Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Heat Stroke Pada Anjing Jangan Anggap Sepele!

 Heat Stroke Pada Anjing Jangan Anggap Sepele!

Heat stroke? pernah mendengar penyakit ini?  Anda mesti berhati-hati jika menjumpai anjing kesayangan anda menunjukkan ciri-ciri terkena heat stroke. Efek serangannya yang lumayan cepat bahkan dapat mematikan hewan kesayangan anda jika tidak segera mendapatkan penanganan yang benar. Ingin tahu lebih jauh tentang heat stroke pada anjing? Simak artikel ini dan pelajari cara pencegahan dan pertolongan pertamanya.

Stroke tidak hanya terjadi pada manusia dan ditakuti sebab menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini juga dapat menyerang pada berbagai hewan yang dikenal dengan heat stroke. Bahkan jika menyerang, maut bisa datang menjemput hewan kesayangan anda. Penanganan yang lambat dalam waktu 3-6 jam bisa berakibat fatal buat hewan kesayangan anda.  Lalu apa sih yang dimaksud dengan heat stroke? mari kita belajar bersama.

Pengertian Heat Stroke

Heat stroke adalah  penyakit yang disebabkan suhu tubuh yang terlalu tinggi akibat lingkungan (sinar matahari) dan akitivitas yang berlebihan pada saat matahari bersinar terik. Terkadang penyakit ini disebut sebagai sun stroke. Serangan panas ini dapat terjadi secara bertahap ataupun terjadi secara tiba-tiba tergantung dari daya tahan tubuh anjing anda. Suhu tubuh yang naik secara drastis (lebih dari 400C) sangat berbahaya jika tidak ditangani.

Penyebab Heat Stroke

Anjing yang memiliki bulu panjang dan tebal lebih rentan terhadap serangan heat stroke, meskipun demikian heat stroke bisa saja terjadi pada ajing rotweiller atau german shepherd (herder) apabila dilakukan latihan berlebihan terutama saat matahari terik. Berikut beberapa guguk yang beresiko terhadap serangan heat stroke: Bull dog, Shih tzu, Boxer, Pekingese, Pug, Rotweiller, Samoyed, Akita, Saint Bernard, Doberman, Golden retriever, Labrador retriever, Siberian husky, dan Great dane

Penyebab heat stroke juga bisa diakibatkan oleh berbagai hal seperti jika kita meninggalkan hewan didalam mobil sementara AC-nya dimatikan dan mobil sedang dalam keadaan terparkir dibawah terik matahari. Begitu juga yang kadang terjadi saat membawa hewan dalam perjalanan menggunakan mobil dan hewan ditaruh dalam boks yang tertutup rapat dan hanya menyisakan sedikit lubang untuk bernafas dan mobil tidak memiliki AC ditambah dengan hewan mengalami dehidrasi karena perjalan yang cukup jauh.

Ada juga faktor lain yang dapat memicu terjadinya heat stroke,  misalnya hewan yang telah memiliki usia lebih dari 6 tahun, obesitas, toleransi tubuh yang rendah terhadap panas, kondisi cardiopulmonary buruk, hyperthroidisme, ras, dehidrasi, dan bulu yang tebal.

Penanganan Heat Stroke Pada Anjing

Anjing yang kepanasan akan bernafas sangat cepat dan ngos-ngosan. Tujuannya supaya suhu tubuh dapat turun. Harap maklum karena anjing  tidak punya pori-pori sehingga panas tak bisa dibuang lewat keringat. Salah satu ciri-ciri anjing terkena heat stroke adalah suhu tubuh yang sangat naik dapat mencapai 420C, kita dapat merasakan panas tersebut dengan cara menempelkan tangan ke tubuh anjing kita. Selain bernafas dengan cepat anjing juga biasanya mengeluarkan air liur dalam jumlah sangat banyak. Jika dibiarkan berlarut anjing akan menjadi lemas lalu tidak lama kemudian anjing pingsan.

Jika gejala diatas telah terjadi segera lakukan pertolongan pertama yaitu dengan cara mengguyur badan anjing dengan air dan memberikannya minum. Tidak disarankan menggunakan air es atau es batu karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah secara cepat, sehingga dapat mengganggu pasokan oksigen ke otak. Jika memiliki alkohol kita bisa menyiram sedikit demi sedikit alkohol 70%  mulai dari leher sampai ke daerah perut. Jangan lupa untuk membawa hewan ke tempat sejuk (dibawah pohon/teras rumah) selama melakukan pertolongan pertama. Lalu sambil melakukan pertolongan bawa anjing anda secepatnya ke dokter hewan terdekat agar dapat diberikan infus untuk mencegah dehidrasi lebih parah. Selama dalam perjalan menuju kedokter hewan, kita mengompres dengan menggunakan handuk basah terlebih jika jarak ke dokter hewan cukup jauh.

Dokter hewan akan memasang infus. dengan menggunakan cairan lactated ringer. Lalu memberikan injeksi diazepam agar gerakan nafas dapat lebih teratur dan memperlambat gerakan nafas yang berlebihan. Tempertur tubuh akan diturunkan pelan-pelan dengan air atau alkohol 70%. Penggunaan air atau alkohol dapat dihentikan saat suhu tubuh mencapai 39,50C . Ruangan ber AC akan sangat membantu menurunkan suhu tubuh yang sedang mengalami heat stroke. Monitor sampai suhu tubuh anjing stabil (38-39,50C) hingga hewan sadar dan dapat bangun sendiri.

Pencegahan heat Stroke pada anjing

Apa saja yang perlu dilakukan agar serangan heat stroke tidak terjadi pada anjing kesayangan anda? heat stroke dapat terjadi karena panas dari sinar matahari yang sangat terik serta aktivitas berlebihan yang dilakukan anjing menjadi penyebab yang paling sering terjadi hingga anjing anda menderita penyakit heat stroke. Berikut beberapa tips untuk mencegah serangan heat stroke pada anjing kesayangan anda:

Jangan menjemur anjing anda dibawah sinar matahari yang sangat terik

Jangan mengajak anjing jalan-jalan pada saat siang hari terik lebih baik pada saat pagi hari atau sore hari saat cuaca sedang bersahabat/sejuk.

Jangan tinggalkan anjing dalam mobil yang tidak memiliki AC

Sediakan air minum selalu dalam kandang

Jangan melakukan aktivitas yang berlebihan dengan anjing anda

Adaptasikan terlebih dahulu ras anjing yang berasal dari daerah dingin

Berikan makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh anjing selalu prima

Cukur bulu anjing secara berkala terutama yang memiliki bulu tebal

Setelah mengetahui heat stroke, penyebab dan pencegahannya pada anjing tentunya kita tidak akan menganggap sepele jika ini tiba-tiba terjadi pada anjing dirumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat para pencinta anjing dimanapun anda berada.