Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LOVEBIRD BURUNG CINTA PENUH PESONA

        

Kalangan penggemar burung tentu tidak asing dengan burung yang satu ini, lovebird. Burung paruh bengkok yang memiliki warna yang beraneka ragam dan tingkah lakunya yang lucu membuatnya memiliki banyak penggemar. Habitat asli burung ini adalah Afrika. Nama lovebird diberikan karena burung ini selalu berpasangan dan selalu mendekati satu sama lain layaknya orang berpacaran. Ada mitos kalau salah satu burung ini mati maka pasangan yang lain akan ikut mati,seperti Romeo and Juliet. Itu tidak benar, pasangannya akan tetap hidup mandiri, cuma mungkin kesepian(lebay). Lovebird merupakan jenis burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan termasuk burung yang dapat ditangkarkan untuk menghasilkan warna dan corak baru yang semakin memikat. Hasil mutasi dari penangkaran biasanya memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jenis-jenis lovebird dibawah ini dapat menjadi panduan sebelum kita menjadikannya koleksi pribadi atau untuk tujuan komersial (penangkaran) :

1.    Lovebird kepala abu-abu / Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)

Lovebird jantan mempunyai bulu di kepala dan dada berwarna abu-abu pucat sedangkan pada betina hampir seluruh tubuhnya berwarna hijau muda. Burung jenis ini masih agak sulit untuk di kembangbiakkan.

Lovebird Agapornis Cana/Lovebird Madagaskar

 

2.    Lovebird “muka merah” (Agapornis Pullaria)

Lovebird jantan umumnya memiliki bulu tubuh berwarna hijau,muka berwarna merah,bulu dibawah sayap berwarna hitam,paruh berwarna merah orange,dan ekor berwarna hijau sedangkan lovebird betina memiliki dahi dan muka berwarna orange dan bulu dibawah sayap berwarna hijau.

Lovebird Agapornis pullaria 

3.    Lovebird “sayap hitam” / Lovebird Abinisia (Agarponis Taranta)

Lovebird jantan memiliki bulu tubuh berwarna hijau  dan terdapat warna merah dibagian dahi dan lingkaran matanya. Bulu dibawah sayap dan bulu terbang berwarna hitam sedangkan pada betina seluruh bulunya berwarna hijau.

Lovebird Agapornis Taranta

4.    Lovebird “kerah hitam” (Agapornis Swinderniana)

Bulu tubuh berwarna hijau, bulu ekor berwarna hijau,kerah hitam yang sempit dibagian tengkuknya,paruh berwarna hitam keabu-abuan,kaki berwarna kuning kehijauan sampai hitam.

Lovebird Agapornis Swinderniana / Lovebird”kerah hitam”

5.    Lovebird “muka salem” (Agapornis Roseicollis)

Bulu hijau mendominasi lovebird jenis ini kecuali bagian muka yang berwarna merah.kaki berwarna abu-abu. Jenis ini paling banyak diperdagangkan dan bersuara paling keras.

Lovebird Agapornis Roseicollis

6.    Lovebird kacamata “fischer” (Agapornis Fischeri)

Bulu tubuh berwarna hijau, pada tubuh bagian bawah berwarna kekuningan, lingkar disekitar mata berwarna putih, kaki berwarna abu-abu muda,dan paruh berwarna merah. Jenis ini termasuk yang mudah dikembangbiakkan.Warna mutasi didapatkan dari persilangan Agapornis Fischer x Agapornis Lilianae menghasilkan warna albino.

Lovebird Agapornis Fischeri

7.    Lovebird kacamata “topeng” ( Agapornis Personata )

Bulu bagian kepala berwarna hitam, bagian dada dan sekitar leher berwarna kuning, lingkar disekeliling mata berwarna putih,paruh berwarna merah dan kaki berwarna abu-abu.

Lovebird Agapornis Personata

8.    Lovebird kacamata “nyasa” ( Agapornis Lilianae )

Bulu sayap berwarna hijau, dahi dan kerongkongan berwarna merah orange,lingkar disekeliling mata berwarna putih,paruh berwarna merah tua,kaki berwarna coklat keabu-abuan.

Lovebird Agapornis Lilianae

9.    Lovebird kacamata “pipi hitam” ( Agapornis Nigrigenis )

Bulu tubuh umumnya berwarna hijau, bagian kepala disekitar muka dan pipi berwarna hitam,ekor berwarna hijau,bulu dada berwarna kuning,paruh berwarna merah tua,lingkar disekeliling mata berwarna putih,dan kaki berwarna coklat abu-abu.

Lovebird Agapornis nigrigenis

          Setelah kita mengetahui jenis-jenis lovebird tentunya kita lebih mudah menentukan pilihan. Harga lovebird sangat bervariasi mulai dari harga yang murah sekitar 300-400 ribu sepasang sampai 2,2 milliar rupiah (lovebird kusomo milik Sigit WMP Klaten). Harga yang fantastis bisa kita dapatkan setelah lovebird tersebut mempunyai reputasi memenangkan lomba dalam berbagai ajang lomba kicau burung. Selain itu bisa kita peroleh dari hasil mutasi setelah menyilangkan antar jenis lovebird sehingga didapatkan warna dan bentuk yang langka. Persilangan tanpa sengaja dan disengaja menghasilkan warna baru yang sangat indah dipandang (mutasi) membuat lovebird semakin digemari dan mendapat tempat dikalangan penggemar lovebird. Berikut beberapa hasil mutasi lovebird:

 

Lovebird Mutasi