Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Batu Permata Paling Populer di Dunia

 9 jenis batu permata paling populer di dunia

       kolektor batu permata tentunya  masih ingat bagaimana ditahun 2004 fenomena demam batu permata terjadi diberbagai daerah di Indonesia. Booming batu permata mirip dengan yang terjadi pada beberapa jenis tanaman dan hewan peliharaan yang kerap terjadi di Indonesia. Ada banyak kasus dimana orang tiba-tiba menjadi kaya raya dengan menemukan suatu batu permata yang harganya ternyata bernilai ratusan juta bahkan sampai  milliaran. Batu permata apa sajakah yang memiliki harga fantastis? Apa saja jenis batu permata? Temukan jawabannya didalam artikel batu permata ini.

         Batu permata atau batu mulia sendiri merupakan mineral atau batu yang terbentuk dari proses alam yang disusun dari satu atau beberapa unsur kimia dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Batu permata biasanya melalui proses poles untuk membentuknya menjadi sebuah perhiasan dan menjadikan bentuknya semakin indah.

    Kerasnya suatu batu permata biasanya diukur dalam skala MOHS (ditemukan oleh Friedrich Mohs). Batu permata yang memiliki skala yang lebih tinggi akan menggores batu permata dengan skala yang lebih rendah. Cara termudah untuk mengukur kekerasan suatu batu dengan menggunakan beberapa alat uji sederhana seperti kuku, mata uang tembaga, pisau dan kaca.

     Batu yang dapat digores dengan kuku biasanya memiliki kekerasan dibawah skala 2, tergores mata uang tembaga kekerasannya skala 3, pisau dapur kekerasannya skala 6 dan jika dapat menggores kaca kekerasannya skala 7 keatas, intan dapat dipakai untuk memotong kaca. Cara lain untuk mengetahui kekerasan batu yaitu waktu menghaluskan batu tersebut, semakin keras batu tersebut semakin lama waktu yang dipergunakan untuk memolesnya. Batu-batu diatas skala 8 harus menggunakan bubuk intan sewaktu memolesnya. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang akurat tentunya dengan uji laboratorium. Berikut beberapa jenis batu permata paling populer versi www.Duniahobiku.com :

1.    Berlian (Diamond)

Berlian merupakan batu permata dengan kekerasan tertinggi dalam skala MOHS skornya mencapai 10. Umumnya memiliki warna yang jernih tetapi ada pula yang berwarna kuning, hijau, biru dan hitam. Intan sebagai bahan dasar pembentukan berlian dapat ditemukan didaerah pertambangan yang mengandung mineral kimberlite. Afrika Selatan, Russia, India, Amerika memiliki tambang berlian sedangkan di Indonesia intan dapat ditemukan di sepanjang aliran sungai Kalimantan tepatnya Martapura. Sulitnya memperoleh berlian menjadi salah satu faktor batu permata ini memiliki harga fantastis..

batu berlian
Gambar Batu Berlian

Berlian merupakan salah satu mulia termahal di dunia, 1 karat (0,2 gram) bisa bernilai puluhan bahkan ratusan juta tergantung dari jenis dan kualitasnya. Berlian bukan hanya digunakan dalam bidang pertambangan tetapi sebagai simbol mengikat janji pernikahan karena berlian dianggap lambang keabadian dan kesucian. Kilau berlian memang memukau setiap mata yang memandang. Koh-i-Noor dianggap berlian terbesar didunia yang ditemukan di India seberat 105 karat dan ditaksir memiliki harga sekitar 1 milliar Euro atau sekitar 17 trilliun.

2.    Ruby (Batu Merah Delima)

Batu ruby merupakan batu terkeras kedua setelah intan yang memiliki tingkat kekerasan 9 skala MOHS. Merah delima berasal dari Mineral Corundum (alumunium oksida). Warna merah pada batu ini bervariasi, merah jambu, merah rose dan merah tua. Warna merah yang memiliki kilau paling mengkilap tanpa bintik kehitaman memiliki harga yang sangat tinggi.

Batu Ruby
Gambar Batu Ruby

Batu ruby termahal yang pernah dilelang di Jenewa, bernama The Sunrise Ruby yang dirancang oleh Cartier dengan berat 25,59 karat dilelang dengan harga 30 juta US Dollar atau sekitar 420 milliar rupiah.

3.    Safir (Sapphire)

Batu safir terbaik konon berasal dari Srilangka dan India. Umumnya kita menemukan batu safir biru yang diperdagangkan tetapi sebenarnya safir memiliki variasi warna mulai dari batu safir merah, kuning, hijau dan ungu. Jenis batu safir sendiri ada yang jernih, tembus cahaya, tetapi ada pula yang memiliki pola seperti retak membentuk alur yang tidak sempurna.

batu safir
Gambar Batu Safir

Warna biru tua pada batu safir melambangkan cinta yang mendalam sedangkan biru muda bermakna cinta abadi tak terbatas seperti warna pada langit. Batu permata ruby dan safir termasuk batu permata yang paling banyak dibuat tiruannya. Kita mesti berhati-hati saat membelinya, pastikan membelinya ditempat yang terpercaya atau tanyakan pada ahlinya.

4.    Zamrud (Emerald)

Zamrud berasal dari mineral beryl dengan tingkat kekerasan 7-8,5 skala MOHS. Zamrud umumnya berwarna hijau muda, hijau daun sampai hijau tua. Zamrud berwarna hijau lumut dan merata seperti permadani cenderung lebih disukai.

batu zamrud
Gambar Batu Zamrud

Batu zamrud Colombia dianggap batu zamrud terbaik walaupun jenis batu ini dapat ditemukan di negara Rusia, India, Italia dan Amerika. Zamrud telah ada di Mesir sejak 300 SM dan sering dipakai sebagai perhiasan oleh bangsa Yunani dan Roma, Ratu Cleopatra dari Mesir termasuk salah satu pengagum batu zamrud.

5.    Aquamarine

Dari namanya kita tentunya bisa menebak bahwa batu ini pasti berkaitan dengan laut. Aquamarine memang memiliki makna air laut. zamrud dan aquamarine berasal dari mineral yang sama yaitu Berillium (Be), Alumunium (AL) dan Silica (SiO2).

batu aquamarine
Gambar Batu Aquamarine

Aquamarine berwarna biru muda seperti air laut, biru muda kehijauan, jernih dan tembus cahaya. Batu ini memantulkan cahaya dari dalam sehingga membuatnya makin berkilau. Jenis batu ini banyak ditemukan di Italia, Yunani, dan Amerika. Batu ini dianggap membawa keberuntungan bagi para pelaut Spanyol dan Portugis pada masa lampau.

6.    Topaz

Topas merupakan mineral yang memiliki nilai kekerasan sedikit diatas zamrud namun dibawah safir. Kata “topaz” sendiri berasal dari kata Topazos yang artinya kehilangan identitas. Sehingga muncul mitos bahwa batu topaz kuning sebaiknya digunakan pada tangan kanan (tangan yang kuat kecuali kidal agar tidak kehilangan identitas) terutama di jari manis. Topaz kuning melambangkan harta sehingga dapat membuat orang kehilangan identitas dan intergritasnya.

batu topaz
Gambar Batu Topaz

Batu topaz biru lebih populer dibandingkan warna lain seperti hijau kekuningan, orange, abu-abu, merah muda, kuning kehijauan. Jarang ditemukan topaz dalam keadaan yang mulus sempurna umumnya memiliki cacat seperti bintik-bintik atau retak-retak.

7.    Giok

Batu Giok (jade) identik dengan negara tirai bambu, China. Batuan ini memang banyak ditemukan di China dan Thailand. Di Indonesia kita dapat menemukan akik hijau di garut yang mirip dengan giok, bahkan beberapa waktu lalu ditemukan di Aceh.  Batu giok sendiri memiliki bentuk dan ukuran yang sangat beragam. Ada yang berbentuk patung besar, liontin, anting, cincin, gelang dan berbagai bentuk lainnya.

batu giok
Gambar Batu Giok

Warna giok yang paling populer adalah yang berwarna hijau meskipun kita dapat menjumpai giok dengan warna lain. Kekerasan batu giok berada pada 6,5-7 skala MOHS. Batu giok juga sering dipergunakan dalam bidang kesehatan. Batu giok termahal berada di provinsi Hainan, China yang ditaksir memiliki harga 2 milliar yuan dan memiliki berat 6 ton serta diameter 1,6 meter.

8.    Zirkon (Yakut)

Zircon adalah mineral Zirkonium silikat dengan komposisi kimia ZrSiO4. Zirkon bening seperti kaca dan sering dijadikan alternatif pengganti berlian asli karena harganya lebih murah. Bentuknya memiliki kilau yang mirip dengan intan dengan pilihan warna yang sangat beragam.

batu zirkon
Gambar Batu Zirkon

Zirkon sendiri berasal dari kata Persia, zargun yang berarti kuning keemasan dan termasuk warna zircon yang pertama kali ditemukan. Zirkon sendiri dapat kita temukan di Indonesia, Sri langka, Australia, Norwegia, Rusia, Kanada, Brazil dan India.

9.    Mata Kucing (Cat’S Eye)

Batu permata mata kucing sering kita jumpai diperdagangkan, bahkan salah satu permata yang paling banyak dibuat tiruannya dan terkadang tiruannya memiliki bentuk yang lebih menarik dibandingkan  batu permata mata kucing asli yang diproses oleh alam. Ciri utama batu ini adalah memiliki pantulan cahaya berupa garis lurus cahaya putih di permukaannya, biasanya bentuknya memanjang pada permukaan batu dan tepat ditengah-tengah. Apabila batu digoyang kekanan atau kekiri maka garis tersebut ikut bergerak namun tetap lurus.

batu mata kucing
Gambar Batu Mata Kucing

9 jenis batu permata paling populer di dunia versi www.Duniahobiku.com akan membawa kita mengenal potensi alam yang luar biasa dan membuat siapapun yang melihat keindahannya tertarik untuk mengoleksinya.