Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 jenis Udang Hias Cantik Buat Aquarium Dirumah

 

Pada umumnya masyarakat lebih menyukai memelihara ikan dalam suatu aquarium atau kolam. Jenis ikan tersebut dapat berupa ikan hias maupun ikan komsumsi. Bagi masyarakat awam memelihara udang terutama udang hias di aquarium atau kolam belum terlalu lumrah dilakukan. Namun bagi para penggemar tanaman aquascape memelihara udang hias tidak kalah menariknya, mengingat bentuk dan warna dari udang hias sangat memikat mata. Ada banyak pilihan udang hias yang dapat anda koleksi. Anda tertarik mengoleksinya? Silahkan baca artikel dibawah ini untuk menemukan spesifikasi dan deskripsi udang hias calon penghuni aquarium anda.

          Udang merupakan salah satu binatang yang hidup diperairan khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan dihampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter dibawah permukaan .

 Udang hias dapat dikombinasikan dengan beberapa jenis ikan hias dalam suatu aquarium. kombinasi antara aquascape, ikan hias, udang hias, dan lampu yang berwarna-warni dalam aquarium akan menciptakan nuansa alam dalam air yang sangat indah.

          Udang hias dengan warna-warni dan corak tubuhnya yang cantik tidak hanya memberikan keasyikan tersendiri dalam memeliharanya, fauna berkaki delapan ini juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan taman dalam aquarium kita dengan cara menyantap sisa pakan dan kotoran ikan yang bertebaran didasar aquarium. Binatang bertulang diluar ini pun suka menyantap lumut yang tumbuh menutupi permukaan daun tanaman aquascape.

Pada umumnya udang jenis ini berukuran kecil, panjang badannya hanya sekitar 2-6 cm dengan warna tubuh yang beraneka ragam. Panjang tubuh yang hanya 2-6 cm membuat capitnya juga berukuran kecil. Ukuran badan yang kecil tersebut membuat shrimp cenderung tidak merusak tanaman yang berada dalam aquarium. Bahkan udang tersebut sangat berjasa dalam membersihkan sisa pakan dan kotoran yang berada didasar aquarium sehingga kualitas air dalam aquarium tetap terjaga. Lumut yang tumbuh dipermukaan daun tanaman aquascape kita akan disantap oleh udang-udang hias tersebut sehingga permukaaan daun akan terlihat bersih dari lumut. Berikut beberapa jenis shrimp yang dapat anda koleksi :

1.           Red Crystal ( Caridina cantonensis sp )

Udang hias Kristal merah ini disebut juga Red Bee Shrimp atau Crystal shrimp. Udang Red Crystal memiliki ukuran sekitar 2-5 cm. Udang jenis ini merupakan salah satu udang hias yang paling populer yang dapat menjadi pilihan anda dalam mengisi aquarium dirumah anda. Udang ini mempunyai corak merah putih seperti bendera Indonesia. Udang Red Crystal dijual dengan harga sekitar 5000-10.000 rupiah/ekor.

Image Red Crystal Shrimp sumber : www.Google.com

2.           Bamboo Shrimp ( Atyopsis moluccensis )

Nama udang ini didapatkan dari bentuk tubuhnya yang menyerupai tanaman bamboo. Udang jenis ini dapat kita temukan di Sri Langka, Okinawa, Malaysia dan Thailand. Udang ini juga sering dijuluki sebagai Singapore wood shrimp. Udang ini memiliki capit seperti kipas. Udang ini memiliki ukuran 2-3 inci dengan masa hidup sekitar 1-2 tahun. Bamboo shrimp berfungsi untuk menangkap plankton, rotifer, dan paramecium.

Image Bamboo shrimp sumber : www.Google.com

3.           Yamato Japonica Shrimp (Caridina multidentata)

Udang yang berasal dari Jepang ini masuk dalam keluarga Atyidae. Ada beberapa nama yang sering disebutkan untuk udang ini yaitu udang Yamato, udang Amano, dan udang ganggang. Nama Amano berasal dari nama salah seorang aquascaper terkenal dari Jepang bernama Takeshi Amano yang memperkenalkan udang jenis ini kepada para penghobi aquascape. Selain makan alga udang Amano juga memakan detritus dari tanaman mati dan membersihkan sisa-sisa makanan fauna yang lain. Berkembang biak dengan baik dalam air dengan suhu 24-26 0 C. Udang hias Yamano/Amano dijual dengan harga sekitar 1500-7500 rupiah/ekor  tergantung warna dan jenisnya.

Image Yamato Shrimp sumber : www.Google.com

4.           Green Shrimp ( Neocaridina davidi var green )

Udang ini sesuai namanya berwarna hijau seperti giok, udang ini dapat tersamarkan jika berada diantara tanaman hijau. Udang ini sangat cocok bagi pemula karena pemeliharaannya relatif mudah. Panjang badannya sekitar 2,5 cm. Hidup sehat dan berkembang biak secara baik dalam air bersuhu 20-240C. Harga jual Green Shrimp sekitar 2500-5000 rupiah/ekor.


Image Green Shrimp sumber : www.Google.com

5.           Tiger Shrimp ( Caridina )

Udang hias ini dinamakan Tiger karena corak badannya yang memiliki totol-totol hitam menyerupai badan seekor macan. Warna dasar tubuh udang tiger transparan. Ada banyak variasi warna pada jenis udang ini antara lain Orange Tiger shrimp, Black Tiger Shrimp, Blue Tiger shrimp. Variasi warna yang kontras dengan warna tanaman pada aquascape akan menambah kesan semarak didalam aquarium anda. Udang hias Tiger Shrimp dijual dengan harga sekitar 10.000-25.000 rupiah/ekor.

image Tiger Shrimp sumber : www.Google.com

6.           Red Cheery Shrimp ( Neocaridina davidi  var red )

Udang hias ini berukuran 2,5-4 cm. Warna tubuhnya mirip dengan buah cherry berwarna merah terang. Red cherry gemar menyantap lumut. Udang ini berkembang biak pesat dalam air bersuhu 240C. Namun udang ini masih bisa hidup sehat dalam air bersuhu 280C. Jenis udang ini juga tidak menolak disuguhi pellet. Udang Red Cherry dijual dengan harga sekitar 1000-2500 rupiah/ekor.

Image Red Cheery Shrimp sumber : www.Google.com

7.          Bumble Bee Shrimp ( Caridina trifasciata )

Bumble Bee nama yang sama pada tokoh dalam film Transformers, namun yang satu hidup dalam aquarium. Warnanya pun agak berbeda. Bumblee pada air asin memiliki corak kuning mirip dengan Bumblee Bee pada film Transformers sedangkan Bumblee Bee pada aquarium sedikit berbeda. Ukuran dewasa udang ini sekitar 2,5-3 cm dengan pH sekitar 6,5-7,2. Suhu ideal untuk udang ini sekitar 200-250C. Bumble Bee shrimp dijual dengan harga sekitar 6.000-10.000 rupiah/ekor.

Image Bumbleebee Shrimp sumber  : www.Google.com

8.           Yellow Shrimp (Neocaridinia davidi var Yellow)

Udang cantik berwarna kuning cerah ini berasal dari Taiwan. Udang ini mempunyai daya tahan hidup dan dapat beradaptasi dengan baik. Suhu air yang sesuai untuk perkembangan udang Yellow Shrimp berkisar   200C-290C dengan pH 6,2-8. Yellow Shrimp dijual dengan harga sekitar 1500-5000 rupiah/ekor.

Image Yellow Shrimp sumber : www.Google.com

Udang hias dengan warna-warni yang beraneka ragam tentunya akan mempercantik tampilan aquarium dan taman aquascape dirumah anda. Memandangi kombinasi udang hias, ikan, taman aquascape  serta lampu-lampu aquarium yang cantik tentunya akan menghilangkan penat anda setelah seharian bekerja.