Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Tanaman Hias Aglaonema Legendaris

 Macam Macam Tanaman Hias Aglaonema Legendaris

Saat ini telah ada ratusan jenis silangan aglaonema dengan berbagai corak dan warna daun. Tapi apa saja tanaman hias aglaonema legendaris yang mula-mula menggebrak pasar tanaman hias di Indonesia. Ingin mengenang apa saja macam–macam tanaman hias agalaonema legendaris yang dulunya sangat diburu oleh para kolektor? Ikuti terus artikel ini dan mungkin salah satunya anda koleksi dirumah.

Aglaonema yang dulunya sering disebut sebagai sri rejeki awalnya didominasi warna hijau tetapi persilangan yang terus dilakukan oleh para ahli tanaman akhirnya menghasilkan warna-warna baru yang memiliki tampilan menarik sehingga membuat tanaman ini “booming” dan menjadi incaran para penghobi tanaman. Ingin tahu macam-macam tanaman hias aglaonema legendaris yang pernah diburu para kolektor, berikut daftarnya :

Pride of Sumatera

Pride of Sumatera merupakan persilangan antara  Aglaonema rotundum X Aglaonema comutatum tricolor yang dihasilkan oleh ahli botani asal Indonesia. Salah satu ciri khasnya adalah permukaan bawah daun yang berwarna merah cerah. Tulang daun merah menyala. Permukaan atas daun pride of Sumatera berwarna hijau tua mengkilap. Bentuk daun memanjang dan runcing, dan daunnya sedikit cekung keatas. Pride of Sumatera memiliki sosok yang rimbun dan kuat. Pride of Sumatera sempat mengharumkan nama bangsa saat menyabet medali emas pada pameran hias di Belanda pada tahun 2002. Pride of Sumatera juga menjadi pintu bagi jenis-jenis aglaonema baru berwarna merah lainnya yang selama ini didominasi warna hijau.

Pride of Sumatera
Gambar Pride Of Sumatera

Lipstick

Sesuai dengan namanya bentuk daun ini memiliki warna merah mengelilingi sisi atas permukaan daun. Saat ini harga aglaonema lipstick sudah jauh berkurang dibandingkan awal kemunculannya yang sempat mencapai 1 juta/daun. Tanaman ini termasuk mudah dalam hal perawatan dan mudah menghasilkan anakan.

Lipstick
Gambar Aglaonema Lipstick

Donna Carmen

Varietas ini pernah jadi idola di Indonesia dan meraih juara di berbagai kontes ditanah air. Daunnya lebat dan rimbun karena dapat menghasilkan anakan dalam jumlah banyak. Daun lebat dan rimbun. Bentuknya cenderung bulat dan memiliki warna daun merah menyala dengan bercak hijau dan kuning kehijauan. Tulang daun berwarna pink. Saat ini Donna Carmen mudah ditemukan menghiasi taman-taman dirumah warga.

Donna Carmen
Gambar Aglaonema Donna Carmen

Cochin

Aglaonema ini berasal dari negeri tirai bambu. Dihabitat aslinya tanaman ini kerap ditemukan di bebatuan dan jarang terkena siraman air hujan. Kelebihan aglaonema ini adalah akarnya yang sangat tebal berisi cadangan air dan makanan sehingga jenis ini tahan tidak terkena air selama seminggu bahkan lebih. Namun apabila ingin dipindahkan kedalam pot mesti harus ekstra hati-hati karena terkadang akarnya mudah patah.

Gambar Aglaonema Cochin
Gambar Aglaonema Cochin

Pea Cock

Daunnya berwarna dasar hijau tua, seluruh tulang daun berwarna kuning. Permukaan daun terdapat bintik-bintik putih kehijauan seperti bulu merak. Daunnya besar dan lancip. Bentuk daun dengan pola tersebut membuatnya dinamakan Pea cock.

Aglaonema jenis ini merupakan silangan dari Amerika. Sosok tanaman ini lebih besar dibandingakan tanaman aglaonema yang berasal dari Bangkok. Silangan Amerika umumnya memiliki warna putih atau hijau sedangakan silangan dari Asia memiliki warna merah dan corak daun yang lebih bervariasi.


Gambar Aglaonema Pea Cock
Gambar Aglaonema Pea Cock

Snow White

Snow white memiliki warna dasar hijau dan dihiasi dengan warna putih cerah yang hampir tersebar di permukaan daun layaknya salju. Aglaonema ini memiliki batang yang pendek berwarna hijau. Snow white bisa beradaptasi dengan baik dan bisa ditanam didataran rendah maupun dataran tinggi. Snow white memiliki tampilan yang menarik dan atraktif dengan warna daunnya yang cerah mengkilat.

Gambar Aglaonema Snow White
Gambar Aglaonema Snow White

Dud Anjamani

Tanaman ini memiliki warna merah menyala bercampur hijau pada permukaan daunnya. Aglaonema ini merupakan aglaonema hybrid yang berasal dari Thailand dan sempat mencuri perhatian para penggemar aglaonema yang umumnya dulu didominasi warna hijau. Aglaonema ini  dulunya berharga cukup mahal. Pada saat pameran, penulis pernah mendapatkan tanaman ini dibanderol dengan harga 2.750.000/pot. Tapi itu terjadi pada saat aglaonema mengalami masa keemasan. Saat ini harga sudah jauh tergerus dikisaran 150 ribuan / pot.

Gambar Aglaonema Dud Anjamani
Gambar Aglaonema Dud Anjamani

Tips Memelihara Aglaonema Agar Tumbuh Optimal

Sinar Matahari

Agalaonema pada dasarnya menyukai naungan dan tidak tahan terhadap sinar matahari penuh (menyukai intensitas 40-70%) tapi meskipun demikian tanaman ini tetap harus terpapar sinar matahari pagi dan sore sekitar 4-5 jam setiap hari. Tumbuh optimal didaerah lembap sehingga perlu naungan. Kita bisa menaruhnya dibawah pohon atau teras rumah atau bisa juga dengan menggunakan paranet.

Media Tanam

Media harus bersifat porous. Campuran sekam bakar, pakis, humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Pada saat musim kemarau dapat ditambahkan sabut kelapa halus agar media lebih mengikat air dan selalu lembap. Alternatif lain yaitu menggunakan media campuran tanah, humus, dan pupuk kandang yang matang. Media tanam sebaiknya digantikan setiap 6 bulan sekali.

Pupuk

Gunakan pupuk slow release seperti dekastar. Berikan setiap 5-6 bulan sekali. Jika anda menggunakan pot yang cukup besar berikan sebanyak 1 sendok makan, jika pot kecil cukup 1 sendok teh. Pupuk daun bisa disemprotkan 1 bulan sekali.

Penyiraman

Media tanam jangan sampai kering. Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap hari terutama untuk media menggunakan pakis. Pada musim kemarau penyiraman dapat dilakukan pagi dan sore hari. Jika musim hujan kita bisa sedikit santai karena alam sudah memberikan kemurahan dengan membantu kita menyiram tanaman. Untuk tanaman yang berada dibawah naungan cukup lakukan penyiraman 2 hari sekali.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Sebagai pencegahan terhadap hama dan penyakit kita dapat menyemprotkan pestisida, insektisida, dan fungisida sebulan sekali. Berikan sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

Macam-macam tanaman hias agalaonema legendaris diatas seakan membawa kita di masa aglaonema mengalami masa keemasan. Dihampir semua pameran tanaman hias yang diadakan, aglaonema pasti menjadi tanaman yang paling banyak dijejer rapi di stand para pedagang tanaman hias.