Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemuan Kertas Merubah Peradaban Dunia

 penemuan kertas merubah dunia

     Pernahkah anda membayangkan dunia tanpa kertas? Mungkin jika kertas tidak ditemukan kita pasti tidak menggunakan uang yang berbentuk kertas atau menulis diatas sebuah buku. Mungkin saja kita akan menulis diatas lembaran kulit binatang atau menulis diatas loh batu seperti yang dilakukan orang-orang zaman dahulu. Sudah selayaknya kita memberi apresiasi kepada para pendahulu kita yang menemukan kertas. Tahukah anda siapa yang menemukan kertas pertama kali?  Untuk mengetahui siapa dan bagaimana sejarah kertas ditemukan, silhkan baca terus artikel ini.

       Kertas merupakan suatu benda yang mampu mengubah peradaban dunia. Sejumlah informasi pengetahuan yang tercatat dalam buku membuat kita mengenal banyak pengetahuan baru. Tokoh penemu kertas yang paling berjasa adalah Cai Lun. Cai Lun penemu kertas ini berasal dari negara Tiongkok yang hidup pada zaman Dinasti Han sekitar abad ke 1-2. Cai Lun (Ts’ai Lun) lahir di Guiyang yang sekarang merupakan bagian wilayah provinsi Hunan.  Cai Lun bernama lengkap Cai Jingzhong (sering dipanggil Jingzhong).

cai lun penemu kertas
Gambar Cai Lun Penemu Kertas

     Cai Lun membuat kertas dari kulit kayu murbei dengan cara merendam bagian dalam kulit kayu murbei diair lalu memukul-mukulnya sehingga seratnya lepas. Kulit kayu juga direndam bersama bahan rami, kain bekas dan jala ikan. Setelah menjadi bubur bahan tersebut ditekan hingga berbentuk tipis lalu dijemur hingga menjadi lembaran kertas. Meskipun hasilnya tidak sebagus kertas zaman sekarang tetapi memiliki nilai sejarah yang tak ternilai. Kertas penemuan Cai Lun dianggap relatif lebih murah, ringan, tipis dan tahan lama dan sesuai dengan penggunaan kuas kala itu.

    Sayang keberadaan tentang Cai Lun masih simpang siur dan belum memilki data yang pasti. Ada yang menyebutnya seorang kasim  tetapi ada pula yang menyebutnya sebagai pegawai negara pada pengadilan kekaisaran.  Hasil karya Cai Lun berupa lembaran kertas di persembahkan pada Kaisar Han Heidi pada tahun 105 M dan membuat Kaisar sangat senang akan penemuan Cai Lun dan memberikan penghargaan atas karya Cai Lun. Gelar bangsawan diperoleh Cai Lun atas penemuannya namun sayang akhir hidupnya amat tragis. Cai Lun di duga terlibat dalam komplotan anti istana sehingga di keluarkan dari kerajaan. Bahkan menurut naskah Tionghoa, Cai Lun akhirnya bunuh diri dengan meneguk racun yang mengakhiri hidupnya.

          Penemuan Cai Lun akhirnya membuka jalan berkembangnya kertas ke berbagai negara, tercatat Jepang dan Korea juga memakai kertas yang berasal dari China kala itu. Penyebaran bangsa China ke timur ikut memperluas pengetahuan cara membuat kertas yang pada awalnya sangat dirahasiakan. Teknik pembuatan kertas akhirnya diketahui oleh orang-orang Arab pada masa Abbasiyah terutama setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam pertempuran Talas pada tahun 751 Masehi.

      Cara membuat kertas diperoleh bangsa Arab dari tawanan-tawanan perang yang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab. Pengetahuan tersebut membuat munculnya pusat-pusat industri kertas baik di Bagdad atau Samarkhand serta kota-kota industri lainnya. Kertas terus menyebar ke berbagai negara seperti Italia, India lalu ke Eropa dan terus sampai keseluruh dunia.

     Pembuatan kertas zaman dahulu berbeda dengan pembuatan kertas zaman modern. Kertas zaman dahulu yang dibuat bangsa Mesir menggunakan sejenis tanaman air yang dikenal dengan nama papirus. Bangsa Tiongkok kuno bahkan menulis diatas sebuah sutra yang dikenal dengan bo, namun untuk membuatnya secara massal terkendala dengan mahalnya bahan baku sutra. Di Indonesia sendiri, masyarakat Jawa, Madura, Bugis dan Bali dulunya  menggunakan daun lontar sebagai alat tulis dan naskah-naskah kuno tersebut sekarang masih dapat kita jumpai di beberapa museum dan perpusatakaan nasional.

       Kertas modern adalah suatu bahan yang tipis yang terbuat dari pulp(serat kayu/non kayu berbentuk bubur) yang dikompresi/dipadatkan menjadi sebuah lembaran yang dalam proses pembuatannya menggunakan proses mekanis, kimia dan semikimia. Pembuatan kertas mengalami peubahan yang sangat besar dibandingkan cara pembuatan zaman dahulu yang serba manual.

Pabrik Kertas Modern
Gambar Pabrik Kertas Modern

     Nicholas Louis Robert pada tahun 1799 akhirnya menemukan suatu teknik membuat kertas yang menjadi awal bagi perkembangan kertas modern yang kita kenal sekarang. Pria berkebangsaan Perancis ini membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak yang akhirnya dikenal dengan nama mesin Fourdrinier. Tahun 1809 seorang bernama John Dickinson melakukan perbaikan teknik pembuatan kertas dan memperkenalkan mesin silinder yang dapat membuat proses pembuatan kertas-kertas tipis. Tahun 1826 untuk pertama kalinya mesin steam cylinder digunakan dan tahun 1927 Amerika Serikat mulai menggunakan mesin Fourdrinier.

     Proses pembuatan kertas terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tahun 1814, Friedrich Gottlob Keller menemukan proses mekanik pembuatan pulp dari kayu meskipun klualitasnya masih rendah. Tahun 1853-1854 Charles Watt dan Hugh Burgess melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan proses pembuatan kertas menggunakan soda. Tahun 1857 seorang ahli kimia dari Amerika bernama Benyamin Chew Tilghman memperoleh Hak Paten (British Patent) untuk proses sulfit. Metode ini menghasilkan pulp berkualitas bagus dan siap diputihkan.

   Industri kertas didominasi oleh wilayah Amerika Utara, Eropa Utara (Finlandia, Swedia, Rusia) dan Asia Timur (Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan). Negara Australia dan Brazil juga memiliki industri pupl yang cukup signifikan. Produsen utama kertas selama ini dikuasai oleh Amerika Serikat namun pada tahun 2009 Tiongkok mengambil alih posisi sebagai produsen utama kertas menggantikan Amerika Seikat. Perkembangan industri pulp menimbulkan dampak terhadap lingkungan dimana terjadi penurunan jumlah pohon yang ditebang untuk mendukung kelangsungan industri pulp. Industri ini terus melakukan ekspansi secara global ke negara penghasil kayu seperti Rusia, Tiongkok dan Indonesia.

     Indonesia sendiri pernah memiliki sejarah dimana kertas pertama kali dibuat. Abad ke-7 merupakan masa dimana para biksu yang belajar agama Budhha di Kerajaan Sriwijaya telah menggunakan kertas yang dibuat diponorogo sebagai media menulis. Kertas tersebut dibuat dari kulit kayu pohon setempat. Peristiwa tersebut tercacat dalam lempengan tembaga yang ditemukan pada abad ke-9 di Desa Taji.

wayang Beber
Gambar Wayang Beber

      Kertas ponorogo juga digunakan sebagai media melukis wayang beber yang merupakan cikal bakal wayang kulit yang kita kenal sekarang. Kertas ponorogo juga digunakan untuk menulis kitab suci Al-Quran pada pesantren Tegalsari yang diasuh oleh Kyai Ageng Hasan Besari.

       Penemuan kertas yang merubah peradaban dunia semoga dapat membuat anda mengenal tentang sejarah pertama kali ditemukannya kertas dan bagaiman kertas menjadi benda yang tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kedepannya akan ditemukan material lain selain pulp dari kayu sehingga penggunaan pohon sebagai bahan baku utama pembuatan kertas dapat tergantikan.