Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Leang Leang Taman Batu Prasejarah

LEANG LEANG

TAMAN BATU PRASEJARAH

Tempat Wisata Leang Leang Maros - YouTube

Leang-Leang adalah sebuah kelurahan yang berada di wilayah kacamatan Bantimurung kabupaten Maros provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kata Leang dalam bahasa Makassar bermakna “gua”. Jadi Leang-Leang adalah kawasan yang memiliki banyak gua, wilayah ini memiliki 286 gua dengan lebih dari 30 gua prasejarah. Kelurahan Leang-Leang memiliki luas wilayah 10,70 Km2 dan jumlah penduduk sebanyak 2.347 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk sebanyak 219,35 jiwa/Km2 pada tahun 2017.

Kelurahan Leang-Leang khususnya lingkungan Leang-Leang sebagian termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung dimana terdapat pegunungan karst yang sudah berumur ribuan tahun dan terbesar kedua didunia setelah Guangzhou Tiongkok, meliputi area seluas 43.750 hektar.

Jarak dari Kota Makassar menuju ke Leang-Leang via tol Insinyur Sutami memakan waktu 1,5 jam atau sekitar 55 Km. Sedangkan dari Kota Maros hanya berjarak 15 Km atau 30 menit perjalanan. Setelah memasuki kota Maros kita mengambil arah kanan menuju Poros Bone atau ke arah Bantimurung. Sebelum mencapai Bantimurung kita akan berbelok kearah kiri melewati jembatan menuju kearah Leang-Leang, kita dapat melihat gerbang menuju Leang-Leang dari jalan poros Bantimurung.

Gerbang Leang-Leang

Sumber : www.yanarebang.com

Setelah memasuki gerbang Leang-Leang kita akan menempuh waktu sekitar 20-30 menit menuju ke Taman Prasejarah Leang-Leang. Disepanjang jalan masuk kita akan melihat jejeran sawah berlatar gugusan karst yang menjulang kokoh, beberapa goa-goa dan batu-batu besar ditengah sawah juga dapat kita jumpai. Jalan menuju kesana cukup bagus karena sudah berupa aspal.

Sumber : foto pribadi

Taman batu Leang-Leang terletak disebelah kanan jalan raya, kita dapat melihatnya dengan mudah. Setelah memarkir kendaraan ditempat parkir yang cukup luas kita menuju pos yang terletak disebelah kiri pintu masuk untuk membeli tiket masuk. Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp.5000/orang sedangkan untuk wisatawan asing Rp.10.000/orang. Di dinding pos pembelian tiket kita dapat melihat foto goa-goa yang terdapat di Taman Batu Leang-Leang.