Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microcar Isetta Mobil Mini Legendaris BMW

 Microcar Isetta Mobil Mini Legendaris BMW

    Jika selama ini kita mengenal BMW sebagai pabrikan mobil mewah dengan tampilan yang elegan ternyata diwaktu lampau pernah membuat suatu mobil berukuran mini yang memiliki tampilan unik. Bagaimana tidak unik selain ukurannya yang mini, pintu mobil yang biasanya dibuka dari samping atau digeser ini malah dibuka dari depan. Mobil apakah gerangan yang penulis maksud? Tentu saja itu Isetta. Mobil unik keluaran BMW yang konon katanya akan dirilis kembali dalam bentuk mobil listrik. Jika ingin tahu lebih jauh tentang mobil BMW Isettta simak terus artikel ini.

1.      Sejarah Mobil Isetta

Mobil Isetta memiliki nama populer yaitu “bubble car” atau “mobil gelembung”. Awalnya mobil ini diproduksi oleh sebuah perusahaan Italia bernama Iso SpA (1953) akhirnya berpindah ke BMW. Isetta sendiri merupakan kependekan dari perusahaan  tersebut,  Iso Italia yang bermakna “Iso Kecil”. Mobil ini memang memiliki bentuk yang sangat mini. Panjangnya saja hanya 2,39 m dengan lebar 1,37 m.

Pada awal 1950, perusahaan Italia Iso SpA sedang membangun lemari es, motor skuter dan truk kecil beroda tiga. Pemilik perusahaan ini bernama Renzo Rivolta memiliki impian untuk membangun mobil kecil yang akan diproduksi massal. Tahun 1952 insinyur bernama Ermenegildo Preti dan Pierluigi Raggi merancang sebuah mobil berukuran mini dengan menggunakan mesin sepeda motor dan memberinya nama Isetta. Keunikan dari desain Isetta membuat BMW tertarik membeli Isetta dan peralatan pembuatannya dari perusahaan Iso SpA tetap mempergunakan nama Isetta sebagai merek dagang.

Isetta mulai diperkenalkan ke penggemar otomotif di Turin pada November 1953. Bentuknya yang sangat mini membuat publik terpesona sebab tampilanya sangat berbeda dibandingkan kendaraan jenis lainnya. Mobil ini memiliki pintu yang harus dibuka dari depan  dengan  bentuk jendela gelembung. Kursi depan dapat memuat dua penumpang dan seorang anak kecil. Dibelakang kursi terdapat rak besar dengan roda cadangan terletak dibagian bawah.  Slogan BMW Isetta yang berbunyi “ You’ll always be happy in the BMW Isetta – in every kind of Weather “ sepertinya sangat cocok sebab melihat bentuknya saja kita akan tersenyum.

2.      Jenis Mobil BMW Isetta

1.  BMW Isetta 250 - 1955

Isetta 250 tetap mempertahankan ciri khas dari mobil Isetta yaitu jendela berbentuk gelembung namun dibandingkan model yang dibuat di Italia terdapat sedikit modifikasi. Lampu depan Isetta 250 dipasang secara terpisah di sisi bodywork dan meletakkan logo BMW dibawah kaca depan. Mobil Isetta 250 memakai mesin berkapasitas 250cc yang dapat menghasilkan daya 9 kW (12 hp) pada kecepatan 5800 rpm.

Gambar BMW Isetta 250
Gambar BMW Isetta 250

    Uniknya di negara Jerman kendaraan ini bisa digunakan hanya dengan SIM sepeda motor. Memang sih..walaupun bentuknya seperti mobil kendaraan ini hanya memiliki tiga roda layaknya sebuah sepeda motor. Kecepatan tertinggi Isetta 250 yang pernah diuji adalah 85 km / jam (53 mph). Mobil pertama dari Isetta diperkenalkan pada bulan April 1955 dan mendapatkan sambutan hangat dari para penggemar otomotif, hanya dalam 8 bulan pabrikan Isetta telah memproduksi sebanyak 10.000 unit.

2.  BMW Isetta 300 ( 1956-1962)

Perubahan peraturan kendaraan bermotor oleh pemerintah Republik Federal Jerman pada tahun 1956 mendorong pabrikan mobil BMW melakukan perubahan pada mesin Isetta. Jika sebelumnya hanya dengan izin sepeda motor, Isetta dengan dengan mesin 250cc sudah dapat melaju diatas aspal untuk aturan baru harus memiliki mesin 300cc. Pada bulan Februari 1956, Isetta dengan mesin 300cc mulai diperkenalkan kepada publik.

Gambar BMW Isetta 300
Gambar BMW Isetta 300

     Isetta 300 dengan mesin 298cc dan 4 perpindahan gigi membuat tenaga mesin naik menjadi 10 kW (13 hp) pada 5200 rpm dan torsi mesin naik menjadi 18,4 N.m pada 5200 rpm. Kecepatan maksimun yang dapat dicapai Isetta 300 adalah 85 km / jam (53 mph).

Isetta 300 juga memberikan sedikit sentuhan pada jendela kendaraan. Jika pada BMW 250 jendela berbentuk gelembung maka pada Isetta 300 mulai diganti dengan jendela geser yang lebih panjang. Produksi BMW Isetta juga mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun 1956 -1962 BMW memproduksi sebanyak 161.360 unit selama kurun waktu 6 tahun dan menjadi mobil silinder tunggal terlaris di dunia kala itu.

3.  BMW 600

BMW 600 merupakan penerus dari Isetta 250 namun bentuknya diperbesar sehingga mengahasilkan tenaga lebih besar dan mulai memakai empat roda seperti mobil konvensional lainnya. Secara umum tampilan depan mobil BMW 600 tidak banyak mengalami perubahan signifikan, namun wheelbase 600 diperpanjang sehingga dapat menampung empat kursi.

Gambar BMW 600
Gambar BMW 600

     BMW 600 mulai memperkenalkan suspense independen semi-trailing arm dan terus digunakan pada model baru selama empat dekade ke depan. BMW 600 ditenagai mesin dengan kapasitas 582 cc dan dapat mencapai kecepatan 103 km/jam (64 mph). Hanya dalam 2 tahun BMW 600 diproduksi sebanyak 34.600.600 unit.

     Microcar yang unik ini dirakit dibawah lisensi seperti Argentina, Spanyol, Belgia, Perancis, Brazil, Jerman dan Inggris. Mobil antik ini masih dapat kita saksikan di Berlin Wall Museum, Jerman. Namun mobil ini pernah dipamerkan pada Worls Stamp Exhibition 2017 di Bandung mengingat gambar mobil Isetta merupakan gambar salah satu perangko di Jerman. Mobil Isetta juga pernah dipajang saat acara ulang tahun Bimer Benz Indonesia ke-2 pada tanggal 26 Januari 2019 dikawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

     Menurut rumor seorang pengusaha asal Swiss bernama Wim Ouboter dari Micro Mobility System akan membuat kendaraan berdasarkan desain bodi Isetta yang asli. Hal ini disampaikan pada acara akbar otomotif di Geneva Motor Show yang diselenggarakan pada 2018 yang lalu. Mobil ini direncanakan bernama microlino dan diperkirakan dipasarkan dengan harga 12.000 Euro. Jadi kita tunggu saja kapan tanggal mainnya? mobil Isetta dengan desain baru turut meramaikan pasar mobil dunia.