Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Taman Safari di Indonesia Wajib Anda Kunjungi Saat Libur

 4 Taman Safari di Indonesia Wajib Anda Kunjungi Saat Libur

Ingin berlibur bersama keluarga sambil memberikan edukasi kepada anak anda? Taman safari merupakan salah satu destinasi wisata saat liburan sekolah yang paling cocok bersama keluarga. Taman safari memberikan pengalaman melihat hewan liar secara langsung yang biasanya hanya dilihat di televisi dan majalah. Menerobos area satwa yang berkeliaran di taman safari bisa menjadi kegiatan liburan seru bareng keluarga.  Kita dapat memilih dari 4 taman safari di Indonesia dimana masing-masing memiliki keunggulan. Dimana saja 4 taman safari tersebut? Baca terus artikel dan temukan lokasi 4 taman safari yang ada di Indonesia.

Liburan merupakan salah satu cara untuk melepaskan stress juga saat yang tepat untuk liburan bersama keluarga setelah selama ini berkutat dengan pekerjaan. Taman safari yang selama ini dikenal hanya terdapat di Bogor ternyata ada ditempat lain walaupun masih dibawah manajemen pihak taman safari. Berikut  lokasi 4 taman safari yang berada di Indonesia:

Taman Safari Indonesia, Bogor

Pergi ke puncak Bogor, anda pasti langsung ingat dengan taman safari Indonesia di Cisarua yang bakal mengajak anda bersafari menyapa aneka hewan liar di alam rimba. Zebra, gajah, anoa, beruang madu, badak, bison dan hewan lain menemani kita selama berkeliling diarea tersebut. Tak segan mereka langsung mendekat ke kaca jendela mobil mengajak anda sekeluarga berinteraksi.

Taman Safari Indonesia, Cisarua-Bogor  yang diresmikan tahun 1980 ini memanfaatkan bekas lahan perkebunan kina yang sudah tak berproduksi seluas 50 hektar dan sekarang telah menjadi 168 hektar.  Banyak wahana sengaja dibuat seperti Baby Zoo, Wild-wild West, pertunjukan pelatihan hewan, taman burung hingga taman reptil. Jika ingin bersafari malam bisa melakukannnya pada Sabtu malam.

Peta Taman Safari Bogor
Peta Taman Safari Bogor

Jalan-jalan ke rimba taman safari bisa dengan mobil pribadi atau shuttle bus yang sudah disediakan pengelola. Sudah puas keliling area rimba dan menonton pertunjukan hewan, saatnya pulang dan membeli oleh-oleh boneka hewan asli Taman Safari.

Harga Tiket Masuk Taman safari Cisarua Bogor

Harga Tiket Masuk Taman safari Cisarua Bogor

Lokasi  Taman Safari Bogor

Alamat : Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum Kec.Cisarua, Bogor-Jawa Barat. Jam buka Safari siang 08.30-17.00 sedangkan safari malam mulai 18.30 - 21.00.

Taman Safari Indonesia II, Prigen

Traveling bareng keluarga ke Pasuruan, Jawa Timur juga bisa menengok ragam satwa liar yang berkeliaran diarea seluas 350 hektar di Taman Safari Indonesia II Prigen, Jatim. Wahana-wahana yang bisa anda intip antara lain water park canggih, Aquatic Land, Journey to The Temple of Terror, Baby Zoo sampai Jurasic 4D Adventure. Lengkap!

Peta Taman Safari Prigen
Peta Taman Safari Prigen

Taman Safari Indonesia II berada di Prigen yang merupakan akses penghubung Surabaya-Malang. Ribuan spesies unggas, mamalia, ikan sampai reptil hidup berdampingan di alam bebas yang dibagi dalam empat zona. Yakni zona Amerika, Eropa, Asia dan Afrika. Suasananya dibuat mirip layaknya habitat asli.

Suara-suara teriakan hewan yang terdengar di semua sisi menjadikan area Taman Safari menjadi benar-benar hidup. Harga Tiket Masuk bisa dilihat pada daftar dibawah ini:

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Lokasi Taman Safari Prigen

Alamat : Desa Jatiarjo RT 12/RW 06 Prigen, Pasuruan – Jawa Timur.

Jam Buka : 08.30 – 16.45 / buka tiap hari

Bali Safari and Marine Park, Gianyar

Taman Safari ke-3 yang berada di Gianyar, Bali ini populer dengan nama Bali Safari and Marine Park. Sama seperti Taman Safari lainnya aneka tingkah menggemaskan dari satwa liar sampai yang jinak bisa Anda temui di sana. Bali Safari and Marine Park punya habitat hewan seluas 40 hektar yang berada dalam tiga desa di Gianyar, Bali.

Traveler yang datang ke sana dapat berinteraksi langsung dengan hewan yang menjadi ikon. Ada jalak putih asli Bali, tapir, rusa timor, beruang madu, harimau Sumatera. Ada juga rusa tutul, beruang Himalaya, black buck, nilgai dari India, blue wildebeest, singa, kuda nil dan zebra asli Afrika. Nilgai merupakan spesies antelop Asia terbesar yang masih hidup di India.

Peta Bali Safari & Marine Park

Peta Bali Safari & Marine Park

Taman Safari ini memadukan habitat hewan dengan budaya Bali. Ada Bali Village yang punya petunjukan Barong, Balinese Dancing Class, Hanoman Court yang menjadi habitat orangutan dan wahana rekreasi lain. Anda bisa membeli Paket Jungle Hooper sekitar Rp 560.000 per orang. Paket itu sudah bisa masuk ke Bali Theater, Fun Zone dan Water Park.

Harga Tiket Masuk Bali Safari & Marine Park

Harga Tiket Masuk Bali Safari & Marine Park

Lokasi Bali Safari & Marine Park

Alamat : Jl. Prof. Dr.Ida Bagus Mantra Km 19,8 Seongga, Kec.Gianyar, Kabupaten Gianyar – Bali.

Jam Buka : 9 AM – 4-30 PM

Batang Dolphin Center, Batang

Melengkapi tiga Taman Safari yang berada di Pulau Jawa dan Bali, Dolphin Center, Batang dibuka di Jawa Tengah yang dikelola langsung oleh Taman Safari Indonesia. Objek wisata ini menjadi penangkaran lumba-lumba dan pusatnya atraksi lumba-lumba yang bisa anda tonton setiap hari dengan membayar tiket sebesar Rp40.000. Murah meriah!

Batang Dolphin Center, Batang

Tak hanya aksi kocak si lumba-lumba, Anda pun bisa melihat unggas dan reptil yang hidup damai di kandang areal objek wisata. Dolphin Center, Batang dibuka mulai pukul 08.30 WIB - 17.00 WIB. Jadwal atraksi show lumba-lumba diadakan rutin lima kali sehari.

Dolphin Center,Batang berada di Jalan Raya Batang-Pekalongan. Letaknya yang strategis membuat objek ini mudah ditemukan. Dolphin Center, Batang masih berada satu area dengan Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jateng.

Jalan-jalan ke Taman Safari membuat waktu tidak terasa berlalu dan anak-anak pun pastinya mendapat pengalaman seru yang bisa mereka ceritakan saat mereka kembali kesekolah. Semoga artikel “4 Taman Safari di Indonesia Wajib Anda Kunjungi Saat Libur” dapat bermanfaat buat anda semua.