Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Honda dan Sejuta Inspirasi

Sepeda Motor, Honda, Retro, Kendaraan

       Hampir semua pengguna otomotif mengenal satu merk motor ternama yaitu Honda, kendaraan yang dikenal hemat bahan bakar dan awet. Begitu banyak produk yang telah dikeluarkan oleh pabrikan motor Honda dan mungkin salah satu dari pembaca memakai dan menjadi penggemar merek motor Honda. Honda bukan saja merk motor yang mendunia tetapi nama pendiri dari pabrik motor Honda, yang telah menginspirasi jutaan manusia dengan kegigihan dan kerja kerasnya yang sekarang dapat kita nikmati lewat buah pemikirannya yang brilian.

          Soichiro Honda ( Shacho San ) lahir pada Tanggal 12 November 1906 – Meninggal 5 Agustus 1991 pada umur 84 tahun setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo akibat penyakit Lever. Meninggalkan istrinya, Sachi dan seorang anak laki-laki serta dua anak perempuan.

Beliau lahir di Iwatagun    ( kini Tenrryu City ) yang terpencil di Shizouka Prefektur. Daerah Chubu di antara Tokyo, Kyoto, dan Nara di Pulau Honshu yang awalnya penuh dengan tanaman teh yang disela-selanya ditanami tanaman arbei. Namun kini daerah kelahiran Honda tersebut sudah ditelan Hamamatsu, kota terbesar di provinsi itu.

          Ayah Honda bernama Gihei Honda seorang tukang besi yang beralih profesi menjadi pengusaha bengkel sepeda, Ibunya bernama Mika. Soichiro Honda adalah anak sulung dari 9 bersaudara, namun hanya empat yang mencapai umur dewasa. Yang lain meninggal semasa kanak-kanak akibat kekurangan obat dan lingkungan yang kumuh.

          Sejak kecil Honda sangat tergila-gila dengan semua yang berhubungan dengan mesin. Ayahnya memiliki majalah The World of Wheels yang dibaca Honda dengan penuh antusias. Semasa hidupnya Honda memegang hak paten atas 100 lebih penemuan pribadi. Penemuan pertamanya yaitu teknik pembuatan jari-jari motor dari logam.

          Honda Motor Company,Ltd adalah produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter, kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan, dan peralatan taman bahkan Robot ASIMO merupakan bagian dari program penelitian dan pengembangan robotika Honda. Program ini dimulai pada tahun 1986 dengan Honda E0 yang kemudian dilanjutkan dengan Honda Seri E dan Honda Seri P. ASIMO mempunyai bobot 54 kilogram dan tinggi 130 cm, bentuknya seperti astronaut yang mengenakan tas punggung. ASIMO dapat berjalan seperti manusia dengan kecepatan sampai 6 km/jam. ASIMO adalah satu-satunya robot humanoid yang dapat naik dan turun tangga sendiri.

          Honda juga membuat pesawat dengan produk HA-420 HondaJet melalui salah satu divisinya yaitu Honda Aircraft Company. Pesawat ini dapat memuat 5 penumpang dengan satu pilot. Sistem computer Synthetic Vision Technology yang dapat menampilkan citra lingkungan sekitar pesawat di layar utama kokpit (multi function display). Layar dapat menampilkan kontur permukaan bumi (topografi) dalam model tiga dimensi (3D) lengkap dengan informasi-informasi utama penerbangan (primary flight display/PFD) yang dibutuhkan pilot seperti altitude (ketinggian), airspeed (kecepatan di udara). Kursinya dibuat dua berhadapan, masih ada satu kursi tambahan antara kokpit dan kabin. Kursi opsional dapat digunakan pramugari atau penumpang tambahan. Menurut informasi pesawat ini dibanderol mulai dari harga 60 milyar rupiah.


          Honda Motor Company,Ltd didirikan pada 24 September 1948, Honda merupakan produsen terbesar di dunia sejak 1959 dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit setiap tahunnya.

Sepeda Motor Honda

·               Honda D-Type

Honda D-Type merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Honda. Motor ini dikenal dengan sebagai Type D atau Model D yang merupakan singkatan dari kata Dream (mimpi) yang diproduksi dari tahun 1949 – 1951. Mesin berkapasitas 98 cc, tenaga 3 hp, Transmisi 2 kecepatan semi automatic, berat 80 kg, kapasitas bahan bakar 7 liter.

·              Honda juno K-Type

Honda Juno merupakan skuter yang diproduksi dalam dua versi Seri K pada tahun 1954 ( Juno K, Juno KA, Juno KB ) dan seri M pada tahun 1962 ( Juno M80, Juno M85 ). Kapasitas mesin 189 – 220 cc. top speed 70 km/jam, berat 170 kg ( Juno K ), 195 kg ( Juno KA ), 160 kg ( Juno KB ).

          Sepeda motor yang pertama kali dibuat oleh Honda untuk pasar Indonesia adalah motor Honda type S90Z yang memiliki mesin 4 tak dengan kapasitas 90 cc. Pada saat itu jumlah produksi Honda di tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun jumlah terus melonjak menjadi 30 ribu dan terus bertambah hingga saat ini mencapai puluhan juta unit.

1.           Honda S90 (1964-1969)

Honda Sport 90 memeliki mesin berpendingin udara, transmisi empat kecepatan, bahan bakar bensin (7 liter), panjang 1,89 m  ( 6 kaki 2 inci ), lebar 0,65 m ( 2 kaki 2 inci ), dan tinggi 0,98 m ( 3 kaki 3 inci ), mesin kapasitas 90 cc.

2.           Honda Benly S 110 (1973-1977)

Generesi setelah S90 dan S90Z adalah Honda Benly S110 yang didatangkan langsung secara built up dari Jepang. Motor ini memiliki mesin berkapasitas 100 cc.

Sepeda motor yang pernah diproduksi oleh Honda :

·               Honda Beat

Honda Beat merupakan skuter otomatis produksi dari Astra Honda Motor Indonesia. Skuter yang diluncurkan pada tahun 2008 guna mengantisipasi semakin populernya skuter dipasar sepeda motor Indonesia, dan siap bersaing dengan Yamaha Mio, Yamaha Nouvo, Suzuki Spin dan skuter matik lainnya.

·              Honda CB

Honda CB110R, Honda CB150R, Honda CBR 650F, Honda CBR 1000RR, Honda CBR 1100XX, Honda CBR 150R, Honda CBR 250R, Honda CBR 250RR, Honda CBR 600RR, Honda CBR650F, Honda CBR 900 RR.

·              Honda Fury

Honda Fury merupakan sepeda motor chooper yang diproduksi sejak tahun tahun 2009 oleh Honda. Honda Fury memiliki kapasitas mesin 1312 cc 6 katup, berat 300-308 kg, kapasitas bahan bakar 12,87 liter. Honda Fury tidak hanya di jual di Amerika Utara tetapi secara internasional walau di beberapa negara, Honda menghilangkan nama Fury dan memasarkan dengan nama Honda VT 1300CX. Honda Fury bukan motor modifikasi atau custom tetapi motor ini memang memiliki desain unik yang mirip motor modifikasi.

·              Honda Gold Wing

Honda Gold Wing merupakan motor touring yang diproduksi oleh Honda dan diperkenalkan di Cologne Motorcycle Show pada bulan Oktober 1974. Model yang paling populer di Amerika Utara, Eropa Barat, Australia, dan Jepang. Total Penjualan lebih dari 640.000 unit. Kapasitas mesin 832 cc, berpendingin air flat-six, SOHC, 2 katub per slinder dengan PGM-FI. Sekilas motor ini mirip dengan motor patroli polisi.

·              Honda Africa Twin

Honda Africa Twin diproduksi sejak tahun 1989 – 2003 merupakan pengganti Honda CRF 1000, berkapasitas mesin 742 cc, 5 percepatan manual dan dirancang untuk menerjang segala medan jalanan baik gurun pasir, medan berlumpur, ataupun medan berat lainnya. Honda Africa twin generasi kedua telah menjuarai kejuaraan reli Dakar sebanyak empat kali.

·              Honda PCX

Honda PCX terdiri atas beberapa varian dan ditujukan untuk pasar matic kelas menegah keatas. Honda PCX memliki berat kosong sebesar 131 kg dengan kapasitas bahan bakar mencapai 8 liter. Honda PCX menghadirkan kenyamanan dengan fitur-fitur premium serta keamanan tingkat tinggi bagi pengendara. Tampilan warna solid yang mewah dan ukuran body motor yang besar dan lebar memberi kesan macho pada Motor PCX.

·              Honda RC 213 V

Honda RC213V merupakan motor buatan Honda yang khusus dirancang dan dikembangkan untuk mengikuti ajang balap resmi kelas dunia, seperti Moto Grand Prix ( Moto GP ).  RC ( Race Code)  milik Honda dan singkatan dari Racing atau motor balap. 21 adalah sepeda motor balap buatan Honda di abad ke 21. 3 adalah generasi ketiga dari motor balap sebelumnya. V merupakan jenis konfigurasi mesin yang diterapkan di motor RC213V yang persis berbentuk huruf V. Kesimpulannya adalah Honda RC213V adalah motor balap generasi ketiga pada abad ke 21 yang dikembangkan oleh Honda dengan mesin berbentuk huruf V.

·              Honda Spacy

Honda Spacy diluncurkan oleh Astra Honda Motor pada tahun 2011 guna mengantisipasi Yamaha Xeon, Suzuki Spin, dan motor matik lain di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Spacy menyediakan bagasi sampai 18 liter yang bisa memuat helm full face, tuas pengunci rem, dan pengaman kunci otomatis bermagnet.

·              Honda Super Cub

Honda Super Cub merupakan motor bebek yang diproduksi pada tahun 1958 . Berbobot 56 – 90 kg dan memilki kapasitas mesin 49-124 cc, transmisi 3 atau 4 kecepatan. Varian Honda Super Cub;  C100, C 102, C65, CM 90, CM91, C110, C50, C70, C90, Passport EX 5, Dream 100, EX% Dream, C100EX, Super Cub 50, Super Cub 110. Pada tahun 2014 tercatat sudah lebih dari 87 juta unit diproduksi oleh Honda di seluruh dunia, dan menjadikan Honda Super Cub menjadi sepeda motor paling banyak diproduksi dalam sejarah.

·              Honda Tiger

Honda Tiger mulai diproduksi pada tahun 2002 dan terus berkembang menjadi beberapa generasi, Honda Tiger 2000,  Honda Tiger Revolution Cruiser, Honda Tiger New Revolution Cruiser, Honda Tiger 2010, Honda Tiger 2012. Top Speed 120 km / jam, berat 123 kg, Kapasitas tangki 13 liter, dan komsumsi bahan bakar 40 km/ liter.


·            Honda Motocompo

Honda Motocompo merupakan skuter mungil yang dipasarkan Honda pada tahun 1981-1983. Motocompo dibuat agar bisa diangkut dibagasi mobil, Motocompo memiliki dimensi panjang 1185 mm, lebar 535 mm, dan tinggi 910 mm dan berbobot 42 kg. Motocompo hanya memiliki kapasitas 49 cc dan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Desain yang unik pada setang dan jok yang dapat dilipat membuat motor Motocompo seperti boks perkakas.

·              Honda Revo

Honda Revo mulai dipasarkan sejak tahun 2007. Memiliki mesin 100 cc, 2 katup dan 4 percepatan, Rem depan cakram dan rem belakang tromol. Honda Revo diluncurkan untuk bersaing dengan Yamaha Vega-R, Suzuki Shogun dan Suzuki Smash.

·              Honda Scoopy

Honda Scoopy diluncurkan pada tahun 2010 untuk bersaing dengan Yamaha Xeon, Suzuki Spin, Suzuki Hayate, dan Yamaha Fino. Honda coopy memiliki tampilan unik mirip dengan vespa tetapi lebih modis. Scoopy berkapasitas mesin 110 cc, Transmisi Centrifugal, berat kosong 96 kg, dan kapasitas bahan bakar 3,7 liter.

·              Honda Sonic 150R

Honda Sonic 150R merupakan sepeda motor bebek sport dengan kapasitas mesin 150 cc yang diluncurkan pada bulan Agustus 2015 oleh Astra Honda Motor Indonesia. Sonic 150 R berkapasitas mesin 149 cc  dengan daya maksimum 15,78 hp dan menggunakan transmisi 6 percepatan constant mesh.

·              Honda Supra dan Honda Supra X

Honda Supra dan Supra X dproduksi sejak tahun 1997-2005 untuk pasar Asia. Nama “supra” hanya digunakan di Indonesia sedangkan dinegara Asia lain dikenal dengan nama Honda Wave (wilayah Asean), Honda Dream (Jepang, China, dan Korea ) atau Honda Future ( India dan Asia Selatan ).

·              Honda Vario

Honda Vario mulai diproduksi di Indonesia sejak tahun 2006, di Thailand di kenal dengan nama Honda Click. Kapasitas mesin 108 cc, berat 99,3 kg, dan kapasitas tangki bahan bakar 3,6 liter.

·              Honda Verza 150

Honda Verza 150 atau Honda GL15B1DF merupakan generasi penerus Honda GL-Pro tetapi memiliki kesamaa desain dengan Honda CB 150R street fire yang dapat dilihat pada desain dan model lampu. Honda Versa 150 berkapasitas mesin 150 cc dengan berat kosong 129 kg, daya maksimum 9,72 kw, kapasitas tangki bahan bakar 12,2 liter.


    Julukan sebagai “Raja Jalanan” memang pantas disematkan pada sepeda Motor Honda, setiap sudut jalan raya kita pasti dapat menemukan berbagai macam varian dari sepeda motor dengan merek “HONDA”. Wajar setelah 72 Tahun berkiprah total jumlah kendaraaan yang telah diproduksi oleh Honda mencapai lebih dari 400 juta unit .