Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Raja Ampat Surga Tersembunyi di Bumi Cendrawasih

 Raja Ampat Surga Tersembunyi di Bumi Cendrawasih

     Raja Ampat! Pernah mendengar tempat wisata ini bukan. Raja Ampat bagi para penyelam dunia bagaikan sepenggal surga yang jatuh ke bumi. Keindahan alamnya sangat menakjubkan dan akan membuat terpesona bagi siapapun yang melihatnya. Bahkan hanya lewat foto yang diunggah di dunia maya dan majalah wisata kita seolah-olah dapat membayangkan indahnya alam bumi cendrawasih tersebut. Tentunya anda penasaran apa saja tempat wisata yang dapat anda temukan di Raja Ampat? Ikuti terus artikel ini untuk mengetahui tentang keindahan Raja Ampat.

   Raja Ampat terletak di wilayah paling timur negara Indonesia tepatnya di Papua Barat dan merupakan pulau terbesar kedua setelah pulau Greenland di Denmark. Papua dulunya dikenal dengan Irian Jaya bahkan dalam kitab Nagarakretagama, pulau Papua termasuk dalam wilayah kerajaan Majapahit (1293-1520). Papua tidak hanya terkenal dengan suku Asmat maupun burung Cendrawasih yang dikenal dengan sebutan paradise bird tetapi juga salah satu tempat bernama Raja Ampat benar-benar seperti “surga” yang tersembunyi.

     Perairan Raja Ampat disebut sebagai 10 perairan terbaik di seluruh dunia untuk olahraga menyelam. Menurut tim dari Conservation International, The Nature Conservancy dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) perairan disekitar Raja Ampat terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis karang dunia), lebih dari 1000 jenis ikan karang, dan 700 jenis moluska menjadikan Raja Ampat sebagai wilayah karang terbaik di dunia dalam satu kawasan yang sama.

1.      Asal Usul dan Sejarah Raja Ampat

Ada satu hal unik mengenai sejarah Raja Ampat dimana menurut kepercayaan masyarakat Papua, konon nama Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Dari ketujuh butir telur tersebut, empat diantaranya menetas menjadi 4 orang pangeran yang akhirnya terpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di 4 tempat yaitu Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sedangkan 3 butir telur lainnya  masing-masing ada yang menjadi hantu, seorang wanita dan yang terakhir menjadi sebuah batu. Walaupun hanya sebuah mitos tapi kepercayaan ini dipercaya beberapa kalangan hingga sekarang dan menjadi cerita dikala anda berlibur di Raja Ampat.

2.      Wisata Raja Ampat

Raja Ampat memiliki beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi kala libur tiba tetapi saat terbaik untuk mengunjungi wilayah ini adalah di bulan Oktober - Mei dimana cuaca sangat mendukung untuk menikmati keindahan alam Raja Ampat. Berikut beberapa tempat  terkenal di Raja Ampat yang dapat anda kunjungi:

1.           Telaga Bintang

Telaga Bintang merupakan salah satu destinasi wisata yang harus masuk dalam daftar anda saat berlibur ke Raja Ampat. Bentuk laguna yang unik membuat masyarakat setempat menyebutnya dengan laguna bintang. Bentuknya yang persegi lima mirip bintang tersebut membuat banyak wisatawan yang penasaran ingin berfoto dengan latar belakang laguna nan cantik ini.

Telaga bintang raja ampat
Gambar Telaga Bintang Raja Ampat

    Menurut search Google telaga bintang terletak di Saukabu, Waigeo Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Jika mengikuti trip wisata Raja Ampat,telaga bintang dapat dicapai dari Piaynemo dengan jarak tempuh selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan speedboat. Pemandangan terbaik untuk melihat telaga bintang adalah dari puncaknya, jadi para wisatawan mesti sedikit berolahraga melintasi jalur karang yang lumayan sempit dan tajam untuk sampai kepuncak. Tapi tenang saja jaraknya tidak terlalu tinggi cuma perlu sedikit berhati-hati.

2.           Wayag

Wayag merupakan ikon wisata Raja Ampat, anda belum datang ke Raja Ampat kalau belum mengunjungi wayag. Pulau wayag sendiri berada di Waigeo bagian barat dengan luas perairan sekitar 272 ha. Pemandangan dari atas puncak wayag sangat indah namun sayang puncak wayag agak sulit dijangkau terutama bagi yang memiliki masalah kesehatan, anda harus memiliki stamina yang prima untuk mencapai puncak ini dan dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk mencapai puncaknya. Sediakan air minum yang cukup agar tidak dehidrasi selama perjalanan.

Gambar Wayag Raja Ampat
Gambar Wayag Raja Ampat

     Perjalanan anda mencapai puncak wayag tidak akan sia-sia, anda akan melihat pemandangan menakjubkan dimana akan terlihat pulau-pulau kecil serta hijaunya lautan yang sangat indah bahkan keindahan alam ini dijuluki sebagai “The last Paradise on Earth” oleh beberapa wisatawan dunia yang berkunjung ke tempat ini. Bagi yang menyukai olahraga menyelam Waigeo barat menawarkan alam bawah laut yang memikat dan beberapa biota laut yang dapat anda jumpai seperti pari manta, penyu, hiu paus, ikan duyung dan beberapa jenis ikan lainnya.

3.           Manta Point

Lokasi manta point terletak dekat pulau Arborek dan dapat ditempuh hanya sekitar 15 menit dari desa Arborek dan sekitar 1 jam dari Waisai.  Dilokasi ini kita dapat menjumpai pari manta (Manta birostris), jenis ikan pari terbesar yang dapat mencapai ukuran 6-9 meter dengan berat hingga 3 ton. Kumpulan pari manta yang sedang bermain dan membersihkan diri merupakan atraksi yang sangat ditunggu oleh para wisatawan, bahkan jika sedang beruntung kita dapat menyaksikan pari manta yang berukuran jumbo melompat dari dalam air. Soal keberuntungan, tidak semua wisatawan dapat menjumpai ikan pari manta di alam aslinya.

Gambar Manta Point Raja Ampat
Gambar Manta Point Raja Ampat

Ekor pari manta berbeda dibanding ikan pari pada umumnya selain berukuran lebih pendek, pari manta tidak memiliki sengat. Ciri khas pari manta adalah sepasang tanduk dekat mulutnya. Pengalaman menyelam atau bertemu pari manta pastinya akan menjadi momen yang tidak terlupakan seumur hidup, selain pari manta dilokasi ini kita dapat menjumpai kumpulan ikan tuna, giant travelers, kuda laut dan ikan duyung.

4.           Piaynemo

Pulau piaynemo dikenal juga sebagai wayag kecil dan berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau piaynemo sempat dikunjungi presiden Joko Widodo dan keluarga beserta staf dan bupati setempat pada tanggal 1 Januari 2016 yang lalu. Untuk melihat pemandangan indah dari puncak piaynemo kita mesti melewati 320 anak tangga yang lumayan menguras keringat.

Gambar Piaynemo Raja Ampat
Gambar Piaynemo Raja Ampat

    Puas melihat pemandangan indah dari puncak piaynemo, pada saat turun kita dapat menikmati kelapa muda segar dan beberapa makanan seperti sate kerang dan kepiting yang dijajakan oleh warga setempat. Jangan lupa menyiapkan kamera terbaik anda untuk menyimpan kenangan dengan latar belakang laut yang indah di puncak piaynemo.

3.           Cara Menuju Raja Ampat

Raja Ampat dapat dicapai dengan beberapa cara. Jika menggunakan pesawat kita dapat menggunakan rute  Jakarta – Sorong atau Bali – Sorong Via Makassar, Ambon atau Manado. Waktu penerbangan sekitar kurang lebih 4 jam. Dari Sorong kita dapat menyewa kapal atau speedboat yang akan membawa kita mengelililingi tempat-tempat wisata yang ada di Raja Ampat. Harga perahu dan speedboat bervariasi tergantung dari kapasitas yang mampu dimuat. Sebagai gambaran biaya speedboat dengan kapasitas 8 penumpang  sekitar 5-6 juta (pulang-pergi) sedangkan speedboat yang lebih besar dapat mencapai puluhan juta rupiah. Jadi sebaiknya jika ingin berwisata ke Raja Ampat dengan lebih hemat berangkat secara rombongan.

4.   Destinasi Alternatif Raja Ampat

Para wisatawan yang datang ke Raja Ampat memang umumnya para penyelam dari seluruh dunia bahkan 80% kunjungan ke Raja Ampat berasal dari wisatawan mancanegara yang tertarik untuk menikmati keindahan bawah laut dan berbagai biota laut yang unik seperti pari manta dan ikan duyung. Tapi jangan khawatir, bagi wisatawan yang datang bukan untuk menyelam ada banyak pulau disekitar Raja Ampat untuk melihat flora dan fauna endemik khas  Papua seperti burung cendrawasih, aneka burung kakaktua, nuri dan  berbagai jenis anggrek. Kita juga bisa mengunjungi salah satu pantai unik yang bernama pantai pasir timbul Raja Ampat.

Gambar Flora dan Fauna Raja Ampat
Gambar Flora dan Fauna Raja Ampat

Jalan-jalan menuju Raja Ampat sambil menikmati keindahan Raja Ampat tentunya akan menjadi momen yang tak terlupakan. Keindahan bawah laut dan keunikan Raja Ampat tentunya dapat menjadi salah satu destinasi wisata kala libur tiba. Biaya paket tour perjalanan ke Raja Ampat memang cukup menguras kantong namun semua sebanding dengan keindahan alamnya yang akan membawa anda seperti menemukan sepotong surga di bumi. So… jangan lupa menabung buat menikmati keindahan Raja Ampat.