Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Tanaman Pangan Unggul Paling Populer Di Indonesia

 7 Jenis Tanaman Pangan Unggul Paling Populer Di Indonesia

Ingin mengetahui jenis tanaman pangan unggul yang ada di Indonesia? Pertanyaan ini akan terjawab dengan sendirinya ketika anda selesai membaca artikel dibawah ini. Negara kita merupakan negara agraris yang banyak menghasilkan tanaman pangan bukan hanya untuk kebutuhan Indonesia tetapi juga mengekspor ke berbagai negara lain diseluruh dunia. Kita akan mengetahui jenis tanaman pangan serta manfaatnya dengan membaca tuntas artikel ini.

Sebelum melangkah lebih jauh kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan tanaman pangan. Tanaman pangan yaitu kelompok tanaman yang mengandung zat gizi yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia. Namun secara sempit tanaman pangan kadang dibatasi hanya untuk kelompok tanaman yang sifatnya semusim.

Tanaman pangan menyebar secara merata dihampir seluruh wilayah tanah air meskipun terdapat beberapa sentra jenis tanaman pangan didaerah tertentu. Berikut contoh tanaman pangan antara lain :

Tanaman Pangan Padi (Oryza sativa L)

Padi merupakan makanan pokok dihampir seluruh wilayah Indonesia, Tanaman yang berasal dari dua benua yaitu Asia dan Afrika. Penanaman padi bahkan telah dimulai sejak 3000 tahun sebelum masehi hal dibuktikan dengan ditemukannnya bukti sejarah di Provinsi Zhenjiang (Cina) yang menunjukkan bahwa masyarakat Zhenjiang telah bercocok tanam padi di masa itu.

Tanaman Pangan Padi (Oryza sativa L)

Ada banyak varietas unggul yang ditanam oleh para petani di seluruh Indonesia tetapi berdasarkan sistem budidaya kita mengenal dua tipe budidaya tanaman padi yaitu padi sawah dan padi gogo. Padi sawah ditanam disawah yang selalu tergenang air sedangkan padi gogo ditanam dilahan kering (tidak digenangi). Pulau Jawa, Kalimantan Selatan,  Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan merupakan sentra produksi padi di Indonesia.

Hasil akhir dari tanaman padi adalah beras yang kita komsumsi sehari-hari. Beras merupakan salah satu sumber karbohidrat utama dibanyak negara di Asia. Beras merupakan bahan baku utama dari berbagai industri produk olahan makanan di seluruh dunia selain itu jerami padinya digunakan sebagai bahan baku kertas dan sumber pupuk organik. Sekam padi berfungsi sebagai bahan bakar dan abunya yang mengandung silikiat dapat digunakan sebagai bahan pembersih yang murah dan alami. Indonesia mengenalnya dengan sebutan abu gosok.

Tanaman Pangan Jagung (Zea mays L)

Jagung merupakan tanaman asli Benua Amerika., jagung merupakan makanan utama suku Indian jauh sebelum benua Amerika ditemukan oleh Columbus. Bukti itu ditemukan pada gua-gua bekas suku Indian kuno berupa biji jagung.

Ada banyak jenis jagung yang dapat ditanam di Indonesia seperti dent corn (jagung gigi kuda), flint corn (jagung mutiara), sweet corn (jagung manis), pop corn (jagung berondong). Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Tanaman Pangan Jagung (Zea mays L)

Jagung merupakan salah tanaman yang paling luas dibudidayakaan setelah padi. Daerah sentra jagung di Indonesia meliputi wilayah Jawa timur, Jawa tengah, Lampumg, Sumatera, dan Sulawesi Selatan. Jagung sendiri banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.

Tanaman Pangan Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L)

Kelompok tanaman pangan yang satu ini diduga berasal dari Benua Amerika, Selandia Baru dan Polinesia kemudian menyebar ke negara-negara Asia termasuk Indonesia lewat bangsa Spanyol pada abad ke 16.

Varietas ubi jalar di indonesia memiliki warna umbi yang beraneka ragam seperti putih, ungu, merah, kuning bahkan orange. Umbi berwarna kuning kaya akan beta karoten  (provitamin A) dan vitamin C begitupun dengan umbi berwarna ungu. Namun kandungan beta karoten umbi ungu sedikit lebih tinggi dibandingkan yang berwarna kuning.

Tanaman Pangan Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L)

Tanaman umbi-umbian umumnya dapat direbus atau diolah menjadi berbagai bentuk atau produk olahan  seperti keripik dan tepung. Bagian tanaman lain seperti daun dan batang sering dimanfaatkan sebagai pakan.

Tanaman Pangan Kedelai  (Glycine max (L.) Merril )

Tanaman ini diperkirakan berasal dari daerah Manshkuo (Cina Utara).  Kemudian menyebar ke wilayah lain seperti Mansyuria, Jepang, Amerika dan Afrika. Indonesia sendiri mulai menanamnya sekitar abad ke 17. Menanam kedelai dapat meningkatkan kesuburan tanah.

Tanaman Pangan Kedelai  (Glycine max (L.) Merril )

Kedelai banyak ditanam didataran rendah yang tidak banyak mengandung air seperti pesisir pulau Jawa, Gorontalo, Lampung, Sumatera Selatan dan Bali.

Kedelai merupakan salah satu bahan baku utama dalam proses pembuatan tempe, tahu, kecap, susu kedelai, dan minyak kedelai. Polong muda dimanfaatkan sebagai sayur dan ampasnya dimanfaatkan sebagai campuran pakan berprotein tinggi.

Tanaman Pangan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.)

Kacang tanah berasal dari benua Amerika dan masuk ke Indonesia lewat para pedagang Spanyol sekitar tahun 1597. Kacang tanah menyukai tanah gembur dengan drainase yang baik.

Sentra penenaman kacang tanah banyak kita temukan di wilayah Indonesia seperti Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan.

Tanaman Pangan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.)

Kacang tanah mengalami peningkatan permintaan sejak industri makanan berbahan baku utama kacang tanah mulai tumbuh subur di Indonesia. Selain itu biji kacang tanah sering juga dibuat minyak kacang. (50% bobot kering mengandung minyak nabati). Kacang tanah juga dapat dibuat mentega kacang (pindakas).

Tanaman Pangan Kacang Hijau (Vigna radiate L.)

Tanaman ini diperkirakan berasal dari negara India kemudian menyebar keberbagai wilayah di Asia pada awal abad ke 17 termasuk Indonesia. Kacang hijau termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan cocok ditanam pada dataran rendah dengan ketinggian 5-700 m dpl. Jika ditanam diatas ketinggian lebih dari 750 meter dpl produksi kacang hijau dapat menurun.

Tanaman Pangan Kacang Hijau (Vigna radiate L.)

Kacang hijau merupakan sumber protein nabati, vitamin (A, B1 dan C) serta beberapa kandungan mineral. Jenis karbohidratnya mudah dicerna oleh tubuh sehingga sangat cocok sebagai makanan tambahan bayi dan balita. Tepung kacang hijau banyak digunakan dalam berbagai bentuk pangan seperti bubur, raoti dan mie. Tauge (kecambah kacang hijau) sering digunakan sebagai sayur dan campuran dari berbagai olahan makanan seperti gado-gado, dsb. Tauge mengandung vitamin E yang cukup tinggi dan bermanfaat meningkatkan kesuburan pada kaum wanita.

Tanaman Pangan Talas ( Colocasi esculenta (L . ) Schoot )

Tanaman talas masih termasuk suku Araceae dan masih berkerabat dekat dengan berbagai jenis tanaman hias seperti keladi, anthurium, dll. Tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara.  Ada banyak jenis talas yang terkenal di Indonesia seperti talas bogor, talas bentul, dan talas ketan.

Tanaman Pangan Talas ( Colocasi esculenta (L . ) Schoot )

Umbi talas mudah dicerna dan mengandung banyak kalsium oksalat sehingga harus diolah terlebih dahulu sebelum dikomsumsi. Bagian tanaman yang dapat dimakan yaitu umbi, tunas muda dan tangkai daun. Umbu talas sering diolah menjadi berbagai bentuk makanan ringan seperti keripik dan getuk talas.

7 Jenis Tanaman Pangan Unggul Paling Populer Di Indonesia akan membuat kita makin mengenal berbagai tanaman pangan yang sering dikomsumsi oleh manusia. Keberhasilan menanam berbagai jenis tanaman pangan unggul akan membuat ketahanan pangan nasional semakin kuat artinya kita tidak bergantung lagi impor dari negara lain.