Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Jenis Anthurium Jemani Penghias Taman

 

          Jemani merupakan salah satu varian anthurium yang paling melejit dan banyak diburu oleh penggemar tanaman hias dan para kolektor. Jemani juga membuat banyak anthurium jenis lainnya ikut terdongrak popularitasnya. Sosoknya yang gagah dengan daun tebal dan kuat dan permukaan daun hijau mengkilat membuatnya tampil beda diantara tanaman hias lainnya. Ada beberapa ragam jenis anthurium jemani yang menjadi incaran para kolektor. Simak terus artikel ini untuk mengetahui ragam jenis anthurium Jemani.

           Setiap jenis tanaman pernah mengalami pasang surut popularitasnya. Pamor anthurium daun pernah menanjak pada kurun waktu 1980-1987 menggeser philodendron dari puncak tren tanaman hias kala itu. Setelah meredup pada tahun 1990-1995 oleh jenis tanaman lain, anthurium kembali memperoleh kejayaannya pada awal tahun 2006. Anthurium jemani menjadi primadona diantara jenis lainnya.

           Anthurium jemani menjadi populer karena karakter tanaman yang memiliki sosok yang gagah, daun yang tebal, mudah hidup, dan memiliki varietas yang banyak. Berikut beberapa ragam jenis jemani yang dapat menjadi pilihan para pembaca:

1.           Jemani Cobra

Tanaman ini diibaratkan kepala seekor ular kobra/ular sendok yang siap mematuk musuhnya. Anthurium jenis ini paling banyak membuat penasaran dan bahan perbincangan. Bayangkan harga tanaman ini jika dirata-rata daunnya bisa berharga Rp. 5 juta / lembar, wow... tentunya angka fantastis untuk sebuah tanaman. Varian yang menjadi incaran adalah anthurium jemani king cobra dan anthurium jemani cobra varigata.

Harga yang fantastis saat tanaman ini mencapai puncak popularitasnya membuat banyaknya jemani cobra “aspal” (asli tapi palsu) yang beredar mencoba memanfaatkan situasi. Salah satu ciri jemani cobra selain daun yang menyerupai kepala ular adalah garis urat daun jemani cobra berawal dari bawah. Kemudian urat di pinggirnya juga sambung menyambung membentuk garis tepi daun. Pucuk daun yang muncul berwarna hijau dan tidak banyak mengalami perubahan sampai menjadi daun tua.

2.           Jemani Sawi 

Seperti umumnya hybrid jemani daun anthurium, jemani sawi juga tebal dan kekar. Sesuai dengan julukannya jemani sawi memiliki bentuk daun yang menyerupai daun sawi. Bagian bawah agak mengecil dan membesar pada bagian atas. Dibandingkan beberapa jenis saudaranya, varian ini tidaklah sepopuler jemani cobra atau jemani supernova.

3.           Jemani Mangkok

Hybrid anthurium jemani mangkok ini memiliki daun yang tebal dan kekar dengan bentuk daun menyerupai mangkok. Sosok daunnya sebenarnya berbentuk bundar dan tidak terlalu lebar. Ujung daunnya lantas melengkung keatas sehingga membentuk cekungan yang mirip dengan mangkok. Jika ingin memperbanyaknya kita dapat menggunakan biji jemani mangkok yang telah matang dan siap disemai. Harga  jemani mangkok dipasarkan dengan harga berkisar antara Rp.150-350 ribu / pot. Harga tergantung ukuran dan kualitas tanaman.

4.           Jemani Jaipong

Bentuk daun yang agak memanjang dan melengkung kesamping  dan menjuntai terkesan luwes yang nampak seperti seorang gadis penari jaipong. Daun tanaman jemani jaipong cukup tebal dan cenderung berwarna hijau cerah. Jemani jaipong yang telah tumbuh sempurna dan bergerombol akan menghasilkan tampilan jemani anda semakin sempurna. Harga jemani jaipong dipasarkan dengan harga sekitar Rp.250 ribu / pot.

5.           Jemani Clurit Variegata

Anthurium jenis ini bukan spesies asli anthurium melainkan hasil mutasi dari jemani. Terkadang dari ribuan hasil semai biji akan muncul tanaman yang tampak berbeda dari induk aslinya. Bentuk daunnya sangat unik berbelok seperti bulan sabit. Selain bentuknya yang istimewa tanaman ini juga berdaun varigata sehingga tampak sangat special jika berada dideretan anthurium yang umumnya berwarna hijau.

6.           Jemani Pagoda

Jemani pagoda memiliki daun yang tebal dan jika diraba terkesan seperti lembaran plastik tebal. Varian jemani ini memiliki bentuk daun yang bersusun mirip sebuah pagoda, tampilan daun yang bersusun tersebut membuat sosoknya sangat kompak. Jemani pagoda dipasarkan dengan harga berkisar antara Rp.50-125 ribu / pot.

7.           Jemani Golden

Sekilas jika tidak diperhatikan secara seksama, jemani golden ini seperti tanaman yang sedang sakit atau kekurangan unsur hara. Pada helai daun banyak terdapat bercak kuning, padahal tanaman ini tanaman yang sehat. Bercak-bercak kunig itulah yang membuat jenis tanaman ini mendapat julukan jemani gold. Bahkan salah seorang pengusaha di Kaliurang, Yogyakarta tidak merelakan koleksi jemani goldnya meskipun telah ditawar dengan harga Rp 40 juta.

8.           Jemani Black

 Anthurium jemani black merupakan hasil persilangan. Tanaman ini memiliki daun yang tebal dan sangat rimbun sehingga nampak istimewa.  Tidak seperti jemani lain yang umumnya memiliki warna daun berwarna hijau muda sampai hijau tua. Jemani black memiliki daun yang lebih gelap dengan warna hijau kehitaman.  Anthurium jenis jemani black pernah menyabet gelar juara II pada saat kontes anthurium yang dilaksanakan di Jakarta.

9.           Jemani Hibrid “no name

Tanaman ini diperdagangkan tanpa nama “no name” jadi jika ingin berburu jenis tanaman ini sebut saja dengan anthurium ‘no name”. Entah mengapa penyilang  tanaman ini tidak memberi nama pada hasil silangannya. Silangan ini masih sedarah dengan hybrid-hybrid jenis lainnya.

10.      Jemani Tanduk

Jemani tanduk merupakan salah satu jenis anthurium yang memiliki bentuk unik. Daun tebal berwarna hijau melengkung menyerupai sebuah tanduk. Anthurium ini juga banyak diincar oleh para penggemar tanaman hias. Beberapa varian dari jemani tanduk antara lain : jemani tanduk varigata, jemani golden. Harga anthurium jemani tanduk sekitar Rp.75-100 ribu. Harga tergantung ukuran dan kualitas jemani tanduk.

11.      Jemani Supernova

Jemani memiliki banyak varian yang hampir mirip jika tidak diperhatikan secara teliti.  Salah satu jenis anthurium yang cukup populer adalah jemani supernova. Anthurium supernova dapat kita kenali dengan melihat tulang daun  tanaman yang terlihat menonjol dan memiliki daun yang tebal dan memiliki kerutan. Seperti umumnya anthurium, jenis ini juga menyukai tempat yang teduh. Harga anthurium jemani dewasa dapat mencapai sekitar Rp.2 juta/pot

11 jenis anthurium jemani menawarkan berbagai keunikan tersendiri yang dapat melengkapi koleksi anda dirumah. Tanaman ini bukan hanya akan menghiasi sudut-sudut rumah anda menjadi terkesan mewah tetapi jika dikelola dengan baik akan menghasilkan pundi-pundi uang yang dapat menambah penghasilan anda.