Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Gunung Bromo Eksotisme Gunung Jawa Timur

Wisata Gunung Bromo Eksotisme Gunung Jawa Timur

          Salah satu gunung di Indonesia yang menjadi incaran para travellers di seluruh dunia adalah gunung Bromo. Bagaimana tidak menarik, dalam satu kawasan kita akan menemukan berbagai wisata eksotis yang sulit dijumpai ditempat lain. Tentunya anda penasaran kira-kira apa saja tempat wisata yang dapat anda jumpai ditempat ini. Ikuti artikel wisata gunung Bromo eksotime gunung Jawa Timur dan temukan apa yang anda cari.

      Gunung ini sering mengalami pasang surut pengunjung yang disebabkan oleh berbagai hal, baik disebabkan oleh kebakaran hutan, gunung meletus dan terakhir karena adanya pandemi Covid-19. Walaupun terjadi buka-tutup kawasan wisata gunung Bromo, tempat ini tetap menjadi destinasi wisata yang menarik. Data tahun 2019 ada sekitar 690 ribu pengunjung yang datang ketempat ini sedikit menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 853 ribu wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tanpa berlama-lama mari kita simak informasi apa saja yang dapat anda temukan mengenai gunung Bromo.

1.    Lokasi Gunung Bromo

Gunung Bromo berada di Jawa Timur dan merupakan salah satu objek wisata andalan provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo sendiri diapit oleh empat kabupaten diantaranya kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan kabupaten Malang. Jika anda ingin mencapai gunung bromo sebaiknya melalui Malang kerena lebih dekat. Jarak Malang menuju Gunung Bromo sekitar 35 kilometer sedangkan jika ditempuh dari Surabaya dapat mencapai 79 kilometer. Jarak tempuhnya. lebih dari dua kali lipat. Gunung Bromo sendiri masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

2.    Sejarah Gunung Bromo

Nama gunung Bromo sendiri diperkirakan berasal dari bahasa sansekerta yaitu Brahma yang merupakan Dewa utama dalam ajaran agama Hindu. Menurut bahasa setempat (suku Tengger) kata Brahma ini dieja sebagai “Brama” yang akhirnya berkembang menjadi Bromo. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif bahkan hingga kini. Letusan terakhir gunung Bromo terjadi pada tahun 2016. Ketinggian gunung Bromo mencapai 2.329 meter diatas permukaan laut.

3.    Wisata Gunung Bromo

Apa yang anda cari mungkin akan anda temukan pada bagian ini.  Gunung Bromo bukan sekedar gunung biasa tapi ada banyak tempat wisata yang dapat anda temukan di kawasan ini, antara lain :

·       Puncak Gunung Bromo

Puncak gunung bromo dikenal dengan sebutan Pananjakan. Ada 4 pananjakan yang harus kita lalui untuk sampai kepuncak menikmati indahnya matahari terbit. Walaupun harus ditempuh selama beberapa jam tapi hal itu sebanding dengan keindahan yang ditawarkan melihat matahari terbit dari puncak gunung Semeru.

Gambar Gunung Bromo
Gambar Gunung Bromo

Pada umumnya untuk melihat matahari terbit para wisatawan akan berangkat pada tengah malam agar dapat tiba sebelum matahari terbit. Matahari akan dapat anda saksikan mulai pukul 5 pagi dan akan mencapai puncaknya pada pukul 6 pagi. 1 jam itu akan menjadi moment yang pasti tidak terlupakan melihat kebesaran Sang Pencipta. Kita akan menemukan beberapa gunung yang berada dikawasan gunung Bromo antara lain : gunung Batok (2470 m), gunung Kursi (2581 m), gunung Watangan (2662 m) dan gunung Widodaren (2650 m). Gunung-gunung ini tercipta akibat letusan gunung berapi dimasa lampau.

·       Kawah Gunung Bromo

Bentuk gunung Bromo terletak antara lembah dan ngarai serta kaldera (lautan pasir ) dengan luas sekitar 10 km persegi. Kawah gunung Bromo sendiri memiliki kedalaman sekitar 247 m dengan diameter bibir kawah 480 m serta diameter dasar kawah 230 meter. Kita akan menaiki ratusan anak tangga sebelum sampai ke puncak gunung Bromo melihat kawah gunung Bromo yang mengepulkan asap putih penanda gunung tersebut masih aktif, dasar kawah sendiri terlihat berwarna keeemasan efek dari warna belerang. Sepanjang memandang kawah tersebut kita akan mencium bau belerang dari dasar kawah.

Gambar Kawah Gunung Bromo
Gambar Kawah Gunung Bromo

·       Pasir Berbisik

Lautan pasir hasil erupsi gunung berapi di masa lampau kerap disebut sebagai kaldera. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi film Pasir Berbisik yang dibintang oleh Christine Hakim dan Dian Sastrowardoyo yang membuat tempat ini kerap disebut pasir berbisik. Pasir berbisik Bromo konon berasal dari cerita dimana pasir-pasir yang beterbangan di kaldera tersebut terdengar seperti bisikan ditelinga orang yang melintas dikawasan tersebut. Lokasi ini juga menjadi salah satu lokasi favorit mengambil gambar dimana kita sering melihat seseorang menunggang kuda di lautan pasir. Beberapa artis juga melakukan foto pre-wedding ditempat ini. Tertarik mengikuti jejaknya? Bawa pasangan anda ke pasir berbisik.

Gambar Pasir Berbisik Bromo
Gambar Pasir Berbisik Bromo

·       Ritual Upacara Kasada

Bagi masyarakat suku Tengger gunung Bromo dianggap gunung yang suci sehingga setiap tahun sekali masyarakat mengadakan ritual kasada. Upacara ini dilakukan disebuah pura yang berada dibawah kaki gunung Bromo dan akan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Setiap bulan purnama sekitar tanggal 14-15 pada bulan kesepuluh menurut penanggalan Jawa, masyarakat Tengger akan melakukan ritual kasada pada tengah malam hingga dini hari.

Gambar Upacara Kasada
Gambar Upacara Kasada

Upacara ini dilakukan dengan memberikan persembahan dalam  bentuk hasil bumi ke kawah gunung Bromo. Hal ini dilakukan karena konon diwaktu lampau seorang pangeran bernama Joko Seger dan istrinya Roro Anteng melanggar janji yang telah disepakati dengan dewa Brahma. Pasangan itu awalnya tidak dapat memiliki keturunan setelah meminta pada dewa Brahma  akhirnya doanya dikabulkan dengan syarat mengorbankan anaknya yang bungsu. Sayang anak bungsu itu (Raden Kusuma) tumbuh menjadi anak yang sangat pintar dan rupawan sehingga orangtuanya tidak sampai hati mengorbankannya dan melanggar janji yang telah disepakati. Dewa Brahma akhirnya marah dan membuat gunung Bromo meletus. Untuk meredakan kemarahan dewa Brahma maka diadakanlah  upacara kasada dan akhirnya menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat suku Tengger hingga sekarang.

·       Bukit  Teletubbies

Bagi yang pernah melihat serial tv anak “Teletubbies” tentunya tidak asing dengan bukit tempat Lala dan saudaranya bermain. Bukit hijau digunung Bromo juga dinamakan dengan bukit Teletubbies, entah siapa yang pertama kali mempopulerkan sebutan tersebut. Bukit ini sebenarnya merupakan padang savana dan terletak diselatan gunung Bromo tepatnya daerah Jemplang. Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan dikawasan ini selain belajar menunggang kuda, selfie kiri dan kanan lalu upload ke media sosial, camping, dan menikmati hijaunya padang rumput yang jarang ditemukan di kota-kota besar.

Gambar Bukit Teletubbies Bromo
Gambar Bukit Teletubbies Bromo

·       Pura Luhur Poten

Struktur bangunan pura luhur Poten merupakan perpaduan antara budaya Jawa dan Bali. Pura ini berada pada ketinggian 2200 meter diatas permukaan laut dan diapit oleh beberapa gunung seperti gunung Bromo, gunung Batok dan gunung Semeru. Pura ini mulai didirikan pada tahun 2000 oleh penganut agama hindu Dharma masyarakat Tengger dan dilakukan secara bergotong royong.

Gambar Pura Luhur Poten
Gambar Pura Luhur Poten

Ada3 bagian penting dari bangunan pura luhur Poten yaitu Mandala Utama yang berfungsi sebagai tempat pemujaan, Mandala Madya sebagai tempat persiapan pengiringan upacara sembahyang dan Mandala Nista yang berfungsi sebagai peralihan pintu masuk ke dalam. Poten sendiri berasal dari kata empot-empoting ati yang berarti hati yang terdalam.

·       Desa Ngadas dan Desa Ngadisari

Dua desa ini ditetapkan sebagai desa wisata mengingat desa ini merupakan pintu masuk sebelum melanjutkan perjalanan menuju kegunung Bromo. Ada banyak warga yang menyediakan homestay didua desa ini dengan harga sekitar 200-300 ribu/malam. Desa ini juga memiliki hawa yang sejuk karena berada diatas ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, bahkan disebut sebagai desa tertinggi di Jawa. Kedua desa ini merupakan suku asli masyarakat Tengger yang umumnya hidup dari bercocok tanam. Jadi sebelum ke gunung Bromo sempatkan menikmati keindahan desa ini dan kearifan lokal masyarakatnya.

Gambar Desa Ngadas
Gambar Desa Ngadas

Setelah membaca artikel Wisata Gunung Bromo Eksotisme Gunung Jawa Timur tentunya anda akan mendapat sedikit gambaran mengenai wisata gunung Bromo yang terkenal hingga ke mancanegara. Sebagai tips siapkan fisik dan budget anda karena anda melalui berbagai medan yang akan menantang adrenalin anda. Untuk sarana perjalanan menuju Bromo anda dapat menyewa jeep dengan harga sekitar 500-800 ribu tergantung lokasi start anda dijemput pertama kali.