Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Burung Pipit Warna-Warni Paling Populer di Dunia

 10 Jenis Burung Pipit Warna-Warni Paling Populer di Dunia

Burung kecil ini sering dipandang sebelah mata karena banyak berkeliaran di sekitar rumah baik di pohon, kabel listrik, dan diatas rumah dan kita bahkan menemukannya dalam jumlah yang banyak di sawah terutama saat padi menguning. Apakah burung yang di cap “burung kampung” ini tidak menarik? Baca terus artikel 10 jenis burung pipit warna-warni yang mungkin merubah pandangan anda terhadap burung mungil ini.

Burung pipit termasuk dalam famili Estrildidae atau burung berparuh pendek pemakan biji-bijian. Burung pipit dalam bahasa inggris disebut sebagai finch. Indonesia mengenalnya sebagai emprit atau bondol. Kerabat dekat pipit hias yang paling sering kita jumpai adalah burung gereja. Burung gereja berasosiasi dekat dengan manusia.

Burung pipit memiliki ciri: ukuran tubuh kecil, ekor pendek, paruh tebal dan pendek yang berfungsi untuk memecah biji-bijian. Sarang dapat berbentuk seperti bola yang terbuat dari daun kering dan ranting serta memiliki konstruksi yang rumit. Burung pipit sering ditemukan hidup bergerombol dan membentuk kelompok dalam jumlah besar, sering dianggap hama oleh para petani. Burung ini tersebar diberbagai negara di Asia, Australia, Afrika dan Eropa. Berikut 10 jenis burung pipit warna-warni yang dapat kita jumpai :

Gouldamadine (Erythura gouldiae)

Burung pipit ini sering diklaim sebagai pipit tercantik didunia. Anda yang pertama kali melihatnya pasti terpesona dengan warna bulunya yang cantik. Warna bulunya berwarna–warni seperti pelangi. Ada banyak jenis gouldamadine yang dibedakan berdasarkan warna bulunya. Ras asli memiliki warna bulu punggung hijau, kuning, biru, dan putih. Habitat aslinya berasal dari Australia Utara. Lihat warna bulunya, sangat cantik bukan?

Gouldamadine (Erythura gouldiae)
Gambar Burung Gouldamadine

Pipit Benggala ( Amandava amandava ) / Strawberry Finch

Pipit ini juga dijuluki dengan nama pipit benggala atau strawberry finch sebab badannya mungil dengan warna merah seperti buah strawberry. Ukuran tubuhnya mungil. panjang dari ujung paruh hingga ujung ekor tidak lebih dari 10 cm. Paruh berwarna merah cerah, bulu dada merah dihiasi bintik-bintik berwarna putih.

Burung  pipit  merah cantik ini tersebar luas mulai dari India, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Malaysia. Pipit benggala menyukai biji-bijian semisal gabah dan canary seed. Berminat memakannya ehh..maksudnya memeliharanya?

Pipit Benggala ( Amandava amandava ) / Strawberry Finch
Gambar Pipit Benggala

Pipit Zebra ( Taeniopygia gutata ) / Zebra Finch

Ukuran badannya tidak berbeda jauh dengan pipit benggala. Jantan pipit zebra memiliki pipi berwarna jingga, paruh berwarna merah dan berkalung hitam. Sayap, ekor dan punggung berwarna kelabu dan perut berwarna putih. Bulu tubuh memiliki bintik-bintik berwarna putih sedangkan betina berpipi polos dan bulu badan kelabu. Pipit zebra betina dapat bertelur sebanyak 4-7 butir dan dierami selama 14 hari.

Pipit Zebra ( Taeniopygia gutata ) / Zebra Finch
Gambar Pipit Zebra

Bondol Hijau Binglis  / Pin Tailed Parrotfinch

Bentuk tubuhnya lebih besar dibandingkan pipit benggala. Ukurannya sekitar 13-15 cm. Paruh berwarna hitam, pipi dan jidat berwarna biru,tunggir, ekor  dan dada berwarna merah sedangkan leher dan pantat berwarna coklat muda. Burung pipit hijau ini banyak tersebar di Thailand, Kamboja, Jawa, Sumatera, Malaysia dan Laos. Sering ditemukan di pinggir hutan, rumpun bambu, dan lahan perkebunan. Bondol hijau dapat dikawinkan ketika berumur 6-7 bulan. Burung betina mampu bertelur sekitar 3-6 butir dan dierami selama 14 hari. Anakan burung pipit dapat disapih saat usia 18-21 hari.

 Bondol Hijau Binglis  / Pin Tailed Parrotfinch
Gambar Bondol Hijau Binglis

Bondol Haji (Lonchura maja) / White Headed Munia

Bondol Haji memiliki ukuran sekitar 11-13 cm. Ciri-cirinya yaitu pada bulu dada, punggung, tunggir dan sayap berwarna coklat. Nama bondol Haji disematkan lantaran kepalanya berwarna putih menyerupai topi Haji.  Burung pipit Haji ini tersebar luas di pulau Sulawesi, Sumatera, Jawa, Bali, Thailand, Malaysia, Singapura dan Vietnam. Sering kita jumpai bermain disawah dan rawa-rawa. Bondol Haji dapat bertelur sebanyak 4-6 butir dan masa mengeram selama 12-13 hari.

Bondol Haji (Lonchura maja) / White Headed Munia
Gambar Bondol Haji

Bondol Jawa ( Lonchura leucogastrades )/ Javan Munia

Bondol Jawa memiliki ukuran yang sama dengan bondol Haji sekitar 11-13 cm. Paruh berwarna kelabu, bulu kepala, punggung, sayap, tunggir, ekor dan pantat berwarna coklat gelap. Pipit bondol Jawa memiliki bulu leher berwarna hitam dengan bulu dada putih bersih. Burung ini dapat kita temukan di pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Mereka senang berkeliaran didaerah persawahan sekaligus mengganggu padi yang ditanam pak tani. Betina dapat bertelur sebanyak 4-6 butir dan dierami selama 12-13 hari. 

Bondol Jawa ( Lonchura leucogastrades )/ Javan Munia
Gambar Bondol Jawa

Bondol Peking  ( Lonchura punctulata )

Burung emprit Peking memiliki ukuran tidak berbeda jauh dengan bondol Jawa. Paruh berwarna kelabu dan bulu kepala, punggung, sayap dan ekor berwarna coklat bata. Bulu dada berwarna putih dengan pola lurik berwarna coklat. Bulu perut dan pantat berwarna putih. Burung Peking ini dapat ditemukan di Sumatera, Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, India, Cina, Malysia dan Australia. Sering ditemukan disawah, padang rumput dan kebun. Burung emprit Peking ini hidup berpasangan atau berkelompok. Betina dapat bertelur sebanyak 3-4 butir dengan masa mengeram selama 12-13 hari.

Bondol Peking  ( Lonchura punctulata )
Gambar Bondol Peking

Gelatik Jawa ( Padda oryzivora )

Gelatik Jawa memiliki banyak nama lain seperti Java Rice Bird, Java Temple Bird dan Paddy Bird. Badan gelatik Jawa memiliki ukuran lebih besar dibandingkan beberapa jenis burung pipit yang lain. Ukurannya dapat mencapai 15-16 cm. Paruh berwarna merah jambu dan bulu kepala berwarna hitam dengan kombinasi bulu pipi putih, bulu dada, punggung dan sayap berwarna kelabu. Induk betina dapat bertelur sebanyak 4-8 butir dan dierami selama 14 hari. Anakan burung pipit disapih setelah berusia 2-3 minggu.

Gelatik Jawa ( Padda oryzivora )
Gambar Gelatik Jawa 

Bondol coklat (Lonchura atricapilla) / Black –headed Munia

Ada sebagian kalangan yang menganggap bahwa bondol coklat merupakan keturunan dari bondol rawa. Mungkin ada benarnya juga sebab warna sebagian memang ada kemiripan dengan bondol rawa. Burung ini juga kadang disebut Chesnut Munia dan pernah menjadi burung nasional Filipina sebelum digantikan oleh Rajawali Filipina. Ukuran bondol coklat sekitar 11 cm dan sering kita temukan sedang memakan padi disawah, bermain diladang, padang rumput. Betina dapat bertelur sebanyak 4-7 butir. 

Bondol coklat (Lonchura atricapilla) / Black –headed Munia
Gambar Bondol Cokelat

Pipit Emas / Sudan Golden Sparrow ( Passer luteus )

Burung ini tersebar mulai dari Afrika, Senegal, Sudan, dan Ethiopia. Burung pipit kuning ini memiliki panjang sekitar 12-13 cm dengan lebar sayap sekitar 5-7 cm. Di negeri asalnya burung pipt emas sering ditemukan di semi gurun, semak gersang dan perkebunan gandum.

Pipit Emas / Sudan Golden Sparrow ( Passer luteus )
Gambar Pipit Emas

Merawat Aneka Jenis Burung Pipit

Burung pipit termasuk burung yang mudah dirawat. Selain mudah berkembang biak, burung pipit juga tidak membutuhkan biaya besar dalam perawatannya. Makanan burung emprit dapat berupa biji-bijian seperti gabah, millet, dan canary seed. Menu tambahan lain yang dapat diberikan untuk memenuhi gizinya yaitu aneka jenis sayur dan buah-buahan seperti apel, selada, sawi, bayam dan seledri. Ukuran badannya yang kecil membuatnya tidak memerlukan makanan dalam porsi yang besar sehingga hemat biaya perawatan. Untuk membantu pencernaan burung pipit harus diberikan pasir, batu apung, batu bata dan kulit sotong, jangan lupa berikan selalu air minum dan kotak khusus untuk burung mandi, cukup yang memiliki kedalaman sekitar 2-3 cm, lalu isi setengahnya. Berikan rumah-rumahan dalam kandang sebagai tempat bersembunyi sekaligus untuk tempat bertelur.

Mencampur Aneka Jenis Pipit Hias

Aneka burung pipit hias ini dapat dipelihara secara bersamaan dalam kandang besar. Sebagai ilustrasi Kandang berukuran panjang 2 meter lebar 1 meter dan tinggi 1,6 meter dapat dihuni sekitar 100 – 250 ekor burung pipit. Pilih kawat berukuran kecil agar burung tidak dapat kabur dan menghindari masuknya tikus dan predator lain. Agar tidak berkelahi sebaiknya masukkan burung secara bersamaan, sediakan kotak sarang sesuai dengan jumlah burung dan betina harus lebih banyak dibandingkan jantan.

Semoga dengan membaca artikel “10 Jenis Burung Pipit Warna-Warni Paling Populer di Dunia” anda dapat merubah pandangan tentang burung yang di cap sebagai “burung kampung” dan tidak memiliki daya tarik sama sekali. Burung pipit yang dipelihara secara berame-rame pasti membuat rumah anda menjadi makin ramai.