, daun kacang tanah, kacang panjang dll. Kita juga bisa memberikan beberapa jenis rumput yang memiliki tekstur daun halus dan tidak tajam pada permukaan daunnya, caranya dengan mencoba meraba pada permukaan daun rumput jika terasa tajam dan bergerigi sebaiknya tidak diberikan pada kelinci anda. Buanglah semua sisa makanan yang tidak habis termakan pada keesokan harinya. Sayuran yang   mengandung banyak air seperi kangkung sebaiknya dilayukan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kelinci.

Makanan Kelinci Yang berasal dari Hijauan

Makanan Kelinci Yang Berasal dari Umbi-umbian

Makanan yang berasal dari bahan umbi seperti wortel, ubi jalar, singkong, dll dapat diberikan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral. Wortel merupakan salah satu makanan favorit kelinci yang sering diberikan oleh para penggemar kelinci di tanah air. Makanan kelinci selain wortel yang juga sangat digemari adalah jagung manis yang berwarna kuning. Secara umum kandungan umbi-umbian banyak mengandung air, sekitar  60-95% .

Makanan Kelinci Yang Berasal dari Umbi-umbian

Makanan Kelinci Yang Berasal Dari Biji-bijian

Biji-bijian yang biasanya digunakan untuk pakan ternak, seperti padi, gandum, kedelai, kacang tanah, jagung, dll. Makanan yang berasal dari biji-bijian ini sebaiknya diberikan dalam bentuk yang halus. Kita bisa menggilingnya atau ditumbuk. Biji-bijian halus ini bisa juga dicampurkan dalam pakan bersama dengan daun sayuran ataupun umbi. Sebagai catatan tambahan bangsa padi banyak mengandung hydrat arang yang dapat membantu pembentukan lemak didalam tubuh kelinci sedangkan dari bijian bangsa leguminosa seperti kedelai dan kacang tanah mengandung banyak protein.

Makanan Kelinci Yang Berasal Dari Biji-bijian

Makanan Kelinci Dari Rumput Kering (Hay)

Rumput kering (Hay) sangat baik digunakan sebagai pakan kelinci karena mengandung banyak serat. Serat merupakan menu wajib yang harus dikomsumsi seekor kelinci. Kelinci yang kekurangan serat akan mudah terserang penyakit mencret alias diare. Penyakit mencret pada kelinci menjadi salah satu sebab banyaknya anakan kelinci yang baru dibeli mengalami kematian.

Makanan Kelinci Dari Rumput Kering (Hay)

Rumput kering (Hay) mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan kelinci namun pada saat diberikan sebagai makanan kelinci sebaiknya rumput dipotong lebih kecil untuk mempermudah kelinci makan dan mengurangi banyaknya sisa rumput yang terbuang percuma.

 Jika ingin praktis kita dapat membeli Hay yang tersedia di toko petshop tetapi jika mau irit kita bisa mencarinya sendiri di lapangan dan tempat-tempat lainnya. Sebaiknya rumput diambil menjelang berbunga sebab pada saat tersebut kandungan protein cukup tinggi meskipiun tidak sebanyak leguminosa.

Pelet Kelinci

Pelet kelinci merupakan makanan paling praktis yang dapat diberikan kepada kelinci anda. Selain dapat bertahan lebih lama dibandingkan sayuran, pelet kelinci juga telah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam pertumbuhan seekor kelinci. Namun yang perlu digaris bawahi bahwa kita harus tetap memberikan berbagai jenis pakan alami seperti sayuran, buah, Hay. biji-bijian dan umbi-umbian agar dapat saling melengkapi.

Pelet Kelinci

Jadwal Pemberian Makanan Kelinci

Makanan kelinci harus diberikan secara teratur kita jangan sampai lalai memberikan makanan kepada kelinci kita apalagi sampai lupa memberinya makanan karena kegiatan kita yang super padat, memelihara hewan berarti kita siap memenuhi segala kebutuhannya, salah satunya memberinya makan secara teratur.

Makanan kelinci dapat diberikan sebanyak 2-3 hari sekali tetapi porsi terbanyak diberikan saat sore menjelang malam karena kelinci termasuk hewan nocturnal yang lebih aktif saat malam hari.

Pada pagi hari kita dapat memberikan pelet atau pakan berupa biji-bijian/ataupun umbi-umbian. menu pakan ini dapat dilakukan secara bergantian, apakah hari ini memberikan biji-bijian lalu esok harinya umbi-umbian. Hal ini dilakukan agar kelinci tidak merasa bosan dengan pola makan yang itu-itu saja.

Siang hari kita dapat memberikan sayuran ataupun buah seperti apel, tomat atau bisa juga berupa rumput kering. Berikan makanan secukupnya agar makanan selalu dalam keadaan segar, makanan kelinci yang diberikan secara berlebihan dapat mengurangi mutu dari pakan disamping itu makanan dapat terkontaminasi dengan kotoran dan kencing kelinci.

Malam hari pemberian pakan mendapat porsi yang lebih. Kita bisa memberikan kelinci pakan yang mengandung sedikit air karena suhu telah jauh berkurang dibandingkan pagi dan siang hari. Pelet kelinci dan dan rumput kering dapat diberikan kepada kelinci anda dirumah. Pemberian pakan disesuaikan jumlah kelinci dalam satu kandang, semakin banyak kelinci maka pakan yang diberikan juga semakin banyak.

Jangan lupa juga untuk menyediakan air munim yang cukup dalam kandang.

Makanan Kelinci Bunting / Habis Menyapih

Kelinci yang sedang hamil atau telah menyapih perlu mendapat makanan yang bergizi dan sehat. Kelinci yang sedang hamil membutuhkan gizi yang baik agar pertumbuhan anak dalam perutnya selalu sehat. Jika gizi yang terkandung dalam makanan kurang dalam jangka waktu yang lama kelinci bisa mengalami abortus atau kegagalan melahirkan. Kelinci bunting memerlukan protein kasar sekitar 16-20% dengan kandungan lemak 3-6% untuk serat kasar sekitar 15-20% dan kebutuhan mineral 4,5-6,5 %.

Jangan melakukan pergantian makanan secara mendadak saat kelinci sedang bunting karena dapat menyebabkan kelinci kehilangan nafsu makan yang dapat berakibat terhadap pertumbuhan induk kelinci dan anak yang akan dilahirkan nanti.

Semoga dengan adanya artikel ini anda akan mendapat pengetahuan tentang “Makanan Yang Sehat Untuk Kelinci di Rumah Anda”. Semoga informasi diatas dapat berguna bagi anda semua para penggemar kelinci dimanapun anda berada.