Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing pantai pasir berburu ikan pari dan Gato

Pantai, Matahari, Malam, Musim Panas, Laut, Liburan

Pantai pasir tentunya tempat yang menarik untuk berekreasi bersama keluarga, kerabat, dan teman.Ada banyak aktivitas yang dapat kita lakukan dipantai seperti berenang, bermain pasir, volli pantai, bermain bola, bermain layangan, dan tentu saja kita juga dapat memancing di pantai pasir. Pantai pasir baik yang berwarna hitam, putih, bahkan warna unik lainnya tersebar diseluruh pantai di dunia. Sebagian tubuh pemancing biasanya masuk kedalam air saat memancing di pantai pasir karena cara mancing ini dilakukan di zona surfing maka mancing cara ini disebut juga surfcasting atau mancing pantai pasir.

Memancing di pantai harus waspada karena memancing cara ini dapat membahayakan pemancing jika tidak berhati-hati, pemancing dapat terseret arus ombak. Pasir pantai merupakan medium yang dinamis, tidak solid, dan mudah bergerak jadi sebaiknya kita jangan terlalu jauh masuk kedalam laut. Joran berukuran 4-6 meter dan senar sepanjang 100-200 meter  sudah dapat menjangkau lubuk dan sebaiknya menggunakan timah yang agak berat.

Petir kala musim penghujan harus juga diwaspadai para pemancing pantai pasir. Pemancing dengan joran panjang dapat menjadi target sambaran petir apalagi saat itu kita berada  di lokasi terbuka. Joran dari bahan karbon merupakan penghantar listrik yang baik, Bila sudah gerimis atau jika ada awan gelap sebaiknya kita berhenti memancing atau mencari tempat aman untuk berlindung. Terkadang para pemancing terlalu memaksakan keadaan apalagi saat ikan lagi ganas memakan umpan sehingga kita lengah dengan kondisi alam yang tidak bersahabat.

Jenis ikan di pantai pasir tidak sebanyak ikan laut yang hidup di daerah terumbu karang dan ukurannya juga relative lebih kecil hal ini disebabkan pantai pasir memiliki ekosistem yang kurang mendukung pertumbuhan ikan berbeda dengan ikan yang hidup didaerah terumbu karang yang menyediakan suplai makanan yang berlimpah dan dapat menjadi tempat persembunyian dari serangan predator.

Jenis-jenis ikan yang dapat kita jumpai di pantai pasir mempunyai ciri- ciri khas sebagai berikut :

1.          Merupakan jenis ikan yang berada di pantai saat air sedang pasang atau surut dengan kata lain ikan tersebut tidak permanen berada di lingkungan pantai pasir.

2.        Ikan-ikan yang hidup di pantai pasir pada umumnya mempunyai mulut yang menghadap kebawah, contohnya ikan pari, gatho, dan surung. Gato dan ikan pari pada umumnya merupakan jenis ikan terbesar yang dapat kita peroleh apabila memancing di pantai pasir. Bentuk ikan Gato mirip ikan GT tetapi jidatnya lebih melengkung sehingga seperti Bawal Laut. 

3.                 Mempunyai bentuk tubuh pipih, misalnya ikan bawal laut  dan berbagai jenis ikan petek. Serta ikan yang mampu membenamkan dirinya di dalam pasir, seperti ikan pari.

4.                Ikan – ikan pelagis adalah ikan yang hidup dipermukaan laut sampai kolom perairan laut dan membentuk gerombolan dalam melakukan migrasi. Terbagi menjadi dua kelompok pelagis. Pelagis kecil  (Teri, tembang, lemuru, selar, kembung, dll ) dan pelagis besar  ( Kelompok tuna, cakalang, marlin dan tenggiri ).

        

5.                Ikan yang sering berada di dasar contohnya ikan talang-talang, salem dan bandeng laut. 

6.                Ikan yang mempunyai sungut juga sering terlihat berada di pantai pasir, contohnya ikan jenggot, ikan biji nangka dan kuniran.