Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Anda

 12 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Anda

Buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko ini ternyata menyimpan begitu banyak manfaat bagi kesehatan anda dibalik buahnya yang berwarna hijau keunguan.  Buahnya pun enak dikomsumsi, keluarkan daging buahnya lalu blender  berikan es batu.hmm.. lezatnya  sampai keujung lidah . Eits..jangan lupa beri susu coklat pada juice alpukat anda. Anda ingin tahu apa saja manfaat dari buah alpukat ? Baca terus artikel 12 manfaat alpukat bagi kesehatan anda dan temukan keajaibannya.

Alpukat banyak mengandung vitamin C,E, K , B-6, Asam Folat, pantotenat, magnesium dan kalium. Kalium yang terdapat pada alpukat bahlan lebih tinggi dibandingkan buah pisang. Berikut 15 manfaat Alpukat bagi kesehatan Anda :

1.  Alpukat menjaga kesehatan jantung anda

Kandungan sterol dan lemak tak jenuh  yang terdapat pada alpukat dapat menurunkan kolestrol dalam darah dan meningkatkan kolestrol baik (HDL) serta menurunkan kolestrol jahat dalam darah anda. Jika Kolestrol dalam darah anda baik maka akan berdampak pada kesehatan jantung anda. Jadi mengkomsumsi Alpukat secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung anda.

2.  Alpukat dapat mencegah kanker

Kandungan asam folat yang tinggi bukan hanya diperlukan bagi wanita hamil tetapi juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari mutasi yang terjadi dalam DNA dan RNA sehingga sangat disarankan mengkomsumsi alpukat untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, Lambung, pancreas dan kanker serviks. Bahkan dari beberapa penelitian yang dilakukan kandungan senyawa dalam alpukat ternyata juga efektif membantu pasien yang terkena kanker payudara dan membunuh sel-sel leukemia.

3.  Alpukat mengandung serat tinggi

Serat merupakan salah satu makanan yang sangat diperlukan bagi tubuh. Jika anda kekurangan serat dari apa yang makan. Anda dapat mengalami berbagai masalah didalam saluran pencernaan anda seperti sembelit, obesitas bahkan anda berisiko terkena penyakit kanker usus besar.

4.  Alpukat untuk perawatan kecantikan

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada alpukat ternyata sangat baik digunakan sebagai masker wajah. Keduanya dapat membuat kulit terlihat sehat dan mencegah kerutan pada wajah anda sehingga selalu terlihat awet muda. Wanita mana yang tidak tertarik ?

5.  Alpukat dapat memperkuat tulang

Anda cukup memakan setengah dari buah alpukat maka dapat mengisi 15 persen kebutuhan vitamin K harian untuk orang dewasa. Kita tahu bahwa vitamin K sangat diperlukan tubuh untuk memperkuat tulang terutama pada bayi dan usia lanjut yang sangat beresiko mengalami masalah dengan tulang.

6.  Alpukat dapat membantu menurunkan berat badan

Ada banyak kesalahpahaman menyangkut buah yang satu ini. Kandungan lemaknya dipercaya dapat mengakibatkan obesitas padahal anggapan itu kurang tepat. Ingat lemak yang berasal dari tumbuhan memiliki komposisi kimia yang berbeda dengan lemak non alami.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Nutrition Jurnal pada tahun 2013 yang lalu menunjukkan bahwa dengan mengkomsumsi alpukat maka nafsu makan anda berkurang karena dapat membuat anda merasa kenyang sehingga dapat membantu program diet anda menjadi sukses.

7.Meningkatkan fungsi kognitif

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang telah lanjut usia yang mengkomsumsi buah alpukat, ternyata dapat meningkatkan kadar lutein yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan memori.

8.Membantu perkembangan otak janin

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemah jenuh nabati serta asam folat yang sangat penting bagi ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Karena zat tersebut berguna untuk  perkembangan otak janin, mendukung perkembangan otak dan saraf tulang belakang serta mengatur dan memproduksi jalinan sel-sel baru sehingga menurunkan resiko cacat lahir. Kebutuhan ibu hamil akan asam folat sekitar 400 mikrogram per hari. Buah alpukat mengandung asam folat sekitar 45 mikrogram per buah.

9. Menjaga kesehatan mata

Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada buah alpukat ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan resiko katarak dan degenerasi makula dengan drastis. Jadi bagi anda yang mengalami gangguan oada mata anda sebaiknya rutin mengkomsumsi buah alpukat agar  fungsi mata anda kembali sehat dan jelas.

10. Menjaga kesehatan rambut

Anda memiliki masalah dengan rambut anda? Tenang..alpukat adalah solusinya. Caranya mudah yaitu dengan mencampurkan buah alpukat dengan jojoba oil. Lalu oleskan keseluruh bagian rambut yang telah dicuci terlebih dahulu. Diamkan sekitar 15-30 menit. Untuk hasil yang maksimal tutup kepala anda yang telah diolesi campuran tadi dengan handuk atau shower cap. Lalu bilas kembali rambut anda.

11. Mempercepat penyerapan nutrisi

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memakan buah alpukat dikombinasikan dengan nutrisi tertentu tenyata dapat meningkatkan daya serap nutrisi.

12. Alpukat Berguna sebagai Detoksifikasi

Menurut beberapa penelitian ternyata alpukat mengandung senyawa anti mikroba terutama Escherichia coli yaitu suatu bakteri yang berbahaya karena dapat mengakibatkan keracunan makanan.

Kandungan serat yang tinggi membuat proses pembuangan racun dari dalam tubuh melalui usus berjalan dengan normal setiap hari sehingga penumpukan zat-zat berbahaya didalam tubuh tidak terjadi.

Semoga  artikel “12 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Anda” membuat kita lebih mengenal buah alpukat lebih baik lagi sehingga kita bisa mengetahui manfaat luar biasa dari buah ini, yang mungkin selama ini tidak kita ketahui.