Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daun Yakon Tanaman Penghasil Insulin Alami

 Daun Yakon Tanaman Penghasil Insulin Alami

Berapa biaya yang anda kelurkan jika anda menderita diabetes? Bisa jadi anda harus mengeluarkan ratusan hingga jutaan rupiah perbulan untuk membeli obat-obatan dan suntikan insulin. Disamping itu anda akan kehilangan kesempatan menikmati makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi, semuanya jadi serba dibatasi agar kadar gula dalam darah tidak melonjak drastis. Apakah tidak ada cara yang lebih natural untuk mengobati diabetes? Selalu ada pilihan dalam hidup. Simak artikel “Daun yakon tanaman penghasil insulin alami dan manfaat lainnya” dan temukan jawaban dari pertanyaan diatas.

Gula dalam bentuk glukosa merupakan bahan bakar utama yang digunakan sel tubuh sebagai sumber energi. Kadar gula yang berlebihan akan menjadi bom waktu saat pankreas tidak dapat  lagi mengontrolnya. Level gula yang ideal adalah 80-100 mg/dl sedangkan orang-orang menderita diabetes  bisa melampaui level normal bahkan hingga 2-3 kali lipat.

International Diabetes Federatioan pada tanggal 14 Mei 2020 memberikan laporan bahwa ada 463 juta orang dewasa didunia yang mengidap penyakit diabetes dan Indonesia menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi. Penyakit diabetes bahkan membuat tubuh dan kantong anda semakin menipis dari hari kehari jika tidak ditangani dengan bijak. Jika anda telah menderita penyakit diabetes akut anda akan terus bersahabat dengan obat-obatan dan suntikan insulin untuk menjaga kadar gula dalam darah selalu stabil. Selain repot anda juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apakah tidak ada cara alami untuk mengatasi diabetes? Ada beberapa cara mengobati diabetes salah satunya dengan menggunakan daun yakon. Apa itu daun yakon? Langsung saja kita mengenal tanaman ini dan manfaat lainnya untuk anda.

Tanaman Penghasil Insulin Alami

Tanaman ini memiliki nama Ilmiah Smallanthus sonchifolius.  Tanaman ini masih berkerabat dekat dengan bunga matahari, bunganya memang ada kemiripan dengan bunga matahari. Tanaman ini bisa juga disebut “Mexican Sunflower”.Tanaman ini tumbuh di Andes Utara dan Tengah dari negeri Meksiko lalu menyebar ke Amerika dan Asia Afrika. Indonesia mengenal tanaman ini dengan nama “Yakon”. Menurut berbagai penelitian, yakon memiliki khasiat sebagai penghasil insulin alami sehingga sering disebut “Tanaman Insulin” atau daun insulin. Hampir seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan untuk menjaga kadar gula darah.

Deskripsi Pohon Insulin

Daun  Smallanthus sonchifolius memiliki warna daun hijau tua seperti seledri, bunganya berwarna kuning berbentuk seperti bunga aster, akar berbentuk bonggol yang dapat mencapai 25 cm dengan diameter 11 cm, batangnya berbentuk silinder. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 2,5 meter, umbi yakon sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. Umbi yakon berwarna cokelat sekilas mirip dengan singkong , daging umbinya berwarna putih kekuningan. Umbi dari tanaman insulin ini dapat dimakan mentah dan rasanya manis dan renyah atau bisa juga diolah terlebih dahulu seperti direbus, dikeringkan, disangrai, dibuat selai, minuman, keripik dan sirup.

Gambar Tanaman Insulin
Gambar Tanaman Insulin

Manfaat Tanaman Insulin

Yakon sebagai tanaman pengahasil insulin telah lama dibudidayakan diberbagai negera sebagai bahan makanan dan obat-obatan bahkan sejak tahun 1960 dan telah menyebar diberbagai belahan dunia seperti Amerika, Jepang dan Selandia baru. Tanaman ini juga telah dibudidayakan di Indonesia dan dapat kita temukan didaerah Wonosobo, Bandung serta Jogja. Manfaatnya telah diakui melalui berbagai penelitian sebagai salah satu alternatif pengganti insulin alami. Berikut manfaat daun yakon sebagai penghasil insulin alami :

1.       Mencegah dan mengobati Penyakit Diabetes

Tanaman yakon populer sebagai tanaman yang dapat menurunkan kadar gula darah. Kandungan senyawa bioaktif yang terdapat pada daun dan umbi yakon dapat merangsang dan memperbaiki fungsi pankreas dalam menghasilkan hormon insulin. Pankreas sendiri berfungsi mengatur kadar gula darah, Jika pankreas anda sehat kecil kemungkinan anda menderita penyakit diabetes.

Mencegah dan mengobati Penyakit Diabetes

2.       Mencegah hipertensi/Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang tidak stabil dapat memicu berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh anda, salah satunya penyakit jantung. Kandungan daun yakon menurut beberapa penelitian mampu menurunkan tekanan darah anda sekitar 5-10%.

Mencegah hipertensi

3.       Mencegah Kanker

Kulit, batang dan daun insulin ternyata memiliki potensi sebagai anti kanker. Senyawa antioksidan utama dalam tanaman yakon berupa asam klorogenat dan L-tritofan dipercaya mampu mencegah kanker. Antioksidan akan melindungi tubuh dari radikal bebas sebagai salah satu pemicu sel kanker.

Mencegah Kanker

4.       Memperbaiki Saluran Pencernaan

Kandungan dalam daun yakon mengandung probiotik alami yang dapat merangsang bakteri baik dalam saluran pencernaan kita sehingga dapat mengoptimalkan penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh disamping mencegah berbagai masalah dalam saluran pencernaan seperti perut kembung, konstipasi, tukak lambung dan kanker usus.

Memperbaiki Saluran Pencernaan

5.       Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang baik pria ataupun wanita. Umbi yakon memiliki kandungan karbohidrat alami yang tinggi tetapi memiliki kalori yang rendah yang dapat membantu program diet anda. Serat yang tinggi pada umbi yakon juga dapat membantu pencernaan anda. Pencernaan yang baik dapat membuat berat badan anda dapat terjaga.

Membantu Menurunkan Berat Badan

6.       Mengatasi Radang Tenggorokan/Asma

Senyawa fenolik pada tanaman yakon menurut penelitian memiliki anti bakteri dan mencegah peradangan pada saluran pernafasan sehingga dapat mengatasi radang tenggorokan yang kadang menyerang pada saat panas dalam atau mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung minyak. Selain itu senyawa biaoaktif tanaman yakon dapat menenangkan sel-sel otot pada paru-paru yang cenderung mengencang saat serangan asam terjadi.

Mengatasi Radang Tenggorokan

7.       Menjaga Kesehatan hati dan Ginjal

Kandungan kalsium dan kalium yang melimpah pada yakon merupakan salah satu faktor yang dapat mencegah gangguan pada ginjal anda seperti batu ginjal. Selain itu senyawa aktif antivirus dan antibakteri pada daun dan umbi yakon dapat menjaga fungsi hati agar berjalan normal.

Menjaga Kesehatan hati dan Ginjal

Pengolahan Tanaman Yakon Untuk Pengobatan

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari tanaman yakon tentunya anda akan berpikir bagaimana cara menggunakan tanaman yakon dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit terutama penyakit diabetes. Saat ini, tanaman insulin ini telah diolah dalam berbagai bentuk baik bentuk tablet, pil maupun serbuk. Tetapi jika anda ingin menolahnya secara tradisional berikut cara yang dapat anda gunakan:

Pilih 5-10 lembar daun yakon lalu cuci bersih dibawah air mengalir. Setelah itu potong kecil-kecil daun yakon lalu jemur kering daun tersebut dibawah sinar matahari sampai kering. Pastikan daun kering sempurna agar tidak tumbuh jamur dengan cara meremasnya. Anda akan merasakan daun kering seperti layaknya daun teh artinya penjemuran telah selesai. Jika cuaca mendukung penjemuran dilakukan selama 1-3 hari.

Daun yang kering dapat anda simpan didalam toples atau wadah lain yang kering. Anda dapat membuatnya seperti membuat teh dan meminumnya sesuai selera dengan mencampurkan madu atau gula sesuai keinginan anda. Daun kering ini dapat anda gunakan kapan saja anda perlukan, jadi lebih praktis. Tinggal seduh air panas.. jadi dehhh

Minumlah secara rutin dan teratur anda akan melihat hasilnya.

Semoga artikel ‘Daun Yakon Tanaman Penghasil Insulin Alami dan Manfaat Lainnya” dapat memberikan manfaat sesuai keinginan anda. Sebaiknya jangan gunakan secara berlebihan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.