Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Bunga Kembang Sepatu Penghias Taman Rumah Anda

 10 Jenis Bunga Kembang Sepatu Penghias Taman Rumah Anda

Anda tentunya penasaran mengapa tanaman ini diberi nama bunga kembang sepatu? Jika kita menyebut nama bunga kembang sepatu pasti yang terlintas dalam pikiran anda adalah bunga merah dengan petal 5 buah, namun sekarang kita akan menemukan banyak jenis baru bunga kembang sepatu yang tampil sangat menarik. Apa saja jenis bunga kembang sepatu penghias taman rumah anda? Temukan jawabannya didalam artikel ini dan anda tidak akan penasaran lagi.

Bunga kembang sepatu memiliki nama latin Hibiscus Rosa-sinensis L dan menurut penelitian diperkirakan ada sekitar 200-220 jenis bunga kembang sepatu (Hibiscus). Asal tahu saja Bunga kembang sepatu atau bunga raya merupakan bunga nasional berasal dari negara Malaysia yang ditetapkan pada tanggal 28 Juli 1960. Saking indahnya bunga tanaman ini sehingga sering menjadi penghias pagar, teras bahkan menjadi center point sebuah taman. Tanaman ini di dunia internasional lebih dikenal sebagai Hibiscus.

Nama bunga kembang sepatu sendiri didapatkan karena dulunya bunga kembang sepatu digunakan untuk melap sepatu agar mengkilat sehingga akhirnya tanaman ini dinamakan bunga kembang sepatu.

Tanaman ini sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus, cukup siram 1-2 kali sehari tanaman akan tumbuh dengan baik. Tanaman kembang sepatu sebaiknya berada dibawah sinar matahari langsung agar dapat berbunga secara maksimal. Jenis-jenis bunga yang makin beragam berkat kerja keras penyilang makin memanjakan anda para penggemar tanaman yang menyukai tanaman berbunga. Berikut beberapa jenis bunga kembang sepatu yang dapat menjadi penghias taman rumah anda:

Hibiscus Double Johnsoniii

Salah satu jenis Hibiscus yang memiliki keistimewaan pada tumpukan helaian bunganya yang berkesan bertingkat. Warna merah muda yang lembut tampil memikat. Ukuran kembangnya dapat sebesar kepalan tangan dimana ujung petal tampak membundar. Lembaran mahkota pada bunga paling atas justru lebih tipis dengan tepi rata.

Hibiscus Double Johnsoniii
Gambar Bunga Kembang Sepatu Double Johnsonii

Hibiscus Expo

Hibiscus Expo tampil dengan ciri khas perpaduan warna merah dan spot putih dengan bentuk kembang menjuntai kebawah. Sementara seludang tempat bernaungnya benang sari dan putik terlihat menonjol. Tepat pada bagian ujungnya terdapat pola berwarna merah yang membuatnya menjadi semakin kelihatan cantik.

Bunga yang cantik ini dapat anda nikmati selama 2 hari? Kok bunganya cuma sebentar. Tenang saja anda dapat terus menikmati keindahan bunga ini karena tanaman ini rajin berbunga.

Hibiscus Expo
Gambar Bunga Kembang Sepatu Expo

Hibiscus Full moon

Bunga ini terinspirasi dari warna bulan saat terang benderang sehingga disematkan nama full moon. Bunga kembang sepatu kuning memiliki nama yang pas dengan kondisi warna bunga full moon. Coba perhatikan kelir kuning mulus yang berpadu dengan bentuk kembang dengan tepi cenderung membulat.

Bagian tengah full moon akan menampilkan semburat merah yang lembut pada bagian tengah bunga, tepat dibagian throat helaian petal berdomifikasi menyerupai seludang. Warna pada full moon akan semakin cerah jika terkena sinar matahari.

Gambar Bunga Kembang Sepatu Full Moon
Gambar Bunga Kembang Sepatu Full Moon

Hibiscus Madonna

Entah mengapa nama bunga ini diberi nama sesuai dengan penyanyi legendaris Madonna? mungkin saja penyilang yang menciptakan tanaman ini salah satu penggemar Madonna. Daya tarik bunga kembang sepatu ini terletak pada kerutannya. Jika anda perhatikan bentuk daunnya sedikit berbeda dibandingkan dengan bentuk kembang sepatu yang beredar di pasaran.

Kerutan tersebut membuat tepi daun seolah tampak lebih bergelombang sedangkan pada bagian tengah nampak urat-urat kembang sehingga menimbulkan kesan kekar. Namun bunga ini tetap tampil menarik berkat perpaduan warna yang lembut. Jadi tidak heran bunga kembang sepatu ini dinamakan Madonna sebab selain cantik juga tampil maskulin.

Gambar Bunga Kembang Sepatu Madonna
Gambar Bunga Kembang Sepatu Madonna

Hibiscus Moonrovia

Jika anda menyukai warna merah menyala Moonrovia dapat anda jadikan salah satu koleksi anda. Warna merah darah pada kelopak daunnya akan tampil sangat mencolok diantara tanaman anda. Pesona Hibiscus moonrovia terletak pada bentuk kembangnya yang terkesan penuh.

Bunga tersebut seolah-olah terbentuk dari tumpukan lapisan kelopak bunga sehingga terlihat sedikit berbeda dengan bunga kembang sepatu pada umunnya. Bunga ini dapat bertahan mekar selama 2 hari. 

Gambar Bunga Kembang Sepatu Moonrovia
Gambar Bunga Kembang Sepatu Moonrovia

Hibiscus Peach Blow

Bentuk kembang peach blow masih terkesan klasik dengan 5 helai bunga plus seludang yang tumbuh menjulang. Hampir mirip dengan nenek moyangnya yang bernama Hibiscus rosasinensis.

Warna merah muda yang begitu lembut menjadi salah sebab mengapa tanaman ini banyak digemari. Jenis bunga ini termasuk salah satu jenis bunga kembang sepatu yang rajin berbunga.

Gambar Bunga Kembang Sepatu Peach Blow
Gambar Bunga Kembang Sepatu Peach Blow

Hibiscus Rosa Big Yellow

Ukuran kembang Hibiscus rosa big yellow telah menyihir para penghobi kembang sepatu, Bayangkan saja diameternya saja melebihi kepalan tangan orang dewasa, itulah yang menjadi sebab bunga kembang sepatu kuning ini dinamakan Rosa big Yellow.

Posisi antara petal yang satu dengan yang lainnya terlihat seperti menempel. Sebagian tepinya memiliki lekukan yang membuatnya tampil lebih cantik dengan bentuknya yang jumbo dengan warna kuning yang memikat

Gambar Bunga Kembang Sepatu Big Yellow
Gambar Bunga Kembang Sepatu Rosa Big Yellow

Hibiscus Schizopetalus

Bunga kembang sepatu merah ini tampil begitu unik dan sangat berbeda dengan para saudaranya yang lain, jika yang lainnya memiliki tepi dan lekukan yang utuh berbanding terbalik dengan bunga Schizopetalus yang kelihatan seperti bertingkat dan terpisah.

Sekilas petal bunganya seolah-olah bersal dari beberapa bunga padahal sejatinya dari satu petal bunga saja.Warna merah dan unik dapat anda nikmati selama 4 hari sesuai dengan jatah mekar bunga ini.

Gambar Bunga Kembang Sepatu Schizopetalus
Gambar Bunga Kembang Sepatu Schizopetalus

Hibiscus Tahiti

Apa yang pertama kali terlontar dari bibir anda saat melihat bunga kembang sepatu yang satu ini? Amazing !!! cantik ! atau unik. Bunga ini memang memiliki tampilan luar biasa dengan corak kelir pada bagian tengah daun yang berkesan seperti twister .

Kombinasi antara dua warna berbeda pada Tahitian Hibiscus ini sangat pas dan terlihat ngejreng ! saya yakin anda pasti tertarik untuk memiliki bunga yang satu ini saat melihatnya. Jangan bilang pecinta sejati tanaman berbunga jika anda tidak jatuh cinta pada pandangan pertama melihat Tahitian hibiscus.

Gambar Bunga Kembang Sepatu Tahiti
Gambar Bunga Kembang Sepatu Tahiti

Hibiscus Flower Blue

Biru lembut, warna ini sedikit berbeda dengan warna bunga kembang sepatu yang bisanya berwarna merah, kuning atau putih. Warna biru ini melambangkan ketenangan dan komitmen seperti layaknya biru pada laut. Jadi jika anda mengerti makna bunga ini berikan pada pasangan anda bunga kembang sepatu berwarna biru ini dan jangan lupa ikutkan juga bunga deposito agar pasangan anda semakin bahagia.(jangan diambil hati..lakukan saja). Bunga kenbang sepatu ini dikenal dengan nama flower blue .

Gambar Bunga Kembang Sepatu Flower Blue
Gambar Bunga Kembang Sepatu Flower Blue

Semoga artikel10 Jenis Bunga Kembang Sepatu Penghias Taman Rumah Anda” dapat memberikan anda inspirasi tentang tanaman kembang sepatu yang cocok dengan passion anda sehingga nantinya rumah anda akan tampil cantik dan semarak dengan warna-warni bunga kembang sepatu. Selamat memilih !

Sedikit tips buat anda dirumah para pembaca setia duniahobiku.com yaitu lakukan pruning atau pemangkasan secara berkala minimal sebulan sekali agar  bentuk tajuk kembang sepatu anda tampil harmonis, jangan lupa gunakan gunting tajam dan oles dengan alkohol pada mata pisau agar steril.