Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Surface Lure dan Cara Aplikasi di Perairan

 8 jenis surface lure dan cara aplikasi di perairan

          Mancing merupakan salah satu hobi yang memiliki banyak penggemar fanatik, dalam memancing tentunya kita perlu umpan untuk mendapatkan hasil pancingan. Para pemancing biasanya menggunakan dua jenis umpan; umpan alami (hidup) dan umpan buatan. Perkembangan teknologi membuat para pemancing tidak lagi harus memakai umpan alami. Salah satu jenis umpan buatan adalah surface lure. Apakah yang dimaksud dengan surface lure? Bagaimana aplikasinya dalam memancing? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

          Fishing lure bukan hal baru dalam dunia memancing, Manusia zaman dahulu bahkan telah membuat lure dari tulang dan perunggu. Bangsa Cina dan Mesir telah membuat joran, mata kail dan tali pancing sejak 2000 tahun sebelum Masehi. Fishing Lure pertama kali dikomersialkan pada awal tahun 1900 oleh perusahaan Heddon and Pflueger di Michigan, Amerika Serikat.

          Surface lure / top water lure adalah umpan buatan yang diciptakan agar mengapung dan mengambang diatas permukaan air. Lure ini meniru umpan alami yang biasanya menjadi target ikan predator seperti tikus, kadal, jangkrik, ngengat, kodok, anak itik, serangga, dll. Pemandangan seru akan terlihat saat strike dengan ikan yang berada dipermukaan air  bahkan jika ikan yang didapatkan cukup besar akan terjadi hentakan dan cipratan air yang menimbulkan sensasi tersendiri buat pemancing, perjuangan akan terasa seperti medan perang dan pemancing memenangkan peperangan saat ikan berhasil dinaikkan ke perahu atau ke pinggir perairan.

Lure sendiri dapat diartikan sebagai umpan imitasi / umpan buatan /umpan artificial yang digunakan sebagai pemikat atau pengganti umpan alami (hidup). Lure dapat terbuat dari berbagai bahan seperti kayu, logam, tulang, plastik dan bahan-bahan lain yang bentuknya menyerupai hewan, serangga dan bentuk-bentuk lain.

          Berikut beberapa jenis surface lure yang dapat digunakan para pemancing :

1.         Crawlers

Crawlers sendiri dapat diartikan (bergerak pelan dan tersendat). Lure yang satu ini sebaiknya digunakan pada perairan yang tenang. Umpan ini menghasilkan suara gedebur diair pada saat ditarik. Jenis umpan ini memiliki sayap disamping mulut dengan style zig-zag di permukaan air. Jenis umpan yang memiliki sayap lebih lebar malah lebih atraktif karena dapat menghasilkan efek melompat atau mendongak dipermukaan air yang dapat membuat ikan predator mengejar dan menggigitnya.

surface lure crawlers
Gambar surface lure Crawlers

2.         Chuggers

Chuggers berarti suara letupan kecil. Umpan tiruan ini mempunyai ciri khas yaitu mempunyai lekukan didepan lure. Umpan ini akan menghasilkan suara saat ditarik dipermukaan air sehingga menghasilkan suara pop..pop..pop atau bob…bob…bob…atau bub…bub…bub…jenis inilah yang akhirnya disebut popper. Jenis popper ini semakin populer dan banyak dibuat untuk pemancing laut dengan target ikan-ikan monster seperti ikan GT, barakuda, dan tenggiri.

surface lure chuggers
Gambar Surface Lure Chuggers

3.         Globe

Salah satu ciri globe adalah lempengan logam yang terdapat pada bagian tengah lure. Lure ini biasa juga disebut center-rotating blade. Logam pada lure ini akan menghasilkan lintasan gelembung air dipermukaan air saat umpan ditarik.

surface lure globe
Gambar Surface Lure Globe

4.         Rotating tail

Umpan Rotating tail memiliki logam yang dapat berputar pada bagian ekor yang dapat menghasilkan suara pada saat umpan ditarik. Umpan dengan model ini awalnya banyak digunakan untuk memancing ikan pike (sejenis barakuda air tawar yang terdapat di Amerika dan Eropa)

surface lure rotating tail
Gambar Surface Lure Rotating Tail

5.         Surface woobbler

Bentuk umpan ini memiliki tampilan yang mirip dengan rotating tail yang membedakannya adalah baling-baling pada ekornya yang memberikan efek melompat-lompat dan tambahan pada mulut lure yang menimbulkan suara. Lure jenis ini sangat efektif jika digunakan pada perairan tenang pada pagi hari.

surface lure woobblers
Gambar Surface Lure Woobblers

6.         Flaptail

Umpan tiruan Flaptail memiliki ciri dimana terdapat lempengan logam (blade) pada bagian ekornya yang dapat menimbulkan efek suara pada saat ditarik. Seperti pada lure surface wooblers umpan ini cocok  digunakan pada perairan yang tenang, namun pada saat ditarik lebih lambat dibandingkan lure jenis lain.

surface lure flaptail
Gambar Surface Lure Flaptail

7.         Propeller

Lure jenis ini dikenal juga dengan nama propbait atau topper bait. Umpan jenis ini akan menghasilkan suara yang lebih keras saat ditarik menyilang dengan arus air. Ciri khas lure propeller dapat kita kenali dari baling-baling yang terdapat pada bagian depan atau ekor lure. Pada saat ditarik gunakan teknik stop and go atau tarik-henti.

surface lure propeller
Gambar Surface Lure Propeller

8.         Stickbait

Umpan stickbait juga dikenal dengan sebutan torpedo lure. Lure jenis ini memiliki tampilan yang lebih polos tidak memiliki blade atau baling-baling pada bagian depan atau ekor.

surface lure stickbait
Gambar Surface Lure Stickbait

          Aplikasi Mancing dengan Surface Lure

          Umpan palsu sebagai alternatif pengganti umpan asli sebenarnya dapat digunakan di semua perairan baik dilaut, sungai, danau maupun rawa. Ukuran umpan sebaiknya disesuaikan dengan jenis ikan yang di incar. Berikut cara menggunakan joran dengan menggunakan surface lure :

1.    Walking the dog

Umpan tiruan yang cocok digunakan untuk teknik ini adalah stickbait dan popper/chugger.  Cara aplikasinya adalah melempar lure pada spot yang di incar kemudian hentakkan ujung joran hingga membentuk sudut 90 derajat dari permukaan air. Putar penggulung satu putaran untuk setiap satu hentakan joran yang akan memberikan efek umpan maju-mundur atau berjalan. Jika mulai terbiasa melakukannya kita dapat membuat umpan seolah-olah ikan kecil yang melarikan diri dari pemangsa.

2.    Mimicking bait-fish

Umpan tiruan yang tepat digunakan pada teknik ini adalah popper dan chugger. Cara melakukan mimicking bait-fish adalah dengan melempar umpan ke spot yang diincar kemudian hentakkan ujung joran hingga membuat umpan bergerak cepat dan menimbulkan air berkeciprak. Lakukan teknik stop and go dengan menarik senar dengan kecepatan yang bervariasi serta sesekali mendiamkannya. Teknik ini dilakukan secara berulang sampai umpan disambar ikan.

3.    Deadsticking

Umpan tiruan yang cocok digunakan pada teknik ini adalah popper/chugger. Cara aplikasi deadsticking adalah dengan melempar umpan ke spot yang dituju lalu biarkan sampai riak air hilang, kemudian hitung sampai 10 lalu hentakkan ujung joran, gerak-gerakkan umpan anda ditempat kemudian hentikan beberapa saat lalu hentakkan lagi. Teknik ini dilakukan secara berulang sehingga umpan bergerak beberapa cm. Teknik ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan karena dilakukan secara berulang kali sampai umpan disambar ikan.

4.    Diving

Teknik mancing yang satu ini sebaiknya menggunakan umpan tiruan yang memiliki kemampuan menyelam/tenggelam beberapa cm dibawah permukaan. Teknik ini dapat menjadi alternatif digunakan jika umpan lain dianggap kurang efektif menggoda ikan predator untuk menyambar umpan. Cara aplikasinya yaitu dengan melempar umpan ke spot yang di incar lalu biarkan tanpa gerakan setelah umpan tenggelam karena tertarik oleh senar maka bersiaplah untuk menariknya. Semakin banyak jam terbang dalam memancing menggunakan teknik akan membuat anda terbiasa melakukan teknik ini. Tips tambahan yaitu kita dapat menggunakan senar fluorocarbon untuk leader ware. Senar fluorocarbon cenderung menarik umpan kebawah permukaan.

5.    Ripping

Semua umpan tiruan surface lure tanpa propeller bisa diterapkan dalam teknik ini. Teknik ini termasuk mudah diterapkan, bahkan oleh anak kecil sekalipun. Cara aplikasinya yaitu dengan melempar umpan kearah spot lalu biarkan sampai air menjadi tenang lalu ayunkan joran kebawah atau kesamping sehingga umpan anda seperti “menyobek” permukaan air. Anda dapat mengayunkan joran secara perlahan atau cepat tergantung tingkat keganasan ikan.

Artikel tentang 8 jenis surface lure dan cara aplikasinya di perairan semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang salah satu jenis umpan tiruan dan aplikasinya di spot favorit anda. Salam Joran Melengkung !!!