Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Jenis Hobi Yang Dapat Menghasilkan Uang dan Kesuksesan

 

          Pekerjaan yang paling menyenangkan tentunya pekerjaan yang kita sukai apalagi yang menghasilkan uang dan membuat kita sukses. Selain bisa menyalurkan hobi yang kita miliki juga bisa mengisi waktu kosong dan menghasilkan uang.. Ada banyak cerita hobi yang dapat menghasilkan uang dan kesuksesan. Apa saja hobi yang dapat membuat pundi-pundi tabungan kita membengkak? Simak terus artikel ini dan temukan hobi favorit anda.

          Banyak orang yang selalu mencari pekerjaan yang menghasilkan uang dari rumah karena berbagai alasan. Ada yang merasa lebih bisa berekspresi dengan usahanya sendiri, lebih banyak waktu dan dekat dengan keluarga, dan berbagai alasan lainnya. Hobi bukan hanya penyeimbang jiwa dan sarana hiburan tetapi juga dapat memberikan pendapatan yang tidak sedikit jumlahnya jika tahu ilmu dan caranya. Berikut beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang dan kesuksesan bagi para pembaca :

1.         Hobi Memasak

Ada banyak orang hobi makan-makanan enak tetapi belum tentu mau memasak didapur. Bagi yang hobi memasak tentunya ini dapat menjadi peluang besar dalam memenuhi permintaan pasar. Jika mampu membuat makanan yang enak dan khas kita bisa membuat restoran, rumah makan ataupun usaha catering. Saat ini dunia maya berkembang amat pesat, kita dapat menjual produk kita secara online atau secara tradisional.

Telah banyak cerita sukses dibalik hobi memasak yang diubah menjadi penghasil rupiah yang produknya sekarang telah dapat kita nikmati dan menyebar hampir diseluruh Indonesia. Sebut saja rumah makan Wong Solo, ayam geprek Bensu, Amanda, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jumlah penduduk Indonesia yang menduduki peringkat ketiga terbesar di dunia tentunya merupakan pangsa pasar yang potensial.

2.         Hobi Travelling

Suka berpetualang melihat tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia dan mancanegara? Setelah melihat berbagai tempat wisata, tentunya anda akan menemukan banyak peluang yang tersedia di sektor ini. Kita dapat membuka agen travel perjalanan wisata, rental mobil atau bus pariwisata, membuka tempat wisata, penginapan, hotel, dll yang sesuai dengan kemampuan anda. Terlebih lagi jika anda berdomisili didaerah yang menjadi destinasi wisata seperti Bali, Lombok, Toraja, Manado, dll tentu peluangnya semakin besar untuk mengeruk celah peluang di bisnis travelling.

3.         Hobi Berkebun

Berkebun adalah salah satu hobi yang paling banyak dilakukan dikala pendemi Covid-19 melanda dunia. Bahkan banyak artis di Indonesia ikut menikmati asyiknya berkebun. Manfaat hobi berkebun sangat banyak selain kita dapat memanen hasil dari jerih payah menanam juga dapat menjadi sarana penghilang stress, terlebih jika dari hobi berkebun mendatangkan pendapatan yang besar tentunya stress akan sirna dengan sendirinya (maaf.. ini opini pribadi).

Berkebun dirumah terutama untuk warga yang tinggal perkotaan tentunya berbeda dengan yang memiliki lahan yang luas di pedesaan tetapi dengan sedikit teknologi hidroponik kendala lahan bisa sedikit teratasi. Bahkan bagi yang memiliki waktu yang terbatas, hidroponik dapat menjadi salah satu solusi berkebun yang praktis. Tapi jika tersedia lahan yang memungkinkan untuk berkebun tentunya akan mengurangi biaya dibandingkan dengan teknik hidroponik, masing-masing teknik memiliki plus minus dalam penerapannya. Anda bisa menanam tanaman semusim seperti lombok, tomat, sawi, selada, kangkung, pakchoy, atau tanaman lain yang anda sukai.

4.         Hobi Fotografi

Hobi memotret pastinya akan menyenangkan jika mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekpektasi kita. Memotret merupakan satu cara untuk menyimpan setiap moment yang berharga dalam kehidupan kita. Moment berharga seperti pernikahan, wisuda dan acara-acara lainnya pasti tidak terlepas dari yang namanya pemotretan.Darwis Triadhy dan Rio Motret merupakan beberapa dari fotografer yang dapat dijadikan contoh bagaimana hobi fotografi menjadi jalan kesuksesan.

 Untuk mengambil foto yang menarik bisa melalui kamera handphone yang makin canggih ataupun memakai kamera yang memiliki kemampuan dan hasil yang tajam. Bagi yang jeli ini tentunya peluang yang sangat menarik untuk menghasilkan uang. Disamping itu ada banyak perusahaan yang mau menerima hasil jepretan kita selama memiliki kualitas yang baik seperti ShutterStock, 124rf, dll.

5.         Hobi Melukis

Pernah mendengar lukisan bernama Salvator Mundi yang berharga sekitar 6,3 trilliun rupiah? anda tentunya kaget jika sebuah lukisan bisa berharga fantastis dan diluar nalar. Tapi tidak usah kecil hati jika belum mampu memiliki galeri untuk menampilkan hasil lukisan anda. Selalu ada jalan buat yang bekerja keras dan cerdas.

Saat ini banyak orang yang memberikan hadiah dalam bentuk lukisan bagi pasangannya, orang tuanya, teman, atasan, dsb. Harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta tergantung kemampuan dan hasil lukisan anda. Seiring nama anda sebagai pelukis makin tenar harga lukisan anda pun akan terdongkrak. Jadi jangan sia-siakan bakat melukis anda yang belum tentu dimiliki setiap orang.

6.         Hobi Menulis

Anda tentu pernah menonton film tentang Harry Potter atau minimal mendengar ceritanya baik dari buku ataupun film. Tahukah anda Jk Rowling sang penulis cerita Harry Potter  menjadi kaya raya dari satu cerita Harry Potter saja. Diperkirakan JK Rowling mendapat lebih dari 11 trilliun dari pendapatan kotor Harry Potter sebesar 111 trilliun, belum ditambah karya tulisnya yang lain. Indonesia sendiri memiliki beberapa nama besar yang tidak kalah hebat sebut saja Mira.W, Tere Liye, Andrea Hirata dengan karya fenomenalnya “Laskar Pelangi”. Semuanya menghasilkan pundi-pundi rupiah yang nominalnya luar biasa dari hobi menulis.

Salah satu bentuk lain menulis yang dapat menghasilkan uang adalah membuat blog seperti yang penulis lakukan, selain dari perusahaan penyedia jasa layanan iklan (Google Adsense, Mgid, Adnow, dll) kita juga dapat menyediakan jasa layanan iklan pribadi, konten placement ataupun berafiliasi dengan perusahaan-perusahaan yang kompeten (hosting, jual beli online, dll). Semua cara tersebut dapat menjadi sumber penghasilan anda kelak.

7.         Hobi Bermain Game

Hobi bermain game tidak selamanya jelek, asalkan ingat waktu dan menjaga kesehatan mata dengan membatasi durasi bermain game. Jika dikelola dengan baik hobi yang dianggap membuang-buang waktu dan biaya ini malah mampu menghasilkan penghasilan yang jumlahnya cukup fantastis. Ada banyak gamer yang sukses hanya dengan bermain game sebut saja salah satunya Miaw Aug yang mampu membeli rumah berharga milyaran dari hasil bermain game dan channel youtubenya ditonton jutaan orang.

Selain membuat channel youtube tentang game, kita juga dapat membuka bisnis yang masih berkaitan dengan hobi kita ini contohnya membuka rental play station, warnet game online, ataupun menjual akun-akun dari game yang kita mainkan yang telah memiliki level yang baik dan piranti game yang lengkap. Membuka toko yang menjual perlengkapan game dan segala aksesorisnya juga dapat menjadi pilihan lain. Kelebihan anda dalam menguasai aneka permainan game tentunya akan menjadi nilai plus jika anda terlibat dalam bisnis game ini.

8.         Hobi Beternak Hewan

Jika anda penyayang binatang dan senang memelihara berbagai jenis hewan peliharaan seperti anjing, kelinci, ikan, burung dan berbagai hewan lainnya tentunya akan lebih mudah jika anda melirik bisnis yang berkaitan dengan hewan peliharaan. Hobi beternak hewan ini sebenarnya tidak memerlukan modal yang besar jika anda mau merintisnya dari awal. Ketekunan dan rasa sayang terhadap peliharaan anda menjadi modal utama sehingga anda akan sangat mencintai jenis pekerjaan ini terlebih jika telah menghasilkan pendapatan yang dapat menunjang kebutuhan hidup anda.

Ada banyak hewan yang mudah dipelihara dan menguntungkan yang bisa anda lirik. Anda bisa menemukan hewan apa saja yang anda senangi dan mencoba mencari jalur pemasarannya baik melalui media cetak maupun online. Kita bisa masuk dalam bisnis pakan hewan, kandang, aksesoris ataupun hewan peliharaan itu sendiri. “Sambil menyelam minum air” merupakan peribahasa yang paling cocok bagi hobi beternak hewan.

9.         Hobi Kolektor

Setiap orang tentunya senang menyimpan sesuatu yang dianggap unik dan berharga. Hobi menyimpan sesuatu atau yang populer disebut Kolektor merupakan investasi yang terkadang tidak disadari. Ada banyak contoh benda koleksi yang dianggap sepele namun dikemudian hari menjadi benda yang sangat bernilai dan dihargai sangat mahal oleh para kolektor. Para penggemar barang antik kuno langka tidak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki benda yang disenanginya.

Koleksi barang antik seperti perangko, uang kuno, lukisan, senjata pusaka, batu permata dan berbagai benda antik lainnya merupakan contoh koleksi yang menguntungkan yang harganya akan ditentukan dari langkanya barang tersebut dan nilai historis didalamnya. Bahkan baju atau aksesoris dari artis ataupun bintang olahraga legendaris akan sangat bernilai di kemudian hari.

10.   Hobi Olahraga

Memiliki tubuh yang sehat tentu impian semua orang. Setiap orang memiliki olahraga favoritnya masing-masing. Olahraga juga termasuk hobi yang dapat menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Jika anda menyenangi beladiri dan telah lama menekuninya anda dapat menjadi instruktur bela diri, atau menjadi atlet, bahkan jika anda lebih beruntung anda dapat menjadi aktor/aktris bintang film laga. Iko Uwais merupakan salah satu contoh. Kegemarannya bermain silat ditambah wajah ganteng membawanya merambah dunia perfilman.

Ada banyak cabang olahraga yang dapat anda tekuni jika prestasi anda di olahraga sangat menonjol bukan hanya piala + uang dapat anda peroleh tapi peluang-peluang lain dapat terbuka bagi anda. Contoh lainnya Petinju Chris John menjadi bintang iklan salah satu produk penambah stamina setelah prestasinya sebagai petinju diakui dunia. Masih banyak cabang olahraga yang memiliki peluang untuk anda kembangkan.

11.   Hobi Mancing

Hobi yang satu ini sering dianggap buang-buang waktu. Mengapa capek-capek memancing jika bisa dibeli dipasar? Nada pedas sering dilontarkan dengan pertanyaan tersebut. Bagi yang hobi mancing seperti penulis, sensasi strike saat memancing tidak bisa dibeli dengan uang. Cuma pesan kepada para pemancing jangan berlebihan mancing hingga lupa waktu dan setiap hari pergi mancing lupa tanggung jawab, bisa-bisa joran pancing digergaji istri. (maaf, ini bukan pengalaman pribadi ).

Ada banyak yang sukses menggabungkan hobi mancing sekaligus manambah penghasilan dengan cara menjadi pemandu mancing dengan membawa para mancing mania ke lokasi dan mempersiapkan segala sesuatu buat pemancing (kapal,umpan,dll). Beberapa yang menjadi pemandu mancing bahkan mendapat puluhan hingga ratusan juta dari bisnis tersebut. Para pemancing tidak ragu mengeluarkan dana yang besar selama hasilnya memuaskan

.Jika anda pernah menonton acara mancing mania, aktor-aktor tersebut merupakan para master dalam menangkap ikan dan menjadi bintang karena hobi memancingnya. Jadi apakah memancing buang-buang waktu?

11 jenis hobi yang dapat menghasilkan uang dan kesuksesan diatas semoga dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca dalam mencari pendapatan tambahan serta memperbesar pundi-pundi tabungan anda. Jadi siapa bilang kalau hobi hanya menghambur-hamburkan uang. Jika kita tahu cara agar hobi kita dapat menghasilkan uang tentu ceritanya akan berbeda. Silahkan mencari hobi anda yang belum tercantum dan temukan peluangnya.