Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara membuat Umpan Ikan Nila Yang Ampuh

 8 Cara membuat Umpan Ikan Nila Yang Ampuh

Duniahobiku.com - Lagi pusing cari umpan buat mancing ikan nila babon? Itu yang sering dikeluhkan para pemancing saat telah menemukan lokasi memancing yang strategis tapi ikan nila yang ada di spot tersebut malas makan. Padahal ikan nila termasuk ikan yang rakus dan senang menyantap berbagai jenis umpan. Apa ada yang salah? Temukan cara membuat umpan ikan nila yang ampuh agar anda tidak pulang dengan tangan kosong.

Cara Membuat Umpan Ikan Nila

Ikan nila adalah ikan yang mudah berkembang biak dan dapat dengan mudah kita temukan diberbagai perairan di Indonesia seperti sungai, danau, rawa, empang dan berbagai sumber air lainnya. Selain dapat ditemukan secara liar di alam, ikan ini juga sudah banyak di budidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan rasanya sangat empuk dan gurih.

Gambar Ikan Nila
Gambar Ikan Nila

Saat akan merencanakan memancing tentunya kita akan mempersiapkan segala sesuatu baik itu berupa pancing, kail, tas pancing, dan tentunya yang tidak kalah penting adalah umpan. Umpan sendiri tidak boleh sembarangan, salah memilih umpan bisa-bisa anda pulang dengan tangan hampa.  Temukan beberapa cara membuat umpan nila yang ampuh dan jenis umpan yang dapat anda gunakan, berikut penjelasannya:

1. Cara Membuat Essen Lumut Ikan Nila Liar

Lumut merupakan pakan alami yang disediakan oleh alam tetapi tidak semua lumut bisa digunakan untuk memancing ikan nila. Umumnya lumut yang sering digunakan oleh para pemancing adalah lumut yang memiliki tekstur lembut dan halus seperti lumut cendol dan lumut empang. Lumut ini sering ditemukan disawah, sungai, selokan dan bahkan kadang kita temukan di genangan air .Kalau tidak mau repot beberapa tempat biasa menjajakan lumut ini didalam kantong plastik dengan harga sekitar 5-10 ribu / kantong.

Cara Membuat Essen Lumut Ikan Nila Liar
Gambar Lumut Pancing

Cara yang ampuh untuk meningkatkan efektivitas lumut tersebut dengan  cara mencampurkan lumut tersebut dengan essen pandan yang biasa digunakan untuk memberi aroma pada makanan atau membeli essen pandan ditoko pancing/online. Sesuaikan dengan banyaknya lumut jumlah essen yang digunakan. Jika umpan lumut yang digunakan tidak terlalu banyak cukup teteskan essen pandan sebanyak 3-5 tetes sampai air dan lumut berubah kehijauan serta mengeluarkan aroma pandan yang khas. Setelah itu umpan lumut siap digunakan.

2. Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet

Pembuatan umpan ikan nila dengan menggunakan pelet cukup mudah. Ambil pelet kira-kira 100-200 gram atau sesuaikan dengan kebutuhan anda lalu campurkan dengan air secukupnya, lalu biarkan pelet tersebut menyerap air hingga mengembang kemudian remas adonan pelet hingga dirasa cukup kenyal tapi tidak mudah hancur seperti membentuk adonan kue. Bentuk adonan tersebut sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Umumnya dibuat dengan bentuk bulatan seperti bentuk kelereng.

Sedikit saran untuk membuat umpan ikan nila dengan pelet yaitu adonan umpan yang dibuat jangan terlalu kecil agar tidak mudah habis disambar ikan-ikan kecil. Ikan nila senang bergerombol jadi jika melihat ikan kecil bergerombol ikan ini biasanya ikut datang menyambar umpan. Jadi ketika ada sambaran ikan  segera tarik pancing anda.

3. Cara Membuat Umpan Ikan Nila Kolam Pemancingan

Siapkan beberapa bahan dibawah ini sebelum membuat umpan, bahannya cukup mudah didapatkan :

50-100 gram pelet ikan nila 781-2 (Sesuaikan dengan kebutuhan anda)

50-100 gram pellet ikan PF-1000 (Sesuaikan dengan kebutuhan anda)

1 butir kuning telur

2 sendok teh madu

Air secukupnya

Cara membuatnya : campurkan semua adonan tersebut lalu beri air sedikit demi sedikit agar terbentuk adonan yang pas. Kemudian bentuk adonan seperti saat membuat umpan ikan nila dengan pelet diatas. Adonan yang baik adalah adonan yang tidak mudah hancur saat dipegang, jadi ketika didalam air umpan ini tidak mudah berhamburan didalam air.

Resep diatas hanya sebagai gambaran jika anda merasa umpan tersebut masih kurang anda bisa membuatnya cukup dengan mengalikan resep diatas sebanyak yang anda ingingkan ( 2X , 3X,…). Untuk pelet ikan nila dapat anda peroleh ditoko hewan / pakan .Harganya berkisar 12-15 ribu / kg.

4. Cara Membuat Umpan Ikan Nila dari Mie Instan

Ternyata mie instan yang sering kita komsumsi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat umpan ikan nila. Cara buatnya cukup mudah hampir mirip dengan membuat mi instan saat ingin sarapan.  Bahan yang diperlukan antara lain :

1 bungkus mie Instan (merk apa saja boleh)

1 Butir kuning telur ayam

Air panas secukupnya

Cara membuatnya; panaskan air dalam panci sampai mendidih kemudian tuangkan mie instan dan kuning telur, aduk semua bahan sacara merata lalu diamkan. Tunggu sekitar 15-30 menit sampai mie instan mengembang dan kenyal. Umpan siap digunakan. Umpan ini sangat praktis dibuat. Seandainya kita membuatnya lebih, bisa menjadi sarapan anda saat memancing, (sambil menyelam minum air, keselek!!).

5. Cara Membuat Umpan Ikan Nila Kroto

Jika anda tidak mau repot dengan membuat umpan anda bisa menggunakan cara paling praktis yaitu dengan menggunakan kroto atau telur semut. Kroto ini paling mudah ditemukan dipasar hewan terutama penjual pakan burung kicau. Caranya sangat praktis, cukup kaitkan kroto pada mata kail, umpan sudah siap digunakan, praktis bukan ?

Cara Membuat Umpan Ikan Nila Kroto
Gambar Kroto

6. Cara Membuat Umpan Ikan Nila Menggunakan Kangkung

Kangkung? bukankah kangkung biasanya dibuat sayur. Jangan kaget kalau ternyata kangkung juga bisa digunakan sebagai umpan memancing ikan nila. Kangkung paling mudah ditemukan di penjual sayur/pasar. Potong daun kangkung yang telah dibeli lalu campur dengan essen pandan agar lebih manjur untuk memikat ikan. Pucuk kangkung yang baru tumbuh dan memiliki daun yang masih sangat muda bisa anda jadikan alternatif saat memancing ikan nila. Setelah umpan siap kaitkan pada mata kail dengan baik agar tidak mudah terlepas.

7. Cara Membuat Umpan Ikan Nila Menggunakan Cacing

Hampir semua pemancing pernah menggunakan umpan cacing,. Kalau mau sedikit repot kita bisa mencarinya dialam terutama tanah yang lembap misalnya dibawah pohon pisang atau dibawah pohon yang berada dekat sungai. Tapi jika mau cara praktis beli saja pada para penjual cacing yang ada di kota anda. Tidak semua cacing baik digunakan untuk memancing, pilihlah cacing merah atau susu sebagai umpan pancing anda.

8. Cara Membuat Umpan Nila Menggunakan Usus Ayam

Jika sedang memotong ayam dan membersihkan bagian-bagian tubuhnya biasanya pada bagian usus akan dibuang. Jika anda ingin memancing ikan nila di alam anda bisa menyimpannya sebagai umpan. Caranya dengan mencuci terlebih dahulu usus tersebut di air megalir sampai benar-benar bersih lalu kemudian rebus usus tersebut hingga mendidih. Setelah itu angkat dan simpan kedalam wadah tertutup selama 2-3 hari hingga usus membusuk. Umpan bisa dipotong-potong kecil waktu akan digunakan untuk memudahkan mengaitkan ke mata kail.

Semoga artikel  “8 Cara Membuat Umpan Ikan Nila Yang Ampuh” dapat berguna bagi para mancing mania dimanapun anda berada. Setiap spot mancing biasanya cocok dengan umpan tertentu jadi anda bisa bereksperimen umpan apa yang paling cocok anda terapkan di lapangan. Salam Joran melengkung !!