Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VIRUS CORONA VERSUS JAHE


Masa pandemi virus corona di Indonesia menyebabkan pemerintah mengambil kebijakan untuk merumahkan sementara Masyarakat Indonesia. Mengingat jumlah Kasus virus corona yang semakin bertambah dan belum ditemukannya vaksin untuk mengatasi virus corona. Lewat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dilakukan pemerintah (PSBB) mewajibkan masyarakat yang tidak berkepentingan umum agar tinggal dirumah untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona. Kita melihat, membaca, dan mendengar dari berbagai sumber berita tentang bagaimana virus ini menyerang hampir semua sendi-sendi kehidupan diseluruh dunia. Dampak virus corona tidak hanya dibidang medis saja tapi menyebar kesektor-sektor lain baik itu ekonomi, pariwisata, pendidikan,dll. Korban mulai berjatuhan di berbagai Negara . Data-data korban meninggal semakin membuat kita harus semakin meningkatkan kewaspaadaan kita akan virus ini, Amerika Serikat sebagai Negara adikuasa memiliki peringkat pertama kasus corona terbesar, yaitu sebanyak 2.044.953 kasus ,diikuti Brasil 742.048 kasus, Rusia 485.253 dan Indonesia sendiri ada 34.316 kasus. Total  kasus  Covid-19 di seluruh dunia terkonfirmasi sebanyak 7,3 juta jiwa dan jumlah tersebut masih terus bertambah mengingat belum ditemukannya vaksin yang betul-betul manjur untuk kasus Covid-19. Pola hidup sehat harus semakin  diterapkan,lingkungan tempat tinggal kita harus dibersihkan semaksimal mungkin, serta daya tahan tubuh kita harus kuat untuk dapat menjadi benteng yang kokoh dalam menangkal virus corona. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita,berbagai cara ditempuh masyarakat baik itu dengan berolahraga, meditasi, mengkomsumsi vitamin, istirahat yang cukup serta memanfaatkan dan mengolah bahan-bahan herbal yang tersedia di alam. Sejak kasus virus corona merebak di Indonesia jumlah permintaan masyarakat terhadap bahan-bahan rempah alami semakin mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satu bahan herbal yang cukup mendapat perhatian yaitu JAHE. Di Indonesia ada 3 jenis jahe yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari:


1.                Jahe Gajah / Jahe Putih.

Jahe gajah ini memiliki ciri warna daging berwarna putih kekuningan dan memiliki ukuran rimpang yang besar dan gemuk. Jahe ini memiliki ukuran rimpang paling besar dibanding dua jenis jahe lainnya. Minyak atsiri yang terkandung dalam rimpang jahe ini paling rendah hanya sebesar 0,18-1,66 % dari berat kering, rasa dan aromanya tidak sepedas jahe emprit dan jahe merah.

Jahe Putih


2.                Jahe Emprit

Jahe emprit ini sering kita jumpa dipasar-pasar tradisional atau modern, jahe ini dapat kita kenali dari bentuknya yang kecil dan sedikit pipih. Aroma jahe emprit tidak terlalu tajam tapi memiliki rasa yang pedas. Kandungan minyak atsiri jahe emprit sebesar 1,7-8 % berat kering. Jadi kadar/tingkat pedas jahe emprit diatas jahe gajah.

 

Jahe Emprit


3.                Jahe Merah

Jahe Merah merupakan jahe yang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan minyak jahe dan minuman kesehatan. Jahe ini memiliki ciri khas yaitu rimpangnya yang berwarna kemerahan, mempunyai aroma yang tajam dan tingkat rasa pedas yang lebih tinggi dari jenis jahe gajah dan emprit. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah sekitar 2,58-9 % dari berat kering.

Jahe Merah


Menurut penelitian dalam 1 sendok makan jahe terdapat zat-zat sebagai berikut; Kalori 4,8, Karbohidrat 1,07 gram, serat makanan 0,12 g, Protein 0,11 g, Lemak 0,05 g, Gula 1 g, Vitamin B3 dan B6, Zat Besi, Kalium, Vitamin C, Magnesium, Fosfor, Seng, Folat, Riboflavin, Niasin.

Manfaat yang dapat kita peroleh bila mengkomsumsi jahe secara rutin:

1. Mengatasi radang sendi dan rematik

2. Sebagai anti-inflamasi dan anti oksidan

3. Meningkatkan system kekebalan tubuh dan Imunitas tubuh

4. Mencegah penyakit kanker dan tumor

5. Meredakan flu,batuk dan asma

6. Meredakan Nyeri haid 

7.  Menurunkan gluokosa darah dan kolestrol

8.  Menangkal infeksi bakteri dan virus

9.   Meredakan Morning Sickness

10.Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki pola tidur

11.Meningkatkan stamina pria dan sejumlah manfaat lainnya.

   Dengan begitu banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dengan rutin mengkomsumsi jahe, sebaiknya kita mulai dari sekarang memulai memilih jahe sebagai minuman kesehatan dalam menangkal virus corona. Seperti kata pepatah   “ lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Banyak cara mengkomsumsi jahe dengan lebih praktis seperti yang penulis lakukan kala santai dan menemani waktu menulis artikel. Ini salah satu contoh jahe merah instan praktis yang penulis komsumsi.

Jahe Merah Instan

       Semoga pandemi virus corona cepat berakhir sehingga kita dapat beraktivitas dengan normal seperti dahulu kala, dan semoga kita semua selalu dalam perlindungan-NYA, Amin.