Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Air Terjun Paling Populer di Sulawesi Selatan

 air terjun paling populer di Sulawesi Selatan

          Air terjun!!! Membayangkannya saja sudah membuat kita seolah-olah berada dibawah air deras yang turun dari suatu tebing dan merasakan dinginnya air yang menusuk kulit. Berwisata dan mandi di air terjun memang termasuk wisata yang mengasyikkan terlebih jika dilakukan bersama keluarga atau teman-teman secara beramai-ramai…pasti seru! Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di Indonesia bagian timur yang memiliki banyak destinasi menarik salah satunya air terjun. Apa saja air terjun paling populer di Sulawesi Selatan yang layak dikunjungi? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

       Pengertian air terjun yang paling sederhana adalah arus air  yang mengalir dan jatuh dari suatu ketinggian ke dasar  sungai, lembah, lereng, danau atau laut sedangkan menurut Wikipedia air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh kebawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Sulawesi Selatan bukan hanya menawarkan berbagai wisata kuliner dan keindahan laut tetapi juga menyimpan potensi besar karena memiliki keindahan air terjun yang masih sangat alami. Beberapa air terjun yang dapat anda kunjungi di Sulawesi Selatan :

1.         Air Terjun Bantimurung

Air terjun Bantimurung terletak di Taman Nasional Bantimurung Maros. Letaknya tidak terlalu jauh dari kota Makassar hanya sekitar 1 jam. Sebagai penanda kita akan melihat patung kupu-kupu dan kera raksasa dari pinggir jalan poros Makassar-Bone. Tiket masuk bantimurung  juga sangat terjangkau Rp 30.000 / orang untuk wisatawan lokal dan Rp 225.000 / orang untuk wisatawan mancanegara.

air terjun bantimurung
Gambar Air Terjun Bantimurung

          Air terjun ini akan dipadati para pengunjung jika musim liburan tiba, bukan hanya air terjunnya saja yang indah pemandangan alam serta wisata goa juga dapat kita dapati ditempat ini. Air terjun ini memiliki lebar sekitar 20 m dan tinggi sekitar 15 m. Kita dapat mendengar suara gemuruh air terjun bahkan sebelum tiba dilokasi tempat air terjun tersebut berada. Dilokasi ini tersedia banyak fasilitas umum seperti gazebo, Mesjid, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

2.         Air Terjun Takapala

Air terjun Takapala berlokasi di kota wisata Malino yang terletak sekitar 80 km dari kota Makassar, tepatnya di Bonto Lerung Kec.Tinggimoncong kabupaten Gowa. Air terjun ini merupakan salah satu andalan wisata alam yang terkenal di kota Malino. Lokasi Takapala sendiri terletak sekitar 6 km dari kota Malino.

air terjun takapala
Gambar Air Terjun Takapala

          Jalan ke air terjun Takapala cukup menantang adrenalin jadi kita perlu berhati-hati. Harga tiket masuk ke air terjun ini juga sangat terjangkau sekitar 5 ribu rupiah / orang.  Air terjun Takapala dikelilingi tebing yang curam dan pemandangan alam yang masih sangat alami. Air terjun Takapala memiliki ketinggian sekitar 109 m sehingga pada saat dilokasi kita dapat merasakan uap air membasahi kulit yang berasal dari hempasan air terjun Takapala. Jangan lupa mencari spot berlatar belakang air terjun yang cantik ini untuk kenang-kenangan.

3.         Air Terjun Bisappu

Air terjun Bisappu terletak di kota Bantaeng tepatnya di Bonto Salluang, Bissappu kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Bantaeng terletak diantara kota Jene’ponto dan Bulukumba. Letak air terjun ini tidak jauh dari kota Bantaeng hanya sekitar 5 km. Kita dapat melihat penanda lokasi disebelah kiri jika akan menuju kota Bulukumba  berangkat dari arah Makassar-Bulukumba.

air terjun bisappu
Gambar Air Terjun Bisappu

          Air terjun Bisappu memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan kita akan berpetualang seperti didalam hutan. Sesekali  kita dapat menjumpai satwa liar seperti kera dan mendengar kicauan burung hutan. Air terjun Bisappu sendiri memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

4.         Air Terjun Parangloe

Air terjun Parangloe terletak dijalan poros Makassar-Malino, tepatnya di Desa Bori, kecamatan Parangloe, kabupaten Gowa- Sulawesi Selatan. Sebagai penanda menuju lokasi air terjun kita dapat mencari kantor Dinas Kehutanan yang berada di Jalan Poros Makassar-Malino. Air Terjun ini berlokasi kurang lebih 2 km dari kantor Dinas Kehutanan. Jalan menuju air terjun Parangloe cukup menantang dan lumayan melelahkan. Kita akan berpetualang menyusuri jalan berbatu dan aliran sungai untuk menemukan lokasi air terjun ini.

air terjun parangloe
Gambar Air Terjun Parangloe

          Air terjun Parangloe sangat cantik dengan kontur batu yang berundak-undak yang terbentuk secara alami. Cerita mistis air terjun Parangloe juga menyelimuti tempat ini. Sebaiknya jangan datang pada saat musim hujan karena selain indah tempat ini juga sering memakan korban akibat terjangan air bah yang datang secara tiba-tiba.

5.         Air Terjun Lembanna

Air terjun Lembanna terletak di Tinggimoncong, kabupaten Gowa. Air terjun ini dapat kita jumpai dibawah kaki gunung Bawakaraeng atau dikenal dengan nama lembah ramma. Para pendaki yang terbiasa melakukan pendakian ke Gunung Bawakaraeng pasti tidak asing dengan air terjun yang satu ini.

air terjun lembanna
Gambar Air Terjun Lembanna

          Perjalanan ke Lembanna akan terasa sangat menyenangkan karena kita akan melewati hutan pinus  dan pemandangan alam desa Lembanna yang asri dan kebun-kebun sayur yang aromanya bahkan terkadang tercium oleh indera penciuman kita. Sungguh sarana melepaskan stress yang sangat baik.

6.         Air Terjun Maddenge

Air terjun Maddenge terletak di Desa Pattiro Deceng, kecamatan Camba, Maros. Lokasinya terdapat pada poros Maros-Bone melewati cagar alam karaenta atau sekitar 40 km dari air terjun Bantimurung menuju arah Bone.

air terjun maddenge
Gambar Air Terjun Maddenge

       Air terjun Maddenge terletak pada celah diantara dua tebing yang membuatnya tampil eksotis dan unik. Maddenge sendiri memilki arti dalam bahasa Bugis yaitu menggendong.  Untuk mencapainya dengan kendaraan bermotor meski berhati-hati karena rute Camba terkenal dengan jalan yang berkelok yang cukup berbahaya.

7.         Air Terjun Lembang Saukang

Air terjun ini terletak di kabupaten Sinjai tepatnya di Desa Lembang Saukang kecamatan Tellulimpoe-Sulawesi Selatan. Letaknya pun hanya sekitar 45 menit dari kota Sinjai.

air terjun lembang saukang
Gambar Air Terjun Lembang Saukang

         Konon kabarnya air terjun ini digunakan oleh Raja dan Ratu pada zaman dahulu untuk membersihkan diri karena jernih dan beningnya air dilokasi ini.  Lokasi air terjun ini memiliki hawa yang sejuk karena dikelililingi oleh pohon-pohon besar, kita juga dapat melihat air terjun ini dari atas jembatan kayu yang terdapat diatas lintasan sungai yang mengalir dari air terjun Lembang Saukang.

8.         Air Terjun Latuppa

Air terjun Latuppa terletak di kota Palopo. Tepatnya di Latuppa, Mungkajang Sulawesi Selatan. Lokasinya tidak jauh dari kota Palopo hanya sekitar 10 km anda telah mencapai lokasi air terjun ini. Akses jalan menuju kesanapun terbilang cukup baik.

air terjun latuppa
Gambar Air Terjun Latuppa

           Untuk mencapai lokasi air terjun Latuppa kita akan menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup untuk membuat anda berkeringat, hitung-hitung olahraga. Rindangnya pepohonan dan hawa sejuk akan membuat perjalanan anda tidak terasa. Di sekitar lokasi menuju Latuppa banyak dijumpai pohon buah-buahan seperti durian, rambutan, langsat dan jenis buah lainnya. Dinginnya air terjun Latuppa akan membuat  jerih payah anda menaiki anak tangga terbayar lunas.Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan di Air Terjun Latuppa

9.         Air Terjun Ketemu Jodoh

Air terjun Ketemu Jodoh terletak di kelurahan Bonto Lerung kecamatan Tinggi Moncong kabupaten Gowa-Sulawesi Selatan. Air terjun ini dikelilingi oleh batu-batu besar pada sekeliling kolam dan pemandangan alam yang asri yang akan membuat anda betah ditempat ini.

air terjun ketemu jodoh
Gambar Air Terjun Ketemu Jodoh

          Walaupun air terjun ini kelihatan tenang dan membuat kita penasaran untuk berenang sebaiknya hati-hati sebab air terjun ini juga pernah memakan korban sebab kolam yang disangka dangkal ternyata memiliki kedalaman yang cukup berbahaya. Sebaiknya jangan melewati batas pengaman yang telah ditaruh oleh pihak terkait untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi yang masih jomblo boleh mencoba peruntungan di air terjun ini siapa tahu setelah mandi ditempat ini anda akan menemukan jodoh anda.

10.   Air Terjun Lewaja

Air terjun Lewaja terletak di Lewaja, kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Air terjun ini ramai didatangi oleh masyarakat Enrekang  sebelum memasuki bulan Ramadhan karena dianggap sebagai tempat suci untuk membersihkan diri. Air terjun ini berada sekitar 6 km dari kota Enrekang.

air terjun lewaja
Gambar Air Terjun Lewaja

        Air terjun Lewaja terletak didaerah perbukitan dan membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapai air terjun yang cantik ini. Sekitar 1 km dari air terjun ini juga terdapat kolam renang yang berasal dari air pegunungan. Mandi dan berendam diantara bebatuan sekitar air terjun ini akan membuat badan anda menjadi fresh dengan sejuknya air yang berasal dari pegunungan.

11.   Air Terjun Simoko

Air terjun Simoko terletak di Campaga, Tompobulu, Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Selain air terjun Bisappu, kabupaten Bantaeng masih menyimpan satu potensi alam yang belum digarap secara maksimal oleh pihak terkait. Air terjun Simoko sangat cocok bagi anda yang menyukai petualangan karena lokasi air terjun ini masih sangat alami dan jauh dari fasilitas seperti wisata alam lainnya yang mungkin pernah anda datangi.

air terjun simoko
Gambar Air Terjun Simoko

         Meskipun butuh perjuangan untuk mencapai air terjun setinggi 30 meter ini tetapi anda akan puas setelah sampai di tempat ini. Foto-foto cantik yang bertebaran di dunia maya tentang air terjun Simoko mungkin akan membuat anda menjadikan lokasi ini sebagai destinasi petualangan anda ditanah Bantaeng. Jangan lupa berfoto diatas batu besar berlatar belakang air terjun indah ini.

12.   Air Terjun Mata Buntu

Air terjun Mata Buntu terletak di desa Ledu-Ledu, kecamatan Wasuponda, kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Air terjun Mata Buntu berjarak sekitar 30 km dari Malili. Air terjun ini memiliki undakan atau bertingkat-tingkat yang membuatnya makin eksotik.

air terjun mata buntu
Gambar Air Terjun Mata Buntu

Pengunjung yang ingin mencapai air terjun ini akan sedikit berjuang dengan menaiki anak tangga sebanyak 210 anak tangga. Tempat ini juga menyediakan gazebo, toilet dan kolam renang. Air terjun Mata Buntu banyak dikunjungi oleh warga lokal dan dari luar kota Luwu. Menurut cerita penduduk setempat air terjun Mata Buntu berasal dari Danau Matano di kecamatan Nuha.

12 Air terjun paling populer di Sulawesi Selatan akan memberikan destinasi wisata alternatif dikala anda berkunjung ke Sulawesi Selatan. Siapkan kamera terbaik anda untuk membuat momen kenangan dengan latar belakang air terjun eksotis yang ada di Sulawesi Selatan.