Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pancing dan Perlengkapannya

                                                            
Lanskap, Matahari Terbenam, Alam, Langit
     

      Memancing adalah salah satu hobi yang banyak digemari oleh masyarakat, baik orang dewasa, anak-anak, remaja, bahkan kaum wanita ada yang menyukai hobi ini. Memancing juga dapat menjadi sarana rekreasi keluarga yang menyenangkan. Hobi yang satu ini kadang membuat para mancing mania melupakan waktu yang terasa berjalan begitu cepat apalagi disaat ikan-ikan di spot mancing lagi menggila. Untuk kalangan yang tidak menyukai memancing, hobi ini kadang kala dianggap membuang-buang waktu dan biaya. Banyak tempat yang bisa dijadikan spot untuk memancing, baik itu disungai, waduk, empang, dan mancing dilaut lepas. Untuk memancing kita perlu peralatan mancing yang dapat kita buat sendiri atau dengan cara membeli di toko-toko peralatan mancing dan toko online khusus kebutuhan mancing. Ada baiknya kita mengenal peralatan apa saja yang dibutuhkan buat memancing.

1.       Tongkat Pancing / Joran

Joran saat ini sangat beraneka ragam ukuran dan bahannya. Masyarakat yang tinggal di pedesaan kadang masih menggunakan bambu atau batang pohon nipah sebagai joran. Bagian joran terdiri dari pangkal joran, pegangan gulungan  ( real    set ) , cincin senar, dan ujung joran. Bahan pembuat joran ada berbagai macam, dahulu joran terbuat dari bahan fiberglass, bahan ini mempunyai tingkat kelenturan yang baik Cuma sayangnya berat dan mempunyai daya angkat kurang baik. Saat ini joran dibuat berbahan grafit, karbon dan Kevlar. Bahan-bahan tersebut memiliki kelebihan dari bahan fiberglass, meskipun harganya lebih mahal.

Macam-macam model joran berdasarkan fungsinya:

a.            Joran Spinning

Joran spnnning pada umumnya terbuat dari bahan grafit, karbon, atau fiberglaas dan pegangannya terbuat dari karet busa. Panjang joran ini sekitar 1,5 – 2,6 m. Joran jenis ini bisa diterapkan pada mancing dasar, popping, casting, di kolam atau sungai.

Joran Spinning

Sumber : www. shopee.co.id

b.       Joran Tonda

Joran trolling ( trolling rod ) ini biasanya khusus memancing ikan-ikan besar. Panjang joran ini sekitar 1,5-2 meter dan memiliki diameter batang relatif besar. Joran ini biasanya dibuat tanpa sambungan dan harganya lumayan mahal.

 

Joran Tonda

Sumber : www. lintaspulauseribu.com

c.       Joran Jigging

Joran ini dipakai untuk memancing menggunakan cara jigging ( umpan buatan yang terbuat logam ). Mancing cara ini cukup menguras tenaga, sensasi strikenya membuat banyak pemancing ketagihan. Joran ini berukuran 1,8- 2,4 m dan posisi gulungannnya berada dibawah.

Joran Jigging

Sumber : www.shopee.co.id

d.       Joran Mancing Dasar

Joran ini memiliki bentuk yang mirip dengan joran jigging tapi yang membedakannya adalah dari segi kelenturan. Joran jigging lebih lentur daripada joran mancing dasar ( bottom fishing rod ).

Joran Bottom Fishing Rod

Sumber : www.sahabatmancing.com

e.                 Joran Tegek

Joran ini mempunyai ciri khas yaitu ukurannya yang panjang. Panjang joran tegek minimal 3 meter bahkan ada yang sampai 11 meter. Joran ini biasa dipergunakan di tepi laut untuk memancing baronang atau ikan mujahir / nila di empang/sungai.

 

Joran Tegek

Sumber :www. shopee.co.id

f.                  Joran Bait Casting

Joran ini memiliki panjang sekitar 2-3 meter, mempunyai bentuk pegangan seperti gagang pistol atau tanduk.Gulungannya terletak diatas, selebihnya mirip dengan joran spinning.