Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Leang Leang Taman Batu Prasejarah

LEANG LEANG

TAMAN BATU PRASEJARAH

Tempat Wisata Leang Leang Maros - YouTube

Leang-Leang adalah sebuah kelurahan yang berada di wilayah kacamatan Bantimurung kabupaten Maros provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kata Leang dalam bahasa Makassar bermakna “gua”. Jadi Leang-Leang adalah kawasan yang memiliki banyak gua, wilayah ini memiliki 286 gua dengan lebih dari 30 gua prasejarah. Kelurahan Leang-Leang memiliki luas wilayah 10,70 Km2 dan jumlah penduduk sebanyak 2.347 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk sebanyak 219,35 jiwa/Km2 pada tahun 2017.

Kelurahan Leang-Leang khususnya lingkungan Leang-Leang sebagian termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung dimana terdapat pegunungan karst yang sudah berumur ribuan tahun dan terbesar kedua didunia setelah Guangzhou Tiongkok, meliputi area seluas 43.750 hektar.

Jarak dari Kota Makassar menuju ke Leang-Leang via tol Insinyur Sutami memakan waktu 1,5 jam atau sekitar 55 Km. Sedangkan dari Kota Maros hanya berjarak 15 Km atau 30 menit perjalanan. Setelah memasuki kota Maros kita mengambil arah kanan menuju Poros Bone atau ke arah Bantimurung. Sebelum mencapai Bantimurung kita akan berbelok kearah kiri melewati jembatan menuju kearah Leang-Leang, kita dapat melihat gerbang menuju Leang-Leang dari jalan poros Bantimurung.

Gerbang Leang-Leang


Setelah memasuki gerbang Leang-Leang kita akan menempuh waktu sekitar 20-30 menit menuju ke Taman Prasejarah Leang-Leang. Disepanjang jalan masuk kita akan melihat jejeran sawah berlatar gugusan karst yang menjulang kokoh, beberapa goa-goa dan batu-batu besar ditengah sawah juga dapat kita jumpai. Jalan menuju kesana cukup bagus karena sudah berupa aspal.

Sumber : foto pribadi

Taman batu Leang-Leang terletak disebelah kanan jalan raya, kita dapat melihatnya dengan mudah. Setelah memarkir kendaraan ditempat parkir yang cukup luas kita menuju pos yang terletak disebelah kiri pintu masuk untuk membeli tiket masuk. Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp.5000/orang sedangkan untuk wisatawan asing Rp.10.000/orang. Di dinding pos pembelian tiket kita dapat melihat foto goa-goa yang terdapat di Taman Batu Leang-Leang.

Gambaran Umum Goa Leang- Leang

Sumber : foto pribadi

Gambaran tempat Leang-leang


 

Tanda Selamat Datang Leang_Leang


                Kita dapat menjumpai sebuah rumah unik disebelah kiri pos tiket masuk.  Bentuknya segitiga dan modelnya tidak seperti rumah pada umumnya. Di dekatnya terdapat Toilet yang lumayan bersih bagi pengunjung.

Leang Leang


Taman Batu Leang-leang


                Menelusuri Taman Batu Prasejarah Leang-Leang membuat kita seperti hidup zaman ‘Jurassic Park’. Batu-batu besar yang seperti diatur ditaman ini makin memanjakan mata dan bagi hobi selfie disini banyak spot menarik untuk mengabadikan kenangan kita. Salah satu bagian dari batu ini berbentuk unik, Penulis memberinya nama ‘Batu Cinta / Love Stone’ bentuknya mirip dengan symbol Love. (lihat foto ini jadi seperti pacaran saja,padahal anak sudah dua, hehehe...).

Batu Cinta / Love Stone

Sumber : foto pribadi

 

Taman batu Leang Leang


                Setelah puas menikmati Taman Batu kita dapat mengunjungi Goa Batu Pettakere. Tempatnya tidak terlalu jauh apalagi perjalanan kesana kita tidak berhenti disuguhi pemandangan menarik disertai rindangnya pepohonan.

Jalan Setapak Menuju Goa


Sumber : foto pribadi

Goa Leang Pettakere


                Gambar telapak tangan dan gambar binatang didalam gua ini diperkirakan sudah berumur 5000 Tahun SM, menurut perkiraan para ahli dahulu kala tempat ini merupakan tempat tinggal manusia zaman dahulu. Warna merah pada lukisan berasal dari zat pewarna alami yang terbukti mampu bertahan selama ribuan tahun.

Goa bergambar Telapak Tangan Pettaekere


Gambar Binatang


                Setelah melihat Leang Pettakere kita dapat melanjutkan ke Leang Pettae, jaraknya juga tidak terlalu jauh sekitar 300 meter dari Leang Pettakere. Kita dapat menelusuri pinggiran sungai yang berair bening dan rindangnya pepohonan saat menuju ke Leang Pettae.

Sumber : foto pribadi

 

Papan Informasi Leang Pettae

Sumber : foto Pribadi

Goa Leang Pettae


                Di kawasan ini cuma ada dua goa yang dibuka untuk umum mengingat goa-goa yang ada disekitar tempat ini sebenarnya masih banyak tetapi belum dikelola secara maksimal mengingat untuk menempuh goa yang lain medannya cukup sulit.

Sumber : foto pribadi

Penulis menikmati Alam Leang-leang yang luar biasa.

Sumber : foto pribadi

          Taman Batu Prasejarah Leang-Leang dapat menjadi alternative wisata sambil mempelajari sejarah, melukis pemandangan alam, bersantai (lingkungan tenang), mengambil foto-foto menarik,  tempat ini juga cukup bagus untuk foto prawedding. Pengunjung diharapkan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan vandalisme (coret-coret) di dinding gua / batu agar anak cucu kita dapat melihat sisa Taman Prasejarah ini secara utuh.