Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Itha Restoran Bawah Laut Terbaik di Dunia

 Itha Restoran Bawah Laut Terbaik di Dunia

     Anda tentunya pernah bersantap direstoran atau rumah makan bukan? Atau mungkin anda seringkali menghadiri pesta pernikahan digedung atau hotel. Tapi pernahkan anda membayangkan suatu tempat untuk mengadakan acara yang tidak terlupakan dalam hidup anda. Mungkin restoran yang satu ini dapat menjadi agenda anda di kemudian hari. Itha Restoran yang terletak dibawah laut dengan panorama yang luar biasa ini mungkin dapat mewujudkan mimpi anda. Ingin mengetahui lebih banyak tentang restoran ini? Simak terus artikel ini.

1.    Letak Restaurant Itha

Restoran unik ini terletak di Conrad Maldives Pulau Rangali Di Atol Alif Dhaal. Tempat ini berada dalam wilayah Republik Maladewa yang terkenal memiliki pantai yang indah. Keunikan dari restoran ini adalah karena letaknya berada dibawah laut sekitar 5 meter dibawah permukaan laut (16 kaki) sehingga kita seperti sedang berada dalam akuarium raksasa ditemani pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Restoran ini bahkan dinobatkan oleh New York Daily Time sebagai restoran yang memiliki panorama paling indah di dunia.

2.    Awal Mula Pembuatan Restaurant Itha

Awalnya pulau ini disewakan kepada pengusaha pemilik Pulau Conrad Maladewa Mangali (tempat ini dulunya dikenal sebagai Hilton Maldives Rangali Island Resort&Spa). Pemilik pulau Rangali mempunyai mimpi ingin membuat suatu restoran yang terletak dibawah air. Kemudian ide ini lalu disampaikan kepada MJ Murphy Ltd sebuah konsultan desain yang berbasis di Selandia Baru pada bulan Februari 2004.

Gambar Pulau Conrad
Gambar Pulau Conrad

Ide tersebut dianggap unik dan akhirnya mereka sepakat untuk membuat restoran unik tersebut. Rencananya restoran bawah air tersebut memiliki dinding lurus dan jendela kaca tetapi mempertimbangkan banyak factor akhirnya model tersebut diubah menjadi bentuk terowongan dengan menggunakan bahan acrylic R-Cast milik Mike Murphy yang diproduksi oleh Reynolds Polymer Technology, Inc yang berada di Amerika Serikat. Terowongan dengan bentuk yang mirip juga dirancang untuk pusat Sains Nasional Kuala Lumpur yang rencananya akan menjadi Akuarium terbesar di Dunia.

3.    Gambaran Umum Restoran Itha

Restoran ini memiliki ukuran 5 X 9 meter dan hanya dapat menampung sebanyak 14 orang. Sepanjang atap kita dapat melihat langsung pemandangan bawah laut 2700 dengan berbagai ikan-ikan dan terumbu karang yang pastinya meninggalkan momen yang sulit terlupakan. Makanan yang disajikan direstoran ini adalah perpaduan antara Eropa dan Asia, sehingga akan menciptakan sensasi makanan yang nikmat dan terasa unik di lidah.Kata Itha sendiri dalam bahasa setempat berarti ibu/induk mutiara.

Gambar Restoran Itha
Gambar Restoran Itha

Restoran bawah laut pertama di dunia ini dapat digunakan sebagai pesta pribadi ataupun untuk acara pernikahan. Pastinya jika anda melakukan pesta pernikahan ditempat ini hanya orang-orang special saja yang dapat berada di acara tersebut mengingat kapasitas ruangannya yang terbatas. Pada bulan April 2010 - April 2011 yang lalu pihak pengelola bahkan membuka tempat ini yang ingin merasakan sensasi menginap seperti di hotel tapi dengan nuansa bawah laut. Anda bayangkan bagamana serunya bermalam ditempat ini?

4.    Konstruksi Restoran Itha

Bulan Mei 2004 merupakan awal pembuatan konstruksi restoran Itha yang dilakukan di Singapura. Sekitar 5 bulan sejak mulai dikerjakan mimpi membangun restoran mulai nampak dalam bentuk konstruksi yang telah rampung termasuk pemasangan lengkungan akrilik selebar 5 meter, AC, dan Instalasi listrik.

Gambar Konstruksi Restaurant Itha
Gambar Konstruksi Restaurant Itha

Tanggal 1 November 2004 konstruksi yang telah rampung tersebut mulai melakukan perjalanan melalui laut menggunakan kapal tongkang untuk dibawa langsung ke kepulauan Maladewa. Perjalanan itu cukup memakan waktu, sekitar 16 hari waktu yang diperlukan untuk mengangkut konstruksi restoran tersebut hingga tujuan. Berat konstruksi restoran Itha sekitar 175 ton.

2 hari setelah sampai dan melakukan persiapan akhirnya tibalah hari yang ditunggu dan menjadi saat paling menentukan berhasil tidaknya proyek tersebut. Tepatnya tanggal 19 November konstruksi “Restaurant Itha” mulai ditenggelamkan kedasar laut dengan bantuan pemberat pasir seberat 85 ton. Tiang baja beton yang telah ditanam sebanyak 4 buah sedalam 4-5 meter menanti konstruksi tersebut sebagai pengaman. Ada banyak tantangan berat yang harus dilalui dalam membangung restoran bawah laut pertama tersebut. Selain faktor cuaca laut yang kadang tidak menentu, sumber daya yang terbatas dan hal-hal kecil lainnya akhirnya bisa teratasi sehingga kita dapat menyaksikan keindahan restoran bawah laut tersebut suatu hari nanti.

Itha, restoran bawah laut terbaik di dunia pantas menyandang nama tersebut. Tempat ini betul-betul akan memanjakan mata dan pikiran kita. Bagi yang ingin bulan madu atau merayakan hari spesial tempat ini sangat layak untuk dijadikan dalam daftar paling atas liburan anda. Menikmati liburan di tempat ini pastinya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.