Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Teratai Tanaman Suci Paling Populer

 Bunga Teratai Tanaman Suci Paling Populer

Teratai? Lotus? Apakah ini tanaman yang sama. Keduanya sering disamakan padahal kenyataannya keduanya berbeda. Serupa tapi tidak sama, mirip tapi beda mungkin anonim yang cocok untuk teratai dan lotus. Apa dan bagaimana ciri-ciri bunga teratai agar kita mudah mengenalinya? Baca terus artikel “bunga teratai tanaman suci paling populer” dan temukan berbagai fakta menarik tentang tanaman suci ini.

Teratai termasuk jenis tanaman air yang populer hampir diseluruh dunia. Kita dapat menyaksikan ditaman bergaya Jepang atau kerajaan   Tiongkok zaman dulu. Flora berbunga indah ini juga dapat kita temukan tumbuh liar di kolam danau, dan telaga tetapi sekarang telah banyak penggemar tanaman hias mencoba menghadirkan flora cantik ini ke kolam taman dirumah mereka. Tentang siapa yang menemukan bunga teratai pertama kali, belum ada data yang akurat tetapi menurut catatan sejarah diperkirakan tanaman ini berasal dari Mesir yaitu suku Nympaeaceae dan sekarang digunakan sebagai nama latin teratai.

 Tanaman ini dikenal dengan berbagai nama dalam bahasa sansekerta dikenal sebagai bunga padma air tetapi sering juga disebut seroja tetapi masyarakat jawa menyebutnya bunga tunjung sedangkan orang bule memberinya julukan water lily. Untuk mengenali teratai lebih dekat kita simak bersama penjelasan dibawah ini

Deskripsi dan klasifikasi tanaman teratai

Teratai masuk dalam keluarga Nymphaceae yang beranggotakan 7 genus dan sekitar 50 spesies sedangkan Lotus termasuk dalam genus Nelumbo. Lotus merupakan salah satu saudara paling dekat dari tanaman teratai. Berikut klasifikasi tanaman teratai :

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Superdivision : Spermatophyta

Division : Magnoliophyta

Class : Magnoliopsida

Subclass : Magnoliidae

Order : Nymphaeales

Family : Nymphaeaceae

Genus : Nymphaea L

Deskripsi Tanaman Teratai

Daun tanaman teratai berbentuk oval sampai bulat mengapung diatas permukaan air. Ukuran daun ini tergantung dari jenis teratai, ada yang berukuran kecil sekitar 5-7 cm tetapi ada juga yang berukuran raksasa bergaris tengah sekitar 1-2 meter. Warna daunnya juga bermacam-macam ada yang berwarna hijau, memiliki bercak merah, bagian bawah merah atau bahkan seluruhnya merah. Permukaan daun tidak mengandung lilin sehingga air yang jatuk ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Pangkal belahan daun dekat tangkai berbentuk V. Ada juga yang saling tindih dan terlihat bulat sempurna. Ujung daun polos tetapi ada juga yang bentuknya bergerigi, bahkan ada yang tertekuk keatas dan kelihatan seperti mangkuk lebar. Tapi ingat ada juga teratai yang bagian bawah daunnya berduri.

Gambar Daun Teratai
Gambar Daun Teratai

Tangkai atas batang daun teratai menjalar di air, sementara tangkai bunganya tegak dan menyembul ke permukaan air. Dalam tangkai terdapat rongga yang berfungsi sebagai jalur peredaran makanan.

Akar Teratai berbentuk bulat memanjang berwarna putih kekuningan sekilas mirip seperti ubi jalar, tetapi memiliki rongga pada umbi yang jumlahnya dapat mencapai 8-12 rongga. Akar yang terletak dibawah permukaan air ini berfungsi untuk menahan tangkai dan bunga agar tidak mudah patah dan sebagai alat mencari sumber unsur hara.

Gambar Akar Teratai
Gambar Akar Teratai

Bunga Teratai tersusun atas banyak kelopak yang tertata rapi. Ada beberapa warna teratai yang kerap kita temukan seperti bunga teratai merah, bunga teratai putih, bunga teratai biru, teratai kuning dan teratai ungu. Benang sari nampak jelas menyembul dari pusat bunga. Warnanya kuning terang. Pada umunya bunga teratai akan mekar pada pagi hari dan menguncup pada sore hari tetapi ada juga yang mekar pada malam hari seperti Nyimphaea lotus dan menguncup pada pagi hari.

Gambar Bunga Teratai
Gambar Bunga Teratai

Tanaman teratai adalah tanaman yang unik karena meskipun hidup pada air yang berlumpur dan kotor tetapi menghasilkan warna bunga yang indah dan semakin cemerlang.

Ciri-Ciri Bunga Teratai dan Ciri Khusus Teratai

Bunga teratai memiliki ciri umum yaitu tanaman yang tumbuh didalam air dan memiliki ukuran daun yang khas dengan warna-warna bunga yang cantik sedangkan ciri khusus teratai yaitu :

Teratai memiliki daun lebar dan tipis yang berfungsi untuk mempercepat penguapan dan juga untuk membuatnya tetap terapung diatas permukaan air dan dengan ukurannya yang lebar dapat menyerap sinar matahari lebih optimal.

Batang dan tangkai memiliki rongga sebanyak 8-12 yang berfungsi membawa udara/oksigen dari daun kebatang dan akar tanaman sehingga memaksimalkan penyerapan unsur hara.

Permukaan daun teratai tidak memiliki lapisan lilin dan hal ini membantu teratai untuk mempercepat proses penguapan, daun teratai memiliki banyak stomata pada permukaan daun.

Salah satu perbedaan teratai dan lotus adalah pada tangkai daun. Tangkai daun pada lotus menjulang keatas bisa sampai 1 meter diatas permukaan air sedangkan teratai tangkainya menjalar dan daunnya mengapung dipermukaan air. Perbedaan lainnya adalah daun lotus lebih tebal dan kenyal dibandingkan dengan daun teratai.

Gambar Perbedaan Teratai dan Lotus
Gambar Perbedaan Teratai dan Lotus

Fakta-Fakta Menarik Tentang Teratai :

Teratai memilik kebiasaan unik dimana tidak pernah ada bunga mekar bersamaan dalam satu tanaman kecuali dari jenis teratai hybrid. Satu bunga akan mekar selama 2-3 hari lalu menguncup, layu, tunduk kemudian tenggelam kedalam air. Lalu kuncup lain akan bergantian mekar. Siklus tersebut akan terus berulang sampai semua kuncup mendapat kesempatan mekar.

Mesir  menjadikan teratai sebagai lambang nasional

Astrologi mesir kuno menggunakan bentuk teratai sebagai simbol matahari terbit, pergantian siang dan malam diibaratkan seperti mekar dan kuncupnya bunga teratai.

Wangi bunga teratai dipercaya menjadi sumber kekuatan Ra atau dewa matahari serta melambangkan kelahiran pada kepercayaan masyarakat Mesir kuno.

Teratai menjadi simbol kecantikan pada tradisi India. Tangan, kaki dan wajah cantik seorang wanita diibaratkan bunga teratai yang sedang mekar, mata terutama bagian pupil bersinar seperti biji teratai.

Mandi dan berendam dikolam teratai dipercaya oleh masyarakat India dapat menambah kesuburan kaum wanita.

Dewi welas asih Kwam Im sering tampil dalam singgasana kuntum bunga teratai. Proses mekarnya bunga teratai dalam ajarah Buddha juga memiliki fungsi simbolis lambang pencapaian kesempurnaan menuju nirwana.

Beberapa lambang perguruan tinggi memakai bunga teratai sebagai simbol lembaga pendidikannya. Bunga teratai merah melambangkan keadilan dan kebenaran sedangkan bunga teratai putih disimbolkan sebagai sesuatu yang bersih tak ternoda walaupun tumbuh ditempat kotor.

Tips Menanam Bunga Teratai

Teratai umumnya dijual pada pedagang tanaman dalam ember plastik siap tanam, jadi jika membelinya kita tidak perlu mencabutnya, langsung saja menaruh teratai bersama dengan embernya kedalam kolam atau wadah tempayan kecuali kita ingin mengganti potnya dengan pot baru yang lebih cantik, tinggal cabut dan benamkan ke media tanam dipot baru pilihan anda.

Gambar Teratai Dalam Pot
Gambar Teratai Dalam Pot

Yang perlu diingat bahwa tanaman ini menyukai lumpur sebagai media tanamnya, kita dapat menggunakan lumpur sawah sebagai media tanam yang baik karena mengandung banyak unsur hara. Atau jika kesulitan kita bisa membuatnya sendiri dengan cara campurkan tanah merah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 lantas rendam dalam air selama seminggu. Setelah itu media siap digunakan.

Minimal seminggu air sebaknya diganti. Cara praktis yang dapat anda gunakan yaitu cukup dengan mengalirkan air melalui selang hingga air lama terbuang digantikan air baru sampai air kelihatan jernih. Cara ini memberikan keuntungan tambahan yaitu dapat menghilangkan kesempatan nyamuk untuk berkembang biak dalam wadah teratai anda.

Lakukan pemupukan setiap 2-3 bulan sekali dan tempatkan teratai dibawah sinar matahari langsung. Jangan langsung menebarkan pupuk pada kedalam air atau terkena daun salah-salah tanaman bisa hangus terbakar bahkan yang paling fatal teratai anda bisa mati. Cara yang paling aman adalah membenamkan pupuk sesuai dosis tanaman kedalam media tanam. Gunakan pupuk NPK tablet atau dalam bentuk butiran agar mempermudah anda malakukan pemupukan. Kalau tidak mau kena lumpur anda bisa memakai cara lain misalnya pipa atau bambu yang berlubang kemudian tusukkan alat bantu ke media tanam lalu masukkan pupuk dari lubang yang satunya. Lebih praktis dan tidak kotor!

Semoga artikel “Bunga Teratai Tanaman Suci Paling Populer” dapat membuat anda makin mengenali teratai dan semoga tips diatas dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia duniahobiku.com.