Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tesla dan Elon Musk Mengukir Sejarah Menjadi Nomor Satu

 Tesla dan Elon Musk Mengukir Sejarah Menjadi Nomor Satu

Tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba terlintas pikiran untuk menulis tentang Tesla, jika biasanya sibuk mencari Keyword kali ini penulis ingin mencoba menulis lepas tanpa beban apakah artikel ini nantinya muncul di page one hanya Tuhan dan Google yang tahu. (hehehee..tapi berharap juga sih masuk page one bertahun-tahun). Salah satu mungkin yang menyebabkan penulis ingin membahas tentang Tesla adalah saat berselancar di dunia maya menemukan suatu berita yang cukup mengejutkan. Berita apakah itu? Mau tahu saja atau mau tahu banget? Ikuti terus artikel ini supaya tidak penasaran.

Elon Reeve Musk Orang Terkaya Di Dunia

    “Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia mengalahkan Jeff Besoz pemilik Amazon yang selama ini menduduki tahta tersebut”.  Berita ini betul-betul mengejutkan dan menampar harga diri penulis. (kapan ya penulis berada diposisi 1 2 3 saling mengejar dengan Jeff Bezos dan Elon Musk ? indahnya berimajinasi).  Elon Musk berada di posisi pertama dengan kekayaan sebesar US$ 183,8 milliar atau sekitar 2.573  Trilliun dengan kurs 14000 sedangkan Jeff Bezos diposisi kedua dengan kekayaan US$ 182,4 milliar atau sekitar 2.553 Trilliun. Hal ini menurut Forbes karena adanya kenaikan harga saham Tesla sebesar 5% menjadi US$800 per saham. Kenaikan harga saham ini menggelembungkan pundi-pundi Elon Musk dan menjadikannya orang terkaya di dunia bulan Januari 2021.

Gambar Elon Musk
Gambar Elon Musk 

Keberhasilan ini tentuya tidak lepas dari tokoh kunci dibalik kesuksesan Tesla yaitu Elon Musk. Mungkin banyak  yang belum mengenal tokoh yang satu ini, padahal Elon Musk telah menjadi inspirasi banyak orang, bahkan karakter Tony Stark dalam film Iron Man diambil dari karakter asli Elon Musk sebagai Billionare dengan tingkat kejeniusan dan inovasi yang luar biasa.

 Elon Musk sendiri lahir pada 28 Juni 1971 di Afrika Selatan, jadi jika dihitung dari tahun kelahiran saat ini Elon berumur 50 Tahun. Ada banyak bisnis yang dirintis oleh Elon dan akhirnya mendunia. Bagi para blogger dan orang-orang yang bertransaksi secara internasional pasti tidak asing dengan Pay Pal. Elon Musk merupakan pendiri dari Pay Pal yang sebelumnya bernama X.com dan mengalami peningkatan sangat cepat saat digunakan oleh eBay di tahun 2011. Perusahaan lain yang didirikan oleh Elon adalah SpaceX, Hyperloop, Solarcity, Open A1, The Boring Company, dan Tesla.

Tesla, Inc

Perusahaan ini didirikan pada April 2004 dan berkantor pusat di San Carlos, California, Amerika Serikat. Elon Musk  sebagai pendiri Tesla juga berlaku sebagai Direktur Utama Tesla Motor,inc. Tesla Motor, inc akhirnya berubah nama menjadi Tesla, Inc. Perusahaan ini spesialis menciptakan mobil listrik, komponen mesin dan perangkat pengisi ulang baterai, baik untuk industri maupun rumah tangga. Biaya perakitan baterai mobil listrik buatan Tesla dianggap yang termurah didunia dengan biaya hanya sekitar 200 USD per kwh.

Gambar Perakitan Mobil Tesla
Gambar Perakitan Mobil Tesla

Mobil Buatan Tesla

Tesla Roadster

Tesla Roadster merupakan mobil pertama buatan Tesla yang menggunakan listrik sebagai sumber power. Kelebihannya mobil ini dapat menempuh jarak sekitar 365 km hanya dalam sekali pengisian baterai. Kecepatan maksimum Roadster 125 mil/jam (201 km/jam), dan menurut beberapa analisis mobil hanya mengeluarkan dana sekitar US$ 0,02 permil. Mobil ini diluncurkan pada Juli 2006 dan mendapat penghargaan sebagai Best Inventions – Transportation Invention oleh majalah Time Magazine. Hanya dalam 3 minggu setelah peluncurannya Tesla Roadster habis terjual. Mobil listrik ini dapat melaju tanpa kebisingan suara mesin dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Layar indikator akan memperlihatkan kapan baterai harus di isi ulang dan arus yang telah dikeluarkan bisa terbaca didashboard mobil.

Gambar Tesla Roadster
Gambar Tesla Roadster

Tesla Roadster Sport

Versi baru dari Roadster ini dirancang dengan meningkatkan performa mesin. Versi baru Roadster dibanderol dengan harga US$ 128.500 dan  dipasarkan pada Juni 2009 yang lalu. Baterai pada tipe Roadster berada dibelakang tempat duduk.

Gambar Tesla Roadster Sport
Gambar Tesla Roadster Sport

Tesla Model S

Jika model yang sebelumnya mengusung konsep mobil sport maka Tipe Model S bertipe mobil sedan dan diberi nama “Whitestar”. Mobil Tesla Type S akan bersaing dengan mobil sekelasnya seperti BMW seri 5 dan Audi A6. Mobil ini nantinya dipasarkan dikisaran US$ 50.000 – US$ 57.400. Mobil in berkapasitas 7 penumpang dan dapat menempuh 300 km dalam sekali pengisian baterai dengan tegangan 120, 240 atau 480 volt. Istimewanya lagi baterai mobil tersebut bisa di isi dirumah dengan charger khusus yang telah disediakan.

Gambar Tesla Model S
Gambar Tesla Model S

Baterai pada Tesla berada di lantai mobil tetapi untuk mencegah kerusakan akibat serpihan atau kerikil aspal maka digunakan pelindung dari lempengan logam dipadukan dengan alumunium.  Posisi yang inovatif tersebut memungkinkan penggantian baterai menjadi sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, hanya sekitar 90 detik, anda sudah dapat mengganti baterai Tesla Model S.

Tesla Model X

Produk ketiga dari perusahaan Tesla dinamakan Tesla Model X dan pertama kali diperkenalkan ke publik pada tanggal 9 Februari 2012 di studio desain Tesla yang berada di California. Hebatnya lagi perusahaan Tesla telah menerima pesanan sejak 2013 meskipun pengirimannya baru dilakukan tahun 2014.

Gambar Tesla Model X
Gambar Tesla Model X

Inovasi Tesla di Bidang Otomotif

Tesla memiliki visi dan inovasi yang luar biasa dalam bidang teknologi bahkan mobil masa depan rancangan Tesla akan menggunakan panel surya pada atap mobil dengan sistem solar photovoltaic. Jadi sepanjang perjalananan jika matahari sedang bersinar mobil ini akan memberi power kepada baterai selama mobil dijalankan. Menurut pihak Tesla dengan inovasi teknologi ini akan menambah jarak 80 km perhari tanpa membebani rangkaian listrik pada mesin mobil.

Fasilitas Produksi Tesla di Eropa

Bagian desain dan perakitan Tesla Roadster di produksi di Inggris. Tesla Roadster sendiri dirakit oleh perusahaan Lotus Cars di Hethel, Inggris.

Fasilitas Produksi di Asia

Tesla mempunyai fasilitas produksi di Taiwan yang khusus menangani produksi motor induksi  yang merupakan komponen paling penting bagi mobil listrik buatan Tesla. Motor induksi ini akan digunakan pada mobil listrik buatan Tesla yaitu Tesla Roadster dan Tesla Model S.

Sempat beredar kabar bahwa Tesla berniat menanamkan investasinya di Indonesia, entah mengapa tiba-tiba berubah haluan ke negara India, tetapi negosiasi antara pihak Indonesia dan perusahaan Tesla masih terus diupayakan dan semoga negosiasi tersebut akan menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Dealer Utama Tesla di Seluruh Dunia

Dealer Utama (sekaligus dealer pertama) Tesla yang beralamat di 11163 Santa Monica Boulevard, Los Angeles, California, AS.

Dealer Utama Tesla Roadster berlokasi di kota-kota berikut ini:

·         Los Angeles, California, AS - 11163 Santa Monica Boulevard

·         San Francisco Bay Area, California, AS - 300 El Camino Real, Menlo Park, California[20]

·         New York, New York, AS

·         Miami, Florida, AS

·         Chicago, Illinois, AS - 1053 West Grand Avenue

·         Seattle, Washington, AS

·         Washington DC, AS

·         London, Inggris - 49-51 Cheval Place

·         M√ľnich, Jerman

·         Sydney, Australia

Pihak Tesla sendiri menungkapkan akan menambah lebih banyak lagi dealer baru di seluruh dunia untuk menjual mobil listrik produksi Tesla. Di Indonesia sendiri mobil Tesla telah dijajal oleh beberapa artis dan pengusaha sebagai “tunggangan” kesayangan yang siap mengantar kemana saja tuannya ingin pergi.

Semoga artikel Tesla dan Elon Musk Mengukir Sejarah Menjadi Nomor Satu dapat bermanfaat buat anda semua pembaca setia duniahobiku.com dan memberikan insipirasi buat kita semua untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Amin !!!