Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catnip Tanaman Favorit Kucing

 

Catnip Tanaman Favorit Kucing

Catnip tanaman apa? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan apabila mendengar tentang catnip. Tentunya tidak banyak yang mengenal tanaman yang satu ini, tetapi dikalangan penggemar kucing tentunya tanaman yang satu ini cukup dikenal. Tanaman catnip sangat disukai kucing, jika tanaman ini didekatkan pada kucing, si meong akan mengendus dan menggigit tanaman tersebut dan tidak dilepaskan. Kucing tersebut akan berguling-guling sambil memainkan tanaman catnip dan nampak gembira sekali. Tanaman apakah sebenarnya catnip tersebut dan apakah kegunaannya? Temukan jawabannya pada artikel ini.

          Tanaman catnip adalah tanaman asli yang berasal dari daratan Amerika Utara dan Eropa. Tanaman catnip juga dikenal sebagai catswort atau catmint dalam bahasa Inggris.Tanaman catnip juga dikenal di Indonesia tetapi dengan nama yang berbeda. Tanaman catnip dalam bahasa Sunda disebut tutuwuhan catnip, sedangkan Tanaman Catnip dalam bahasa Jawa disebut anting-anting. Anting-anting merupakan penyebutan tanaman catnip lokal meskipun sebenarnya memiliki perbedaan dengan Nepeta Cataria (catnip) yang sesungguhnya. Tanaman catnip memiliki nama latin Nepata cataria sedangkan anting-anting memiliki nama latin Acalypha indica. Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat deskripsi lengkap catnip dan berbagai manfaatnya.

1.    Klasifikasi Tanaman Catnip

Kerajaan             : Plantae

Divisi                  : Magnoliophyta

Kelas                   : Magnoliopsida

Ordo                   : Lamiales

Famili                 : Lamiaceae

Genus                 : Nepeta

Spesies                : Nepeta cataria

2.    Ciri - ciri Tanaman Catnip

Nepeta cataria (catnip) merupakan tanaman yang berumur pendek atau herba semusim. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 50-100 cm dan memiliki batang bercabang lebat, tegak dan ditutupi bulu halus berwarna kecoklatan. Daun catnip berbentuk hati dengan pinggiran berlekuk halus. Permukaan daun juga ditutupi bulu halus. Bunga muncul di ujung batang membentuk cluster (kelompok). Satu kelompok terdiri atas 7 sampai belasan kuntum. Bunga berwarna ungu muda dan putih dan beraroma wangi. Tanaman catnip di negeri subtropis berbunga pada bulan Juli-September.

Image Tanaman Catnip sumber : www.Google.com dan www.pixabay.com 

Baca Juga 10 Jenis Jeruk Untuk Tabulampot

3.    Kandungan Kimia Tanaman Catnip

Tanaman catnip memiliki kandungan yang terdiri dari 1% minyak terbang (atsiri), seperti citronellal, geraniol, citral, carvacrol dan pulegone serta 28% nepatalactone serta Thmol. Nepalactone merupakan senyawa yang mampu menarik kucing. Senyawa kimia ini yang membuat kucing merasa lebih rileks dan bersemangat. Senyawa ini tidak hanya terdapat pada daun  tetapi juga pada bagian batang dan biji dari tanaman catnip.

Kucing yang diberikan tanaman catnip akan menunjukkan reaksi dengan cara mengosok-gosokkan diri pada tanaman catnip, berguling ditanah/lantai, mengais-ngais, berlari kesana kemari, berputar-putar menjilati dan mengunyah catnip, efek catnip dapat membuat kucing menjadi hiperaktif tetapi dapat juga membuat kucing menjadi sangat rileks. Kucing dapat menjadi diam serta tertidur dengan perasaan nyaman seperti habis memakan obat tidur.  Kucing yang mengkomsumsi tanaman catnip secara berlebihan akan mengakibatkan kucing berliur, ngantuk, kecemasan, menggigit pergelangan tangan bahkan diare. Tetapi untungnya reaksi ini tidak berlangsung lama hanya sekitar 5-15 menit dan kucing akan pulih setelah beberapa waktu kemudian.

Efek Tanaman catnip berbeda antara satu kucing dengan yang lainnya. Efek tanaman catnip juga berlaku tidak hanya untuk kucing domestik tetapi spesies lainnya yang masih berkerabat dengan kucing. Beberapa percobaan menunjukkan bahwa macan tutul, cougars, lynxes memberikan reaksi terhadap catnip dengan cara yang hampir sama dengan kucing domestik. Tidak semua kucing terpengaruh dengan tanaman catnip, sekitar 33% jenis kucing tidak terpengaruh efek dari tanaman catnip. Semakin sering mengendus tanaman catnip biasanya kucing akan semakin kebal terhadap reaksi tanaman catnip.

Image Efek Catnip sumber : www.google.com 

4.    Manfaat catnip untuk Manusia :

  • Kandungan Atsiri pada tanaman catnip dimanfaatkan manusia sebagai pengusir serangga, khususnya nyamuk, kecoak, dan rayap. Percobaan awal yang dilakukan Chris Peterson dan Joel Coates peneliti herbal asal Amerika menunjukkan nyamuk lebih menjauhi minyak catnip dibandingkan DEET (pengusir nyamuk buatan). Berbagai penelitian menunjukkan bahwa keampuhan catnip sebagai pengusir nyamuk bukan hanya mitos tetapi sudah terbukti secara ilmiah.
  • Tanaman catnip dikomsumsi sebagai teh herbal dan juice, teh herba ini diyakini memberikan rasa rileks.
  • Tanaman catnip dibuat menjadi rokok catnip, asap yang dihasilkan dari rokok catnip memiliki sifat relaksasi.
  • Menyembuhkan luka, minyak catnip dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka dan meredakan iritasi kulit akibat gigitan serangga
  • Meredakan sakit kepala, minyak atsiri tanaman catnip yang dioleskan pada bagian kepala yang sakit dipercaya meredakan rasa sakit kepala. Aroma dari tanaman catnip memberikan efek relaksasi.
  • Menyembuhkan kolik, sesak napas, demam, dan susah tidur.

Baca Juga 10 Jenis Tanaman Penghasil Minyak Atsiri

5.      Manfaat Catnip untuk kucing

  • Membuat kucing lebih bersemangat dan lebih ceria, kucing yang malas bergerak, jarang bermain dan melompat, kucing pendiam dapat diberikan catnip sebagai herbal perangsang agar kucing menjadi lebih aktif.
  • Menbuat kucing rileks dan santai, efek catnip yang bersifat relaksasi dan memabukkan dapat digunakan pada kucing sebagai efek penenang untuk mengurangi kecemasan, perjalanan jauh, untuk obat sakit gigi kucing atau meredakan nyeri pada kucing.

6.      Cara Menanam Tanaman Catnip

Tanaman catnip termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan harganya pun sangat terjangkau. Bibit catnip dapat dibeli ditoko pertanian atau secara online. Harga bibit catnip sekitar 10-35 ribu rupiah. Bibitnya tersedia dalam bentuk biji (seed) ataupun siap tanam.

Tanaman catnip tahan didaerah asam hingga netral dengan media tanam yang memiliki pH 5,8-7,5 menyukai matahari penuh dengan kisaran suhu 7,2-18,90C. Biji dapat ditanam dipot atau langsung ditanah. Bibit yang berasal dari biji akan tumbuh setelah beberapa minggu setelah tanam. Rawat tanaman dengan baik hingga berbunga sehingga kita dapat memanen biji baru.

7.      Cara Menggunakan catnip kering

Ketika tanaman catnip yang dirawat telah berbunga potong tanaman catnip sekitar 3-5 cm dari tanah, potong daun dari batang lalu sebarkan daun diatas nampan lalu tempatkan nampan ditempat terbuka hingga mengering. Taruh ditempat yang tidak dapat dijangkau oleh kucing anda ataupun kucing liar setelah beberapa minggu daun akan terlihat kering dan rapuh yang siap untuk diberikan kepada kucing kesayangan anda.

Jika ingin menggunakan cara yang lebih praktis kita juga dapat memakai catnip spray untuk kucing yang kini banyak diperjualbelikan baik secara online ataupun di toko-toko hewan. Harga catnip spray untuk kucing sekitar 30-90 ribu rupiah perbotol. Penggunaanya sangat praktis tinggal disemprot pada bantal ikan catnip, mainan kucing, alat garuk kucing, dll.

Meskipun tanaman catnip dikategorikan aman untuk kucing kesayangan kita dan efeknya tidak berlangsung lama sebaiknya kita tidak memberikannya secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping seperti muntah dan diare pada kucing kesayangan anda. Jadi gunakan catnip secara bijaksana dan hati-hati.