Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Macam Hewan Pengerat kini jadi Sahabat dirumah

 8 macam hewan pengerat kini jadi sahabat dirumah

     Beberapa ratus tahun yang lalu beberapa hewan ini dianggap sebagai hama sehingga dibunuh karena dianggap merugikan tetapi beberapa dari spesies hewan ini memiliki  bentuk yang lucu dan imut membuat beberapa kalangan tertarik untuk memelihara, mengembangbiakkan lalu menjualnya sebagai hewan peliharaan. Hewan-hewan yang dulunya menjadi musuh manusia lambat laun menjadi sahabat yang sangat disayangi bahkan telah dianggap sebagai bagian dari keluarga. Hewan pengerat apa saja yang sekarang menjadi incaran para pencinta hewan? Baca terus artikel ini dan temukan salah satu hewan yang mungkin sekarang menjadi sahabat anda dirumah.

        Hewan pengerat termasuk dalam ordo  rodentia. Pengerat artinya hewan yang yang menggunakan giginya untuk menggigit dan mengunyah berbagai benda untuk mengasah giginya yang selalu tumbuh. Salah satu hewan pengerat paling terkenal adalah tikus, tetapi bukan tikus got  yang dimaksud untuk dipelihara tetapi beberapa kerabat dari tikus. Agar lebih jelas berikut beberapa contoh hewan pengerat yang kini jadi sahabat anda dirumah :

1.    Hamster

Hamster tentunya tidak asing bagi para penggemar hewan. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan  menjadikan hewan yang satu ini banyak dikoleksi hingga kini. Nenek moyang hamster sendiri berasal dari Syria dan hidup dipadang pasir atau padang rumput sebagai pengembara layaknya suku Mongol.

Gambar Hamster
Gambar Hamster

Ada beberapa jenis hamster yang dapat anda koleksi yaitu: Chinese hamster, Dwarf Russian Campbell Hamster, Dwarf Russian White Winter Hamster, dan Dwarf Russian Roborovski Hamster. Saat ini banyak didapati warna-warna baru hamster yang menarik akibat terjadinya persilangan antar berbagai hamster baik disengaja ataupun tanpa sengaja. Bentuknya yang imut dan banyaknya aksesori pendukung yang lucu membuat hamster tetap memiliki penggenar tersendiri.

2.    Tikus Jepang

Tikus Jepang merupakan perpaduan antara hamster dengan tikus putih (mencit). Bentuknya hampir sama dengan tikus putih tapi memiliki warna yang beraneka ragam seperti hamster. Ada yang berwarna coklat keemasan, coklat tua,  putih hitam, dan belang-belang. Ukurannya badannya hampir sebesar jempol tangan orang dewasa.

Gambar Tikus Jepang
Gambar Tikus Jepang

Tikus Jepang dapat dipelihara dalam aquarium bekas yang tidak terpakai lalu diberi serutan kayu sebagai alas tidur sekaligus sebagai penyerap kotoran dan pipis tikus. Makanannya hampir sama dengan hamster dan tikus putih seperti sayur dan biji-bijian, sebagai alternatif dapat diberikan poor ayam atau pellet kelinci.

3.    Guinea pig

Binatang yang satu ini populer dengan sebutan marmut. Selain marmut hewan yang satu ini juga dikenal sebagai tikus Belanda (guinea pig).  Nama ini diberikan karena bentuk moncongnya yang menyerupai babi dan nama asal hewan ini berasal yaitu guinea. Salah satu hal unik dari Guinea pig adalah bunyinya yang terkadang seperti orang yang bersiul.

Gambar Guinea Pig
Gambar Guinea Pig

Guinea pig mudah beranak pinak dan perawatannya sangat sederhana. Selain itu hewan yang satu ini memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah terjangkit penyakit. Anakan yang dihasilkan sekitar 2-4 ekor dan memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Untuk pakannnya tidak perlu repot selain sayur, hewan yang satu ini juga doyan makan rumput yang biasanya tumbuh dilapangan atau tanah kosong.

4.    Kelinci

Kelinci merupakan salah satu hewan yang paling banyak memiliki penggemar selain anjing dan kucing. Walaupun kelinci termasuk hewan pengerat tetapi hewan ini masuk dalam ordo Lagomorpha. Sampai pada awal abad ke 20, ordo ini dimasukkan menjadi superfamili dalam ordo rodentia. Lagomorpha memiliki 4 taring sementara rodent hanya memiliki sepasang taring. Selain itu terdapat perbedaan alat kelamin jantan dan saluran pencernaaannya. Tetapi persamaan mereka yakni pertumbuhan taring berlangsung sepanjang masa hidupnya.

Gambar Kelinci
Gambar Kelinci

Kelinci sendiri memiliki banyak jenis dan bentuk yang berbeda sehingga para penggemar hewan dapat menyesuaikan sesuai dengan keinginannya jenis kelinci apa yang cocok untuk dikoleksi dirumah. Anda dapat memilih kelinci long hair (bulu panjang) atau short hair (bulu pendek), mau kelinci berukuran mini atau jumbo, anda bebas memilih sesuai selera dan budget.

5.    Gerbil

Sekilas jika dilihat hewan yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan hamster. Namun satwa yang satu ini memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan hamster. Di Indonesia hewan yang satu ini masih jarang dijumpai dipet shop ataupun pasar hewan. Habitat asli gerbil terletak di Mongolia dan hidup dipadang rumput, semak belukar bahkan dapat hidup di gurun dengan kondisi yang ekstrim.

Gambar Gerbil
Gambar Gerbil

Jenis gerbil yang umum dipasaran adalah gerbil Mongolian, tetapi tidak disarankan memelihara gerbil dalam kelompok besar sebab dapat menyebabkan perkelahian antar hewan tersebut. Masa hidup hewan ini sekitar 3-5 tahun. Cara pemeliharaan dan kandang tidak jauh berbeda dengan binatang pengerat lainnya. Ukuran tubuh gerbil umumnya sekitar 100-135 mm, panjang ekor 90-125 mm dan berat badan sekitar 50-135 gr, jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibanding betina.

6.    Chincilla

Hewan ini berasal dari pegunungan Andes, Peru, Bolivia, Chili dan Argentina. Nama Chincillia diambil dari nama suku Indian (Chincha) tempat asal binatang pengerat ini. Di negeri Tiongkok hewan ini memiliki nama yang keren “long mao” yang artinya kucing naga. Chincilla hidup di daerah dengan ketinggian 5000 m dpl dan tinggal di gua-gua serta sela-sela bebatuan di bebatuan perbukitan. Mereka hidup didaerah yang kering.

Gambar Chincilla
Gambar Chincilla

Chincilla memiliki jenis bulu terhalus didunia bahkan menurut penelitian 30x lebih halus daripada rambut manusia dan memiliki kepadatan bulu tertinggi diantara hewan darat (20.000 rambut/sentimeter persegi). Sebagai gambaran manusia memiliki 1 rambut yang tumbuh dari tiap folikel sedangkan Chincilla memiliki 50 rambut dari tiap folikel. Di Habitat aslinya hewan ini memakan kaktus dan buah buahan untuk memenuhi kebutuhan air. Sayangnya hewan ini sekarang telah menjadi hewan langka sejak akhir abad ke-19.

7.    Landak mini

Landak ini sedikit berbeda dengan landak pada umumnya. Dikenal juga sebagai Hedgehog atau landak susu. Landak mini terbagi atas 17 spesies dan dapat kita temukan dibeberapa negara seperti Eropa, Afrika, dan Asia. Hewan ini adalah karakter utama dalam permainan video game milik Sega yang bernama Sonic the Hedgehog.

Gambar Landak Mini
Gambar Landak Mini

Landak termasuk hewan omnivora. Untuk pakan kita dapat memberikan ulat hongkong atau ulat kandang. Bisa juga serangga-serangga kecil. Walaupun demikian hewan ini juga tidak menolak jika diberi buah-buahan.

8.    Tikus putih

Hewan pengerat yang satu ini banyak dibudidayakan sebagai hewan percobaan di laboratorium dan sebagai pakan reptil tetapi beberapa orang juga memelihara tikus putih layaknya seperti hamster dan gerbil. Selain warna putih pada seluruh tubuh, mata yang berwarna merah menjadi ciri khas hewan ini.

Gambar Tikus Putih
Gambar Tikus Putih

      Tikus putih memiliki ukuran yang kecil, beratnya sekitar 35-45 gram pada usia 4 minggu dan dapat mencapai 200-250 gram pada saat usia dewasa. Hewan ini tidak memilih dalam hal pakan, selain sayur dan buah kita dapat memberikan poor ayam atau pakan kelinci sebagai alternatif.

   8 macam hewan pengerat diatas dapat memberikan anda gambaran jika suatu saat anda tertarik untuk mengoleksinya, selain tidak memerlukan kandang yang besar hewan diatas memiliki harga yang relatif terjangkau. Jadi, pilihan anda yang mana?