Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Betutu Bali Kuliner khas Pulau Dewata

 Ayam Betutu Bali Kuliner khas Pulau Dewata

Ayam betutu Bali? Pernah mencobanya saat liburan ke Bali.  Bali tidak hanya menjadi tempat wisata terkenal didunia yang memamerkan keindahan alam dan budaya yang mampu menghinoptis wisatawan lokal dan mancanegara. Bali juga menyimpan salah satu makanan khas yang lezat yang mesti anda cicipi saat berkunjung ke Bali. Apa saja kelebihan dari ayam betutu Bali dibandingkan kuliner lainnya? Baca terus artikel untuk menemukan berbagai rahasia kelezatan ayam betutu.

Apa sih pengertian ayam betutu? Ayam betutu adalah makanan khas dari daerah Bali. Betutu sendiri berasal dari bahasa lokal be yang artinya daging dan tutu berarti masakan yang masih kering kemudian direbus hingga airnya berkurang tapi tidak sampai habis, atau istilah Bali disebut “nyat-nyat”. Jadi pengertian betutu adalah proses mengolah daging baik itu ayam atau bebek menjadi sebuah makanan yang saat ini dikenal dengan nama betutu.

Sejarah Ayam Betutu

Menurut sejarawan, cara pengolahan ayam betutu ini banyak mendapat pengaruh dari kerajaan Majapahit. Kok bisa? Hal ini berhubungan dengan pengaruh agama Islam pada abad ke 16 yang membuat banyak masyarakat yang memeluk agama Hindu menyeberang ke pulau Bali dan akhirnya menetap dan menjadi bagian dari masyarakat pulau Dewata.

Konon ayam betutu awalnya banyak ditemukan diwilayah Gianyar yang merupakan bagian dari Ubud kemudian menyebar ke berbagai daerah di Bali dan salah satunya yang terkenal hingga kini adalah kawasan Gilimanuk, Jembrana. Dulunya Ayam betutu dihidangkan dalam upacara keagamaan tetapi kini kita dapat menikmatinya setiap hari di berbagai rumah makan dan restoran yang tersebar di wilayah pulau Bali.

Resep Ayam betutu Khas Bali

1 ekor ayam kampung yang telah dibersihkan

2 batang serai, ambil bagian putihnya saja. Cuci bersih lalu memarkan

2 lembar daun salam, cuci bersih

Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Daun pisang dan aluminium foil secukupnya untuk membungkus ayam yang telah dibumbui

Bumbu Ayam Betutu Khas Bali

15 buah cabai besar, buang bijinya

4 cm jahe, bersihkan dari kulitnya

4 cm kunyit, kupas lalu bakar

4 cm lengkuas, cuci bersih

10 siung bawang merah

6 siung bawang putih

1 sdt ketumbar bubuk

4 butir kemiri yang telah digoreng

4 lembar daun jeruk purut

½ sdt merica hitam

2 sdt garam halus

Semua bumbu diatas dihaluskan

Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali

Pertama panaskan minyak secukupnya, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga harum dan matang. Setelah matang matikan api. Biarkan dingin. Setelah bumbu dingin, lumuri bumbu halus tadi ke ayam hingga semua bagian ayam terkena bumbu. Biarkan hingga semalam agar bumbu meresap. Keesokan harinya tambahkan serai dan daun salam kedalam ayam, kemudian bungkus dengan daun pisang terlebih dahulu lalu bungkus kembali dengan aluminium foil. Kukus ayam sekitar 2 jam. Kemudian panggang ayam kurang lebih 20 menit dengan suhu 1850c. Setelah matang keluarkan ayam dari oven, sajikan bersama nasi dan sambal, ayam siap disantap.

Rekomendasi Restoran Menikmati Ayam Betutu Khas Bali

Tentunya di Bali anda dapat menjumpai berbagai olahan ayam betutu baik di warung makan kaki lima hingga restoran bintang lima, Tetapi tentu saja tidak semua menawarkan rasa yang nikmat dan legendaris sehingga membuatnya selalu dicari para pelancong. Berikut beberapa restoran dan warung ayam betutu versi penulis yang wajib anda coba:

Ayam Betutu Men Tempeh

Salah satu tempat yang terkenal di Gilimanuk dan wajib anda kunjung sebelum melakukan trip ke Denpasar, pelayan yang ramah dan ayam betutu yang lezat membuat anda akan semakin rindu masakan khas bali ini. Ayam betutu Men Tempeh sangat cocok bagi lidah para penikmat kuliner yang menyukai rasa pedas.

Alamat : Terminal Lama, Gilimanuk kec, Melaya Kabupaten Jembrana, Bali dan beroperasi mulai  jam 9 pagi hingga 9.30 Malam.

Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam betutu Khas Gilimanuk

Rumah makan ini menyediakan ayam betutu yang lezat dan disajikan dengan bersama sayur plecing, kacang goreng dan sambal matah yang mantap. Jika ingin menikmati menu khas bali lainnya kita juga dapat memesannya ditempat ini seperti sate liit dan lawar.

Alamat : Jalan Merdeka nomor 88, Renon. Denpasar, Bali dan beroperasi mulai jam 10 pagi – 9 malam.

Ayam betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Pak Man

Interior bangunan yang menggunakan bahan alami seperti bambu makin menambah kental suasana asri. Ditempat ini kita bisa menikmati ayam dan bebek betutu  khas Bali. Parkiran yang cukup luas membuat rumah makan ini bisa menampung banyak kendaraan sehingga nyaman bagi pengunjung yang datang secara rombongan.

Ayam betutu pak Man memiliki rasa yang gurih dan menggoda selera, dimana bumbu pedasnya terasa hingga ke dalam daging. Ayam betutu pak Man  menggunakan ayam kampung.

Alamat : Jl. Kubu Anyar Nomor 72X, Kuta Kabupaten Badung, Bali. Beroperasi mulai pukul 8 pagi – 10 malam. 

Ayam Betutu Pak Man

Ayam Betutu Pak Sanur

Warung makan ini telah berdiri sejak tahun 1986 dan telah memiliki para pelanggan tetap yang selalu rindu akan ayam betutu yang dihasilkan dari warung ini. Tekstur daging ayam betutu pak sanur sangat empuk dan lembut karena konon dimasak dalam jangja waktu yang cukup lama dan menggunakan teknik rahasia. Anda bisa membayangkan perlu lebih dari 3 jam untuk menghasilkan ayam betutu yang nikmat hingga ke tulang.

Banyaknya pelanggan yang datang ke tempat ini membuatnya terkadang harus antri dan memesan tempat sebelum makan ke tempat ini untuk memperoleh betutu dalam bentuk I ekor penuh.

Alamat : Jalan Arjuna No.19 Ubud, Gianyar-Bali.

Ayam Betutu Pak Sanur

Warung Liku Nasi Bali Ayam Betutu

Lokasinya yang strategis karena dekat dengan Kuta dan Seminyak membuat kita kadang tidak mendapat jatah menikmati masakan dirumah makan ini, terlebih jika anda datang sore hari. Salah satu ciri khas dari warung ini adalah tambahan kentang goreng yang garing dan renyah pada nasi dan ayam betutu, membuatnya tampil beda dengan warung makan lainnya

Alamat : Jalan Nakula Timur No.19 A Legian, Kuta-Bali.

Warung Liku Nasi Bali Ayam Betutu

Semoga artikel “Ayam Betutu Bali Kuliner Khas Pulau Dewata” akan menambah daftar tempat yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke pulau Bali dan menambah pengetahuan anda tentang keragaman makanan khas Indonesia yang begitu beragam. Jalan-jalan ke Pulau Bali rasanya kurang lengkap jika anda belum mencicipi Ayam Betutu Bali.