Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Coba Tanam di Rumah

 10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Coba Tanam di Rumah10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Coba Tanam di Rumah

        Pesatnya pembangunan diberbagai bidang tentunya membawa hasil yang positif  tetapi tanpa  disadari ada banyak bahaya  mengancam yang tidak kelihatan oleh mata bernama polusi. Asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah yang mengandung senyawa beracun dan alat-alat rumah tangga yang tidak terlepas dari bahan kimia ternyata dapat membahayakan kesehatan kita secara perlahan tapi pasti. Ada berbagai cara untuk membersihkan udara tetapi cara terbaik adalah dengan memanfaatkan tanaman sebagai pembersih udara. Tentunya anda pasti bertanya, kira-kira tanaman pembersih udara terbaik yang mana  dapat saya tanam dirumah? Simak terus artikel ini dan temukan  tanaman yang anda cari.

  Menurut penelitian dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) ada 3 senyawa utama yang jumlahnya cukup besar yang dapat anda jumpai dirumah anda. Ketiganya adalah Tricloroethylen, benzene, dan formaldehid. Tricloroethylen dapat kita jumpai pada tinta cetak, lem kayu serta barang-barang yang dipernis sedangkan formaldehid dapat kita temukan pada tisu wajah, karpet, pembersih air, minyak tanah dan asap rokok, dan yang terlahir adalah benzene yang sering kita dapati pada benda yang mudah menguap seperti cat, pewarna, detergen, plastik, dan karet. Senyawa beracun yang terdapat pada benda-benda diatas jika menguap dan bercampur dengan udara dapat ikut terhirup dalam nafas kita.

     Kemampuan beberapa tanaman dalam menyerap senyawa beracun di udara dapat kita manfaatkan agar udara di rumah kita menjadi lebih bersih dan sehat, berikut beberapa jenis tanaman pembersih udara terbaik yang dapat anda coba tanam dirumah atau anda taruh dimeja kantor anda:

1.    Sansevieria

Sansevieria adalah tanaman tropis yang berasal dari India, Indonesia, dan Afrika. Di Indonesia kita lebih mengenalnya dengan nama lidah mertua tetapi dunia barat mengenal tanaman ini sebagai tanaman snake plant. Tanaman ini dapat ditanam dalam rumah maupun diluar rumah. Kemampuannya menyerap polusi udara menyebabkan banyak kalangan yang tertarik untuk menanamnya dirumah bahkan di negara Jepang menggunakan tanaman ini untuk menyerap polusi ruangan atau kantor.

gambar sansevieria
Gambar sansevieria

Berdasarkan penelitian NASA tanaman sansevieria ternyata efektif untuk menyerap beberapa senayawa berbahaya diudara seperti formaldehid, benzene dan tricloroethylen. NASA merekomendasikan 8 tanaman untuk ukuran rumah sedang dan untuk dikantor dengan ruangan 30 m2 kita dapat menempatkan 1-2 tanaman sansevieria. Sansevieria yang sering kita jumpai di Indonesia adalah jenis sansevieria trifasciata.

2.    Aloe Vera

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat multi fungsi selain digunakan dalam bidang kesehatan dan kecantikan ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menyerap senyawa beracun yang ada diudara. Menurut penelitian senyawa yang bisa diserap oleh tanaman yang berasal dari jazirah Arab ini adalah formaldehid.

Gambar Aloe Vera
Gambar Aloe Vera

Caranya dengan menguraikan senyawa formaldehid pada stomata daun menjadi senyawa yang tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. Lidah buaya sangat efektif menyerap formaldehid karena seluruh bagian daun baik yang berada diatas maupun dibawah daun mampu menyerap senyawa berbahaya tersebut. Selanjutnya akar bekerjasama dengan bakteri untuk mengurai senyawa formaldehid menjadi ikatan karbon yang aman. Senayawa tersebut menjadi makanan bagi bakteri yang hidup di zona perakaran.

3.    Krisan

Bunga krisan memiliki nama internasional Chyrysanthemum atau terkadang disebut mum. Krisan banyak disilangkan sehingga menghasilkan jenis bunga krisan baru dengan tampilan yang lebih menarik. Salah satu yang diteliti sebagai tanaman antipolutan adalah krisan pot (pot mum) dari spesies Chrysanthemum morifolium. Spesies ini berasal dari Jepang dan China dengan tinggi tanaman 30-90 cm. Ada banyak warna bunga krisan yang dapat anda koleksi antara lain bunga krisan ungu, krisan putih dan krisan kuning.

Gambar Krisan
Gambar Krisan

Menurut penelitian yang dilakukan Ronald Wood seorang peneliti dari Urban Horticultura Unit, University of Technology Sidney ternyata tanaman krisan mampu menyerap polutan didalam ruangan tertutup yang telah diisi senyawa berbahaya seperti formaldehid, benzene, dan tricloroethylen sebanyak 90% dalam waktu 24 jam.

4.    Aglaonema

Aglaonema merupakan tanaman yang banyak diburu para kolektor tanaman hias di tanah air. Tanaman aglaonema memiliki banyak variasi jenis dan warna yang semakin menarik dari hari ke hari. Tanaman aglaonema bisa ditanam secara outdoor maupun indoor tetapi tanaman ini lebih menyukai tempat yang teduh seperti di habitat aslinya. Kabar baiknya tanaman aglaonema tidak hanya cantik tetapi ternyata dapat menyerap senyawa berbahaya diudara dan mengurainya menjadi aman dan sehat.

Gambar Aglaonema
Gambar Aglaonema

Aglaonema spesies modestum masuk dalam 10 tanaman paling ampuh dalam menyerap polutan. Komponen pada tanaman yang disebut phtochemicals dapat mengurangi pertumbuhan spora dan bakteri di udara hingga 50-69%. Sebagai gambaran untuk ruangan berukuran 200 m2 dibutuhkan sekitar 15-20 tanaman agalaonema.

5.    Beringin

Beringin merupakan tanaman tropis yang dapat tumbuh lebih dari 15 meter. Dunia barat mengenal tanaman ini dengan weeping fig alias buah ara yang menunduk hal ini disebabkan cabang dan rantingnya merunduk. Tanaman ini sangat mudah dipelihara dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Beringin termasuk tanaman yang di uji NASA (badan antarikasa Amerika Serikat) sebagai tanaman yang mampu menyerap berbagai jenis polutan. Tinggi tanaman beringin dapat diakali dengan membuatnya menjadi sebuah bonsai, selain menarik juga dapat berfungsi mengatasi masalah polutan dirumah anda.

Gambar Beringin
Gambar Beringin

Beringin menyingkirkan polutan udara dengan 2 cara, pertama senyawa berbahaya diudara diserap lewat rongga mikroskopik pada daun yang disebut stomata sedangkan cara kedua yaitu mengirim polutan udara tersebut langsung menuju akar kemudian mikroba yang hidup di zona perakaran akan mengurai senyawa berbahaya tersebut.

6.    Paku Boston

Perdagangan tanaman paku-pakuan pada 1894 mulai marak di Boston dan merupakan spesies pertama yag diperdagangkan di Boston sehingga spesies ini terkenal dengan nama paku boston. Bayangkan saja  pada tahun 1970 sekitar 2 juta paku Boston habis terjual dalam setahun. Nama ilmiah untuk tanaman ini adalah Neprolepis exaltata dibelahan bumi barat nama ilmiah ini juga dipergunakan untuk mengidentifikasi paku Boston.

Gambar Paku Boston
Gambar Paku Boston

Paku Boston merupakan penyerap polutan paling efektif terutama untuk menyerap formaldehid, benzene dan trichloroethylene dan karbonmonoksida. Dari hasil penelitian NASA paku Boston dapat menyerap 1800 mikrogram formaldehid perjam.Setiap ruangan berukuran 30 m2 kita dapat menempatkan 2 pot paku boston berukuran sedang (pot diameter 25 cm). Jika potnya besar, bisa hanya menempatkan satu pot saja.

7.    Walisongo

Masyarakat bule menyebutnya dengan dwarf umbrella tree? Tentunya anda penasaran bagian mana yang berbentuk seperti payung. Daun disetiap ranting berkelompok dan jika diperhatikan sekilas membentuk tajuk seperti bentuk payung. Nama ilmiah untuk tanaman walisongo adalah Scheffflera arboricola.

Gambar Tanaman Walisongo
Gambar Tanaman Walisongo

Tanaman Walisongo menurut penelitian dapat memurnikan udara dari senyawa berbahaya terutama formaldehid, bahkan tanaman walisongo menduduki rangking ke-7 diantara 50 tanaman lain yang diteliti NASA untuk membersihkan udara. Berdasarkan penelitian, akar tanaman walisongo lebih efektif menyerap “racun” hal ini berkat kerja bakteri,alga, dan rambut akar. Terlebih jika tanaman ini ditanam dalam media karbon aktif.

8.    Sirih Belanda

Sirih Belanda merupakan tanaman yang tumbuh secara merambat dan berasal dari Asia Tenggara. Belum ada data tertulis mengapa tanaman ini sampai disebut dengan sirih Belanda, apakah karena bentuk daunnya yang berbeda dengan sirih yang berwarna hijau.Entahlah..yang pasti para ahli botani menyebutnya dengan Scindapsus aureus dan ada juga yang menyebutnya dengan pothos aureus, Epipremnum aureum atau Raphodophora aurea.

Gambar Sirih Belanda
Gambar Sirih Belanda

Tanaman ini biasanya menghiasi pagar atau dinding dan terkadang juga tumbuh merambat pada suatu pohon besar.Manfaat sirih belanda dalam menyerap polutan telah teruji, bayangkan saja sirih belanda mampu mengurangi sampai 53% dari total benzene 0,156 ppm dalam sehari bukan Cuma itu formalin dapat dihilangkan sebesar 67% oleh tanaman sirih belanda serta menyingkirkan 75% karbonmonoksida sebesar 113 ppm.

9.    Kastuba

Kastuba berasal dari Meksiko tapi telah dapat kita jumpai di Indonesia terutama pada saat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru..Kastuba merah menjadi primadona karena menampilkan warna cerah dan sesuai dengan tema natal walaupun kita juga dapat menjumpai kastuba putih, kastuba kuning bahkan kastuba yang memiliki daun berbentuk mawar.

Gambar Kastuba
Gambar Kastuba

Selain tampil atraktif dengan warna daunnya ternyata kastuba juga dapat menyerap polutan terutama formaldehid dan karbondioksida. Penyerapan CO2 terjadi saat proses fotosintesa pada siang hari dimana saat itu CO2 dan air diubah menjadi gula dan O2 dengan bantuan sinar matahari.

10.   Gerbera

Gerbera memiliki nama lain Herbras. Gerbera sendiri diambil dari nama seorang dokter Jerman Traugoot Gerber sedangkan untuk nama latin Gerbera jamesonii diambil dari nama seorang kolektor bernama Robert jameson yang menemukan tanaman ini di Provinsi Transvaal, Afrika Selatan. Ada banyak jenis-jenis bunga gerbera yang dapat anda tempatkan dirumah atau kantor anda, baik gerbera berwarna merah, putih maupun orange.

Gambar Gerbera
Gambar Gerbera

Ternyata tanaman ini juga memiliki kemampuan dalam menyerap senyawa berbahaya seperti benzene, formaldehid, dan trichcloroetilen cukup tempatkan 2-3 pot gerbera diruangan dan biarkan tanaman tersebut “bekerja” membersihkan udara dirumah anda.

10 tanaman pembersih udara terbaik diatas dapat anda coba tanam dirumah mengingat manfaatnya tidak hanya makin mempercantik rumah anda tetapi juga berfungsi membersihkan senyawa-senyawa berbahaya yang ada diudara. 10 Tanaman diatas akan membuat udara dirumah anda semakin aman dan sehat bagi seisi rumah anda.