Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOLEKSI BENDA-BENDA ANTIK TERMAHAL DI DUNIA

1.           1. Perangko

Perangko menurut Wikipedia adalah secarik kertas berperekat sebagai bukti telah melakukan pembayaran untuk jasa layanan pos biasanya ditempelkan pada amplop,kartu pos,atau benda pos lainnya. Tapi sepertinya generasi millennial sekarang tidak memerlukan lagi yang namanya perangko bahkan mungkin sudah tidak mengetahui apa yang dinamakan perangko dan bentuknya. Kemajuan teknologi di bidang jasa pengiriman membuat layanan memakai perangko tersingkir dari dunia pos. Perangko yang sudah tidak diproduksi lagi malah membuat benda kecil ini menjadi salah satu benda langka yang menjadi incaran para kolektor. 140 miliar lebih!!! Apaan tuh??? Harga fantastis untuk selembar kertas perangko bernama British Guiana 1856 1e Magenta yang ditebus seorang desainer sepatu bernama Stuart Witzman. Konon kabarnya perangko ini menjadi satu-satunya yang tersisa dari edisi perangko ini dan ditulis dalam bentuk latin. Penasaran bentuknya, ini dia fotonya.


Perangko Guiana 1856 1e Magenta

       Sedikit saran buat pembaca jika sedang membersihkan atau membongkar arsip-arsip lama sebaiknya jangan langsung dibakar atau dibuang barang yang tidak dipakai lagi, siapa tahu anda sedang beruntung menemukan perangko lama yang sudah langka dan bernilai tinggi.          

1.               2. Lukisan Antik

Seniman mana yang tidak mengenal nama Leonardo Da Vinci lewat Mahakarya lukisannya yang sangat terkenal di Dunia yaitu “ LUKISAN MONALISA”. Pria yang lahir pada 15 April 1452 di Anchiano,Italia dan meninggal  2 Mei 1519 di Kapel Saint-Hubert,Amboise-Perancis (1452-1519). Pada salah satu lelang di tahun 2017 lukisan Leonardo Da Vinci dengan nama Salvador Mundi terjual dengan harga sangat fantastis. 450 juta dollar atau sekitar 6,3 Triliun rupiah. Pembeli Lukisan tersebut adalah putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Menurut perkiraan lukisan tersebut telah berumur sekitar 500 Tahun.

Mohammed bin Salman &Lukisan Salvador Mundi


3.     3. Uang Kuno

Dahulu kala untuk mendapatkan sesuatu barang yang dibutuhkan kita perlu melakukan barter atau pertukaran barang (garam,kerang,cangkang binatang,hewan,dll). Tentunya hal tersebut sangat merepotkan dan belum tentu sesuai dengan nilai barang milik kita. Hal inilah yang mendorong manusia menciptakan suatu ukuran/nilai tukar barang yang dikenal dengan nama uang. Bangsa Lydia pada abad keenam menciptakan uang pertama kali dengan membuatnya dari campuran emas dan perak (electrum), Selanjutnya pada abad 560-546 sebelum masehi Croesos menciptakan uang untuk digunakan oleh bangsa Yunani,dan pada masa dinasti Tang, Ts”ai Lun menciptakan uang kertas dengan menggunakan kulit kayu murbei. Tentunya dimasa sekarang yang serba canggih kita mengenal uang dalam bentuk fisik dan non fisik (elektronik) yang sangat memudahkan kita melakukan tranksaksi. Tetapi apakah uang kuno tersebut sudah tidak mempunyai nilai lagi? Belum tentu,bahkan uang kuno langka tersebut bernilai lebih dari yang bisa kita bayangkan.mari kita tengok sejenak  uang kuno tersebut:

Liberty head nickel dilelang oleh Heritage Auctions pada tahun 2010 dengan harga 3.737.500 juta dollar ( sekitar 53 milyar rupiah), padahal nilai sebenarnya waktu itu Cuma 5 cent. Koin tersebut menjadi mahal karena setelah dikeluarkan ditarik kembali dari peredaran karena perbaikan yang ingin dilakukan oleh United Stated Mint, tapi tidak semua berhasil ditarik dipasaran diduga seorang mantan karyawan Mint,Samuel Brown menyimpan beberapa koin tersebut dan menjualnya pada beberapa kolektor. Liberty Head Nickel kadang-kadang disebut V-nickel karena desainnya terbalik (atau ekor) adalah keping amerika 5 sen.Bagian depannya menampilkan dewi liberty menghadap kekiri. 

Koin Liberty Head Nickle 1913


4.    4. Mobil Antik

Kendaraan antik menjadi bernilai tinggi karena nilai historis dan bentuknya yang unik. Mobil mewah Buggati La Voituere dinobatkan sebagai mobil termahal di dunia dengan harga 18,7 juta dollar atau sekitar 262 millyar rupiah.Apakah mobil terbaru yang mewah lebih mahal daripada mobil zaman dulu? Coba kita bandingkan dengan mobil Antik dibawah ini. Ferrari 250 GTO yang Diproduksi pada Tahun 1962-1964 dan dipersiapkan untuk balap di FIA GT3, memiliki kecepatan rata-rata 295 tenaga kuda. Mobil antik ini sekarang bernilai 38 juta dollar atau 446 milliar rupiah. Jadi pilih mana mobil mewah atau mobil antik ?

Mobil Ferrari 250 GTO

   5.  Guci Antik

         Guci antik ini ditemukan disebuah rumah sederhana,di London. Guci yang terbuat dari porselen dengan tinggi 40 cm ini dilelang dengan harga 51 juta Euro atau 621 milliar rupiah. Guci yang berasal pada abad ke 18 masa pemerintahan Kaisar Qianlong ( 25 September 1711 – 7 februari 1799 ), Putra keempat dari Kaisar YongZheng dan Kaisar Qing keempat yang memerintah Tiongkok. Guci Qianlong dibeli oleh seseorang berkebangsaan China.

Guci Qianlong