Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tanaman Pengusir Nyamuk

tanaman pengusir nyamuk

Duniahobiku.com – Apa saja tanaman pengusir nyamuk yang bisa dimanfaatkan ? Didunia terdapat sekitar 3500 spesies nyamuk. Gigitan nyamuk ini kadang hanya menimbulkan gatal-gatal tetapi ada juga yang berbahaya, bahkan sampai menimbulkan kematian. Untuk mengusir nyamuk kita dapat dapat membeli obat anti nyamuk dalam berbagai varian. Ada yang berbentuk semprot, elektrik padat, elektrik cairan (liquid), bakar kertas, one push (spray), dan obat anti nyamuk oles (lotion). Tetapi kita perlu mewaspadai dampak residu obat anti nyamuk tersebut dalam jangka panjang bagi kesehatan kita. Kandungan toksin pada obat anti nyamuk dan efek sampingnya bagi kesehatan:

1.      Diethyltoluamide ( DEET )

Kandungan zat ini bersifat korosif ( membuat besi atau logam dapat berkarat), bahan ini juga dipakai sebagai bahan insektisida (pembunuh hama). Ini biasanya terdapat pada obat nyamuk semprot. Jika terjadi kontak dengan bahan ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi kulit dan gangguan saraf.

2.      Formaldehida

Bahan ini biasanya dipakai pada obat anti nyamuk berbentuk oles (lotion). Zat ini tidak berwarna dan mudah tercampur dengan aroma yang kuat. Zat ini dapat menimbulkan iritasi kulit, meningkatkan peradangan pada sistem pernafasan,dan sebagai karsinogen (penyebab kanker).

3.      Pyrethrum

Bahan ini ditemukan pada obat nyamuk bakar dan semprot. Bahan ini dipakai sebagai insektisida kontak. Zat ini dapat menyerang sistem pernafasan mengakibatkan batuk dan meningkatkan resiko asma, dan jika terhirup dalam jangka panjang bisa menurunkan imunitas tubuh.

4.      Octachlrodipropyl Eter

Zat turunan dari eter. Zat yang terbentuk dari hasil pembakaran obat anti nyamuk diudara ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru. Bahkan menurut sebuah penelitian menyebutkan asap yang ditimbulkan dari obat nyamuk bakar sama bahayanya dengan membakar 100 batang rokok.

5.      Zat Polutan

Setiap obat anti nyamuk bakar menghasilkan asap dan abu yang lebih berbahaya dibandingkan asap kendaraan bermotor (timbal).  Membeli obat anti nyamuk berbahan kimia memang cara yang paling mudah dan praktis dalam mengatasi gangguan nyamuk,tetapi apakah tidak ada cara lain, selain cara tersebut. Sebenarnya ada cara lain yang lebih ramah lingkungan untuk mengusir nyamuk yaitu dengan menanam tanaman yang memiliki bau atau aroma yang tidak disukai oleh nyamuk atau mengambil ekstrak tanaman sebagai pengganti lotion anti nyamuk dan obat semprot. Berikut 8 Jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa anda gunakan dirumah :

1.      Lavender ( Lavandula Angustifolia )

Lavender merupakan tanaman dari daerah Turki, Yunani, Afrika, dan India. Lavender hidup di ketinggian 500 – 1300 m dpl. Minyak atsiri kualitas terbaik dari bunga lavender dihasilkan jika tanaman ini di budidayakan di tempat yang tinggi.  Kita mesti hati-hati dalam membeli bunga lavender agar kita tidak salah memilih  bunga lavender “palsu”. Lavender palsu ini hanya tanaman lain yang  bunganya berwarna ungu mirip dengan lavender. Nama latin lavender asli adalah Lavandula angustifolia sedangkan lavender palsu angelonia angustifolia. Lavender palsu ini masih perlu diuji keampuhannya dalam mengusir nyamuk.           

 

bunga lavender
Gambar bunga lavender

lavender vs angelonica
gambar lavender vs angelonica

2.      Sereh Wangi ( cymbopogon nardus )

Tanaman ini mudah tumbuh dan biasa ditanam masyarakat di halaman rumah, sering digunakan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini berasal dari India dan Srilangka. Minyak atsiri yang dihasilkan tanaman sereh wangi dikenal di pasar dunia dengan nama citronella oil. Selain menggunakan ekstrak sereh wangi, kita juga dapat menggunakan daun sereh wangi dengan cara mengosok-gosokkan daun sereh wangi ke kulit kita sebagai penangkal nyamuk.

sereh wangi

Sereh Wangi

3.      Zodia ( Evodia suaveolens )

Zodia merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Masyarakat Papua sering menggunakan dalam berbagai upacara adat. Zodia dipakai sebagai parfum penghilang bau badan. Tanaman zodia tidak memerlukan perawatan khusus dan dapat hidup lama. Zodia bisa berfungsi ganda sebagai tanaman hias dan sebagai pengusir nyamuk. Untuk mengusir nyamuk sebaiknya kita meletakkan zodia didekat jendela tempat angin masuk. Sesuaikan jumlah tanaman dengan luas ruangan yang akan ditempati tanaman zodia mengingat jika terlalu banyak tanaman dan ruangan kecil, kita sendiri akan merasa pusing akibat aroma dari daun zodia. Sebagai pembanding,kita dapat menempatkan 2 tanaman zodia ukuran kecil di ruangan berukuran 3x4 meter.

tanaman zodia

tanaman zodia

4.      Kayu Putih ( Melaleuca cajaputi )

Penghasil utama minyak kayu putih adalah Indonesia dan Vietnam.Tinggi tanaman ini dapat mencapai 30-40 m. Zat kimia yang terkandung dalam kulit pohon adalah lignin dan melaleucin, daunnya mengandung minyak atsiri cineol. Daun tanaman kayu putih dapat digunakan langsung sebagai tanaman pengusir nyamuk dengan meremas-remasnya hingga menimbulkan aroma dan di oleskan kekulit. Tetapi yang umum digunakan adalah hasil penyulingan daun tanaman kayu putih menjadi minyak kayu putih atau cajeput oil yang dioleskan ke kulit tubuh.

kayu putih

Kayu Putih

5.      Rosemary ( Rosmarinus officinalis )

Rosemary terdiri dari banyak varietas, tetapi dapat dibedakan menjadi dua tipe dasar yaitu tumbuh vertikal dan tumbuh mendatar. Rosmarinus officinalis bertumbuh keatas dan Rosmarinus prostratus tumbuh mendatar diatas tanah.           

rosemary
rosemary

Aroma daun dari rosemary mengandung zat-zat bersifat repellent ( tidak disukai serangga ). Sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan atau pekarangan rumah. Bahkan menurut penelitian tanaman ini dapat meningkatkan daya ingat, sehingga disarankan untuk menaruhnya di meja kerja atau ruang belajar.

6.      Bunga Piretrum ( Chrysanthemum cinerariaefolium )

Bunga piretrum mengandung bahan aktif insektisida bernama piretrin. Piretrin mempunyai sifat hit and run artinya zat tersebut bisa membunuh serangga dengan cepat tapi residu atau sisa racun cepat menghilang. Untuk memperoleh zat piretrin dalam bunga piretrum yaitu dengan cara mengeringkan bunga piretrum sampai kering selama 1-2 hari ( cukup diangin-anginkan ).Lalu hancurkan dengan menggunakan alat penghalus (blender) hingga berbentuk serbuk. Campurkan alkohol secukupnya secara merata, endapkan larutan tadi  selama 24 jam. Larutan yang sudah diendapkan semalaman lalu diuapkan sampai yang tersisa larutan kental yang mengandung bahan aktif piretrin. Untuk mengaplikasikannnya, kita perlu mencampurnya dengan air. 5- 15 cc dapat dicampur dengan 1 liter air. untuk meningkatkan daya larut bahan dapat ditambahkan sabun cair sebanyak 1 cc per 1 liter air. Obat semprot berbahan baku bunga piretrrum termasuk insektisida yang sangat ramah lingkungan karena aman buat manusia dan hewan peliharaan.

bunga piretrum

Bunga Piretrum

7.      Selasih ( Ocimum spp )

Selasih yang sering dikomsumsi sebagai campuran es buah lebih dikenal dengan nama basil di dunia internasional. Kata basil berasal dari bahasa Yunani yaitu basileus yang berarti raja. Tanaman ini dapat membersihkan udara dari ion negatif, bahkan dikalangan masyarakat tertentu ada yang percaya tanaman ini mempunyai kekuatan spiritual, contohnya ; membangkitkan kasih sayang, kesetiaaan dan aura kasih. Terlepas dari kepercayaan diatas kita dapat mengambil manfaat positif dari tanaman ini sebagai tanaman yang dapat membantu mengusir nyamuk dari rumah. Kandungan senyawa kimia tanaman yang mempunyai aroma daun yang harum dan khas ini terdiri dari limonene,myrcene, dan thymol. Senyawa tersebut bukan hanya dapat mengusir nyamuk tetapi lalat rumah juga tidak menyukai aroma dari daun selasih tersebut. Kita dapat menanam tanaman selasih sebagai pagar hidup atau diteras rumah kita untuk mengusir nyamuk atau meremas daunnya lalu dioleskan kekulit untuk menangkal gigitan nyamuk.

selasih

Selasih

8.      Geranium ( Pelagornium citrosa )

Geranium ini dikenal dengan nama geranium wangi. Hasil ekstrak tanaman ini disebut citronella essensial oil. Tanaman ini dapat mencapai 1 m dan berbentuk semak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan ekstrak daun tanaman ini dapat membunuh 98 % larva nyamuk.

Pelagornium citrosa

Pelagornium citrosa

Semoga artikel 8 Tanaman Pengusir Nyamuk dapat bermanfaat dan menginspirasi anda untuk memanfaatkan tanaman sebagai alternatif yang lebih aman dalam mengusir nyamuk di rumah.