Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAKANAN & MINUMAN BUKA PUASA UNTUK DIET

 MAKANAN & MINUMAN BUKA PUASA UNTUK DIET

Apa saja makanan dan minuman buka puasa untuk diet yang baik untuk tubuh? Puasa merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan bagi pemeluk agama Islam. Pada bulan suci ini kita harus menghadapi godaan baik dari luar maupun dalam. Kita harus menghadapi lapar dan dahaga hingga tiba saatnya berbuka puasa. Bagi yang melakukan program diet ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu tubuh anda tetap prima dalam menjalankan puasa secara penuh.

Dalam berpuasa menjaga gizi serta nutrisi dalam badan amat sangat penting dilakukan, anda dapat mengkonsumsi makanan sehat di waktu sahur & juga diwaktu buka puasa. Anda bisa mencari sekian banyak daftar makanan & minuman yang baik dimakan tatkala berpuasa yg dapat membuat kamu merasa segar & bersemangat sewaktu berpuasa sehari penuh. Buah & sayur mampu meningkatkan tenaga anda yang hilang saat berpuasa. Tidak cuma itu, ada sekian banyak makanan & minuman buat sahur dan buka puasa untuk diet yang bisa anda coba dirumah. Berikut makanan dan minuman tersebut :

Buah-Buahan Segar

Senantiasa sisipkan buah dalam menu sahur & buka puasa. Buah mempunyai nutrisi & gizi yang beguna bagi badan anda .Terdapat bermacam macam vitamin hingga kandungan lain yang amat sangat berguna untuk mengembalikan kebugaran badan anda. Menyediakan buah seperti pisang, apel, jeruk serta jenis buah lain yang dapat memberikan efek kenyang disamping memiliki gizi bagi kesehatan badan anda.

Sayur Mayur di Sahur & Buka Puasa

Sediakan sayur mayur di waktu buka puasa & sahur. Usahakan selalu untuk menyantap sayur mayur saat sahur & berbuka puasa agar tubuh kita selalu mendapatkan gizi dan stamina untuk beraktivitas sepanjang hari.

Teh Manis di Sahur & Buka Puasa

Bagi kamu yang senang dengan kudapan kala berbuka & sahur, anda bisa sediakan teh manis. Teh manis tentunya mengandung gula & itu amat dibutuhkan oleh badan saat terjadi perubahan pola makan. Anda bisa menetralkan keadaan ini dengan mengonsumsi teh manis. Teh manis sebaiknya diminum dalam keadaan hangat karena dapat menghangatkan tenggorokan & perut anda.

Menyediakan Buah Kurma

Menyantap buah kurma setiap berbuka puasa akan sangat baik untuk mengembalikan tenaga kita setelah seharian berpuasa. Buah kurma yang mengandung kalori, karbohidrat dan gula yang dapat mengembalikan stamina tubuh kita. Oleh karena itu, senantiasa mengkonsumsi kurma disaat berbuka.

Buah Kurma
Gambar Buah Kurma

Minum Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak mineral dan ion yang dapat mengantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Air kelapa banyak dijajakan dipinggir jalan saat bulan puasa tiba. Air kelapa seolah minuman dibulan puasa yang wajib anda sediakan.

Air kelapa merupakan minuman buka puasa untuk diet yang dapat mengembalikan energi anda karena mengandung ion yang dibutuhkan oleh tubuh dan membuang racun dari dalam tubuh anda. Jadi sediakan air kelapa menjelang saat buka puasa.

Infused Water

Infused water merupakan suatu metode yang mudah dilakukan oleh semua orang. Kita dapat mengambil manfaat dari suatu buah dengan menggunakan teknik ini. Caranya sederhana: anda bisa memotong buah dan rempah kedalam suatu botol lalu campurkan air saat sahur dan menikmatinya saat berbuka puasa. Buah dan rempah yang umum digunakan untuk membuat infused water seperti lemon, apel, kayu manis, strawberry, jeruk, dll.

Infused Water
Gambar Infused Water

Selain dapat mendetoks tubuh, infused water juga dapat meningkatkan imun tubuh, mengembalikan energi anda yang hilang, memperbaiki kesehatan kulit, dam banyak lagi manfaat lainnya.

Meminum Susu Sapi Murni

Susu sapi murni mengandung banyak vitamin, mineral dan kalsium yang dibutuhkan dalam proses pembentukan jaringan tubuh.  Susu sapi murni sangat baik untuk mengembalikan stamina anda yang hilang saat berpuasa. Kandungan vitamin dan mineral dalam susu sapi murni juga dapat menghilangkan panas dalam serta membuang racun yang berada dalam tubuh kita. Satu kaleng susu sapi murni sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita dan dapat menjadi minuman yang sehat untuk buka puasa.

Komsumsi Nasi Merah Dan Telur

Bagi yang sedang melakukan program diet memang sebaiknya menghindari karbohidrat yang berlebihan. Ada alternatif lain mengganti nasi putih dengan nasi merah yang jauh lebih sehat. Nasi merah mengandung kalori yang rendah jadi sangat cocok bagi anda yang melakukan program diet. Kita dapat mengkombinasikan antara nasi merah dan telur saat sahur maupun berbuka puasa. Kandungan protein yang tinggi dari sebuah telur akan membuat anda merasa kenyang.

Komsumsi Nasi Merah Dan Telur
Gambar Nasi Merah dan Telur

Kentang Rebus

Kentang merupakan salah satu alternatif makanan bagi anda yang sedang melakukan diet. Kandungan kalori yang rendah dalam kentang akan membuat program diet anda bisa berhasil. Ada banyak pilihan olahan kentang rebus yang bisa anda cari di Google atau dibuku-buku resep yang sesuai dengan selera anda dan keluarga.

Roti Gandum

Roti gandum memiliki tekstur yang sedikit berbeda dibandingkan roti  pada umumnya. Roti gandum memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar dan warnanya agak kecoklatan. Serat yang tinggi dalam roti gandum dapat membantu memperlancar pencernaan anda sehingga membantu program diet anda berjalan mulus. Sebaiknya komsumsi roti dengan telur atau sayur jangan dengan susu yang mengandung lemak tinggi, agar diet anda bisa optimal.

Roti Gandum
Gambar Roti Gandum

Komsumsi Oatmeal secara Teratur

Oatmeal mengandung berbagai biji-bjian utuh ada yang bertekstur kasar dan ada juga yang bertekstur agak halus. Oat meal sangat praktis untuk dikomsumsi. Ada yang memasaknya menjadi bubur terlebih dahulu ada juga yang langsung mencampurnya dengan susu. Penulis sendiri kadang mengkomsumsi oatmeal dengan susu sapi murni atau air tahu dingin. Rutin mengkomsumsi oatmeal akan membawa anda makin sehat dari hari kehari. Gangguan pencernaan terutama sembelit lambat laun akan hilang dengan sendirinya saat rutin mengkomsumsi oatmeal. Disamping itu masih banyak manfaat lain yang dapat anda peroleh dari oatmeal.

Komsumsi Oatmeal secara Teratur
Gambar Oatmeal

Semoga daftar makanan dan minuman buka puasa untuk diet diatas dapat menjadi insiprasi bagi anda semua dalam menjalankan ibadah puasa dibulan yang suci ini. Selamat menjalankan ibadah puasa.