Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Portulaca Bunga Jam Sembilan Warna-warni

 

          Portulaca !!! Apabila menyebut tanaman ini dengan nama portulaca tentu banyak masyarakat yang tidak mengenali jenis tanaman ini.  Krokot itu nama kampungnya atau biasa juga disebut bunga jam sembilan. Nama bunga jam sembilan sendiri disematkan karena kebiasaan tanaman ini yang bunganya mulai mekar sekitar pukul sembilan pagi. Tanaman portulaca memiliki banyak keunggulan dan manfaat kesehatan, apa sajakah itu? simak terus artikel dibawah ini.

    Krokot merupakan genus tanaman dari suku Portulacaceae yang memiliki sekitar 40-100 spesies yang dapat ditemukan didaerah tropis dan negara yang memiliki 4 musim. Tanaman yang dijuluki sutera bombai ini menyukai tempat yang terkena sinar matahari penuh. Portulaca sangat cocok bagi penghobi tanaman yang memiliki kesibukan karena selain mudah dirawat tanaman ini juga tahan terhadap kondisi kering.                

      Portulaca liar sebagai nenek moyang tanaman portulaca memiliki tampilan yang kurang menarik dan sering dianggap gulma/tanaman pengganggu. Portulaca liar memiliki bunga kecil yang berwarna merah jambu dan kuning. Penyilangan yang terus dilakukan menghasilkan portulaca dengan tampilan warna yang beragam dan bentuk kelopak bunga yang lebih besar dan menarik dibanding nenek moyangnya. Tanaman yang dulunya dianggap gulma kini berubah rupa menjadi tanaman cantik yang siap memberi warna-warni pada taman anda.

Secara garis besar portulaca terbagi menjadi 4 jenis. Portulaca grandiflora, Portulaca umbraticola, Portulaca oleraceae, Portulaca pilosa. Semua jenis tanaman ini telah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Portulaca dapat dikembang biakkan secara vegetatif (setek batang) dan generative (biji). Untuk  mengenal lebih jauh tentang tanaman portulaca langsung saja kita simak keterangan berikut :

1.   1.    Taksonomi Tanaman Portulaca

Kerajaan      : Plantae

Divisi          : Magnoliophyta

Kelas           : Magnoliopsida

Ordo            : Carcophyllales

Famili          : Portulacaceae

Genus          : Portulaca L

2.     2.     Jenis-jenis Portulaca / Krokot

1.    Portulaca grandiflora

       Sosok tanaman ini dapat dengan mudah dibedakan dengan jenis portulaca lainnya. Daunnya berbentuk silindris meruncing dengan bunga yang bertumpuk menyerupai bunga Rose (mawar) sehingga dijuluki moss rose. Persilangan jenis ini telah beredar dipasaran dan diberi nama sesuai dengan warna dan bentuk bunganya.

·       Portulaca Grandiflora White ( bunga putih)

Warna bunganya putih bersih dengan mahkota bunga lebar dan memiliki tekstur yang lembut. Ukuran bunganya berdiamter sekitar 4-5cm. Tangkai atau batangnya berwarna hijau. Jenis ini umumnya lebih sulit untuk berbunga dibandingkan dengan varietas lainnya. Jenis ini sebaiknya ditaruh dibawah sinar matahari langsung dan tidak ternaungi.

Image Portulaca grandiflora white Sumber : www.pixabay.com

·       Portulaca Grandiflora Purple (bunga ungu)

Portulaca dengan bunga ungu paling populer dan mudah ditemukan dipenjual tanaman hias. Tanaman ini paling bandel dibandingkan jenis tanaman portulaca jenis lainnya. Tanaman ini mudah tumbuh dan gampang dirawat. Tanaman ini lebih cocok ditanam didataran rendah. Bunganya berwarna ungu menyolok dengan batang berwarna merah kecoklatan. Varietas ini mempunyai 2 macam bentuk bunga yaitu bunga bersusun dan hanya memiliki selapis mahkota bunga.

Image Portulaca grandiflora purple sumber : www.pixabay.com

·       Portulaca Grandiflora Pink (bunga merah jambu)

Varietas ini disebut pink namun warna bunganya tidak sepenuhnya berwarna merah jambu melainkan berwarna kombinasi antara merah jambu dan putih. Varietas ini tidak tahan naungan. Varietas pink memiliki dua macam bentuk bunga yaitu mohkata bunga selapis dan mahkota bunga susun. Jenis bunga selapis telah banyak diperdagangkan.

Image Portulaca grandiflora pink Sumber : www.Google.com

·       Portulaca Grandiflora Orange ( Bunga jingga/orange)

Portulaca cantik ini mudah dirawat dan  banyak ditemukan di nursery atau kios-kios bunga di pinggir jalan. Umumnya hanya memiliki selapis mahkota bunga. Warna jingga pada bunga jenis ini merupakan perpaduan antara warna merah dan kuning yang terdapat pada kelopak bunga. Warna batang memiliki warna lebih terang dibandingkan varietas yang berbunga ungu. Varietas ini lebih tahan naungan dan memiliki bunga berwarna cerah.

Image Portulaca grandiflora orange Sumber : www.pixabay.com

·       Portulaca Grandiflora Yellow (bunga kuning)

Varietas ini memiliki bunga berwarna kuning terang dengan kombinasi sedikit warna orange pada bagian tengahnya. Mahkota bunganya bersusun dua lapis. Tangkai atau batangnya berwarna hijau muda. Tanaman jenis ini cenderung tidak tahan naungan. Merupakan salah satu hybrid baru sehingga keberadaannya di pasaran masih langka.

Image Portulaca grandiflora  kuning Sumber : www.pixabay.com

2.       Portulaca Pilosa

Portulaca jenis ini memiliki bentuk anatomi mirip Portulaca grandiflora. Bentuk daunnnya silindris dan meruncing. Perbedaaannya terletak pada bentuk daun Portulaca pilosa yang lebih kekar dibandingkan Portulaca grandiflora. Warna daun Pilosa juga lebih tua. Perbedaaan lain terletak pada ukuran bunganya. Portulaca pilosa memiliki ukuran bunga lebih kecil dibandingkan dengan portulaca grandiflora. Jenis ini masih jarang diperdagangkan di pasaran.

Image Portulaca pilosa Sumber : www.pixabay.com

Baca Juga Hidroponik dan Keunggulannya

3.    Portulaca Umbraticola

Portulaca umbraticola memiliki tampilan yang mirip dengan Portulaca oleraceae hanya saja bunganya berwarna merah. Pada bagian tengah bunga terdapat warna kuning terang. Pada umumnya batang berwarna cokelat atau kemerahan. Daun Portulaca umbraticola mempunyai bentuk membulat pipih. Tanaman jenis ini relatif lebih tahan naungan dibandingkan dengan portulaca oleraceae, selain itu jenis ini lebih mudah berbunga.

Image Portulaca umbraticola Sumber : www.Google.com

4.    Portulaca Oleraceae

Penampilan dan bentuk daun portulaca oleraceae dan umbraticola hamper mirip hanya saja bunga portulaca oleraceae berwarna kuning dan memiliki batang berwarna hijau cerah. Ada dua varietas portulaca oleraceae yang sering dijajakan di pasaran. Keduanya dibedakan berdasarkan bentuk atau susunan mahkota bunga yang dimiliki.

·       Portulaca Oleraceae Mahkota Selapis

Varietas portulaca jenis ini banyak diperjualbelikan dan termasuk varietas lama dimana ukuran bunganya relatif lebih kecil dibandingkan dengan varietas portulaca yang lain. Diameter bunganya tidak lebih dari 1 cm. Tanaman jenis ini mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Image Portulaca oleraceae Sumber : www.Google.com

·       Portulaca Oleraceae Mahkota Bersusun

Portulaca jenis ini termasuk varietas baru. Memiliki mahkota bunga bersusun dengan bunga paling bawah berbentuk melebar dan hanya selapis sedangkan mahkota bunga diatasnya berbentuk silindris meruncing bergerombol menjadi satu dibagian tengah bentuknya mirip dengan jilatan api. Varietas jenis ini juga sering disebut Varietas dinamit. Jenis ini masih langka di pasaran.

Image Portulaca oleraceae mahkota bersusun Sumber : www.Google.com 

3.      Cara Penanaman Portulaca

Tanaman ini memiliki warna-warni bunga yang atraktif sehingga sangat cocok ditanam dalam satu wadah atau pot (mix plant). Lokasi penanaman sebaiknya dipilih yang terkena sinar matahari langsung. Penanaman dapat dilakukan langsung dari tanaman yang sudah jadi atau dengan setek atau potongan batang portulaca. Media tanam sebaiknya mengandung banyak unsur organik. 

Image mix plant Portulaca Sumber : www.pixabay.com

4.    Manfaat Tanaman Portulaca

Tanaman portulaca tidak hanya akan mempercantik taman serta rumah anda dengan warna-warni seria tetapi memiliki manfaat yang positif yakni sebagai bahan obat herbal. Tanaman Portulaca dipercaya dapat menyembuhkan penyakit antiradang. menurunkan panas, antitoksik, disentri, diare akut, usus buntu. Bahkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini dapat menekan kadar kolestrol dalam darah. Dipedesaan portulaca/krokot sering dimanfaatkan sebagai bahan sayur. 

Tanaman portulaca walaupun memiliki bentuk yang mini tetapi warna-warni bunganya yang beragam dapat menghidupkan suasana rumah sehingga terkesan lebih ceria, disamping itu manfaatnya dibidang kesehatan tidak dapat dipandang sebelah mata. Portulaca juga tanaman yang perawatannya sangat mudah sehingga dengan berbagai keunggulannya tanaman ini dapat mempercantik rumah anda.