Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Jenis Burung Kicau Paling Populer di Indonesia

 12 jenis burung kicau paling populer di indonesia

          Sejak ribuan tahun yang lalu burung telah menjadi salah satu jenis peliharaan yang disukai oleh semua kalangan, baik rakyat biasa maupun bangsawan. Kegiatan lomba burung kicau semakin membuat banyaknya pecinta burung kicau baru yang bermunculan. Setiap orang memilki motivasi yang berbeda-beda, ada yang ingin memiliki dan memeliharanya saja tetapi ada pula yang ingin menangkarkannya sebagai sumber pendapatan ekonomi. Tidak dapat dipungkiri harga burung kicau dari tahun ke tahun semakin mengalami peningkatan bahkan burung lomba dapat mencapai harga puluhan juta rupiah. Burung kicau apa saja yang paling populer di Indonesia? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

          Burung kicau adalah burung yang memiliki irama, nada, warna suara dan frekuensi tertentu yang dilakukan secara berulang dan memiliki nada dan irama yang khas. Banyak spesies burung kicau yang mampu meniru suara dari burung lain dan menghasilkan irama dan variasi yang berbeda -beda. Berikut beberapa burung kicau yang populer di Indonesia :

1.         Murai Batu ( Copsychus malabaricus)

Murai batu dikenal pula sebagai kucica hutan. Murai batu memiliki panjang tubuh yang dapat mencapai 27 cm dengan bulu ekor yang berwarna hitam dan memiliki ukuran yang panjang. Kepala, leher dan punggung berwarna hitam kebiruan mengkilat. Pada bagian perut berwarna jingga kecoklatan.

Murai batu dapat menirukan bunyi dari jenis unggas dan burung lainnya, saat berkicau murai batu sering meloncat-loncat dan menjentikkan ekornya yang panjang ketika hinggap ditanah. Bunyi Murai batu memiliki suara yang khas dan enak didengar.

Makanannya berupa semut, serangga, ulat, kupu-kupu, kumbang, belalang dan kelabang. Salah satu murai batu yang terkenal adalah murai batu Medan, harga murai batu tergolong tinggi dapat mencapai jutaan rupiah/ekor. Murai batu termasuk dalam satwa yang dilindungi mengingat habitatnya dialam semakin berkurang.

murai batu
Gambar Murai Batu

2.         CucakRowo ( Pycnonotus zeylanicus )

Cucakrowo memiliki bentuk tubuh yang padat berisi dengan warna bulu punggung cokelat kehijauan dengan setrip putih. Kepala bagian atas berwarna kuning jerami dan bagian dagu bawah berwarna putih, mata merah pada cucakrowo juga menjadi salah satu ciri khasnya.

burung cucakrowo
Gambar Cucakrowo

Cucakrowo dikenal memiliki suara yang nyaring dan merdu dengan volume yang keras yang terdengar cukup jauh. Cucakrowo memiliki habitat dihutan-hutan dan semak belukar yang dekat dengan sungai. Seringnya burung ini ditemukan di sekitar rawa-rawa membuatnya dinamakan cucakrowo. Burung ini semakin langka dialam dan masuk dalam status rentan yang dikeluarkan IUCN, untungnya beberapa penghobi burung telah mampu menangkarkan burung cucakrowo. Makanan kesukaaannya berupa buah-buahan dan berbagai jenis serangga. Harga cucakrowo dapat mencapai puluhan juta rupiah/ekor.

3.         Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Ciri-ciri burung jalak Bali dapat dengan mudah kita temukan pada warna bulu dan warna mata. Hampir seluruh tubuhnya berwarna putih, kecuali diujung sayap dan sepertiga bulu ekornya berwarna coklat gelap kehitaman. Warna biru muda disekitar matanya memperjelas bentuk jalak Bali.

Jalak Bali memiliki suara yang khas berupa suara lengkingan dan seperti siulan yang memiliki jeda nada beberapa saat. Burung ini termasuk burung yang suka meniru suara burung kicau lainnya. 

jalak bali
Gambar Jalak Bali

Masyarakat Bali menyebutnya dengan nama curik Bali, burung ini satwa endemik dan hanya dapat ditemukan di Pulau Bali. Status jalak Bali semakin langka dan dilindungi Undang-undang nomor 5 tahun 1990 (nasional) dan secara internasional juga dilindungi oleh CITES (The Convention on International Trade in Endangered Species) dan masuk dalam kategori Appendiks I.  Artinya burung jalak Bali tidak bisa diperdagangkan baik lokal maupun internasional kecuali hasil penangkaran (F2).

4.         Love Bird

Nama burung yang satu ini cukup unik, lovebird atau burung cinta. Burung paruh bengkok ini memiliki suara yang cukup nyaring dan memiliki bentuk warna yang cantik membuatnya memiliki nilai plus dimata para penggemarnya. Burung ini memiliki tabiat selalu berdekatan satu dengan yang lain seperti orang lagi kasmaran sehingga dinamakan dengan burung cinta.

burung love bird
Gambar Love Bird

         Lovebird juga sering dijadikan master untuk mengisi suara burung kicau lainnya. Makanannya berupa biji-bijan seperti pada umumnya jenis paruh bengkok. Jagung muda juga menjadi kegemaran burung yang cantik ini. Sebaiknya jika membelinya. Belilah sepasang agar burung tidak stress dan patah hati ( J , asumsi penulis )

5.         Kacer (Copsychus saularis)

Kacer ini juga dikenal dengan sebutan kucica kampung, masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebutnya dengan nama srintil. Kacer mudah dikenali dari bentuk ukuran tubuhnya yang sedang sekitar 20 cm dengan kombinasi warna hitam dan putih. 

burung kacer
Gambar Kacer

Kacer umumnya ditemukan di pedesaaan, perkebunan, tegalan, dan hutan. Hidup secara soliter dan berpasangan terutama saat musim kawin. Burung kacer terkadang turun ketanah untuk mencari makanan berupa cacing, jangkrik dan serangga lain yang ditemukannya. Burung kacer memiliki suara yang merdu saat mulai berkicau.

6.         Kenari (Serinus canarinus)

Suara burung kenari sangat khas dan bisa berbunyi dalam irama dan nada yang cukup panjang. Burung ini awalnya ditemukan di Kepulauan Canary, Madeire dan Azores. Beberapa jenis kenari yang dikenal pecinta burung antara lain  jenis Yorkshire, Fusan, Taiwan, Holland, Frill, Norwich, dll.

burung kenari

Gambar Burung Kenari

Warna bulu kenari sangat bervariasi : Kuning, merah, hijau, atau perpaduan dari berbagaim warna dengan bentuk bulu ada yang polos, bertopi dan terbalik.  Harga Kenari gacor atau yang sudah jadi berharga mahal hingga mencapai jutaan rupiah / ekor.

7.         Kutilang (Pycnonotus aurigaster)

Tri li li li li li.. lagu burung kutilang karya ibu Sud sepertinya mesti diaransemen ulang. Musababnya burung kutilang tidak pernah berbunyi Tri li li li li..itulah lagu anak zaman dahulu  yang menggambarkan suara burung kutilang. Suara burung kutilang asli berbunyi nyaring dengan irama cuk, cuk,…tuittuit .  Burung kutilang biasa ditemukan didaerah pedesaaan, pucuk pohon tinggi, kebun, tegalan dan di hutan-hutan.

burung kutilang
Gambar Burung Kutilang

Burung kutilang berukuran sedang sekitar 19-20 cm dengan paruh dan kaki berwarna abu-abu kehitaman. Bagian atas kepala berwarna kehitaman sedangkan tubuh bagian atas berwarna abu-abu dan kecoklatan. Pada bagian atas kepala terdapat jambul yang sedikit menonjol. Makanannya berupa serangga dan berbagai jenis buah.

8.         Punglor (Zoothera sp)

Didaerah Jawa burung ini lebih dikenal dengan sebutan anis. Punglor memiliki banyak jenis diantaranya : Zoothera citrina (punglor merah/anis merah), Zoothera interpres (punglor kembang, anis cacing), Zoothera dauma (punglor macan, anis sisik), Zoothera Andromeda (punglor hutan, anis hutan), Zoothera sibirica (punglor Siberia, anis Siberia). Punglor kembang dijawa tengah juga dikenal sebagai kacer bang.

punglor kembang
Gambar Punglor Kembang

Burung punglor memiliki suara yang nyaring dan indah. Burung ini gemar bercicit dan bersiul  dengan bunyi choe-ee-chew, choo-ee-chu-choo dan suara keras bordering “tirrr-tirrrr”. Makanannya berupa serangga, ulat, rayap dan binatang kecil lainnya.

Anis merah
Gambar Anis Merah

Punglor merah atau dikenal dengan anis merah merupakan salah satu jenis punglor yang populer. Panjang tubuh sekitar 21 cm dengan warna tengkuk, kepala, dan perut berwarna jingga cerah. Tubuh bagian atas berwarna abu-abu biru, bergaris putih dibagian atas sayap dan bulu pantat berwarna putih.

9.         Cucak hijau ( Chloropsis sonnerati)

Cucak hijau dikenal pula sebagai cica daun besar. Cucak hijau merupakan maskot kota Malang, Jawa Timur. Burung ini amat mudah dikenali karena bentuk warna bulu yang dominan hijau. Ada banyak jenis cucak ijo yang dikenal berdasarkan asalnya kita mengenal cucak ijo Kalimantan, cucak ijo Banyuwangi, cucak ijo Sumatera dan beberapa jenis lainnya.

cucak hijau
Gambar Cucak Hijau

Cucak hijau memiliki suara yang lantang dan mampu menirukan beberapa jenis burung seperti murai batu, keberadaannya di alam liar semakin mengkhawatirkan mengingat populasinya semakin menurun akibat perburuan liar. Cucak hijau memiliki kebiasaan hidup di pohon-pohon yang tinggi pada hutan primer atau sekunder.

10.   Pleci (kacamata) (Zoosterops sp)

Nama burung ini diambil dari lingkaran bulu yang berwarna perak yang menghiasi kelopak matanya mirip dengan kacamata. Burung ini berukuran kecil tetapi sangat aktif dan tangkas. Suara burung pleci memiliki nada siulan dan cicitan yang tinggi pada saat mengambil nektar pada bunga. Di pulau Jawa ditemukan 5 jenis pleci yang dapat anda koleksi.

pleci (kacamata)
Gambar Pleci (kacamata)

Makanan burung pleci berupa serangga-serangga kecil, larva, buah-buahan, dan nektar. Walaupun kecil burung ini tidak dapat dipandang remeh soal kemampuan dalam hal berkicau.

11.   Cendet (Lanius schach)

Burung cendet termasuk tipe burung yang agresif, dihabitat aslinya burung cendet terkadang menyerang burung lain yang dianggap melanggar kawasan teritorialnya. Cendet sering ditemukan bertengger dipohon-pohon lebat dekat dengan ladang, sawah, tepi hutan, perkebunan dan tempat-tempat terbuka.

burung cendet
Gambar burung cendet

Kicauan cendet sangat keras dan sering mengeluarkan suara tet-tet. cendet atau pentet  atau bendet dikenal mampu menirukan suara burung kicau lain seperti ketilang, terucukan dan beberapa jenis burung kicau lainnya. Saat berkicau mereka akan memainkan ekornya yang panjang dan indah. Makanannya dapat berupa belalang, kupu-kupu atau serangga terbang lainnya. Terkadang burung ini juga menangkap burung yang lebih kecil serta mamalia kecil seperti tikus dan kadal kecil.

12.   Kepodang (Oriolus chinensis)

Burung ini memiliki ciri khas pada warna bulunya. Warna bulu kepodang kuning cemerlang disertai warna hitam pada bulu primer bagian sayap dan disekitar mata. Burung kepodang jantan memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan betina.

kepodang
Gambar Kepodang

Suara burung kepodang memiliki ciri khas. Burung ini dapat mengeluarkan suara yang nyaring seperti suara siulan yang terdengar khas dan keras. Para penggemar burung ini pasti dapat mengenali dengan jelas suara burung ini. Makanan burung kepodang berupa buah-buahan, kumbang, ulat atau serangga.

12 jenis burung kicau paling populer di Indonesia akan membawa kita mengenal lebih jauh tentang jenis burung kicau dan meningkatkan kesadaran kita tentang pelestarian burung kicau sehingga hobi dan keseimbangan alam dapat berjalan selaras.