Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Bromelia di Pot Agar Tampil Menarik

 Cara Menanam Bromelia di Pot Agar Tampil Menarik

Bromelia berbeda dengan jenis tanaman hias pada umumnya. Jangan sampai cara kita tidak tepat dalam menanam bromelia karena bisa mengakibatkan kematian pada tanaman koleksi anda. Jika anda biasanya menanam tanaman hias dengan menggunakan media tanah maka sebaiknya hal itu jangan anda lakukan pada tanaman bromelia. Jadi bagaimana cara menanam bromelia di pot agar tampil menarik dan apa saja media tanam untuk bromelia? Simak terus artikel ini dan temukan cara tepat menanam bromelia.

Keluarga bromelia merupakan tanaman epifit yang sering menempel dipohon, bebatuan dan bahkan ada jenis tertentu yang hanya digantung tanpa media tanam, unik bukan? Tapi jangan salah paham tanaman ini bukan parasit bagi tanaman inang karena bromelia tidak merugikan inang yang ditumpanginya.

Bromelia merupakan tanaman hias yang sangat cantik jika ditata dengan tepat menjadi sebuah taman, karena duannya yang berwarna-warni dan berkesan eksotik. Meski tanaman ini sering menempel dipohon tetapi tanaman ini juga bisa ditanam dalam pot tetapi tidak menggunakan media tanah. Ayo kita coba menanam bromelia dipot agar tampil menarik :

Siapkan Bahan Menanam Bromelia

Sebelum menanam bromelia di pot kita harus menyiapkan pot yang sesuai dengan ukuran bromelia yang akan kita tanam, semakin besar tanaman maka ukuran pot juga harus besar, kita juga menyiapkan potongan Styrofoam (gabus) berukuran dadu untuk memperlancar air keluar dari dalam pot, media tanam dan pupuk. Jika kita menggunakan coco peat sebaiknya basahi coco peat terlebih dahulu dengan air bersih agar coco peat menjadi padat untuk menyangga bromelia agar tidak goyah.

Alasi Dasar Pot

Pot harus dilengkapi lubang pembuangan yang cukup pada bagian dasar pot. Setelah lubang dirasa cukup kemudian dasar pot diberi potongan styrofoam/gabus berbentuk dadu atau kerikil berukuran sebesar kelereng agar drainase berjalan lancar. Gabus dan kerikil juga dapat berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara kemedia tanam. Diatas potongan gabus/kerikil lalu kita taburi media tanam sampai 1/3 ketinggian pot lalu berikan pupuk slow release/lambat urai disekeliling pot.

Tanam Bromelia

Taruh tanaman bromelia tepat ditengah pot yang telah kita siapkan sebelumnya. Setelah itu tanaman ditutup dengan media tanam sampai penuh kebibir pot. Tekan-tekan media tanam agar lebih padat sehingga tanaman bromelia anda dapat berdiri dengan tegak dan tidak miring kekiri atau kekanan.  Jika media tanam setelah ditekan masih kurang tambahkan lagi secukupnya. Media tanam berupa pakis, coco peat serta arang dapat dengan mudah dilewati air sehingga media tanam tidak sampai tergenang yang dapat mengakibatkan busuk pada akar.

Tata Bromelia dibawah Batu

Jika ingin bromelia yang kita tanam tampil lebih menarik dan cantik, kita bisa melakukan sedikit trik. Caranya letakkan bromelia diatas tanah lalu membuat cekungan agar pot dapat kelihatan seolah-olah tenggelam didalam tanah lalu letakkan bebatuan mengelilingi pot sampai menutupi bibir pot. Jadi deh taman kering bromelia anda bernuansa alami.

Tata Bromelia dibawah Batu

Media Tanam Bromelia

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa media tanam bromelia berbeda dibandingkan jenis tanaman hias lainnya. Media tanam bromelia hanpir sama dengan media tanam yang digunakan untuk tanaman anggrek. Mnegingat kedua jenis tanaman ini termasuk epifit. Berikut beberapa jenis media yang bisa anda gunakan agar bromelia anda tumbuh subur dan sehat :

Akar Pakis

Pakis merupakan salah media tanam yang umum dipakai pada beberapa jenis tanaman hias seperti bromelia, anggrek, anthurium dan aglaonema. Bagian tanaman pakis yang sering digunakan adalah akar dan sebagian kecil batang. Akar pakis memiliki kelebihan karena dapat membuat sirkulasi udara dan air bisa lancar. Tetapi yang perlu digarisbawahi adalah beberapa jenis pakis termasuk langka dan dilingungi CITES. Jadi penggunaan pakis sebagai media tanam masih menjadi pro dan kontra.



Gambar Akar Pakis

Coco Peat

Coco peat merupakan media tanam yang berasal dari sabut kelapa yang telah melalui proses sehingga memudahkan kita dalam penggunaannya. Jenis media tanam ini termasuk murah dan ketersediaannya cukup melimpah. Coco peat sangat baik digunakan sebagai media tanam karena bentuknya yang memiliki banyak pori-pori sehingga air dan sirkulasi dapat berjalan lancar. Namun media ini kurang cocok jika digunakan langsung diatas tanah karena masa pakainya hanya sekitar 6 bulan dan mudah terurai oleh tanah.

Gambar Coco Peat
Gambar Coco Peat

Arang

Arang atau karbon yang digunakan sama dengan yang digunakan dalam memasak. Keunggulan menggunakan arang sebagai media tanam adalah tidak mengandung jamur dan cenderung steril disamping kelebihan lain yaitu tidak mudah lapuk seperti coco peat. Tetapi meskipun begitu arang juga memiliki kelemahan yaitu harus sering disiram karena sifatnya yang kurang menyimpan air.

Humus

Humus ini bisa berasal dari serasah daun seperti daun bambu dan gambut, tetapi salah satu jenis humus yang disukai dan banyak dicari penggemar tanaman hias adalah humus yang berasal dari daun kaliandra yang sudah lapuk. Sayang masa pakainya bahkan bisa lebih cepat dibandingkan coco peat meskipun memiliki unsur hara yang cukup tinggi.

Sekam Bakar

Sifatnya hampir sama dengan arang yaitu steril dan bebas jamur. Disamping itu sekam bakar juga mudah diperoleh dan berharga murah. Untuk membuatnya cukup mudah kita bisa browsing  di Google atau menonton di Youtube cara membuat sekam bakar yang baik. Sekam bakar juga tidak cepat busuk walaupun ketahanannya masih dibawah arang. Menggunakan sekam bakar akan memudahkan drainase dan sirkulasi udara pada media tanam.

Gambar Sekam Bakar
Gambar Sekam Bakar

Sphagnum Moss

Sphagnum moss memiliki kelebihan karena dapat menyimpan air dengan baik sehingga tidak perlu sering disiram sayangnya harganya masih lumayan mahal dibandingkan media tanam lain diatas. Sphagnum moss juga mudah lapuk dan hancur sehingga masa pemakainnya cukup pendek.

Gambar Sphagnum moss
Gambar Sphagnum moss

Semoga artikel “Cara Menanam Bromelia di Pot Agar Tampil Menarik“ dapat memberikan kepada anda para pembaca setia Duniahobiku.com pengetahuan baru mengenai cara menanam bromelia dengan benar dan media tanam apa saja yang dapat digunakan.