Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 MOBIL TERMURAH

         

          Panas!!!  Hujan!!! Dua kata ini sering dikeluhkan para pengendara kendaraan bermotor terutama yang beroda dua. Maksud hati ingin memiliki mobil tapi apa daya harga mobil yang terlampau tinggi selama ini membuat kita harus bersabar dan terus berusaha. Tapi, tunggu dulu! Sepertinya kabar baik akan segera berhembus karena para produsen mobil mulai melirik untuk memproduksi mobil dengan harga murah. Mobil dengan harga murah ini mempunyai pasar sangat besar dan potensial mengingat pada umumnya jumlah masyarakat kalangan menengah lebih banyak dibandingkan orang-orang kaya yang ada. Mobil murah apa saja yang telah disiapkan para produsen mobil untuk siap diluncurkan, mari kita simak bersama.

1.                Bajaj RE 60

Perusahaan Multinasional bernama Bajaj Auto didirikan oleh Jamnalal Bajaj pada tahun 1945, bermarkas di Pune, India. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 10 ribu orang dan menghasilkan produksi sebanyak 6.330.000 unit. Perusahaan ini memproduksi bajaj dan sepeda motor. Salah satu karya dari perusahaan ini yaitu mobil Bajaj Qute / Bajaj RE60. Mobil ini mulai dipasarkan di India pada tahun 2017 dan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Untuk pasar Indonesia diperkirakan mobil ini dibanderol dengan harga sekitar 60 – 70 juta / unit. 

 

          Bajaj RE60 mempunyai kapasitas tempat duduk untuk 4 orang, bahan bakar menggunakan premium dan telah dilengkapi pilihan mesin dengan menggunakan bahan bakar gas. Sistem bahan bakar fuel injection dengan kecepatan maksimal 70 km/jam dan sangat irit bensin (35 km/liter). 

Tampilan Bagian Dalam bajaj Qute / RE60 

Tampilan Mesin Bajaj Qute / RE60 

2.                Renault Kwid

Renault merupakan perusahaan Multinasional yang memproduksi berbagai jenis kendaraan baik mobil dan van, bahkan dimasa lampau perusahaan ini juga memproduksi truk, traktor, bahkan tank. Perusahaan ini didirikan oleh Renault bersaudara ( Louis Renault, Marcel Renault, Femand Renault ) pada tahun 1898 dan bermarkas di Boulogne. Billancourt , Perancis. Kwid adalah mobil pertama yang  berbasis platform baru CMF-A dan dikembangkan bersama oleh Renault dan Nissan. Pertama kali diresmikan pada Tahun 2015 di India (Pabrik perakitan Renault terdapat di Chennai,India). Mobil  dengan tipe crossover ini tampil sangat sporty dengan balutan warna yang sangat dinamis. 

Renault Kwid

 Mobil ini merupakan mobil bertipe crossover merk Eropa termurah yang dijual di Indonesia. Mobil ini memiliki fitur sangat baik, dilengkapi Audio Touchscreen 7 inci dengan system navigasi, speedometer digital, dan bagasi yang cukup lapang. Memiliki transmisi manual 5 percepatan dan kapasitas tangki bensin 28 liter. Update data terbaru 2020 Mobil ini telah naik menjadi sekitar 150 jutaan / unit. 

Tampilan Dalam Renault Kwid 

Tampilan Mesin Renault Kwid 

3.                Hyundai EON

Hyundai Motor Company didirikan oleh Chung Ju-Yung pada Tahun 1967 dan berkantor pusat di Yangjae-dong, Seoul - Korea Selatan. Perusahaan yang memiliki pekerja sebanyak 80.000 orang (2011) mampu memproduksi sebanyak 1,6 juta unit kendaraan / tahun. Hyundai masuk dalam perusahaan otomotif yang mempunyai penjualan tercepat didunia. Salah satu type mobil yang ditawarkan dengan harga murah adalah Hyundai Eon. Sebagai bocoran Hyundai Eon dibanderol dengan harga 46 – 67 juta / unit di India. Kapan mobil ini menyapa peminatnya di Indonesia, kita tunggu ‘tanggal mainnya”. 

Hyundai Eon

          Mobil ini memiliki dimensi panjang 3495 mm, lebar 1550 mm, tinggi 1500 mm, mobil Hyundai Eon memiliki bobot 772 kg. Menggunakan velg 13 inci dengan ukuran ban 155 / 70 / 13. Mobil ini telah memiliki fitur Air Bag, Power Steering, kunci sentral, Power Window.

Tampilan Dalam Hyundai Eon

          Hyundai Eon menggunakan mesin tiga silinder MPF 1 dengan kapasitas 814 cc dan menghasilkan tenaga sebesar 56 PS pada putaran 5500 rpm. Mobil ini memakai system Rem ABS ( anti lock break system ). 

Tampilan Mesin Hyundai Eon

4.                Suzuki Alto 800

Suzuki  Motor  Corporation  didirikan pada Tahun 1909 oleh Michio Suzuki. Perusahaan ini mempekerjakan 14.266 orang (2009) dan berkantor pusat di Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, Jepang. Perusahaan ini merupakan industri otomotif yang menghasilkan produk berupa mobil, sepeda motor, ATV, dan mesin. Salah satu produk inovatif yang diluncurkan Suzuki Motor Corporation adalah Suzuki Alto 800. Mobil ini telah dipasarkan di India dengan harga kisaran 60-80 juta / unit, tetapi kapan masuk ke Indonesia masih menjadi misteri. 

Suzuki Alto 800

          Mobil Suzuki Alto 800 memiliki dimensi panjang 3445 mm, lebar 1490 mm, dan tinggi 1475 mm. Kapasitas tangki bahan bakar 35 liter dan memakai ban ukuran 145 / 80R 12. Jarak tempuh dapat mencapai 22 km / liter. Child safety lock, sun visor (driver only), Fuel Gauge Digital,dll. Kapasitas penumpang 5 Seater.

 

Tampilan Dalam Suzuki Alto 800

Mesin mobil berkapasitas 796 cc menggunakan injection sebagai system bahan bakar, Power Maksimum 48 Hp / 6000 rpm, Torsi Maksimum 69 Nm / 3500 rpm. 

Mesin Suzuki Alto

5.                Daihatsu Ayla

Daihatsu Motor Co.Ltd didirikan pada tanggal 1 Maret 1951. Pendirinya terdiri dari beberapa orang yaitu Saneyasu Oka, Yoshiaki Yasunaga, Seishiro Tsurumi, Masashi Kuwabara, Zenjiro Takeuchi. Daihatsu merupakan perusahaan mobil Jepang tertua dan berkantor pusat di Ikeda, Prefektur Osaka. Produk buatan Daihatsu sudah lama menjajal jalan di Indonesia, tetapi produk yang paling menjangkau kalangan menengah adalah Daihatsu Ayla. Daihatsu Ayla dipasarkan dengan harga 101-150 juta / unit sesuai dengan type masing-masing. 

Daihatsu Ayla

          Daihatsu Ayla memiliki Panjang 3640 mm, Lebar 1600 mm, Tinggi 1520 mm. Mobil ini mempunyai bobot 770 kg. Ukuran ban 155 / 80 R13 


Tampilan Dalam Daihatsu Ayla

          Daihatsu Ayla telah memiliki fitur Touch Screen ( Layar Sentuh ), Glove Box, botol Holder pada pintu, Rear Set Cup Holder, Door Trim Pocket,pengatur suhu kabin digital. 

Tampilan Mesin Daihatsu Ayla

        Daihatsu Ayla memiliki mesin kapasitas 998 cc dengan 3 silinder. Kapasitas tangki bahan bakar dapat memuat premium sebanyak 33 liter. Power Maksimum 65 Hp / 6000 rpm dan Torsi Maksimum 86 Nm / 3600 rpm.

   Setelah melihat 5 mobil murah diatas tentunya kita dapat mempertimbangkan dengan baik jenis kendaraan apa yang nantinya akan dijadikan koleksi di rumah dan kita dapat terlindungi dari panas dan hujan.