Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hewan Reptil dan Amfibi Koleksi Eksotis di Rumah

 10 Hewan Reptil dan Amfibi  koleksi eksotis di rumah

      Jika sebagian pencinta hewan senang dengan hewan yang imut dan lucu ada juga yang menggemari hewan yang eksotik yang memiliki penampilan yang cukup menyeramkan bagi orang lain. Bentuk serta karakteristik yang unik menjadi salah satu penyebab beberapa kalangan ingin mengadopsi beberapa hewan reptil atau amfibi.  Hewan reptil apa saja yang cocok dipelihara dirumah? baca terus artikel ini dan temukan 10 hewan reptil dan amfibi koleksi eksotis dirumah, mungkin anda bisa memilih salah satunya atau lebih dari satu yang ingin anda koleksi.

       Reptil adalah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan umumnya memiliki sisik untuk menutupi sekujur tubuhnya dan terbagi atas berbagai ordo. Jika dulunya reptil tersebut dianggap menakutkan tetapi saat ini menjadi incaran para penggemar reptil. Satwa eksotis tersebut bisa menjadi jinak dan sangat dekat dengan manusia, bahkan beberapa kalangan artis juga menjadi fans dari reptil-reptil tersebut. Berikut 10 hewan reptil dan amfibi yang dapat anda koleksi dirumah:

1.    Iguana

Iguana termasuk kadal yang berasal dari dari Amerika Latin. Hewan ini memiliki habitat asli yang beragam. Ada yang hidup dihutan dan dilaut. Iguana hutan berwarna cerah umumnya berwarna hijau atau orange sedangkan iguana dari laut berwarna hitam. Iguana memiliki tampilan yang cukup menyeramkan terutama bagi yang pertama kali melihatnya. Iguana mirip hewan purba seperti dinosaurus versi mini.

Gambar Iguana
Gambar Iguana

Ciri-ciri iguana terletak pada bagian atas kepala, sepanjang punggungnya dipenuhi duri-duri lunak. Ukuran durinya lumayan besar tapi tidak tajam, sementara duri bagian bawah mulut lebih kecil. Dibawah leher terdapat gelambir yang mirip jengger ayam. Semakin tua dan besar gelambir makin besar dan terasa kasar saat diraba. Jika dalam kondisi terancam ia dapat menggunakan ekornya sebagai pecut. Makanan iguana termasuk mudah selain wortel, buah-buahan dan sayuran sesekali bisa diberikan serangga sebagai sumber protein.

2.    Kadal Buaya Bermata Merah

Hewan ini memiliki nama latin Tribolonotus gracilis dan dapat ditemukan di Papua Nugini terkadang juga disebut buaya mata merah. Kadal yang satu ini adalah salah satu dari spesies kadal yang bersuara. Ia juga suka mematung dan pura-pura mati saat merasa terancam. Begitu pemangsa atau musuhnya lengah kadal ini akan mengambil langkah seribu. Kadal duri dapat bersuara mirip tokek.

Gambar Kadal Buaya Bermata Merah
Gambar Kadal Buaya Bermata Merah

Kadal buaya bermata merah cukup populer dipetshop sebagai peliharaan eksotis. Untuk mendukung pertumbuhannya, kadal ini memakan berbagai jenis serangga seperti lalat, ulat, dan jangkrik. Seperti reptil pada umumnya kadal buaya bermata merah juga membutuhkan kalsium dalam menu sarapannya.

3.    Kadal Lidah Biru

Kadal asal Papua ini memiliki bentuk lidah yang unik. Lidahnya bukan berwarna merah muda melainkan biru sehingga orang bule menyebutnya sebagai blue tongue. Kadal ini tersebar di kepulauan Maluku, Papua bahkan hingga Australia. Sebagian masyarakat Papua menganggap hewan ini beracun padahal sebenarnya tidak.

Gambar Kadal Lidah Biru
Gambar Kadal Lidah Biru

Gigi kadal biru ini jauh lebih menyakitkan, bila tergigit rasanya seperti dijepit dengan tang. Makanan kadal lidah biru dapat berupa sayur-sayuran, serangga dan buah-buahan. Di Habitat aslinya dipadang rumput dan hutan, hewan ini bahkan ditemukan menyantap tikus tanah dan bekicot.

4.    Leopard Gecko

Leopard gecko merupakan salah satu tokek paling populer dari keluarga gekkonidae. Selain corak tubuhnya yang cantik seperti leopard perawatannya pun cukup mudah. Leopard gecko memiliki nama ilmiah Eublepharis macularius dan berasal dari Asia tenggara, Pakistan sampai barat laut India. Kita dapat menemukan beberapa varian gecko seperti leopard gecko morph, leopard gecko lemon frost dan leopard gecko tangerine.

Gambar Leopard Gecko
Gambar Leopard Gecko

Panjang maksimal leopard gecko dapat mencapai 25-28 cm. Untuk makanan kesukaannya kita dapat memberikannya serangga kecil seperti jangkrik, belalang dan serangga kecil lainnya. Tapi kita harus sedikit berhati-hati bila memegang tokek ini sebab ekornya sangat rentan putus.

5.    Chameleon (Bunglon)

Chameleon lebih dikenal dengan sebutan bunglon, salah satu ciri khasnya yang menonjol adalah kemampaunnya mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Chameleon yang paling populer adalad velled chameleon tetapi selain itu ada beberapa jenis yang terkenal seperti fischer chameleon dan Jackson chameleon. Hewan ini berasal dari daerah Yaman dan Saudi Arabia bagian selatan.

Gambar Bunglon
Gambar Bunglon

Pergantian warna sebagai daya tarik utama hewan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor sepert tempat tinggal, kesehatan chameleon, fase hidup, matang kelamin, atau sedang terancam dalam bahaya. Velled chameleon sendiri banyak menghabiskan waktunya di pepohonan.

6.    Biawak

Biawak termasuk kadal dari keluarga Varanidae. Nama internasionalnya yaitu monitor lizard atau goanna. Salah satu keluarga biawak yang paling terkenal adalah komodo yang merupakan hewan endemik pulau komodo. Sementara jenis yang biasa dijadikan peliharaan adalah dari jenis Varanus Salvator, Varanus Jobiensis dan Varanus varanus.

Gambar Biawak
Gambar Biawak

    Hidup direrumputan dan semak-semak, biawak senang masuk dalam genangan air. Biawak muda dapat diberi pakan jangkrik setelah besar dapat diberi tikus putih, anak ayam bahkan ayam dewasa. Biawak tidak menolak diberi dog food namun pakan alami tetap yang terbaik.

7.    Kura-Kura

Ada dua jenis kura-kura yang biasa dipelihara dirumah yaitu kura-kura darat (tortoise) dan kura-kura air tawar (turtle). Kura-kura air memiliki selaput diantara jemari kakinya dan lebih banyak menghabiskan waktu didalam air. Contoh kura-kura air tawar yaitu common snapping dan aligator snapping sedangkan kura-kura darat tidak memiliki selaput pada jemari kakinya. Tempurung kura-kura darat lebih besar dan cembung dibandingkan kura-kura air. Contoh kura-kura darat: radiata, sulcata, Indian star, dan galapagos.

Gambar Kura-Kura
Gambar Kura-Kura

8.    Katak Pesek

Hewan yang satu ini sering membuat bingung. Bahkan beberapa orang cenderung tidak dapat membedakan mana katak dan kodok (kodok bukan katak). Kodok lebih suka ditanah, bebatuan dan kayu serta tidak memiliki selaput karena cenderung menghabiskan waktunya didarat. Sedangkan katak memiliki selaput renang pada kakinya karena sering masuk kedalam air. Dari segi penampilan pun warna katak lebih bervariasi.

Gambar Katak Pesek
Gambar Katak Pesek

          Katak pesek banyak disukai penggemar reptil karena tidak liar dan bisa berdiam diri di telapak tangan. Katak pesek juga tidak takut terhadap manusia. Katak pesek termasuk nokturnal, bahkan dihabitat aslinya terkadang didapati sedang memanjat diatas pohon. Makanannya dapat berupa serangga, jangkrik, nyamuk bahkan kecoak.

9.    Ular Jagung (corn snake)

Jenis ular ini termasuk jenis ular yang mudah dipelihara dan termasuk aman dipelihara karena tidak beracun. Corak tubuh yang menarik menjadi salah satu sebab reptil melata ini banyak dijadikan koleksi. Panjang ular dewasa dapat mencapai 1,2-1,8 meter. Selain itu ular ini bersifat jinak dan tidak terlalu agresif.

Gambar Corn Snake
Gambar Corn Snake

          Kita dapat menemukan beberapa corn snake albino yang tampil sangat unik, di alam liar ular ini hidup sekitar 7 tahunan tetapi jika dipelihara dengan baik oleh manusia dapat mencapai umur lebih dari 20 tahun.

10.   Axolotl

Salah satu hewan amfibi yang memiliki bentuk sangat eksotis biasa disebut dengan salamander meksiko. Axolotl berasal dari beberapa danau yang terdapat di Meksiko seperti Danau Xochimilco. Termasuk salah satu hewan percobaan yang sering digunakan dalam penelitian ilmiah karena kemampuan meregenarasi hampir seluruh tubuh yang makin membuatnya semakin unik. Sayangnya populasi axolotl dihabitat aslinya mengalami penurunan dan statusnya terancam.

Gambar Axolotl
Gambar Axolotl

    10 Hewan reptil dan amfibi koleksi eksotis di rumah tentunya akan memberikan sedikit gambaran tentang hewan yang kira-kira dapat menemani aktivitas anda dirumah. Meskipun hewan diatas nampak unik tetapi sebaiknya hindari dekat dengan anak-anak yang masih kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.