Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Umpan Ikan Lele Malam Hari Yang Manjur

 10 Umpan Ikan Lele Malam Hari Yang Manjur

Kenapa mesti mancing malam hari ? Untuk pemancing awam tentunya akan berpikiran seperti itu. Kita memancing  malam hari karena lele adalah jenis ikan nocturnal atau ikan yang aktif pada malam hari jadi peluang memperoleh tangkapan semakin besar. Tetapi Untuk mendapatkan buruan  tentunya diperlukan umpan. Umpan Ikan lele malam hari yang manjur itu apa saja ? Simak artikel ini dan pilih diantaranya yang paling cocok anda terapkan.

.Lele merupakan salah satu ikan komsumsi yang hampir dapat kita temukan hampir di seluruh Indonesia. Memancing ikan lele cukup menantang adrenalin terutama saat lele berukuran babon memberontak, hmmm…sensasinya bisa bikin kita ketagihan sampai lupa utang di warung sebelah.  Ada banyak racikan umpan ikan lele malam hari yang dapat anda coba dibawah ini, siapa tahu salah satunya manjur di spot anda. Berikut 10 Umpan ikan lele malam hari  :

Umpan 1

Bahan-bahan yang diperlukan : 

Cacing Tanah (Banyaknya sesuaikan dengan keperluan anda)

1 butir telur bebek ( Cuma kuning saja)

Racikan ini termasuk paling sederhana dan mudah dalam pembuatannya, kita hanya mencampurkan kedua bahan tersebut lalu aduk sampai merata lalu kemudian tunggu selama 2-3 jam sebelum umpan tersebut siap digunakan.

Umpan ke- 2

Bahan-bahan yang diperlukan :

Pelet

Kuning Telur rebus

Air hangat

Bawang putih secukupnya

Pasta udang

Blender bawang putih lalu campurkan dengan sisa bahan diatas, berikan air hangat sedikit demi sedikit sampai terbentuk adonan kenyal yang bisa dibentuk, caranya mirip dengan membuat adonan pada pembuatan kue. Bentuk adonan sesuai keinginan anda. Bisa berbentuk bulat atau lonjong lalu jika ingin digunakan kaitkan pada mata kail.

Umpan ke- 3

Anda juga bisa menggunakan umpan alami seperti belalang, jangkrik, kodok, Laron,dan beberapa jenis serangga. Usahakan umpan-umpan tersebut harus dalam keadaan hidup sehingga gerakan meronta didalam air dapat memancing ikan lele untuk segera menyambarnya.

Umpan ke- 4

Bahan-bahan yang diperlukan :

Ulat hongkong secukupnya

1 butir telur bebek

Telur bebek lebih baik digunakan dibandingkan telur ayam ras karena baunya yang lebih menyengat yang dapat merangsang ikan lele lebih agresif. Cara pembuatannya adalah merendam ilat hongkong didalam telur bebek yang telah diaduk sebelumnya. Biarkan selama 15-30 menit, setelah itu umpan siap digunakan.

Gambar Umpan Ulat Hongkong dan Telur
Gambar Umpan Ulat Hongkong dan Telur

Umpan ke -5

Cacing tanah merupakan yang paling sering digunakan untuk memancing, selain gratis hewan pengurai bahan organic ini cukup mudah ditemukan terutama yang tinggal didaerah pedesaaan. Kita bisa mencarinya ditanah yang sedikit lembap seperti dibawah pohon pisang, tumpukan sampah organic, atau tepian sungai. Kalau tidak mau repot beli aja di para penjual cacing umpan di kota anda. Selain praktis anggaplah membantu memberi rezeki kepada penjual cacing tersebut. WIN-WIN solution!

Umpan ke – 6

Cacing lain yang bisa anda gunakan selain cacing tanah adalah cacing laut, bahkan beberapa pemancing menganggap umpan ini sangat efektif karena  dapat bertahan lebih lama didalam air sehingga lebih menggoda selera ikan lele. Bentuknya memang sedikit berbeda dibandingkan dengan cacing tanah, tetapi soal saktinya umpan ini anda bisa coba sendiri.

Gambar Cacing Laut
Gambar Cacing Laut

Umpan ke -7

Ikan ukuran kecilmjuga dapat dijadikan umpan, ada beberapa jenis ikan yang dapat anda jadikan umpan seperti anak ikan mujahir, anak ikan nila. Beberapa ikan hias apkir juga dapat digunakan sebagai umpan seperti ikan guppy, anakan ikan mas yang cacat, dan jenis ikan kecil lainnya yang masuk dalam kategori ikan apkir atau tidak layak jual. Anda bisa membelinya dibeberapa peternak ikan hias di kota anda. Cara menggunakan cukup kaitkan mata kail pada bagian punggung ikan agar ikan tetap dapat berenang sehingga lebih memancing selera ikan lele.

Umpan ke – 8

Katak dan kodok, jangan bingung ya membedakannya. Kedua hewan amphibi ini dapat dijadikan umpan ikan lele. Usahakan hewan tersebut dalam keadaan hidup agar lebih manjur. Tetapi walaupun mati kita masih bisa menggunakannya. Cara menggunakannya  cukup kaitkan mata kail pada punggung katak atau kodok. Sesuaikan besarnya katak atau kodok dengan mata pancing yang kita gunakan.

Gambar Katak dan Kodok
Gambar Katak dan Kodok

Umpan ke – 9

Kepiting laut, kelomang, kijing dan berbagai jenis kerang dapat kita gunakan sebagai alternative umpan mancing lele malam hari tapi cukup bagian isi dalam hewan-hewan tersebut. Umpan jenis ini bahkan bisa kita dapatkan jika mancing diareal sungai yang masih banyak terdapat aneka hewan yang disebutkan diatas. Anda bisa menyiapkan palu kecil sebagai persiapan untuk memecahkan cangkang hewan tersebut.

Gambar Umpan Alami
Gambar Umpan Alami

Umpan ke – 10

Usus ayam merupakan salah satu umpan yang juga sering digunakan untuk memancing ikan lele. Biasanya pada saat memotong ayam dirumah kita membuang ususnya, tapi jika anda hobi memancing anda bisa menyimpannya untuk digunakan sebagai umpan memancing lele. Bau yang disukai ikan lele adalah bau amis yang keluar dari usus ayam yang mulai berbau. Anda bisa mencucinya terlebih dahulu lalu simpan selama 1-2 hari hingga berbau lalu umpan siap digunakan.

Semoga  10 Umpan Ikan Lele Malam Hari Yang Manjur dapat membuat keranjang pancing anda penuh dengan lele –lele babon, anda juga harus berhati-hati mancing dimalam hari terutama didaerah yang masih berkeliaran binatang buas seperti ular dan buaya. Sebaiknya berangkat bersama dengan partner anda agar lebih aman. Selamat mencoba, semoga sukses !!! Salam Mancing Mania.