Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Kelinci Rex di Dunia Paling Unik

 

          Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang tidak pernah kehilangan penggemar. Kelinci terdiri atas beberapa jenis, ada kelinci yang memiliki bulu panjang dan ada pula yang memiliki bulu pendek. salah satu jenis kelinci yang memiliki bulu pendek yang cukup populer adalah kelinci Rex. Kelinci Rex memiliki penggemar tersendiri terlebih bagi penghobi yang tidak memiliki waktu  untuk mengurus bulu kelinci dan mencari kelinci yang pemeliharaannya relatif mudah. Penasaran bagaimana bentuk dan jenis-jenis kelinci Rex, simak terus artikel ini.

1.           Asal Usul Kelinci Rex

Kelinci Rex merupakan kelinci yang memiliki bulu seperti karpet. Kelinci Rex diperkirakan berasal dari Perancis pada tahun 1919. Awal mulanya kelinci ini dibudidayakan untuk industri bulu dan dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan baju, syal, maupun jaket. Kelinci Rex pertama kali ditampilkan di publik pada tahun 1924 pada saat acara Paris International Rabbit Show. Ras ini mulai mendapat pengakuan sebagai ras standar dibeberapa bagian Eropa sejak tahun 1925, jadi tepatnya setahun setelah pameran kelinci di Paris.

Jenis-jenis Kelinci Rex Sumber : www.Google.com

2.           Jenis-jenis Kelinci Rex

Kelinci Rex memiliki beberapa warna yang beragam sehingga memberikan pilihan bagi para pencinta kelinci untuk memilih warna yang disukai, beberapa jenis kelinci Rex antara lain :

·              Kelinci Black Rex

Kelinci jenis ini memiliki bulu berwarna hitam yang hampir merata disekujur tubuh kelinci kecuali pada bagian lingkaran mata dan telinga bagian dalam yang memiliki warna krem. Bulu hitam tampak berkilau dan padat seperti beludru.

Kelinci Black Rex sumber : www.Google.com

·              Kelinci Blue Rex

Kelinci ini memiliki warna abu-abu yang cenderung terlihat seperti warna biru dan mendominasi tubuh lelinci kecuali pada perut bagian bawah, lingkaran mata, telinga bagian dalam dan telapak kaki yang berwarna krem pucat.

Kelinci Blue Rex sumber : www.Google.com

·              Kelinci Rex Mini

Mini Rex merupakan kelinci yang berhasil diciptakan oleh almarhum Monna Berryhill dari Texax pada tahun 1984 di Florida. Memiliki berat sekitar 2 kg dengan ciri memiliki punggung yang bulat dengan bahu, bagian tengah, dan bagian belakang kelinci yang padat berisi. Kelinci mini Rex juga memiliki bulu pendek yang padat dan terlihat seperti beludru/karpet.

Kelinci Rex Mini sumber : www.Google.com

·              Kelinci Rex Karpet

Kelinci ini dinamakan sesuai dengan bentuk bulunya yang seperti karpet. Pola warna bulunya mirip dengan anjing Dalmatian, dasar putih dengan titik-titik hitam berpola. Kelinci jenis ini merupakan salah satu jenis kelinci termahal dibanding jenis kelinci Rex pada umumnya. Kelinci ini sangat baik untuk dijadikan indukan.

Kelinci Rex Karpet Sumber : www.Google.com

·              Kelinci Rex Black Otter

Kelinci Black Otter memiliki corak bulu berwarna hitam dengan tekstur bulu seperti Rex pada umumnya. Bulu hitam terdapat diatas kepala dan punggung, warna krem terdapat disekitar mata, didalam teling, dibawah dagu dan dibawah perut.

Kelinci Rex Black Otter sumber : www.Google.com

·              Kelinci Rex Broken

Kelinci rex Broken merupakan kelinci yang memiliki bulu dasar putih dengan pola warna lain yang tersebar tidak seimbang di sekujur tubuh kelinci. Kelinci jenis ini sebaiknya memiliki pola warna yang seimbang agar memiliki tampilan yang lebih baik dan lebih mendapat poin jika diperlombakan. Warna mata harus sesuai dengan warna dasar dan kuku kaki berwarna putih lebih digemari.

Kelinci Rex Broken sumber : www.Google.com

·              Kelinci Rex Pure

Kelinci Rex Pure merupakan kelinci yang memiliki ras asli dan bukan merupakan hasil ras silangan antara kelinci Rex yang berbeda. Peternak kelinci ras ini sangat mengutamakan kualitas dan mempertahankan ras asli yang memenuhi standar kontes dan tidak asal menyilangkan tanpa melihat garis keturunan darimana kelinci berasal (F1). Kelinci pure asli memiliki harga yang cukup tinggi dan salah satu jenis kelinci Rex termahal. Harga Rex kualitas standar dapat mencapai 1-2 juta / ekor sedangkan Rex kualitas kontes dapat mencapai 2,5-5 juta rupiah / ekor.

Kelinci Rex Pure sumber : www.Google.com

·              Kelinci Rex Coklat

Kelinci Rex Coklat memiliki bulu yang berwarna coklat dengan tampilan bulu beludru yang mengkilat terkesan mewah. Warna coklat mendominasi warna bulu kecuali pada bagian ekor, bawah perut, dibawah dagu yang berwarna putih.

Kelinci Rex Coklat sumber : www.Google.com

·              Kelinci Rex Tricolor

Kelinci Rex Tricolor merupakan kelinci yang memiliki bulu dasar putih dengan kombinasi dua warna lain pada sekujur tubuh. Warna  lain bisa berupa hitam dam dan coklat, hitam dan orange, hitam dan coklat. Kelinci Rex Tricolor juga termasuk dalam bagian Kelinci Rex Broken.

Kelinci Rex Tricolor sumber : www.Google.com 

     Baca Juga : 4 Jenis Kelinci Angora Populer

3.           Ciri-ciri Kelinci Rex

  • Kelinci Rex Memiliki berat rata-rata sekitar 3,4-4,8 kg
  • Memiliki tekstur bulu yang padat dan lembut seperti karpet/beludru
  • Kelinci Rex memiliki kepala yang sedikit lebih lebar dibandingkan  ras kelinci pada umumnya
  • Memiliki lipatan besar kulit dibawah dagu

4.           Karakteristik Kelinci Rex

Kelinci Rex memiliki karakter yang jinak dan cerdas. Kelinci jenis ini dapat menjadi indukan yang baik karena memiliki naluri keibuan yang tinggi. Kelinci ini juga dapat dilatih untuk datang saat dipanggil oleh pemiliknya. Kelinci yang telah beradaptasi dengan keluarga atau pemiliknya yang memberi makan akan jinak pada saat diangkat dan dibelai.

5.           Makanan Kelinci Rex

Makanan kelinci Rex sama seperti kelinci pada umumnya. Kita dapat memberi sayuran hijau, umbi-umbian dan biji-bijian. Sebaiknya sayuran yang banyak mengandung air seperti kangkung dilayukan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kelinci kesayangan kita. Hindari sayuran yang mengandung gas seperti kol yang dapat membuat kelinci kembung. Pemberian pellet dan sayuran bisa dengan komposisi 80:20, 70:30, 60:40. Semakin kecil umur kelinci yang dipelihara  sebaiknya komsumsi pellet memiliki porsi yang lebih dibandingkan sayuran. Kelinci sangat rentan terhadap kembung dan diare terlebih anak kelinci yang memiliki daya tahan tubuh belum terlalu baik.

6.           Perawatan Kelinci Rex

Kelinci Rex memiliki bulu yang pendek sehingga lebih minim perawatan. Jika ingin memandikan kelinci sebaiknya kelinci minimal telah berumur 6 bulan. Mandikan kelinci menggunakan air hangat dan shampo khusus hewan atau shampo bayi. Siapkan handuk kering dan hair dryer untuk mengeringkan air yang melekat pada kelinci. Jangan memandikan kelinci terlalu lama dan saat musim penghujan, usahakan memandikan kelinci di pagi hari saat matahari belum terlalu terik. Setelah memandikan kelinci kita dapat memberi bedak kutu dan membersihkan bagian telinga dengan menggunakan baby oil dan cotton bud, jangan lupa memotong kuku kelinci yang telah panjang dan lakukan secara hati-hati.

 Baca Juga : 15 Jenis Kelinci Lucu dan Cantik

7.           Cara Ternak Kelinci Rex

Kelinci pada dasarnya hewan yang tidak terlalu menyukai keramaian, jika hendak mengawinkan kelinci sebaiknya pilih lokasi yang tenang dan tidak berisik. Kelinci yang siap untuk diternak adalah kelinci yang telah memasuki usia produktif. Kelinci betina siap dikawinkan pada saat berumur sekitar 5-6 bulan sedangkan untuk pejantan berumur 6 – 9 bulan. Indukan yang berkualitas akan mampu menghasilkan anak-anak kelinci yang sehat dan memiliki tampilan yang menarik.

Kelinci yang siap dikawinkan biasanya memiliki sikap gelisah dan selalu berusaha mendekati lawan jenisnya, pada kelinci betina biasanya akan menggosokkan dagunya ke kelinci lain, vulva juga akan berubah warna menjadi merah jambu hingga merah dan tampak basah. Waktu yang terbaik mengawinkan betina yaitu pada saat pagi hari dan malam hari. Kelinci lebih aktif pada saat malam hari, Setelah perkawinan selama 3-7 hari pisahakan jantan dan betina.

Kurang lebih 2 minggu kelinci biasanya telah hamil dengan ciri-ciri antara lain perut tampak membesar, jika ditimbang berat badan kelinci akan bertambah. Usia kehamilan sekitar 30-35 hari kelinci akan melahirkan anaknya. Kelinci dapat melahirkan sekitar 5-8 ekor anak sekaligus bahkan lebih tergantung dari pakan dan kualitas indukan itu sendiri.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang jenis-jenis kelinci Rex, ciri-ciri Kelinci Rex dan cara beternak kelinci Rex sehingga anda tidak salah pilih jika ingin mengoleksi  kelinci Rex sebagai hewan peliharaan dirumah anda atau ingin menjadikannya sebagai alternatif bisnis anda.